Rabu, 31 Januari 2024

MATEMATIKA Sifat-sifat atau ciri-ciri kerucut Dan Tema 6 Sub Tema 3 PB 1 & 2

 

HARI/TANGGAL : Rabu / 31 Januari 2024

Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!

 

Tujuan Pembelajaran : 

Dengan menyimak dan berlatih ,peserta didik dapat mengerjakan soal yang berhubungan dengan bangun ruang kerucut

Kerucut 

Sifat-sifat atau ciri-ciri kerucut

1) memiliki 2 sisi, yaitu sisi alas berbentuk lingkaran dan selimut
2) memiliki 1 rusuk;
3) tidak memiliki titik sudut, tetapi memiliki titik puncak.

Rumus mencari volume kerucut: 1/3 x luas alas x tinggi
Rumus mencari volume kerucut: 1/3 x π x r² x t 

Kita simak video di bawah ini :


 

Rumus Kerucut

Kerucut adalah bangun ruang sisi lengkung yang memiliki dua bidang sisi, yaitu sisi alas berbentuk lingkaran dan sisi selimut yang meruncing membentuk titik sudut. Titik sudut inilah yang disebut dengan puncak kerucut.

Dalam kehidupan sehari hari, terdapat beberapa benda yang berbentuk kerucut, seperti nasi tumpeng, topi ulang tahun, caping, es krim cone dan lain sebagainya.

Alas kerucut adalah lingkaran, sehingga dalam perhitungan kerucut selalu berkaitan dengan rumus lingkaran, seperti jari-jari dan diameter. Nah, sebelum berlanjut ke soal-soal, sedidit akan dibahas kembali mengenai rumus-rumus kerucut.

Rumus dalam materi kerucut meliputi rumus alas kerucut, rumus luas selimut kerucut, rumus garis pelukis kerucut, rumus tinggi kerucut, rumus luas permukaan kerucut dan rumus volume kerucut.

Luas alas kerucut (La)π x r²
Luas selimut kerucut (Ls)π x r x s
Garis pelukis kerucut (s)√r² + t²
Tinggi kerucut (t)(3 x V) : π x r²
Luas permukaan kerucut (L)π x r (r+s)
Volume kerucut (V)1/3 x π x r² x t

Keterangan:
π = 22/7 atau 3,14
V = volume kerucut
La = luas alas kerucut
Ls = luas selimut kerucut
L = luas permukaan kerucut
r = jari-jari alas kerucut
t = tinggi kerucut
s = garis pelukis kerucut


Contoh Soal Volume dan Luas Kerucut Beserta Jawabannya

Setelah mengetahui kumpulan rumus bangun kerucut ini, silahkan pelajari beberapa contoh soal kerucut berikut ini yang telah disertai jawaban dan pembahasannya.

1. Diketahui jari-jari sisi alas kerucut adalah 7 cm. Jika tinggi kerucut adalah 6 cm, berapa volume kerucut tersebut?

Penyelesaian:
V = 1/3 x π x r² x t
V = 1/3 x 22/7 x 7² x 6
V = 1/3 x 22/7 x 49 x 6
V = 1/3 x 924
V = 308 cm³
Jadi, volume kerucut adalah 308 cm³.

2. Sebuah kerucut memiliki sisi alas dengan diameter 28 cm. Jika tinggi kerucut adalah 12 cm, berapa volume kerucut tersebut?

Penyelesaian:
Diamater adalah 2 x jari-jari
Jari-jari = diameter : 2
Jari-jari = 28 : 2
Jari-jari = 14 cm

V = 1/3 x π x r² x t
V = 1/3 x 22/7 x 14² x 12
V = 1/3 x 22/7 x 196 x 12
V = 1/3 x 7.392
V = 2.464 cm³
Jadi, volume kerucut adalah 2.464 cm³.

3. Sebuah kerucut memiliki sisi alas dengan diameter 7 cm dan ukuran panjang garis pelukisnya adalah 25 cm. Hitunglah berapa volume kerucut tersebut?

