Jumat, 30 Mei 2025

KISI KISI TEMA 8 DAN JADWAL PAS

 

  

JADWAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP


PAS HARI KE 5

Hari/Tanggal     : Senin, 02 Juni 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah hari ini kita akan melaksanakan Penilaian Akhir Semester, semoga ananda mendapatkan nilai yang terbaik, dan semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum mengerjakan soal PAS, kita mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan muroja'ah.

Hari ini kita akan melaksanakan PTS materi :

1. Bahasa Lampung
2. Tema 8

 

Kisi - Kisi Tema PAS Tema 8

PPKN

Materi : Pancasila

  1. - Disajikan wacana, peserta didik mampu menyebutkan tanggal hari kemerdekaan Indonesia.

    - Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan lambang sila Pancasila.

    - Disajikan tabel, peserta didik mampu memahami pengamalan sila Pancasila.

    - Disajikan tabel, peserta didik mampu memahami contoh sikap Bhinneka Tunggal Ika.

    - Disajikan soal, peserta didik dapat mengidentifikasi arti semboyan bangsa Indonesia.

    - Disajikan soal, peserta didik mampu menentukan contoh sikap disiplin.

    - Disajikan wacana, peserta didik mampu menyebutkan sila Pancasila.


BAHASA INDONESIA

Materi : Rambu Lalu Lintas dan Simbol Pancasila

  • - Disajikan teks, peserta didik dapat memahami arti simbol rambu lalu lintas.

    - Disajikan wacana, peserta didik dapat menyebutkan simbol rambu lalu lintas.

    Disajikan teks, peserta didik dapat menyebutkan simbol anggota Pramuka.

    - Disajikan lirik lagu, peserta didik mampu mengemukakan judul lagu nasional.

    - Disajikan teks bacaan, peserta didik mampu menganalisis contoh sikap rukun.

    - Disajikan teks bacaan, peserta didik mampu menganalisis sikap kepada teman yang berbeda suku.

    - Disajikan gambar, peserta didik mampu menyebutkan sikap mematuhi rambu lalu lintas.


MATEMATIKA

Materi : Bangun datar dan table/diagram

  • - Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan nama-nama sudut.

    - Disajikan ciri-ciri bangun datar, peserta didik dapat menentukan nama bangun datar.

    - Disajikan tabel, peserta didik dapat menentukan jenis olahraga yang disukai siswa berdasarkan tabel.

    Disajikan tabel, peserta didik dapat menunjukkan perbedaan jumlah siswa berdasarkan tabel.

    - Disajikan gambar, peserta didik mampu menyatakan makanan yang disukai siswa berdasarkan tabel.

    -  Disajikan bilangan, peserta didik mampu menghitung jumlah siswa kelas 3.

    - Disajikan gambar pecahan, peserta didik mampu menyebutkan ciri-ciri bangun datar.

SBDP

Materi : Karya dekoratif, pola irama, gerak tari dan seni lipat.

  • -  Disajikan wacana, peserta didik dapat mengidentifikasi tepuk pramuka.

    -  Disajikan wacana, peserta didik dapat menentukan nama alat musik.

    -  Disajikan wacana, peserta didik dapat menentukan corak suatu motif.

    Disajikan gambar, peserta didik dapat menyebutkan nama pencipta lagu nasional.

    -  Disajikan soal, peserta didik dapat menentukan asal daerah alat musik.

    -  Disajikan soal, peserta didik dapat menyimpulkan cara memainkan alat musik.

    -  Disajikan soal, peserta didik dapat menggambarkan gambar dekoratif.


PJOK

Materi : Gerak dasar lokomotor, non lokomotor, dan manipulatif.

  • - Disajikan wacana, peserta didik dapat menyimpulkan gerak lompat jauh.

    Disajikan wacana, peserta didik mampu menentukan  latihan meningkatkan daya tahan.

    Disajikan wacana, peserta didik mampu menentukan kegiatan menjaga kebugaran.

    - Disajikan wacana, peserta didik mampu menyimpulkan gerakan melatih kekuatan otot.

    Disajikan wacana, peserta didik dapat mengidentifikasi dampak dari berolahraga.

    -  Disajikan gambar, peserta didik mampu menentukan jumlah anggota lompat tali.

    -   Disajikan gambar, peserta didik dapat menyebutkan langkah-langkah lompat tali.

