Hari/tanggal : Kamis /07 Oktober 2021
Anak
sholeh dan sholeha Bu Yulina...Kita ketemu lagi dalam pembelajaran
daring, semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap semangat dalam
menjalankan kegiatan daring ini. Sebelum anak-anak memulai pembelajaran
daring tentang Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran 3 dan 4, pastikan ananda
sudah melaksanakan
sholat dhuha, tadarus, mendengarkan tausiah. Jangan lupa ucapkan bismillah dan berdo'a ya nak!
Pada pelajaran hari ini kita akan belajar tentang Tema 4 Subtema 2 pembelajaran 3 dan 4 yaitu tentang Sehat Itu Penting
Simak materi di bawah ini ya nak :
Pembelajaran : 3 dan 4
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat memahami isi (makna) dan amanat pantun berdasarkan usia dan isi.
2. Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat menyebutkan empat macam interaksi dalam b uidang pendidikan menjelaskan tentang interaksi social dalam pembangunan social budaya.
3. Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat menjelaskan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam pengambilan keputusan.
Muatan Pelajaran : PPKn (KD 3.2, 4.2), Bahasa Indonesia (KD 3.6, 4.6), IPS (KD 3. 2, 4.2)
PPkN ( KD : 3.2, 4.2 )
Tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam pengambilan keputusan
Setiap manusia tidak bisa hidup sendiri, selalu bergantung dengan keberadaan manusia lainnya. Sehingga antarindividu harus melakukan komunikasi demi kesepakatan bersama. Sebagai makhluk sosial, manusia merupakan anggota masyarakat yang memiliki tanggung jawab kepada anggota masyarakat lainnya untuk melamgsungkan hidupnya di dalam masyarakat.
Tanggung jawab sebagai masyarakt tersebut harus diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat. berikut jenis-jenis tanggung jawab sebagai warga masyarakat:
1. Memelihara rasa persatuan dan kesatuan.
Karena terdiri dari berbagai individu, tentu banyak perbedaan di dalamnya. Sebagai anggota masyarakat yang bertanggung jawab, tidak menjadikan perbedaan tersebut menjadi suatu perpecahan. Kita harus tetap memelihara serta menjaga persatuan dan kesatuan di masyarakat. Prinsip-prinsip dasar untuk menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat adalah: Menciptakan lingkungan hidup yang seimbang dan selaras.
2. Saling mengasihi dan membina antar individu.
Tidak membuat perbedaan menjadi perpecahan, tetapi fokus pada tujuan yang sama Contoh perilaku memelihara rasa persatuan dak kesatuan masyarakat, yaitu: Rukun tetangga harus terus dilakukan Menyelesaikan permasalahan secara musyawarah dan mufakat bersama-sama.
3. Mengadakan bakti sosial di lingkungan masyarakat.
Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar Tidak membedakan suku, ras, dan agama dalam bergaul di masyarakat Memelihara ketertiban dan keamanan bermasyarakat Ketertiban dan keamanan di tengah masyarakat menjadi tanggung jawab setiap individu. Ketertiban dan keamanan di masyarakat daopat dilakukan dengan membuat aturan yang bisa dipahami dan dipatuhi ileh semua anggota masyarakat tersebut. Contohnya, membuat jadwal ronda malam yang dilakukan secara bergilir oleh anggota masyarakat. Jadwal dan aturan jam ronda malam harus menjadi tanggung jawab individu yang kebagian, sehingga harus dilaksanakan tujuan dan budaya antarwarga dalam masyarakat sama. Dengan kepentingan yang sama ini, setiap warga sebaiknya memperkuat hubungan antarwarga dengan mengesampingkan perbedaan yang ada.
4. Sikap solidaritas
Sikap solidaritas tersebut akan membuat setiap warga bisa menerima perbedaan yang ada, karena dapat saling bergaul dan memaklumi perbedaan yang ada. Solidaritas harus terus ditingkatkan di masyarakat, salah satunya dengan mengutamakan kepentingan bersama dibandingkan kepentingan pribadi. Contoh sikap solidaritas, yaitu saling membantu, peduli satu sama lain, kerja sama, serta berpartisipasi dalam membangun wilayah secara bersama-sama. Kegiatan gotong royong tentu menjadi kegiatan nyata untuk menciptakan solidaritas antarwarga. Bentuk kerja sama tidak hanya dilakukan di pedesaan, melainkan juga daerah perkotaan.
