Rabu, 03 Desember 2025

Kamis, 04 Desember 2025

 

  

Hari/Tanggal     : Kamis, 04 Desember 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum soleh solekhah mengerjakan SAS, pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan Muroja'ah.

Hari ini kita akan melaksanakan SAS materi :

1. Bahasa Lampung
2. IPAS
 
  
 
 
Baiklah sholeh sholeha bu guru, semoga kalian dapat mengerjakan SAS hari ini dengan baik dan teliti,  jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu.
Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb.
 
KISI-KISI PAS IPAS KELAS 3 dan latihan soal 
 
1.Panca indera  Mengidentifikasi fungsi mata, telinga, hidung, lidah, dan kulit            
2.Panca indera     Menentukan alat indera yang sesuai dengan suatu kegiatan  
 
3.Panca indera Menjelaskan cara menjaga kesehatan panca indera                        
 
4.Siklus hidup manusia Mengidentifikasi tahapan hidup manusia                                 
5.Siklus hidup hewan Mengidentifikasi siklus hidup hewan (metamorfosis & tidak metamorfosis)  
 
6.Siklus hidup tumbuhan Menjelaskan tahapan pertumbuhan tumbuhan                
 
7.Perubahan wujud zat Mengidentifikasi wujud zat (padat, cair, gas)                           
8.Perubahan wujud zat Mengidentifikasi perubahan wujud zat (mencair, membeku, menguap, menyublim)   
 
9.Provinsi Mengenal provinsi tempat tinggalnya  
 
10.Kabupaten/kota Menentukan kabupaten/kota tempat tinggal                    
 
11.Kenampakan alam Mengidentifikasi kenampakan alam di lingkungan sekitar      
 
12.Kenampakan alam Membedakan kenampakan alam dan buatan                       

 
A. SOAL PILIHAN GANDA (25 SOAL)

1. Fungsi mata adalah untuk …
A. Meraba
B. Melihat
C. Mendengar
D. Mencium

2. Indera yang digunakan untuk mencium bau adalah …
A. Mata
B. Telinga
C. Hidung
D. Kulit

3. Lidah dapat merasakan …
A. Tekanan
B. Rasa makanan
C. Cahaya
D. Suara

4. Telinga berfungsi untuk …
A. Melihat
B. Mencium
C. Mendengar
D. Meraba

5. Kulit berfungsi untuk …
A. Merasa panas dan dingin
B. Melihat
C. Mendengar
D. Mencium

6. Agar mata tetap sehat, kita harus 
A. Membaca sambil tiarap
B. Menatap layar terlalu lama
C. Membaca di tempat terang
D. Mengucek mata dengan kuat

7. Tahapan hidup manusia dimulai dari …
A. Dewasa
B. Bayi
C. Lansia
D. Anak-anak

8. Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna adalah …
A. Ayam
B. Kucing
C. Belalang
D. Kupu-kupu

9. Tahapan metamorfosis kupu-kupu yang benar adalah …
A. Telur → larva → pupa → kupu-kupu
B. Telur → pupa → larva → kupu-kupu
C. Larva → telur → pupa → kupu-kupu
D. Telur → ulat → kupu-kupu (langsung)