     

Latihan Soal :

1.      


1. Pada gambar di atas lambang sila pertama adalah….

a.       Bintang

b.      Kepala banteng

c.       Rantai

2.     2. Lambang Negara Indonesia adalah…

a.       UUD 1945

b.      Naskah Proklamasi

c.       Garuda Pancasila

3.      3. anggal kemerdekaan Indonesia dilambangkan pada jumlah bulu bagian….nurung garuda

a.       Leher

b.      Sayap

c.       Ekor

4.      


4. Pada gambar di atas yang merupakan lambang pandu dunia adalah…

a.       Gambar A

b.      Gambar B

c.       Gambar C

5.      Perhatikan gambar berikut.


5. Arti rambu lalu lintas di atas adalah….

a.       Dilarang putar balik

b.      Dilarang berhenti

c.       Dilarang parkir

6.      


6. Nama sudut pada gambar di atas adalah…

a.       Sudut lancip

b.      Sudut tumpul

c.       Sudut lurus

7.      7. Berikut dibawah ini yang merupakan ciri-ciri bangun datar yaitu….

a.       Memiliki sisi, sudut, dan simpul serta memiliki ruang

b.      Memiliki sisi, sudut, dan simpul, serta tidak memiliki ruang

c.       Memiliki ruang, sisi, sudut dan simpul

8.      8. Tepuk pramuka dilakukan sebanyak….

a.       10 kali

b.      12 kali

c.       13 kali

9.      9. Alat music ritmis yang dapat dimainkan dengan cara digoyangkan adalah…

a.       Marakas dan gendang

b.      Kastanyet dan rebana

c.       Marakas dan tamborin

1010. Lagu nasional yang menggambarkan keindahan Indonesia termasuk pohon kelapa adalah…

a.       Indonesia raya

b.      Nyiur melambai

c.       Garuda pancasila

 

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian kisi-kisi PAS kita pada hari ini semoga anak-anak dapat mengerjakan ulangan semester (PAS) hari ini dengan baik, semoga ananda ananda mendapatkan nilai yang terbaik pula, aamiin....

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Alhamdulillah kegiatan PAS hari ini berjalan dengan lancar dan terlaksana dengan baik. Serta anak - anak hadir semua.



Rabu, 28 Mei 2025

KISI KISI B. ARAB DAN JADWAL PAS

 

  

JADWAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP


PAS HARI KE 4

Hari/Tanggal     : Jum'at, 30 Mei 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah hari ini kita akan melaksanakan Penilaian Akhir Semester, semoga ananda mendapatkan nilai yang terbaik, dan semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum mengerjakan soal PAS, kita mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan muroja'ah.

Hari ini kita akan melaksanakan PTS materi :

1. Bahasa Arab
2. Setoran Hafalan Surat surat Pendek

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian kisi-kisi PAS kita pada hari ini semoga anak-anak dapat mengerjakan ulangan semester (PAS) hari ini dengan baik, semoga ananda ananda mendapatkan nilai yang terbaik pula, aamiin....

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Alhamdulillah kegiatan PAS hari ini berjalan dengan lancar dan terlaksana dengan baik. Serta anak - anak hadir semua.

 

Selasa, 27 Mei 2025

KISI KISI TEMA 7 DAN JADWAL PAS

  

 


JADWAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP


PAS HARI KE 3

Hari/Tanggal     : Rabu, 28 Mei 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah hari ini kita akan melaksanakan Penilaian Akhir Semester, semoga ananda mendapatkan nilai yang terbaik, dan semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum mengerjakan soal PAS, kita mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan muroja'ah.

 

Kisi - Kisi Tema PAS Tema 7

PPKN

Materi : Perkembangan teknologi pangan,

  • -    Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan lambang semboyan negara Indonesia.

    -    Disajikan soal, peserta didik mampu menentukan hal positif yang benar dari perbedaan sifat dan kebiasaan

    -    Disajikan soal, peserta didik mampu mengetahui cerminan sikap menghargai dari sila pancasila.

    -    Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menghargai perbedaan kesukaan.

    -    Disajikan soal, peserta didik mampu menentukan hal positif yang benar dari perbedaan sifat dan kebiasaan.