IPS ( KD : 3.2 dan 4.2
Interaksi dalam Bidang Pendidikan
4 macam interaksi dalam bidang pendidikan yaitu :
1. interaksi siswa dengan siswa. misalnya dedi dan jonas bediskusi materi pelajaran yg di sampaikan oleh guru
2. interaksi siswa dengan guru. misalnya guru menjawab pertanyaan yg diajukan oleh siswa
3. interaksi siswa dengan sumber belajar. wujud interaksi antara siswa dan sumber pelajar dapat bermacam-macam
4. interaksi siswa dengan lingkungan. misalnya siswa SD mentari melakukan karyawisata ke pantai, dan lain-lain
Contoh interaksi dalam bidang pendidikan :
upaya pembangunan di bidang sosial budaya dapat dilakukan melaluipendidikan, baik pendidikan formal maupun informal.
Melalui pendidikan,maka akan tercapai kesejahteraan masyarakat.
Berikut contoh aktivitasmasyarakat dalam upaya pembangunan sosial budaya :
1) Mengikuti wajib belajar 9 tahun yang telah dicanangkan oleh pemerintah.
2) Mengikuti pelatihan keterampilan seperti menjahit, membatik, danmembuat karya kerajinan lainnya.
3) Turut serta dalam organisasi masyarakat.
Contoh aktivitas masyarakat dalam upaya pembangunan socialbudaya melalui pendidikan.
1) Mengikuti wajib belajar 9 tahun yang telah dicanangkan olehpemerintah.
2) Mengikuti pelatihan keterampilan, seperti menjahit, membatik, danmembuat karya kerajinan lainnya.
Bahasa Indonesia ( KD : 3.6 dan 4.6 )
Isi (makna) dan amanat pantun berdasarkan usia
Berdasarkan usia, pantun dibedakan menjadi pantun anak anak, pantun orang muda, dan pantun orang tua.
Contoh pantun anak anak :
Pergi ke warung membeli Koran
Sekalian membeli benang
Ayo bermain kejar kejaran
Badan sehat hati senang
Isi (makna) pantun : bermain kejar kejaran membuat badan sehat dan hati senang.
Amanat pantun : Anak anak sebaiknya bermain agar hati senang.
Contoh Pantun Orang Muda :
Mengangkat batu setinggi bahu
Batu diangkat berat rasanya
Jikalah boleh aku tahu
Baju biru siapa namanya ?
Isi (makna) pantun : Keinginan seseorang untuk berkenalan.
Amanat pantun : Saat berkenalan, sebaiknya dilakukan dengan santun
Pantun di atas memiliki ciri-ciri :
1. 1.Bersajak a-b-a-b
2. 2. Satu bait terdiri dari atas empat baris
3. 3. Setiap baris terdiri atas 8-12 suku kata
4. 4. Terdiri atas sampiran dan isi
Tugas Latihan :
Tugas ananda di rumah adalah membaca blogger bu guru dan beri tanggapan/ komentari isi
bloggernya di kolom komentar ya nak dan jangan lupa dipoto pada saat ananda membaca
blogger bu guru !
Trimakasih
Tanggapan dari hasil pembelajaran hr ini adalah :
BalasHapus1. Manusia tidak bs hidup sendiri harus berdampingan dg orang lain.
2. Berdasarkan usia, pantun dibedakan menjadi pantun anak , pantun orang muda, dan pantun orang tua.
3. upaya pembangunan di bidang sosial budaya dapat dilakukan melalui pendidikan formal maupun informal.