10. Siklus hidup tumbuhan dimulai dari …
A. Daun
B. Akar
C. Biji
D. Batang

11. Wujud zat padat adalah …
A. Air
B. Uap
C. Es
D. Asap

12. Es yang dipanaskan akan …
A. Mencair
B. Membeku
C. Menguap
D. Mengembun

13. Perubahan wujud membeku adalah …
A. Air menjadi es
B. Es menjadi air
C. Air mendidih
D. Kapur barus hilang

14. Menguap terjadi pada saat …
A. Air menjadi es
B. Air mendidih
C. Es mencair
D. Roti mengeras

15. Contoh zat cair adalah …
A. Garam
B. Kayu
C. Minyak
D. Batu

16. Contoh zat gas adalah …
A. Oksigen
B. Pasir
C. Kertas
D. Besi

17. Kita tinggal di provinsi …(contoh umum, silakan sesuaikan)
A. Jawa Barat
B. India
C. Jepang
D. Malaysia

18. Kota tempat tinggal adalah …
A. Jakarta
B. Thailand
C. Laos
D. Sungai Nil

19. Kenampakan alam adalah …
A. Jalan raya
B. Jembatan
C. Gunung
D. Gedung

20. Yang termasuk kenampakan buatan adalah …
A. Sungai
B. Sawah
C. Danau
D. Laut

21. Pegunungan termasuk kenampakan …
A. Buatan
B. Alam
C. Pabrik
D. Jalan

22. Pantai adalah kenampakan alam yang berada di …
A. Gunung
B. Pegunungan
C. Tepian laut
D. Tengah kota

23. Sungai dimanfaatkan manusia untuk …
A. Bermain game
B. Olahraga pesawat
C. Irigasi sawah
D. Membuat gedung

24. Kabupaten adalah daerah yang berada di bawah tingkat …
A. Provinsi
B. Kecamatan
C. RT
D. Desa

25. Manakah yang termasuk kenampakan alam pada pernyataan berikut?
A. Rumah
B. Jembatan
C. Gunung
D. Jalan

B. SOAL URAIAN (10 SOAL)

1. Sebutkan lima panca indera manusia beserta fungsinya!

2. Jelaskan cara menjaga kesehatan mata!
 
3. Tuliskan siklus hidup manusia dari awal sampai tua!

4. Sebutkan empat perubahan wujud zat beserta contohnya!

5. Tuliskan urutan metamorfosis kupu-kupu!
 
6. Sebutkan 3 contoh kenampakan alam dan 3 kenampakan buatan!

7. Jelaskan apa yang dimaksud provinsi dan kabupaten!

8. Jelaskan manfaat sungai bagi kehidupan manusia!

9. Sebutkan tiga contoh zat padat, cair, dan gas!

10. Jelaskan tahapan pertumbuhan tumbuhan mulai dari biji!

KUNCI JAWABAN PILIHAN GANDA

1 B
2 C
3 B
4 C
5 A
6 C
7 B
8 D
9 A
10 C
11 C
12 A
13 A
14 B
15 C
16 A
17 A (sesuaikan daerah)
18 A (contoh, sesuaikan)
19 C
20 B
21 B
22 C
23 C
24 A
25 C

KUNCI JAWABAN URAIAN

1. Panca indera & fungsinya:
– Mata: melihat
– Telinga: mendengar
– Hidung: mencium bau
– Lidah: mengecap rasa
– Kulit: merasakan sentuhan, panas, dingin

2. Cara menjaga kesehatan mata:
– Membaca di tempat terang
– Istirahat dari layar
– Tidak mengucek mata
– Konsumsi makanan bergizi

3. Siklus hidup manusia:
Bayi → Anak-anak → Remaja → Dewasa → Lansia

4. Perubahan wujud zat:
– Mencair: es → air
– Membeku: air → es
– Menguap: air → uap
– Mengembun: uap → titik air

5. Urutan metamorfosis kupu-kupu:
Telur → Ulat (larva) → Kepompong (pupa) → Kupu-kupu

6. Contoh kenampakan :
Alam : gunung, sungai, pantai
Buatan : jalan, rumah, jembatan

7. Pengertian:
Provinsi = wilayah besar yang dikepalai gubernur
Kabupaten = wilayah di bawah provinsi, dipimpin bupati

8. Manfaat sungai :
– Irigasi
– Sumber air
– Transportasi
– Budidaya ikan

9. Zat :
– Padat: kayu, batu, besi
– Cair: air, minyak, susu
– Gas: oksigen, karbondioksida, uap

10. Pertumbuhan tumbuhan :
Biji → Tunas → Batang–daun → Tanaman muda → Tanaman dewasa → Berbunga → Berbuah
 

Selasa, 02 Desember 2025

Rabu, 03 Desember 2025

  

  

Hari/Tanggal     : Rabu, 03 Desember 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum SAS pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

Hari ini kita akan melaksanakan SAS materi :

1. Matematika
2. Seni Budaya   
 
  
 
 
Baiklah sholeh sholeha bu guru, semoga kalian dapat mengerjakan SAS hari ini dengan baik dan teliti,  jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu.
Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb.

 Kisi - kisi PAS Matematika 

1.Disajikan dengan data murid mampu menentukan lambang bilangan.dengan tepat

2.Disajikan dengan data murid dapat menentukan nilai tempat suatu bilangan dengan tepat

3 Disajikan dengan data murid dapat mengurutkan bilangan dari yang terbesar sampai yang terkecil

4.Disajikan dengan data murid mampu menentukan penjumlahan yang benar

5.Disajikan dengan data murid mampu menentukan pengurangan yang benar

6.Disajikan dengan data murid mampu menentukan hasil dari
perkalian dengan tepat.

7.Disajikan dengan data murid mampu menentukan hasil pembagiaan dengan tepat.

8.Disajikan dengan gambar murid mampu menentukan hasil perkalian.

9.Disajikan soal cerita murid mampu menyelesaikan masalah kontekstual yang melibatkan operasi perkalian dan pembagian

10.Disajikan dengan data murid mampu menjumlahkan pecahan

11.Disajikan data murid mampu menjumlahkan pecahan

12 Disajikan data murid mampu menjumlahkan pecahan

13.Disajikan dengan data murid mampu membanding nilai pecahan

14.Disajikan data murid mampu mengurutkan 
Pecahan

15.Disajikan dengan data murid mampu mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan symbol matematika

16.Disajikan soal cerita, murid dapat menyelesaikan soal cerita penjumlahan pecahan. 

