Kamis, 31 Oktober 2024

YULINA UKG 2024

 

Hari/Tanggal     : Kamis, 31 Oktober 2024

Good morning my student....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, alhamdulillah kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT, dan yang sakit smg cepat sehat kembali  Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Sebelum belajar pastikan sudah sarapan, mendengarkan tausiah serta pahami  isinya, shalat dhuha dan membaca Al Qur'an. 

Hari ini kita akan melanjutkan belajar materi  Tema 3 Subtema 2 PB 1

Apersepsi :  

Jika pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari tentang benda yang terbuat dari kaca, dari logam dan dari karet. Hari ini kita akan mempelajari tentang wujud benda yang terdiri dari benda padat, benda cair dan benda gas. Kita simak materi di bawah ini ya nak.


TEMA 3                 : (BENDA DISEKITAR KU)

SUB TEMA 2        : ( WUJUD BENDA)

Muatan                : B. Indonesia

Pembelajaran      : 1

Alat peraga : contoh video pembelajaran

Metode  : diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

Tujuan Pembelajaran :

1.  Dengan membaca wacana tentang wujud benda, siswa dapat mengidetifikasi informasi yang terkait dengan wujud benda dengan tepat.

2.  Dengan melakukan pengamatan benda, peserta didik dapat mengelompokkan benda berdasarkan wujudnya dengan tepat.

Manusia tidak dapat lepas dari benda di sekitarnya. Keberadaan benda mempermudah manusia melaksanakan aktivitasnya. Ada benda yang terbentuk di alam dan ada benda yang dibuat oleh manusia. Batu, air, dan pasir merupakan benda yang terbentuk di alam. Mobil, gunting, dan kertas merupakan benda yang dibuat oleh manusia.

Apakah kamu memperhatikan perbedaan dari benda-benda tersebut? Benda dapat dikelompokkan dalam tiga wujud. Wujud apa sajakah itu? Yuk, kita pelajari bersama.

Wujud Benda

Setiap benda pasti memiliki wujud. Wujud benda ada tiga, yaitu padat, cair, dan gas. Tas, buku, dan pensil berwujud padat. Minyak dan air berwujud cair. Gas hidrogen dalam balon berwujud gas.

Dapatkah kamu menyebutkan contoh lainnya?

Berikut akan dijelaskan tentang tiga jenis benda tersebut beserta contoh yang ada di sekitar.

1.Benda Padat benda padat adalah barang atau benda yang memiliki wujud padat menyerupai bentuk tertentu sesuai benda tersebut.

2.Benda Cair Benda cair merupakan benda atau barang yang bisa berubah bentuk menurut bangunan tempatnya.

3. Benda Gas gas adalah molekul-molekul yang bergerak bebas sehingga seluruh masa cenderung mengembang.

 


 

Ayo Mengamati

Pernahkah kamu naik alat transportasi seperti pada gambar?

Tahukah kamu, termasuk ke dalam wujud benda apakah motor itu?

Pada hari Minggu, Edo dibonceng ayah ke rumanenek. Edo dibonceng ayah dengan

Pernahkah kamu memperhatikan gerakan tiupan angin? Angin adalah udara yang bergerak. Udara berwujud gas. Gas tidak terlihat, namun dapat dirasakan. Tiupan angin ada yang kencang, lembut, dan sepoi-sepoi. Ada juga angin yang bertiup sangat kencang. Seperti angin topan, angin putting beliung, dan lain-lain.

Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, Jika ada pertanyaan dapat kirimkan ke grup WA kita! jika sudah paham maka kalian dapat mengerjakan latihan berikut ini:

 Latihan Soal

1.        Perhatikan gambar dapur rumah Dayu berikut ini!

Tuliskan benda – benda dari gambar yang termasuk benda padat, cair dan gas!

 

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🙏


REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami macam-macam wujud benda (Padat, cair dan gas) serta peserta didik sudah mampu untuk menyelesaikan soal dengan baik, namun masih ada beberapa peserta didik yang belum paham mengenai macam-macam wujud benda. Untuk mengatasi hal tersebut maka sebelum pembelajaran berlangsung guru selalu mengajak peserta didik untuk melakukan tanya jawab serta peserta didik maju kedepan kelas.




TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 3 dan 4

 

Hari/Tanggal     : Kamis, 31 Oktober 2024

Good morning my student....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, alhamdulillah kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT, dan yang sakit smg cepat sehat kembali  Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Sebelum belajar pastikan sudah sarapan, mendengarkan tausiah serta pahami  isinya, shalat dhuha dan membaca Al Qur'an. 