    -    Disajikan gambar, peserta didik mampu menentukan asal rumah adat daerah sesuai gambar dengan benar

    -    Disajikan soal, peserta didik mampu menentukan permasalahan utama yang terdapat dalam sebuah teks bacaan / cerita


BAHASA INDONESIA

Materi : Perkembangan teknologi komunikasi

  •      Disajikan cerita, peserta didik mampu menentukan  kalimat utama pada cerita tersebut
  • Disajikan soal, peserta didik mampu menentukan dimana kalimat utama
  • Disajikan pernyataan, peserta didik mampu mengetahui teknik membaca intensif
  • Disajikan cerita, peserta didik mampu menentukan ide pokok dalam cerita tersebut
  • Disajikan soal, peserta didik mampu menentukan permasalahan utama yang terdapat dalam sebuah teks bacaan / cerita
  • Disajikan soal, peserta didik mampu menjawab ketika ada orang yang memberi kita pujian
  • Disajikan pernyataan, peserta didik mampu mengetahui teknologi pangan

 

MATEMATIKA

Materi : Pecahan sebagai bagian dari keseluruhan, Penjumlahan dan pengurangan pecahan

  •      Disajikan soal, peserta didik mampu menentukan contoh bangun datar
  • Disajikan soal, peserta didik mampu mengetahui garis yang membagi bangun datar menjadi dua bagian sama besar
  • Disajikan gambar, peserta didik mampu menentukan jumlah nilai luas satuan persegi
  • Disajikan gambar, peserta didik mampu menentukan luas bangun datar segitiga
  • Disajikan soal, peserta didik mampu menentukan apa yang disebut dengan segitiga yang ketiga sisi nya sama panjang
  • Disajikan soal, peserta didik mampu menjawab jumlah sumbu simetri persegi panjang
  • Disajikan soal dan gambar, peserta didik mampu menentukan luas pada gambar tersebut


SBDP

Materi : variasi pola irama dalam lagu.

  •      Disajikan gambar, peserta didik mampu menentukan daerah tempat kain tapis berasal
  • Disajikan pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi motif bentuk realis
  • Disajikan pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi cara kerja teknik potong
  • Disajikan gambar, peserta didik mampu menentukan gerakan memintal kapas
  • Disajikan pernyataan, peserta didik mampu mengetahui lagu dari penggalan tersebut
  • Disajikan soal, peserta didik mampu mengetahui pencipta lagu
  • Disajikan soal, peserta didik mampu mengetahui 3 jenis bahan dan contoh dalam membuat kerajinan

 PJOK

Materi : Memahami prosedur gerak dasar mengambang ( water trappen) dan meluncur di air serta menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air

  •      Disajikan gambar, peserta didik mampu mengetahui gambar / simbol yang berisi aturan di kolam renang
  • Disajikan soal, peserta didik mampu mengetahui aktivitas sebelum renang
  • Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan gerakan pada gambar di kolam renang
  • Disajikan soal, peserta didik dapat menentukan posisi tangan saat melakukan gerakan meluncur
  • Disajikan soal, peserta didik dapat menentukan posisi aktivitas meluncur di air
  • Disajikan soal, peserta didik dapat mengidentifikasi hewan dengan gerakan meloncat
  • Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan dan menyebutkan apa yang dilakukan saat meluncur

 

Latihan Soal

1.       Perhatikan gambar berikut!

Pita yang terdapat di gambar atas adalah semboyan yang bertuliskan…

a.       Bhineka Tunggal Ika

b.      Tut Wuri Handayani

c.       Maju Tak Gentar

2.       Jika kamu, melihat seorang pengunjung membuang sampah sembarangan di tempat wisata. Sikapmu sebaiknya adalah…

a.       Membiarkannya

b.      Menegur dengan sopan

c.       Memarahinya

3.       Dimas suka sarapan nasi goreng. Raja suka nasi uduk. Hal tersebut merupakan perbedaan dalam hal…

a.       Warna kesukaan

b.      Makanan kesukaan

c.       Kegemaran olahraga

4.       Untuk melestarikam dan memperkenalkan tenun, pemerintah kota ternate….ajang pameran tenuj  nusantara.

Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang di atas adalah…

a.       Memamerkan

b.      Mengadakan

c.       Menunjukan

5.       Makanan olahan teknologi pangan harus diperhatikan dapat bertahan lama atau tidak. Kita dapat melihat waktunya dikemasan. Caranya adalah melihat…

a.       Tanggal pembuatannya

b.      Tanggal kadaluarsanya

c.       Harganya

6.       Dalam bacaan “Pengolahan Susu Sapi” ada berbagai olahan yang dihasilkan dari susu sapi. Di bawah ini contoh olahan yang dihasilkan dari susu sapi, kecuali…

a.       Yogurt

b.      Tempe

c.       Keju

7.        Hitunglah keliling bangun disamping adalah…

a.       24 satuan pajang

b.      26 satuan panjang

c.       22 satuan panjang

8.      