17.Disajikan soal cerita, murid mampu menyelesaikan kaliamt matematika yang berhubungan dengan pengurangan dan penjumlahan

18.Disajikan dengan data murid mampu menyelesaikan kalimat matematika yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan

19.Disajikan dengan data murid mampu menyelesaikan kalimat matematika dengan tepat

20.Disajikan dengan data murid mampu menentukan nilai pada kalimat  matematika  

21.Disajikan dengan gambar murid mampu menentukan pola gambar sederhana

22. Disajikan dengan gambar murid mampu melanjutkan pola bilangan sederhana
Disajikan data murid mampu menemukan nilai yang tidak diketahui dalam kalimat matematika

23. Disajikan data murid mampu menjelaskan pola bilangan yang menurun
Disajikan gambar murid mampu menjelaskan pola bilangan

24. Disajikan soal cerita, murid mampu menyelesaiakan masalah kontekstual yang berkaitan dengan nilai yang tid

Berikut Soal Pilihan Ganda dan Uraian PAS Matematika 

A. SOAL PILIHAN GANDA

1. Menentukan lambang bilangan

 Bilangan tiga puluh lima dilambangkan dengan …

A. 53
B. 35
C. 30
D. 15

2. Menentukan nilai tempat

Pada bilangan 482, angka 8 menempati nilai …
A. Satuan
B. Puluhan
C. Ratusan
D. Ribuan

3. Mengurutkan bilangan (besar ke kecil)

Urutan dari terbesar ke terkecil adalah …
A. 90, 80, 100
B. 100, 90, 80
C. 80, 100, 90
D. 90, 100, 80

4. Penjumlahan

Hasil dari 56 + 23 adalah …
A. 79
B. 80
C. 81
D. 89

5. Pengurangan

Hasil dari 72 – 45 adalah …
A. 17
B. 27
C. 37
D. 25

6. Perkalian

Hasil dari 7 × 6 adalah …
A. 42
B. 36
C. 40
D. 48

7. Pembagian

Hasil dari 48 ÷ 6 adalah …
A. 9
B. 8
C. 7
D. 6

8. Gambar → Perkalian

(Gambar 4 kotak, setiap kotak berisi 3 bintang → 4 × 3)
Hasil perkalian pada gambar tersebut adalah …
A. 7
B. 9
C. 12
D. 16

9. Soal cerita (perkalian & pembagian)

Siti membeli 5 bungkus permen. Setiap bungkus berisi 4 permen. Banyak permen Siti adalah …
A. 9
B. 10
C. 20
D. 25

10. Penjumlahan pecahan

¼ + ¼ = …
A. ½
B. ¾
C. 1
D. ⅓

11. Penjumlahan pecahan

⅓ + ⅓ = …
A. ⅓
B. ⅔
C. ¾
D. 1

12. Penjumlahan pecahan

½ + ¼ = …
A. ¼
B. ½
C. ¾
D. 1

13. Membandingkan pecahan

Manakah pecahan yang lebih besar?
A. ½ > ⅓
B. ⅓ > ½
C. ¼ > ½
D. ⅛ > ¼

14. Mengurutkan pecahan

Urutan dari terbesar ke terkecil adalah …
A. ½, ¼, ⅛
B. ¼, ½, ⅛
C. ⅛, ¼, ½
D. ½, ⅛, ¼

15. Pecahan senilai

Manakah pasangan pecahan senilai?
A. ½ dan 2/4
B. 1/3 dan 3/5
C. ¾ dan ⅓
D. ⅛ dan 4/8

16. Soal cerita – penjumlahan pecahan

Ibu membeli ½ liter susu dan ¼ liter minyak. Banyak seluruhnya adalah …
A. ¾ liter
B. ½ liter
C. ¼ liter
D. 1 liter

17. Soal cerita – penjumlahan & pengurangan

Budi memiliki 10 kelereng. Ia memberikan 3 kelereng kepada adiknya, lalu mendapat 4 kelereng dari temannya. Jumlah kelereng Budi sekarang adalah …
A. 7
B. 10
C. 11
D. 8

18. Penjumlahan & pengurangan

62 – 15 + 10 = …
A. 55
B. 52
C. 57
D. 60

19. Kalimat matematika

Jika a = 8, maka nilai dari a + 5 adalah …
A. 10
B. 12
C. 13
D. 15

20. Nilai kalimat matematika

(25 – 5) × 2 = …
A. 30
B. 40
C. 50
D. 60

21. Pola gambar

(Gambar: ▲ ● ▲ ● ▲ … )
Bentuk berikutnya adalah …
A. ▲
B. ●
C. ■
D. ★

22. Pola bilangan sederhana

2, 4, 6, 8, …
Bilangan berikutnya adalah …
A. 9
B. 10
C. 12
D. 14

23. Nilai tak diketahui

□ + 7 = 15
Nilai □ adalah …
A. 6
B. 7
C. 8
D. 9

24. Pola bilangan menurun

30, 25, 20, 15, …
Bilangan selanjutnya adalah …
A. 10
B. 12
C. 8
D. 5

25. Gambar → menjelaskan pola

(Gambar: 3 bintang, 6 bintang, 9 bintang …)
Pola gambar tersebut bertambah …
A. 1
B. 2
C. 3
D. 5

26. Soal cerita – nilai tak diketahui

Siti memiliki beberapa kue. Ia memberi 4 kue kepada Dita, lalu tersisa 6 kue. Banyak kue Siti semula adalah …
A. 6
B. 8
C. 10
D. 12                                                                

 

B. SOAL URAIAN

1. Nilai tempat

Tuliskan nilai angka 7 pada bilangan 7.452!