Hari ini kita akan melanjutkan belajar materi  Tema 4 Subtema 1 PB 3 dan 4

Apersepsi :  

Jika pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari tentang membuat kalimat saran serta menentukan dua bilangan yang hasilnya telah ditentukan. Hari ini kita akan mempelajari tentang kewajiban dan hakku dirumah. Kewajiban adalah sesuatu yang harus kita laksanakan dengan penuh tanggung jawab. Sedangkan hak adalah sesuatu yg harus kita miliki atau kita terima.

TEMA 4                 : KEWAJIBAN DAN HAKKU

SUB TEMA 1        : KEAJAIBAN DAN HAKKU DI RUMAH

Muatan                   :  Bahasa Indonesia, MTK, SBDP

Pembelajaran         :  3 dan 4

Alat peraga             : Video pembelajaran 

Metode                        : Kerja kelompok, tanya jawab


Adapun tujuan pembelajaran kita hari ini adalah,

Tujuan Pembelajaran :

1.       Siswa dapat menunjukkan ungkapan  atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dengan tepat.

2.       Dapat menentukan dua bilangan yang jumlahnya sudah diketahui dengan benar.
3.       Dapat mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana dalam lagu dengan tepat 
4.       Dapat mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga berkaitan dengan makanan dengan tepat.


Memiliki Tubuh Sehat

Kamu wajib menjaga kesehatan tubuh. Tubuh yang sehat membuatmu dapat belajar dan bermain. Tubuh yang sehat juga membuatmu dapat berjalan dan bekerja. Tubuh yang sehat membuatmu dapat bergerak aktif dan gesit.

Setiap anak berhak memiliki tubuh yang sehat. Namun,  ada juga anak yang mudah sakit. Tubuh anak  yang sakit  menjadi lemah sehingga susah bergerak. Mereka seharusnya menjaga tubuhnya agar selalu sehat.

Menjaga tubuh tetap sehatmerupakan kewajiban kita semua.

Apa yang harus kamu lakukan  agar tubuhmu sehat?

Pertama, makan makanan yang bergizi dan makan dengan teratur.

Kedua, istirahat yang cukup. Ketiga, rajinlah berolahraga. Keempat, minum air putih baik untuk tubuh.

Menjaga kesehatan tubuh merupakan salah satu kewajiban kita. Tubuh sehat membuat belajar menjadi bersemangat, bekerja bertambah giat, dan bermain pun terasa menggembirakan. Tubuh yang sehat membuat kita tidak mudah terserang penyakit.

 

Cara menjaga kesehatan tubuh, yaitu:

1.      Memakan makanan yang bergizi

2.      Istirahat yang cukup

3.      Olahraga secara teratur

4.      Menjaga kebersihan diri

 

Keluarga Dayu sering sarapan kentang. Ayah Dayu memiliki kebun kentang. Lima panen terakhir, ayah Dayu memanen 1.000, 1.200, 1.300, 1.500, dan 2.000 buah kentang. Ayah Dayu menyimpan sebagian kentang di rumah. Sebagiannya lagi dijual ke pasar.

 


Kalimat saran adalah kalimat pendapat (usul atau anjuran) yang dikemukakan untuk dipertimbangkan.

Gunakanlah kata-kata sopan saat memberi saran, seperti seharusnya, sebaiknya, ada baiknya, atau lebih baik lagi.

 

Setiap malam, Udin dan keluarganya makan malam bersama. Udin berbahagia karena bisa makan malam bersama keluarganya. Usai makan malam, ia berpikir tentang kewajiban dan haknya berkaitan dengan makanan.

 

Berikut kewajiban dan hak tentang makanan.

1. Bersyukur atas semua makanan yang ada.

2. Mendapat makanan sehat dan bersih.

3. Makan makanan yang sudah disediakan.

4. Memilih makanan yang sehat.

5. Mendapat sarapan pagi sebelum ke sekolah.

6. Membaca doa sebelum dan sesudah makan.

7. Mendapat air minum yang bersih dan sehat.

8. Mengambil makanan secukupnya.

9. Mendapat makan siang yang sehat dan bersih.

10. Menghabiskan makanan yang sudah diambil.

Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, Jika ada pertanyaan yang belum anak anak pahami silahkan tanyakan kepada bu guru.

Soal Latihan!

1.        Masalah apa yang dihadapi anak-anak berdasarkan teks di atas?

2.        Tuliskan empat cara menyelesaikan masalah berdasarkan teks!

3.         



4.   Ayah selalu mengingatkanku agar berdoa sebelum dan sesudah makan. Aku sering kali tidak melakukannya. Apa yang sebaiknya aku lakukan?

5.       Tuliskan 2 kewajiban dan 2 hak tentang makanan!



 Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🙏