4.jenis tanggung jawab sebagai warga masyarakat:
A. Memelihara rasa persatuan dan kesatuan
B. Saling mengasihi dan membina antar individu.
C. Mengadakan bakti sosial di lingkungan masyarakat.
D. Sikap solidaritas
Trimakasih bu guru 🙏
Assalamualaikum bu
BalasHapusNama Aqila zahira syah
Kelas 5A
No absen 04
Hadir bu🙏
Terima kasih bu guru atas materi hari ini, cukup jelas dan mudah di pahami...
kesimpulan materi :
Tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam mengambil keputusan :
Setiap Manusia tidak bisa hidup sendiri,selalu berhantung kepada manusia lainnya,sehingga setiap individu harus
melakukan komunikasi demi kesepakatan bersama.
isi dan amanat pantun berdasarkan usia :
berdasrkan usia pantu di bedakan menjadi 3 : pantun anak anak,pantun orang muda dan pantun orang tua
Ciri ciri pantun :
a.Bersajak a-b-a-b
b.satu bait terdiri dari empat baris
c.satu baris terdiri atas 8-12 suku kata
d.terdiri atas sampiran dan isi
Nama:ramadhan altaf azzamy
BalasHapusKelas:5a
Absen:22
Kesimpulan materi
Tanggung jawab warga masyrakat dalam mengambil keputusan:
Manusia tidak bisa hidup sendiri. Semua tergantung pada keberadaan manusia lain nya sehingga antarindividu harus melakukan komunikasi atas keputusan bersama.
Pantun terdiri:pantun anak anak.pantun teka teki.pantun jenaka.pantun orang muda.pantun orang tua.pantun nasehat.
Ciri ciri pantun
1 bersajak a-b-a-b
2 satu bait terdiri 4 baris
3 satu baris terdiri atas 8-12 suku kata
4 terdiri atas sampiran dan isi
Nama:Haglien vischa bilqueena
BalasHapusKelas:5a
Absen:09
Kesimpulan materi upaya pembangunan sosial budaya :
1) mengikuti wajib belajar 9tahun yang telah dicanangkan oleh pemerintah.
2) mengikuti pelatihan ketrampilan seperti menjahit, membatik, dan membuat karya kerajinan lainnya.
3) Turut serta dalam organisasi masyarakat.
Contoh aktivitas masyarakat dalam upaya pembangunan sosial budaya melalui pendidikan.
(1) mengikuti wajib belajar 9tahun yang telah dicanangkan oleh pemerintah.
(2) mengikuti pelatihan ketrampilan seperti menjahit,membatik,dan membuat karya kerajinan lainnya.
Asalamualaikum bu
BalasHapusNAMA:LAIQA KHANSA NAZIRA
KELAS:5A
NO.ABSEN:13
hadir bu 🙋♀️🙋♀️
Kesimpulan materi :
PPKN
-setiap manusia tidak bisa hidup sendiri selalu bergantung dengan keberadaan manusia lainnya . Sehingga antarindividu harus melakukan komunikasi demi kesepakatan bersama.jenis-jenis tanggung jawab sebagai warga masyarakat:
-memelihara rasa persatuan dan kesatuan
-saling mengasihi dan membina antar individu
-mengadakan bakti sosial di lingkungan masyarakat
-sikap solidaritas
IPS
-4 macam interaksi di bidang pendidikan yaitu:
-interaksi siswa dengan siswa
-interaksi siswa dengan guru
-interaksi siswa dengan sumber belajar
-interaksi siswa dengan lingkungan
Upaya pembangunan di bidang sosial budaya dapat dilakukan melalui pendidikan,baik forman maupun informal.
BAHASA INDONESIA
-berdasarkan usia pantun dibedakan menjadi pantun anak-anak,pantun orang muda dan pantun orang tua
-ciri-ciri pantun
1.bersajak a-b-a-b
2.satu bait terdiri dari atas 4 baris
3.setiap baris terdiri atas 8-12 suku kata
4.terdiri atas sampiran dan ini
Assalamualaikum
BalasHapusNama : Andhika Utama
Kelas : 5 A
No absen : 2
Hadir
...