2. Penjumlahan

Hitunglah:
345 + 287 = …

3. Pengurangan

Hitunglah:
600 – 275 = …

4. Perkalian

Sebuah kotak berisi 8 pensil. Ada 7 kotak.
Berapa banyak pensil seluruhnya?

5. Pecahan senilai

Tunjukkan bahwa ½ dan 2/4 adalah pecahan senilai dengan menggunakan gambar atau cara perhitungan!

6. Soal cerita pecahan

Ali minum ⅓ liter air dan kemudian minum lagi ⅙ liter.
Berapa liter air yang diminum Ali seluruhnya?

7. Pola bilangan

Tentukan 2 bilangan berikutnya dari pola berikut:
5, 10, 15, 20, …

8. Nilai yang tidak diketahui

Jika □ – 7 = 15, berapakah nilai □?

9. Masalah kontekstual (pembagian)

Ibu memiliki 24 kue dan ingin membagi rata kepada 6 anak.
Berapa kue yang diterima masing-masing anak?

10. Pola gambar

(Gambar segitiga bertambah 2 setiap langkah: 2, 4, 6, …)
Gambar berikutnya berisi berapa segitiga? 

KUNCI JAWABAN PILIHAN GANDA

  1. B

  2. B

  3. B

  4. C

  5. B

  6. A

  7. B

  8. C

  9. C

  10. A

  11. B

  12. C

  13. A

  14. A

  15. A

  16. A

  17. C

  18. A

  19. C

  20. B

  21. A

  22. B

  23. C

  24. A

  25. C

  26. C                                                       

     

    KUNCI JAWABAN URAIAN

  1. 7.000 (tujuh ribu)

  2. 632

  3. 325

  4. 56 pensil

  5. ½ = 2/4 (karena kedua pecahan sama-sama bernilai 0,5 / atau digambar sama besar)

  6. ⅓ + ⅙ = ½

  7. 25, 30

  8. □ = 22

  9. 4 kue per anak

  10. 8 segitiga


Kisi - kisi Seni Rupa

KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)

No Materi Indikator Level
1 Garis Mengidentifikasi macam-macam garis (lurus, lengkung, zig-zag) Pengetahuan
2 Garis Membedakan garis berdasarkan bentuknya Pengetahuan
3 Bentuk Mengenal bentuk datar (lingkaran, persegi, segitiga) Pengetahuan
4 Bentuk Mengenal bentuk benda di sekitar Pengetahuan
5 Warna Mengelompokkan warna primer Pengetahuan
6 Warna Mengaplikasikan warna pada gambar Keterampilan
7 Warna Membedakan warna panas dan dingin Pengetahuan
8 Gambar cerita Mengidentifikasi gambar cerita sederhana Pengetahuan
9 Gambar cerita Menentukan isi cerita dari gambar Pengetahuan
10 Gambar cerita Membuat gambar cerita sederhana Keterampilan
11 Komposisi Mengenal susunan gambar (atas–tengah–bawah) Pengetahuan
12 Komposisi Membuat komposisi sederhana Keterampilan
13 Tekstur Mengenal jenis tekstur Pengetahuan
14 Tekstur Membuat tekstur dengan teknik sederhana (gosok/iran) Keterampilan
15 Tekstur Mengidentifikasi tekstur benda (kasar–halus) Pengetahuan
A. SOAL PILIHAN GANDA (35 SOAL)

