Tema 4 Sub tema 3 Pb 3 dan Pb 4
Kelas IV A
Hari Kamis
Tanggal 31 Oktober 2019
Tujuan :
PB 3
IPA
Siswa mampu mengola sampah dan barang-barang bekas
Bahasa Indonesia
Siswa mampu menilai komentar terhadap kejadian dalam suatu dongeng
PB 4
Bahasa Indonesia
Siswa mampu menyampaikan isi dongeng dengan menggunakan peta pikiran
PKn
Siswa mampu mengamalkan sila ketiga Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
PB 3
IPA
Benda-benda disekitar kita yang sudah tifak berfungsi atau tidak terpakai tentu akan menjadi barang bekas.
Barang-barang bekas tersebut dapat diolah dengan 4 R
1. Reuse artinya menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk funslgsi yang sama atau fungsibyang berbeda
Contoh: menggunakan kaleng bekas cat untuk dijadikan pot
2. Reduce artinga mengurangi potensi benda yang telah digunakan menjadi sampah.
Contoh: membawa air minum dalam botol sendiri daripada membeli air mineral dalam kemasan
3. Recycle artinya mengolah kembali sampah menjadi barang atau produk baru
Contoh: memgolah sampah organik menjadi pupuk kompos
4. Replace artinya mengganti benda yang biasa digunakan demgan benda ramah lingkungan
Contoh :
Memilij menggunakan saputangan daripada tisu
Menggunakan lcd untuk membuat pupuk kompos yang benar
Bahasa Indonesia
Kita dapat memberikan komentar atau pendapat tentang peristiwa yang terdapat dalam dongeng. Pemdapat dapat dikemukakan ketika kita sudah mengetahui tokoh, alur (jalan cerita), latar dan pesan moral. Tidak hanya memberikan komentar, kita juga bisa menilai komentar yang dibuat oleh teman kiga yang lain.
PB 4
Bahasa Indonesia
Siswa membuat peta pikiran dengam menggunakan karton
Contoh peta pikiran mengenai dongeng"kelinci dan kura-kura" pada Pb 1
Tujuan :
PB 3
IPA
Siswa mampu mengola sampah dan barang-barang bekas
Bahasa Indonesia
Siswa mampu menilai komentar terhadap kejadian dalam suatu dongeng
PB 4
Bahasa Indonesia
Siswa mampu menyampaikan isi dongeng dengan menggunakan peta pikiran
PKn
Siswa mampu mengamalkan sila ketiga Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
PB 3
IPA
Benda-benda disekitar kita yang sudah tifak berfungsi atau tidak terpakai tentu akan menjadi barang bekas.
Barang-barang bekas tersebut dapat diolah dengan 4 R
1. Reuse artinya menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk funslgsi yang sama atau fungsibyang berbeda
Contoh: menggunakan kaleng bekas cat untuk dijadikan pot
2. Reduce artinga mengurangi potensi benda yang telah digunakan menjadi sampah.
Contoh: membawa air minum dalam botol sendiri daripada membeli air mineral dalam kemasan
3. Recycle artinya mengolah kembali sampah menjadi barang atau produk baru
Contoh: memgolah sampah organik menjadi pupuk kompos
4. Replace artinya mengganti benda yang biasa digunakan demgan benda ramah lingkungan
Contoh :
Memilij menggunakan saputangan daripada tisu
Menggunakan lcd untuk membuat pupuk kompos yang benar
Bahasa Indonesia
Kita dapat memberikan komentar atau pendapat tentang peristiwa yang terdapat dalam dongeng. Pemdapat dapat dikemukakan ketika kita sudah mengetahui tokoh, alur (jalan cerita), latar dan pesan moral. Tidak hanya memberikan komentar, kita juga bisa menilai komentar yang dibuat oleh teman kiga yang lain.
PB 4
Bahasa Indonesia
Siswa membuat peta pikiran dengam menggunakan karton
Contoh peta pikiran mengenai dongeng"kelinci dan kura-kura" pada Pb 1
Pengamalan sila ketiga Pancasila dalamkehidupan sehari-hari
Contoh kegiatan sehari-hari yang mencerminkan pengamalan sila ketiga pancasila.
1. Lingkungan keluarga
a. Saling menyayangi, menghormati dan bekerja sama dengan anggota keluarga
b. Tidak memaksakan kehendak kepada anggota keluarga yang lain
c. Mendengarkan nasihat ayah dan ibu
2. Lingkungan sekolah
a. Mau berteman dengan semua siswa tanpa membedakan suku, ras, atau agama
b. Menghormati guru, teman dan warga sekolah
c. Menghargai pendapat teman saat berdiskusi
3. Lingkungan masyarakat
a. Peduli terhadap masyarakat sekitar
b. Ikut serta dalam menjaga keamanan lingkungan sekitar
c. Ikut serta dalam kerja bakti membersihkan lingkungan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar