Hari: Senin, 23 November 2020
TEMA 5 SUB TEMA 1 PB 5 & 6
Assalamualaikum.wr.wb.
Apa kabar anak sholeh/sholeha bu Yulina, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.Sebelum belajar jangan lupa dengarkan tausiah, tadarus kemudian shalat dhuha ya nak.Berikut materinya ya nak simak, baca baik - baik semoga kalian memahami materi yang telah ibu berikan. Kemudian di bawah ini ada link latihan ya anak anak bu guru semuanya, Nanti kalau ada komentar silakan di isi di dalam kotak komentar.
Pembelajaran 5 dan 6
Muatan Pelajaran : IPA (KD 3. 5 dan 4. 5), Bahasa Indonesia (KD 3.7 dan 4.7), SBdP (KD 3. 2 dan 4. 2), dan PPKn (KD 3.
Rangkuman Materi :
IPA (KD 3. 5 dan 4. 5)
HUBUNGAN ANTARA MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA
A. Simbiosis
Hubungan antarmakhluk hidup yang khas disebut simbiosis. Di alam dikenal tiga macam kehidupan simbiosis yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis parasitisme, dan simbiosis komensalisme.
1. Simbiosis mutualisme
Simbiosis mutualisme adalah hubungan antara dua jenis makhluk hidup yang saling menguntungkan.
Contoh :
1. hubungan serangga dan tumbuhan berbunga.
Serangga seperti kupu-kupu, lebah, dan kumbang mengambil nektar dari bunga untuk makanannya, serangga membantu proses penyerbukan pada bunga.
2. Simbiosis komensalisme
Simbiosis komensalisma adalah hubungan ketergantungan antara makhluk hidup, di mana satu pihak diuntungkan namun pihak yang lain tidak dirugikan. Contohnya adalah sebagai berikut:
A. Ikan remora dengan ikan hiu.
Ikan-ikan kecil yang disebut remora, menempel pada tubuh ikan hiu. Remora mendapatkan sisa-sisa makanan dari ikan hiu. Selain itu, remora dapat bepergian ke manapun tanpa takut dimangsa oleh ikan-ikan besar lain. Hiu tidak diuntungkan maupun dirugikan.
3. Simbiosis parasitisme
Simbiosis parasitisma adalah hubungan ketergantungan yang hanya menguntungkan salah satu pihak. Contohnya adalah sebagai berikut:
A.Benalu yang hidup di pohon inang.
Selain menumpang hidup, benalu juga mengambil makanan dari tumbuhan inang yang ditumpanginya. Akibatnya tumbuhan yang ditumpangi mengalami kerugian karena kehilangan zat-zat makanan dan pertumbuhannya terganggu.
Bahasa Indonesia (KD 3. 7 dan 4. 7)
Melengkapi informasi teks nonfiksi yang dibaca
Untuk melengkapi informasi-informasi teks nonfiksi yang dibaca , kamu perlu memperhatikan hal-hal berikut:
a. Membaca teks dengan seksama
b. Menggaris bawahi kata kunci atau ide pokok pada setiap paragraph teks.
c. Menjawab pertanyaan yang diberikan.
SBdP (KD 3. 2 Dan 4. 2)
properti adalah barang yang digunakan dalam tarian untuk memperjelas tema suatu tarian misalnya tari pakarena - dari sulawesi selatan dengan menggunakan properti kipas yang memakai lagu pakarena sebagai iringan tariannya
.Unsur pola lantai adalah pola yang digunakan sebagai posisi penari dalam menarikan suatu tarian, terdapat pola lantai garis lurus (vertical dan horizontal) seperti pada gerak tari tradisional seperti tari saman - dari aceh dengan menggunakan iringan berupa tepukan, terdapat pula pola lantai garis lengkung seperti pada tari kecak - dari bali dengan menggunakan iringan berupa ucapan "cak cak cak"
PPKn (KD 3. 4 dan 4. 4)
Semangat kekeluargaan dan gotong royong
Gotong royong merupakan sebuah kegiatan bersama yang bertujuan mencapai kemajuan bersama. Gotong royong telah menjadi kepribadian bangsa dan budaya semenjak dahulu. Budaya ini telah ada sebelum Indonesia merdeka dan telah berakar di dalam kehidupan masyarakat. Gotong royong menumbuhkan rasa kebersamaan, kekeluargaan, dan tolong-menolong. Dengan demikian, rasa persatuan dan kesatuan nasional terus terbina.
Bangsa Indonesia menganut prinsip Kolektivis. yakni mengutamakan kepentingan kelompok. Hal ini bisa kita lihat, dalam perembukan PANCASILA, yang tidak hanya mementingkan 1 kelompok, tapi juga kelompok lain.
Dalam era saat ini, gotong royong dapat diaplikasikan melalui
1. Kerja bakti
2. Musyawarah mufakat
3. Saling membantu sesuai bidang masing-masing
Adapun gotong royong tercipta, karena adanya perasaan ketergantungan satu sama lain, dan perasaan senasib sepenanggungan
Ini link latihannya ya nak !
Assalamu'alaikum wr wb
BalasHapusAbimanyu Suwari Nugroho
5 B
No absen 1
Hadir
Membaca materi dan mengerjakan tugas
Terimakasih ibu. Wassalam
Assalamualaikum bu yulina
BalasHapusNafisa Azka Nyla Putri
5B
Hadir dan akan mengerjakan tugas yang ibu guru berikan
M.naifal Rafiq elrima 5B hadir
BalasHapusFarras syaddad fadli
BalasHapusKelas :5.B
Hadir 🙏