1. Garis lurus digambarkan dengan bentuk …

A. Melengkung
B. Berombak
C. Kaku dan rata
D. Bergerigi

2. Garis zig–zag berbentuk …

A. Bergelombang
B. Berkelok-kelok
C. Membentuk sudut-sudut tajam
D. Lingkaran

3. Garis lengkung memiliki bentuk …

A. Bergelombang
B. Melingkar
C. Berbelok halus
D. Bergerak naik turun tajam

4. Bentuk lingkaran memiliki sisi …

A. Empat
B. Tiga
C. Dua
D. Tidak bersisi

5. Contoh bentuk segi empat adalah …

A. Lingkaran
B. Persegi
C. Segitiga
D. Oval

6. Warna merah, biru, dan kuning disebut warna …

A. Sekunder
B. Primer
C. Tersier
D. Netral

7. Warna hijau termasuk warna …

A. Primer
B. Sekunder
C. Gelap
D. Netral

8. Warna yang terasa panas adalah …

A. Biru
B. Hijau
C. Kuning
D. Ungu

9. Gambar cerita adalah gambar yang menunjukkan …

A. Benda
B. Hewan
C. Peristiwa atau kegiatan
D. Makanan

10. Contoh gambar cerita adalah …

A. Gambar bunga
B. Gambar anak bermain di taman
C. Gambar bola
D. Gambar segitiga

11. Komposisi gambar yang baik diperoleh jika objek tersusun …

A. Tidak beraturan
B. Saling tumpang tindih
C. Seimbang
D. Acak

12. Bagian paling atas dalam komposisi gambar disebut …

A. Foreground
B. Background
C. Middle ground
D. Titik pusat

13. Tekstur halus terdapat pada …

A. Batu kali
B. Amplas
C. Daun
D. Kulit pohon

14. Tekstur kasar terdapat pada …

A. Kertas HVS
B. Kapas
C. Kulit kayu
D. Plester

15. Teknik rubbing (menggosok) dapat menghasilkan gambar …

A. Warna
B. Pola
C. Tekstur
D. Bentuk

16. Bentuk segitiga memiliki … sisi

A. 2
B. 3
C. 4
D. 5

17. Bentuk bola termasuk bentuk …

A. Datar
B. Rata
C. Ruang
D. Segitiga

18. Contoh warna dingin adalah …

A. Merah
B. Oranye
C. Biru
D. Pink

19. Susunan objek yang rapi dan seimbang disebut …

A. Dekorasi
B. Komposisi
C. Ilustrasi
D. Sketsa

20. Menggambar cerita biasanya diawali dengan …

A. Mewarnai dulu
B. Menentukan tema
C. Menghapus garis
D. Menggelapkan warna

21. Garis yang menunjukkan kesan lembut adalah garis …

A. Zig–zag
B. Patah-patah
C. Lengkung
D. Kotak

22. Garis yang menunjukkan gerak cepat biasanya berupa garis …

A. Vertikal
B. Horizontal
C. Diagonal
D. Lingkaran

23. Warna hijau dihasilkan dari campuran …

A. Merah + kuning
B. Biru + kuning
C. Merah + biru
D. Putih + hitam

24. Warna ungu berasal dari campuran …

A. Merah + biru
B. Biru + kuning
C. Merah + putih
D. Kuning + hitam

25. Gambar anak sedang belajar termasuk gambar …

A. Dekoratif
B. Cerita
C. Flora
D. Fauna

26. Komposisi yang baik membuat gambar tampak …

A. Kacau
B. Tidak jelas
C. Harmonis
D. Tidak rapi

27. Tekstur buatan dapat dibuat dengan teknik …

A. Coretan
B. Menggosok daun
C. Menempel batu
D. Merobek kertas

28. Yang bukan termasuk bentuk datar adalah …

A. Lingkaran
B. Segitiga
C. Bola
D. Persegi panjang

29. Warna hitam dan putih termasuk warna …

A. Primer
B. Sekunder
C. Netral
D. Panas

30. Komposisi "atas–tengah–bawah" terdapat dalam …

A. Peta
B. Lukisan pemandangan
C. Rumus matematika
D. Lagu

31. Garis vertikal adalah garis yang …

A. Mendatar
B. Miring
C. Berdiri tegak
D. Bergerigi

32. Garis horizontal adalah garis yang …

A. Miring
B. Mendatar
C. Melengkung
D. Berombak

33. Tekstur licin terdapat pada …

A. Kerikil
B. Kaca
C. Batang pohon
D. Karpet

34. Menggambar pohon, rumah, jalan dalam satu gambar disebut gambar …

A. Potret
B. Flora
C. Pemandangan
D. Dekoratif

35. Mewarnai harus dilakukan dengan …

A. Asal-asalan
B. Tidak rapi
C. Satu arah
D. Menekan kuat

 

B. SOAL URAIAN (10 SOAL)

1. Sebutkan tiga macam garis!

2. Sebutkan tiga contoh bentuk datar!

3. Jelaskan apa itu warna primer!

4. Mengapa gambar cerita disebut gambar cerita?

5. Jelaskan apa yang dimaksud komposisi dalam gambar!

6. Sebutkan dua contoh tekstur halus dan dua tekstur kasar!

7. Bagaimana cara membuat tekstur menggunakan teknik menggosok (rubbing)?

8. Sebutkan langkah-langkah membuat gambar cerita sederhana!

9. Sebutkan dua contoh warna panas dan dua contoh warna dingin!

10. Apa manfaat komposisi dalam menggambar?                               

KUNCI JAWABAN PILIHAN GANDA

1 C
2 C
3 C
4 D
5 B
6 B
7 B
8 C
9 C
10 B
11 C
12 B
13 C
14 C
15 C
16 B
17 C
18 C
19 B
20 B
21 C
22 C
23 B
24 A
25 B
26 C
27 B
28 C
29 C
30 B
31 C
32 B
33 B
34 C
35 C                                                          

 

KUNCI JAWABAN URAIAN

  1. Garis lurus, garis lengkung, garis zig–zag, patah-patah.

  2. Lingkaran, segitiga, persegi, persegi panjang.

  3. Warna primer adalah warna dasar yang tidak dapat dicampur dari warna lain (merah, biru, kuning).

  4. Karena gambar tersebut menceritakan suatu peristiwa, kegiatan, atau kejadian.

  5. Komposisi adalah susunan objek dalam gambar agar terlihat seimbang dan menarik.

    • Tekstur halus: kaca, daun, keramik

    • Tekstur kasar: kulit pohon, karpet, batu

  6. Meletakkan benda bertekstur di bawah kertas, kemudian menggosok permukaan kertas dengan crayon/pensil hingga muncul pola.