Kesimpulan materi :
PPKN
Berikut jenis jenis tangguang jawab sebagai waraga masyarakat;
1)memelihara rasa persatuan dan kesatuan
2)saling mengasihi dan membina antar individu
3)mengadakan bakti sosial di lingkungan masyarakat
4)sikap solidaritas
IPS
4 macam interaksi dalam bidang pendidikan yaitu:
1)interaksi siswa dan siswa
2)interaksi siswa dengan guru
3)interaksi siswa dengan sumber belajar
4)interaksi siswa dengan lingkungan
BAHASA INDONESIA
Ciri ciri pantun:
1)bersajak a-b-a-b
2)satu bait terdiri dari atas empat baris
3)setiap baris terdiri atas 8-12 suku kata
4)terdiri atas sampiran dan isi
Nama : Althamira Dinda Fayola
BalasHapusKelas :5A
No absen:03
Kesimpulan materi pada hari ini :
Tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam pengambilan keputusan
Berikut contoh aktivitasmasyarakat dalam upaya pembangunan sosial budaya :
1) Mengikuti wajib belajar 9 tahun yang telah dicanangkan oleh pemerintah.
2) Mengikuti pelatihan keterampilan seperti menjahit, membatik, danmembuat karya kerajinan lainnya.
3) Turut serta dalam organisasi masyarakat.
Berdasarkan usia, pantun dibedakan menjadi pantun anak anak, pantun orang muda, dan pantun orang tua.
Contoh pantun anak anak :
Pergi ke warung membeli Koran
Sekalian membeli benang
Ayo bermain kejar kejaran
Badan sehat hati senang
Isi (makna) pantun : bermain kejar kejaran membuat badan sehat dan hati senang.
Amanat pantun : Anak anak sebaiknya bermain agar hati senang.
Contoh Pantun Orang Muda :
Mengangkat batu setinggi bahu
Batu diangkat berat rasanya
Jikalah boleh aku tahu
Baju biru siapa namanya ?
Isi (makna) pantun : Keinginan seseorang untuk berkenalan.
Amanat pantun : Saat berkenalan, sebaiknya dilakukan dengan santun
Pantun di atas memiliki ciri-ciri :
1.Bersajak a-b-a-b
2. Satu bait terdiri dari atas empat baris
3. Setiap baris terdiri atas 8-12 suku kata
4. Terdiri atas sampiran dan isi
Assalamualaikum Bu
BalasHapusNama Parisya Khansa Parahita
Kelas 5A
Absen 20
Hadir Bu
PPKN
Sebagai mahkluk sosial, manusia tidak dapat hidup sendiri dan sebagai anggota masyarakat manusia memiliki tanggung jawab terhadap masyarakat lain.
Beberapa tanggung jawab sebagai anggota masyarakat :
a.Memelihara rasa persatuan dan kesatuan.
b.Saling mengasihi dan membina antar sesama individu.
c.Mengadakan bakti sosial.
d.Meningkatkan sikap solidaritas.
IPS
Interaksi dalam bidang pendidikan terdiri atas :
a.Interaksi siswa dengan siswa.
b.Interaksi siswa dengan guru.
c.Interaksi siswa dengan sumber belajar.
d.Interaksi siswa dengan lingkungan.
upaya pembangunan di bidang sosial budaya dapat dilakukan melalui pendidikan, baik pendidikan formal maupun informal.
B. Indonesia
Isi (makna) dan amanat pantun berdasarkan usia
Berdasarkan usia, pantun dibedakan menjadi pantun anak-anak, pantun orang muda, dan pantun orang tua.
Ciri-ciri pantun :
1.Bersajak a-b-a-b
2.Satu bait terdiri atas empat baris
3.Setiap baris terdiri atas 8-12 suku kata
4.Terdiri atas sampiran dan isi
Assalamualaikum bu
BalasHapusNama : hafid Kurniawan
Kelas : 5a
No absen : 7
Hadir Bu 🙏
Tanggapan dari pembelajaran hari ini :
1.Manusia tidak bisa hidup sendiri selalu bergantung dengan keberadaan manusia lainnya. Sehingga antarindividu harus bersama.
2.Tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam pengambilan keputusan.