Penyelesaian:
Langkah pertama adalah mencari tinggi kerucut:
t² = s² – r²
t² = 25² – 7²
t² = 625 – 49
t² = 576
t = √576
t = 24 cm

Selanjutnya adalah menghitung volume kerucut:
V = 1/3 x π x r² x t
V = 1/3 x 22/7 x 7² x 24
V = 1/3 x 22/7 x 49 x 24
V = 1/3 x 3.696
V = 1.232 cm³
Jadi, volume kerucut adalah 1.232 cm³.

4. Sebuah kerucut memiliki volume 616 cm³. Jika jari-jari alas kerucut adalah 7 cm, berapa tinggi kerucut tersebut?

Penyelesaian:
t = (3 x V) : π x r²
t = (3 x 616) : 22/7 x 7²
t = 1.848 : 154
t = 12 cm
Jadi, tinggi kerucut tersebut adalah 12 cm.

5. Sebuah kerucut memiliki sisi alas dengan jari-jari 14 cm. Jika panjang garis pelukisnya adalah 20 cm, berapa luas permukaan kerucut tersebut?

Penyelesaian:
L = π x r (r + s)
L = 22/7 x 14 (14 + 20)
L = 44 x 34
L = 1.496 cm²
Jadi, luas permukaan kerucut adalah 1.496 cm².

 

Tema 6            : Panas dan Perpindahannya

Sub Tema 3    : Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan

Pembelajaran : 1 & 2 

Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia (KD 3.3, 4. 3), IPA (KD 3. 6, 4. 6), SBdP (KD 3. 1, 4. 1)

Tujuan Pembelajaran:

1.      Peserta didik mampu menyebutkan kata kunci dari teks penjelasan secara tepat.

2.      Peserta didik  mampu menjelaskan benda-benda yang dapat bersifat mempercepat dan menghambat perpindahan kalor secara benar

3.    Peserta didik mampu mengidentifikasi ciri-ciri gambar cerita secara tepat.

Pada pelajaran sebelumnya kita sudah melaksanakan Penilaian Harian Tema 6 Subtema 2 yaitu tentang menjelaskan isi teks media cetak melalui peta konsep,cara-cara perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari,pola lantai dalam tarian daerah,.menjelaskan isi teks media cetak melalui pokok pikiran dan membuat kesimpulan isi teks media cetak dari diagram,Aktivitas masyarakat dalam lingkungan sosial, kewajiban, tanggung jawab, dan hak masyarakat,keuntungan dan kerugian perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari,membuat ringkasan teks penjelasan,peragaan hasil kreasi pola lantai tari, menjelaskan hak dan kewajiban dalam.bentuk komik. Alhamdulillah hasil penilaian harian kemarin ananda mendapatkan nilai yang baik. Bu Guru harap untuk penilaian harian berikutnya kalian akan mendapatkan nilai yang lebih baik lagi ya nak. Kita mulai pembelajaran ya nak di simak dan di pelajari dengan baik!

Bahasa Indonesia (KD 3. 3, 4.3)

Menyebutkan Kata Kunci dari Teks Eksplanasi pada Media

Sumber informasi dapat berasal dari media cetak, seperti cetak, seperti buku, ensiklopedia, Koran, majalah dan bulletin, atau media elektronik, seperti buku elektronik (e-book).

Kata kunci adalah kata-kata yang penting dan sering muncul di dalam sebuah teks. Ada kata kunci yang sudah dipahami dan ada juga kata kunci yang belum dipahami maknanya. Kamu dapat memahami kata kunci dengan mencari maknanya melalui Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Menjelaskan Informasi Penting dari Teks Eksplanasi.

Cara menggali dan mengetahui informasi penting dari suatu teks, selain membaca dengan cermat, cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan membuat pertanyaan. Membuat pertanyaan pada masing-masing paragraph dengan menggunakan kata Tanya apa, di mana, siapa, kapan, mengapa, dan bagaimana.

IPA (KD 3. 6, 4. 6)

Menjelaskan Benda-Benda yang Bersifat Menghambat dan Mempercepat Perpindahan Kalor.

Perpindahan kalor memiliki banyak manfaat dalam kehidupan manusia. Mempelajari cara-cara menghambat dan mempercepat perpindahan kalor.

 

 

Gambar diatas Menunjukkan kegiatan mengambil makanan setelah dipanggang di microwave.