  7. Menentukan tema → membuat sketsa → menambahkan detail → mewarnai → merapikan gambar.

    • Warna panas: merah, oranye, kuning

    • Warna dingin: biru, hijau, ungu

  8. Membuat gambar lebih rapi, seimbang, mudah dipahami, dan enak dilihat.

 

Senin, 01 Desember 2025

Selasa, 02 Desember 2025

 

 

Hari/Tanggal     : Selasa, 02 Desember 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum SAS pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

Hari ini kita akan melaksanakan SAS materi :

1. Pendidikan Pancasila
2. PJOK   
 
  
  
 
 
Baiklah sholeh sholeha bu guru, semoga kalian dapat mengerjakan SAS hari ini dengan baik dan teliti,  jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu.
Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb.

 

Kisi- kisi PAS Pendidikan pancasila 

1.Disajikan deskripsi tentang lambang sila pertama Pancasila, peserta didik dapat mengidentifikasi lambang sila yang tepat.

2.Disajikan deskripsi tentang bunyi sila kedua Pancasila, peserta didik dapat mengidentifikasi bunyi sila yang tepat.

3.Disajikan kasus penerapan sila pertama Pancasila dalam konteks keberagaman agama, peserta didik dapat menentukan sikap yang sesuai.

4.Disajikan informasi tentang perjuangan perumusan dasar negara, peserta didik dapat menyebutkan salah satu tokoh proklamator yang mengusulkan rumusan dasar negara.

5.Disajikan narasi tentang sikap para perumus Pancasila, peserta didik dapat menyimpulkan sikap utama yang patut diteladani dalam konteks persatuan.

6.Disajikan situasi komunikasi antar suku, peserta didik dapat menentukan bahasa persatuan yang sebaiknya digunakan.

7.Disajikan situasi presentasi di sekolah, peserta didik dapat menentukan tindakan yang paling tepat untuk menunjukkan kepedulian terhadap bahasa persatuan.

8.Disajikan fenomena penggunaan bahasa gaul/asing di media sosial, peserta didik dapat menentukan strategi paling efektif untuk menumbuhkan kecintaan terhadap bahasa Indonesia.

9.Disajikan fakta keberagaman bahasa daerah, peserta didik dapat menganalisis alasan strategis penetapan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.

10.Disajikan kasus teman yang melanggar aturan jam masuk kelas, peserta didik dapat menentukan tindakan yang paling mencerminkan kepatuhan dan kepedulian.

11.Disajikan kasus pelanggaran aturan tidak mengumpulkan tugas, peserta didik dapat menentukan konsekuensi yang paling mungkin diterima.

12.Disajikan aturan memelihara hewan di lingkungan, peserta didik dapat menganalisis dampak negatif yang paling mungkin terjadi jika aturan tersebut dilanggar.

13.Disajikan kasus tetangga membuang limbah sembarangan, peserta didik dapat menentukan tindakan yang paling bijaksana dan bertanggung jawab untuk mengatasi masalah tersebut.

14.Disajikan pernyataan kebutuhan dasar oleh orang tua, peserta didik dapat mengidentifikasi konsep penerimaan kebutuhan tersebut dalam konteks keluarga.

15.Disajikan pernyataan kedua orangtua yang mencari nafkah peserta didik dapat menentukan tindakan yang paling menunjukkan tanggung jawab sebagai anak.

16.Disajikan pernyataan kewajiban di rumah, peserta didik dapat menentuka hak yang pantas didapatkan setelah melaksanakan kewajiban.

17.Peserta didik dapat menentukan contoh hak siswa di sekolah yang berkaitan dengan proses belajar.

18.Peserta didik dapat mengidentifikasi kewajiban siswa yang paling utama untuk menjaga citra baik sekolah.

19.Disajikan kasus teman membuang sampah sembarangan saat piket, peserta didik dapat menentukan tindakan yang paling tepat sebagai warga sekolah yang bertanggung jawab.

20.Disajikan pernyataan guru menjelaskan materi di kelas, peserta didik dapat menyimpulkan kewajiban yang harus dilaksanakan untuk mendapatkan hak berupa ilmu.

21.Disajikan pernyataan, peserta didik dapat melengkapi bunyi sila ketiga Pancasila.

22.Disajikan contoh perilaku adil dan beradab, peserta didik dapat menyebutkan sila Pancasila yang keberapa yang menjadi inti dari nilai tersebut.

23.Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan tanggal peringatan Hari Lahir Pancasila.

24.Disajikan pernyataan, peserta didik dapat  menyimpulkan bahasa yang harus digunakan sebagai warga negara.
Peserta didik dapat menyebutkan tujuan umum dari adanya aturan di sekolah.

25.Disajikan kasus pelanggaran aturan di sekolah, peserta didik dapat menyebutkan tempat di mana pelanggaran tersebut terjadi.

26.Disajikan gambar, peserta didik dapat menyebutkan tujuan utama dari aturan ronda malam di lingkungan.

27.Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan salah satu cara untuk menghemat sumber daya air.

28.Disajikan cerita di rumah (piring kotor menumpuk), peserta didik dapat menentukan kewajiban yang harus dilakukan.