Hitunglah keliling bagun datar di atas…

a.       35

b.      32

c.       38

9.       Description: CORAK MOTIF KAIN TAPIS – Elmodista

Gambar di atas merupakan kain tradisional berupak…

a.       Kain songket

b.      Kain sarung

c.       Kain tapis

10.   Description: Terbaru || Lirik Lagu Paman Datang Ciptaan AT Mahmud || Lagu Tematik SD  kelas 2 tema 5

Lagu yang berjudul “Paman Datang” merupakan ciptaan…

a.       AT Mahmud

b.      Bu Sud

c.       M Mochtar


KISI - KISI SOAL PAK

- Menyebutkan 9 nilai anti korupsi (jujur, mandiri, disiplin, tangaung jawab, sederhana, percaya diri, adil, kerja keras, berani)

- Contoh prilaku kerja keras yang dapat dilakukan jika kita ingin mencapai cita-cita yaitu rajin atau giat belajar, tidak banyak main.

- Sikap apa yang kita lakukan jika ada teman yang mengajak mu bermain atau ngobrol saat sedang belajar dikelas.

- Menyebutkan contoh prilaku adil dirumah dan disekolah

- Disiplin merupakan sikap taat pada peraturan

- Perilaku yang tidak memihak maupun tidak berat sebelah dengan didasari pada kebenaran disebut.

- Menyebutkan contoh sikap sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

 

Latihan Soal 

1. Setelah selesai menggunakan alat tulis dikelas, apa yang sebaiknya kamu lakukan…

a. merapikannnya kembali ketempat semula

b. meninggalkannya dimeja

c. memberikannya kepada teman

d. membiarkannya saja

2. Tidak bergantung kepada orang lain, terutama orang tua dan orang-orang disekitarnya serta dapat bertanggung jawab atas semua hal yang telah dilakukannya adalah pengertian dari… 

a. Peduli

b. Sederhana

c. Adil

d. Mandiri

 

3. Di bawah ini adalah ciri-ciri sikap kemandirian…

a.    sadar akan tanggung jawab

b.    dapat berdiri sendiri

c.    selalu minta bantuan orang lain

d.   lalai dalam mengerjakan tugas

 

4. Setiap hari Senin, siswa kelas 3 mendapat tugas piket membersihkan kelas. Jika kamu mendapat giliran piket, apa yang harus kamu lakukan…

a. Bermain di luar kelas.

b. Melaksanakan tugas piket dengan baik.

c. Menyuruh teman lain menggantikanmu.

d. pulang lebih awal

 

5. Ketika kamu meminjam buku diperpustakaan sekolah, apa tanggung jawab yang harus kamu lakukan…

a.       Merusaknya

b.      Menjaganya agar tidak rusak, dan mengembalikan tepat waktu

c.       Meminjamkan kepada teman-teman

d.      Menyimpan dan tidak dikembalikan

 

6. Memaksakan kehendak sendiri merupakan perilaku….

a. terpuji

b. baik

c. egois

d. ikhlas

 

7. Kita harus taat dan patuh pada ….di Sekolah

a.                   Aturan                     c. teman-teman

b.                   Satpam                    d. gedung

 

8.    Tuliskan contoh sikap sedehana dalam kehidupan sehari – hari……

 

9.    Tuliskan contoh sikap berani dilingkungan sekolah…..

 

     10. Agar cita – cita kita tercapai kita harus bekerja keras dengan cara….

 

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian kisi-kisi PAS kita pada hari ini semoga anak-anak dapat mengerjakan ulangan semester (PAS) hari ini dengan baik, semoga ananda ananda mendapatkan nilai yang terbaik pula, aamiin....

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Alhamdulillah kegiatan PAS hari ini berjalan dengan lancar dan terlaksana dengan baik. Serta anak - anak hadir semua.