Pada gambar tersebut seseorang menggunakan kain lap untuk mengangkat wadah berisi makanan dari dalan microwave. Kain lap termasuk bahan bersifat isolator. Kain lap digunakan untuk menghambat perpindahan kalor dari Loyang sehingga tangan terhindar dari luka bakar. Selain itu, wadah yang digunakan untuk memanggang terbuat dari wadah alumunium. Alumunium digunakan untuk mempercepat perpindahan kalor sehingga makanan matang secara merata dan cepat. Aluminium termasuk bahan bersifat konduktor.

 

Konduksi

Masih ingatkah kamu mengenai perpindahan panas atau kalor dengan cara konduksi? Perpindahan panas dengan cara ini, memerlukan zat perantara yang membantunya mengalirkan panas dari sumber panas ke benda yang lain. Ingatlah bahwa panas mengalir dari tempat yang
panas menuju tempat yang lebih dingin. Ada perantara panas yang dapat menghantarkan panas dengan baik, ada yang tidak.

 

Bahan Konduktor dan Isolator
Di sekitarmu terdapat banyak benda dengan berbagai macam bahan. Pemilihan bahan didasarkan pada sifat yang dimiliki bahan tersebut. Misalnya, benda yang dapat menghantarkan panas dan benda yang tidak dapat menghantarkan panas. Ada benda yang mempunyai kemampuan menghantarkan panas dengan baik. Ada pula benda yang tidak dapat menghantarkan panas. Bahan yang dapat menghantarkan panas dengan baik disebut dengan konduktor. Bahan yang tidak dapat menghantarkan panas disebut dengan isolator. Sedangkan ada bahan yang sedikit dapat menghantarkan panas yang disebut dengan bahan semikonduktor.

Di atas adalah contoh bahan konduktor yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, biasanya terbuat dari bahan logam. Panci, wajan penggorengan, dan beberapa peralatan masak di dapur terbuat dari logam. Jenis logam yang paling sering digunakan untuk membuat alat-alat tersebut antara lain besi, aluminium, dan tembaga.

 

Bahan yang tidak dapat menghantarkan panas disebut isolator. Beberapa bahan yang termasuk sebagai isolator, antara lain adalah kayu, kain, dan plastik. Penggunaan bahan-bahan ini banyak sekali dijumpai di sekitar kita.


Mengidentifikasi Cara-cara untuk menghambat atau mempercepat perpindahan kalor pada Benda.

Sekarang kamu sudah mengetahui cara-cara untuk menghambat atau mempercepat perpindahan kalor. Buatlah rancangan suatu percobaan terkait dengan cara-cara untuk menghambat atau mempercepat perpindahan kalor. Rancangan dibuat dengan cara-cara sebagai berikut :

  1. Identifikasi benda-benda yang terkait konduktor dan isolator.
  2. Jelaskan cara kerja benda-benda konduktor dan isolator tersebut.
  3. Jelaskan pula apa yang akan terjadi jika tidak ada benda konduktor dan isolator.

 

SBdP (KD 3. 1, 4. 1)

Menjelaskan Ciri-ciri Gambar Cerita pada Sampul Depan Buku.

Di dalam buku atau majalah biasanya terdapat gambar cerita. Gambar cerita adalah gambar yang digunakan untuk menjelaskan maksud suatu cerita. Selain ada di dalam buku, gambar juga terdapat pada sampul depan buku. Gambar yang terdapat pada sampul depan buku berfungsi untuk menjelaskan keseluruhan isi buku yang dapat membuat pembaca tertarik untuk membaca buku tersebut.

  1. Gambar berisi tentang isi buku.
  2. Gambar yang disajikan harus menarik.
  3. Terdapat judul buku yang ditulis dengan ukuran huruf lebih besar dari tulisan lainnya, nama penulis, dan nama penerbit buku.
  4. Warna yang digunakan dapat menarik perhatian pembaca.

Contoh:

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhu_r3ZQFPl4-0RoDDObcAMZ9NkB3n2Xs-7eAPxfY0RyUwF7fHBRsJaN6yu9C5CHhsGKtrp2QFMgIxe2o980ieePOCYtS3x6tkTN7vwJDgGvG4cCF-J_AjTNGd4drOrcEdoFi8RyqKnHBo/s0/WhatsApp+Image+2021-01-18+at+13.20.14.jpeg

 

 SELAMAT BELAJAR