29.Disajikan pernyataan terkait fasilitas baru di sekolah, peserta didik dapat menyimpulkan hak yang dimiliki setiap anak terhadap fasilitas tersebut.

30.Disajikan bunyi Pancasila, peserta didik dapat menuliskan satu contoh sikap adil yang dapat dilakukan di rumah, sesuai dengan sila kelima.

31.Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menuliskan dua nama tokoh perumus Pancasila.

32.Disajikan teks singkat tentang Hari Berbahasa, peserta didik dapat menentukan alasan pentingnya menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar di sekolah.

33.Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menguraikann alasan mengapa peraturan di sekolah harus ditaati.

34.Disajikan sebuah gambar, peserta didik dapat menganalisis dan menjelaskan tindakan yang seharusnya dilakukan oleh seorang anak. 

 

 PILIHAN GANDA – Pendidikan Pancasila

SOAL PILIHAN GANDA – Pendidikan Pancasila 

1. Identifikasi lambang sila pertama Deskripsi: Lambangnya berupa gambar bintang yang bersinar di atas dasar hitam.
Lambang sila yang dimaksud adalah …
A. Padi dan kapas
B. Pohon beringin
C. Kepala banteng
D. Bintang

2. Bunyi sila kedua

Sila kedua Pancasila berbunyi …
A. Kemanusiaan yang adil dan beradab
B. Persatuan Indonesia
C. Ketuhanan Yang Maha Esa
D. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan

3. Sikap sesuai sila pertama (keberagaman agama)

Raka melihat temannya berdoa menurut agamanya. Sikap yang sesuai sila pertama adalah …
A. Menertawakannya
B. Menghormatinya
C. Meninggalkannya sendiri
D. Melarang temannya berdoa

4. Tokoh perumus dasar negara

Tokoh proklamator yang mengusulkan rumusan dasar negara adalah …
A. Ir. Soekarno
B. Ki Hajar Dewantara
C. Cut Nyak Dien
D. Sutan Sjahrir

5. Sikap para perumus Pancasila

Para perumus Pancasila selalu mengutamakan persatuan. Sikap utama yang dapat diteladani adalah …
A. Egois
B. Mementingkan diri sendiri
C. Mengutamakan musyawarah
D. Tidak peduli pada orang lain

6. Bahasa persatuan

Saat berkomunikasi antar suku, bahasa persatuan yang digunakan adalah …
A. Bahasa daerah
B. Bahasa Inggris
C. Bahasa Indonesia
D. Bahasa isyarat

7. Sikap saat presentasi di sekolah

Ketika presentasi, cara menunjukkan kepedulian terhadap bahasa persatuan adalah …
A. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
B. Menggunakan bahasa gaul
C. Menggunakan bahasa asing
D. Diam saja

8. Fenomena bahasa gaul di media sosial

Strategi paling efektif menumbuhkan kecintaan terhadap bahasa Indonesia adalah …
A. Melarang semua bahasa asing
B. Membuat konten kreatif berbahasa Indonesia
C. Menghapus media sosial
D. Membiarkan tanpa arahan

9. Keberagaman bahasa daerah

Bahasa Indonesia ditetapkan sebagai bahasa persatuan karena …
A. Lebih keren dari bahasa daerah
B. Mudah dipelajari semua orang
C. Menyatukan berbagai suku di Indonesia
D. Hanya digunakan di kota

10. Kasus pelanggaran jam masuk kelas

Temanmu terlambat masuk kelas. Tindakan paling tepat adalah …
A. Membiarkan saja
B. Menertawakan
C. Menasihati agar disiplin
D. Mengejek

11. Pelanggaran tidak mengumpulkan tugas

Jika siswa tidak mengumpulkan tugas, konsekuensi yang paling mungkin diterima adalah …
A. Mendapat nilai rendah
B. Dipuji guru
C. Diberi hadiah
D. Dibebaskan dari tugas

12. Aturan memelihara hewan

Jika aturan memelihara hewan tidak dipatuhi, dampak negatif yang mungkin terjadi adalah …
A. Lingkungan tetap bersih
B. Banyak penyakit muncul
C. Hewan menjadi patuh
D. Lingkungan menjadi lebih rapi

13. Kasus membuang limbah sembarangan

Tindakan paling bijaksana saat tetangga membuang limbah sembarangan adalah …
A. Diam saja
B. Memarahinya
C. Melapor dan mengajak berdiskusi secara baik
D. Membalas dengan perbuatan yang sama

14. Kebutuhan dasar keluarga

Orang tua memenuhi kebutuhan dasar anak, seperti memberi makan. Hal itu merupakan …
A. Hak anak
B. Kewajiban anak
C. Kesalahan anak
D. Hobi orang tua

15. Kedua orang tua bekerja

Tindakan yang menunjukkan tanggung jawab sebagai anak adalah …
A. Membiarkan rumah berantakan
B. Membantu pekerjaan rumah
C. Bermain sepanjang hari
D. Bermalas-malasan

16. Hak setelah melaksanakan kewajiban

Setelah melaksanakan kewajiban membersihkan kamar, hak yang pantas didapatkan adalah …
A. Dimarahi
B. Mendapat makanan yang cukup
C. Tidak diberi istirahat
D. Dihukum