Tanggung jawab sebagai masyarakt tersebut harus diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat. berikut jenis-jenis tanggung jawab kita sebagai warga masyarakat
1.Memelihara rasa persatuan dan kesatuan.
2.Saling mengasihi dan membina antar individu.
3.Mengadakan bakti sosial di lingkungan masyarakat.
4.Sikap solidaritas
3.upaya pembangunan di bidang sosial budaya dapat dilakukan melaluipendidikan, baik pendidikan formal maupun informal.
4.upaya pembangunan di bidang sosial budaya dapat dilakukan melaluipendidikan, baik pendidikan formal maupun informal.
5.Berdasarkan usia, pantun dibedakan menjadi pantun anak anak, pantun orang muda, dan pantun orang tua.
Contoh pantun anak anak :
Pergi ke warung membeli Koran
Sekalian membeli benang
Ayo bermain kejar kejaran
Badan sehat hati senang
Isi (makna) pantun : bermain kejar kejaran membuat badan sehat dan hati senang.
Amanat pantun : Anak anak sebaiknya bermain agar hati senang.
Contoh Pantun Orang Muda :
Mengangkat batu setinggi bahu
Batu diangkat berat rasanya
Jikalah boleh aku tahu
Baju biru siapa namanya ?
Isi (makna) pantun : Keinginan seseorang untuk berkenalan.
Amanat pantun : Saat berkenalan, sebaiknya dilakukan dengan santun
Assalamu'alaikum Bu..
BalasHapusNama: Lulua Maritza
Kelas : 5A
Absen: 14
Hadir Bu..
Kesimpulan Materi:
PPKN
Setiap manusia tidak bisa hidup sendiri, selalu bergantung dengan keberadaan manusia lainnya. Sehingga antarindividu harus melakukan komunikasi demi kesepakatan bersama. Sebagai makhluk sosial, manusia merupakan anggota masyarakat yang memiliki tanggung jawab kepada anggota masyarakat lainnya untuk melamgsungkan hidupnya di dalam masyarakat.
IPS
4 macam interaksi dalam bidang pendidikan yaitu :
1. interaksi siswa dengan siswa. misalnya dedi dan jonas bediskusi materi pelajaran yg di sampaikan oleh guru
2. interaksi siswa dengan guru. misalnya guru menjawab pertanyaan yg diajukan oleh siswa
3. interaksi siswa dengan sumber belajar. wujud interaksi antara siswa dan sumber pelajar dapat bermacam-macam
4. interaksi siswa dengan lingkungan. misalnya siswa SD mentari melakukan karyawisata ke pantai, dan lain-lain
upaya pembangunan di bidang sosial budaya dapat dilakukan melalui pendidikan, baik pendidikan formal maupun informal.
Bahasa Indonesia
Berdasarkan usia, pantun dibedakan menjadi pantun anak anak, pantun orang muda, dan pantun orang tua.
Ciri-ciri Pantun adalah:
1.Bersajak a-b-a-b
2. Satu bait terdiri dari atas empat baris
3. Setiap baris terdiri atas 8-12 suku kata
4. Terdiri atas sampiran dan isi
BalasHapusAssalamualaikum Bu
Nama:sidney ratu kharunissa nabela
Kelas 5A
Absen 26
Hadir
PPKN
Sebagai mahkluk sosial, manusia tidak dapat hidup sendiri dan sebagai anggota masyarakat manusia memiliki tanggung jawab terhadap masyarakat lain.
Beberapa tanggung jawab sebagai anggota masyarakat :
a.Memelihara rasa persatuan dan kesatuan.
b.Saling mengasihi dan membina antar sesama individu.
c.Mengadakan bakti sosial.
d.Meningkatkan sikap solidaritas.
IPS
Interaksi dalam bidang pendidikan terdiri atas :
a.Interaksi siswa dengan siswa.
b.Interaksi siswa dengan guru.
c.Interaksi siswa dengan sumber belajar.
d.Interaksi siswa dengan lingkungan.
upaya pembangunan di bidang sosial budaya dapat dilakukan melalui pendidikan, baik pendidikan formal maupun informal.