17. Hak siswa di sekolah

Contoh hak siswa dalam proses belajar adalah …
A. Membersihkan kelas
B. Mendapatkan pengajaran dari guru
C. Menjaga kebersihan
D. Tepat waktu hadir

18. Kewajiban siswa menjaga citra sekolah

Kewajiban siswa untuk menjaga citra baik sekolah adalah …
A. Tidak memakai seragam
B. Berperilaku sopan
C. Membolos
D. Bermain saat pelajaran

19. Teman membuang sampah saat piket

Tindakan paling tepat adalah …
A. Membiarkan
B. Memarahi kasar
C. Mengingatkan dengan sopan
D. Ikut membuang sampah

20. Guru menjelaskan materi

Ketika guru mengajar, kewajiban siswa adalah …
A. Tidur
B. Mengganggu teman
C. Mendengarkan dengan saksama
D. Keluar kelas

21. Bunyi sila ketiga

Sila ketiga berbunyi …
A. Persatuan Indonesia
B. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
C. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan
D. Kemanusiaan yang adil dan beradab

22. Perilaku adil dan beradab

Perilaku adil dan beradab adalah nilai dari sila ke …
A. 1
B. 2
C. 4
D. 5

23. Hari Lahir Pancasila

Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tanggal …
A. 1 Juni
B. 17 Agustus
C. 20 Mei
D. 28 Oktober

24. Bahasa yang harus digunakan warga negara

Bahasa yang harus digunakan sebagai warga negara Indonesia adalah …
A. Bahasa Inggris
B. Bahasa Indonesia
C. Bahasa Arab
D. Bahasa daerah

25. Pelanggaran aturan sekolah

Kasus: “Siswa merokok di lingkungan sekolah.”
Pelanggaran tersebut terjadi di …
A. Jalan raya
B. Sekolah
C. Terminal
D. Pasar

26. Tujuan aturan ronda malam

Aturan ronda malam dibuat untuk …
A. Membuat warga mengantuk
B. Membatasi waktu bermain
C. Menjaga keamanan lingkungan
D. Mengurangi kegiatan malam

27. Cara menghemat air

Cara menghemat air adalah …
A. Membuka keran terus menerus
B. Mandi dengan bak penuh
C. Menutup keran setelah digunakan
D. Membiarkan pipa bocor

28. Piring kotor menumpuk

Kewajiban yang harus dilakukan adalah …
A. Membiarkannya
B. Menyalahkan orang lain
C. Mencuci piring
D. Membuang piring

29. Fasilitas baru di sekolah

Sekolah memiliki perpustakaan baru. Hak yang dimiliki siswa adalah …
A. Merusaknya
B. Menggunakan fasilitas dengan baik
C. Melarang teman masuk
D. Mengotori ruangan

30. Sikap sesuai sila kelima

Contoh sikap adil sesuai sila kelima adalah …
A. Membagi tugas secara merata
B. Membiarkan teman bekerja sendiri
C. Mengambil semua hadiah
D. Mencuri barang

31. Dua tokoh perumus Pancasila

Tokoh perumus Pancasila adalah …
A. Soekarno dan Moh. Hatta
B. R.A. Kartini dan Pattimura
C. Cut Nyak Dien dan Diponegoro
D. B.J. Habibie dan Ki Hajar

32. Pentingnya bahasa Indonesia

Alasan penting menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar adalah …
A. Agar terlihat sombong
B. Agar komunikasi mudah dipahami
C. Agar tidak punya teman
D. Agar tidak belajar bahasa lain

33. Mengapa aturan sekolah harus ditaati

Aturan sekolah harus ditaati karena …
A. Membuat siswa takut
B. Agar sekolah kelihatan seram
C. Untuk menciptakan ketertiban dan kenyamanan belajar
D. Agar siswa tidak senang

34. Analisis tindakan pada gambar

(Gambar anak membantu orang tua menyapu halaman)
Tindakan yang seharusnya dilakukan seorang anak adalah …
A. Bermain saja
B. Mengabaikan orang tua
C. Membantu pekerjaan orang tua
D. Tidur

KUNCI JAWABAN

  1. D

  2. A

  3. B

  4. A

  5. C

  6. C

  7. A

  8. B

  9. C

  10. C

  11. A

  12. B

  13. C

  14. A

  15. B

  16. B

  17. B

  18. B

  19. C

  20. C

  21. A

  22. B

  23. A

  24. B

  25. B

  26. C

  27. C

  28. C

  29. B

  30. A

  31. A

  32. B

  33. C

  34. C

     Kisi- kisi PAS PJOK


1. Kombinasi gerak dasar lokomotif 
 Pengertian Kombinasi , gerak dasar lokomotor dan contohnya dalam permainan

2. Kombinasi gerak dasar non lokomotor 
  Pengertian dan contohnya dalam permainan

3. kombinasi gerak dasar manipulatif 
 Pengertian gerak dasar manipulatif dan contohnya dalam permainan.

4. Aktivitas senam, Latihan keseimbangan, kelenturan dan contohnya