B. Indonesia
Isi (makna) dan amanat pantun berdasarkan usia
Berdasarkan usia, pantun dibedakan menjadi pantun anak-anak, pantun orang muda, dan pantun orang tua.
Ciri-ciri pantun :
1.Bersajak a-b-a-b
2.Satu bait terdiri atas empat baris
3.Setiap baris terdiri atas 8-12 suku kata
4.Terdiri atas sampiran dan isi
Assalamualaikum Bu
BalasHapusNama:M. Hilal Abiyu Kusuma Wardhana
Kelas:5A
Absen:17
Hadir bu
Kesimpulan materi :
PPKN
-setiap manusia tidak bisa hidup sendiri selalu bergantung dengan keberadaan manusia lainnya . Sehingga antarindividu harus melakukan komunikasi demi kesepakatan bersama.jenis-jenis tanggung jawab sebagai warga masyarakat:
-memelihara rasa persatuan dan kesatuan
-saling mengasihi dan membina antar individu
-mengadakan bakti sosial di lingkungan masyarakat
-sikap solidaritas
IPS
-4 macam interaksi di bidang pendidikan yaitu:
-interaksi siswa dengan siswa
-interaksi siswa dengan guru
-interaksi siswa dengan sumber belajar
-interaksi siswa dengan lingkungan
Upaya pembangunan di bidang sosial budaya dapat dilakukan melalui pendidikan,baik forman maupun informal.
BAHASA INDONESIA
-berdasarkan usia pantun dibedakan menjadi pantun anak-anak,pantun orang muda dan pantun orang tua
-ciri-ciri pantun
1.bersajak a-b-a-b
2.satu bait terdiri dari atas 4 baris
3.setiap baris terdiri atas 8-12 suku kata
4.terdiri atas sampiran dan ini
Assalamualaikum bu
BalasHapusNama:Deyora Putri Alikha
Kelas:5A
No absen:5
Hadir bu
Kesimpulan materi:
Tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam mengambil keputusan:
Setiap manusia tidak bisa hidup sendiri ,selalu bergantung kepada manusia lainya sehinga setiap individu harus melakukan komunikasi demi kesepakatan bersama.
Isi dan amanat pantun
Berdasarkan usia :
Bedasarkan usia pantun di bedakan menjadi 3: pantun anak-anak,pantun orang muda,pantun orang tua
Ciri-ciri pantun:
A. Bersajak A-B-A-B
B. Terdiri dari 4 baris
C. Satu baris terdiri atas 8 -12 suku kata
D. Terdiri atas sampiran dan isi
Wasalamualaikum 🙏😁
Assalamu'alaikum
BalasHapusNama:Reza Aditya putra kyevi
Kelas:5A
PPKN
Sebagai mahkluk sosial, manusia tidak dapat hidup sendiri dan sebagai anggota masyarakat manusia memiliki tanggung jawab terhadap masyarakat lain.
Beberapa tanggung jawab sebagai anggota masyarakat :
a.Memelihara rasa persatuan dan kesatuan.
b.Saling mengasihi dan membina antar sesama individu.
c.Mengadakan bakti sosial.
d.Meningkatkan sikap solidaritas.
IPS
Interaksi dalam bidang pendidikan terdiri atas :
a.Interaksi siswa dengan siswa.
b.Interaksi siswa dengan guru.
c.Interaksi siswa dengan sumber belajar.
d.Interaksi siswa dengan lingkungan.
upaya pembangunan di bidang sosial budaya dapat dilakukan melalui pendidikan, baik pendidikan formal maupun informal.
B. Indonesia
Isi (makna) dan amanat pantun berdasarkan usia
Berdasarkan usia, pantun dibedakan menjadi pantun anak-anak, pantun orang muda, dan pantun orang tua.
Ciri-ciri pantun :
1.Bersajak a-b-a-b
2.Satu bait terdiri atas empat baris
3.Setiap baris terdiri atas 8-12 suku kata
4.Terdiri atas sampiran dan isi