Kamis, 07 Oktober 2021

TEMA 4 SUB TEMA 2 PB 3 & 4


Hari/tanggal : Kamis /07 Oktober 2021  

Anak sholeh dan sholeha Bu Yulina...Kita ketemu lagi dalam pembelajaran daring, semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap semangat dalam menjalankan kegiatan daring ini. Sebelum anak-anak memulai pembelajaran daring tentang Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran 3 dan 4,  pastikan ananda sudah melaksanakan sholat dhuha, tadarus, mendengarkan tausiah. Jangan lupa ucapkan bismillah dan berdo'a ya nak!

Pada pelajaran hari ini kita akan belajar tentang Tema 4 Subtema 2 pembelajaran 3 dan 4 yaitu tentang Sehat Itu Penting

Simak materi di bawah ini ya nak :

 

Pembelajaran  : 3 dan 4                                                                                                               

TUJUAN PEMBELAJARAN

1.   Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat memahami isi (makna) dan amanat pantun berdasarkan usia dan isi.

2.   Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat menyebutkan empat macam interaksi dalam b uidang pendidikan menjelaskan tentang interaksi social dalam pembangunan social budaya.

3.   Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat menjelaskan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam pengambilan keputusan.

    

Muatan Pelajaran : PPKn (KD 3.2, 4.2), Bahasa Indonesia (KD 3.6, 4.6), IPS (KD 3. 2, 4.2)

PPkN ( KD : 3.2, 4.2 )

Tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam pengambilan keputusan

Setiap manusia tidak bisa hidup sendiri, selalu bergantung dengan keberadaan manusia lainnya. Sehingga antarindividu harus melakukan komunikasi demi kesepakatan bersama. Sebagai makhluk sosial, manusia merupakan anggota masyarakat yang memiliki tanggung jawab kepada anggota masyarakat lainnya untuk melamgsungkan hidupnya di dalam masyarakat.

Tanggung jawab sebagai masyarakt tersebut harus diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat. berikut jenis-jenis tanggung jawab sebagai warga masyarakat:

1. Memelihara rasa persatuan dan kesatuan.

Karena terdiri dari berbagai individu, tentu banyak perbedaan di dalamnya. Sebagai anggota masyarakat yang bertanggung jawab, tidak menjadikan perbedaan tersebut menjadi suatu perpecahan. Kita harus tetap memelihara serta menjaga persatuan dan kesatuan di masyarakat. Prinsip-prinsip dasar untuk menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat adalah: Menciptakan lingkungan hidup yang seimbang dan selaras.

2. Saling mengasihi dan membina antar individu.

Tidak membuat perbedaan menjadi perpecahan, tetapi fokus pada tujuan yang sama Contoh perilaku memelihara rasa persatuan dak kesatuan masyarakat, yaitu: Rukun tetangga harus terus dilakukan Menyelesaikan permasalahan secara musyawarah dan mufakat bersama-sama.

3. Mengadakan bakti sosial di lingkungan masyarakat.

Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar Tidak membedakan suku, ras, dan agama dalam bergaul di masyarakat Memelihara ketertiban dan keamanan bermasyarakat Ketertiban dan keamanan di tengah masyarakat menjadi tanggung jawab setiap individu. Ketertiban dan keamanan di masyarakat daopat dilakukan dengan membuat aturan yang bisa dipahami dan dipatuhi ileh semua anggota masyarakat tersebut. Contohnya, membuat jadwal ronda malam yang dilakukan secara bergilir oleh anggota masyarakat. Jadwal dan aturan jam ronda malam harus menjadi tanggung jawab individu yang kebagian, sehingga harus dilaksanakan tujuan dan budaya antarwarga dalam masyarakat sama. Dengan kepentingan yang sama ini, setiap warga sebaiknya memperkuat hubungan antarwarga dengan mengesampingkan perbedaan yang ada.

4. Sikap solidaritas

Sikap solidaritas tersebut akan membuat setiap warga bisa menerima perbedaan yang ada, karena dapat saling bergaul dan memaklumi perbedaan yang ada. Solidaritas harus terus ditingkatkan di masyarakat, salah satunya dengan mengutamakan kepentingan bersama dibandingkan kepentingan pribadi. Contoh sikap solidaritas, yaitu saling membantu, peduli satu sama lain, kerja sama, serta berpartisipasi dalam membangun wilayah secara bersama-sama. Kegiatan gotong royong tentu menjadi kegiatan nyata untuk menciptakan solidaritas antarwarga. Bentuk kerja sama tidak hanya dilakukan di pedesaan, melainkan juga daerah perkotaan.

 

IPS ( KD : 3.2 dan 4.2

Interaksi dalam Bidang Pendidikan

4 macam interaksi dalam bidang pendidikan yaitu :

1. interaksi siswa dengan siswa. misalnya dedi dan jonas bediskusi materi pelajaran yg di sampaikan oleh guru

2. interaksi siswa dengan guru. misalnya guru menjawab pertanyaan yg diajukan oleh siswa

3. interaksi siswa dengan sumber belajar. wujud interaksi antara siswa dan sumber pelajar dapat bermacam-macam

4. interaksi siswa dengan lingkungan. misalnya siswa SD mentari melakukan karyawisata ke pantai, dan lain-lain

Contoh interaksi dalam bidang pendidikan : 

upaya pembangunan di bidang sosial budaya dapat dilakukan melaluipendidikan, baik pendidikan formal maupun informal.

 Melalui pendidikan,maka akan tercapai kesejahteraan masyarakat.

 Berikut contoh aktivitasmasyarakat dalam upaya pembangunan sosial budaya :

1) Mengikuti wajib belajar 9 tahun yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

2) Mengikuti pelatihan keterampilan seperti menjahit, membatik, danmembuat karya kerajinan lainnya.

3) Turut serta dalam organisasi masyarakat.

 Contoh aktivitas masyarakat dalam upaya pembangunan socialbudaya melalui pendidikan.

1) Mengikuti wajib belajar 9 tahun yang telah dicanangkan olehpemerintah.

2) Mengikuti pelatihan keterampilan, seperti menjahit, membatik, danmembuat karya kerajinan lainnya.

 

Bahasa Indonesia ( KD : 3.6 dan 4.6 )

Isi (makna) dan amanat pantun berdasarkan usia

Berdasarkan usia, pantun dibedakan menjadi pantun anak anak, pantun orang muda, dan pantun orang tua.

Contoh pantun anak anak :

Pergi ke warung membeli Koran

Sekalian membeli benang

Ayo bermain kejar kejaran

Badan sehat hati senang

Isi (makna) pantun : bermain kejar kejaran membuat badan sehat dan hati senang.

Amanat pantun : Anak anak sebaiknya bermain agar hati senang.

 Contoh Pantun Orang Muda :

Mengangkat batu setinggi bahu

Batu diangkat berat rasanya

Jikalah boleh aku tahu

Baju biru siapa namanya ?

Isi (makna) pantun : Keinginan seseorang untuk berkenalan.

Amanat pantun : Saat berkenalan, sebaiknya dilakukan dengan santun

Pantun di atas memiliki ciri-ciri :

1.    1.Bersajak a-b-a-b

2.    2. Satu bait terdiri dari atas empat baris

3.    3. Setiap baris terdiri atas 8-12 suku kata

4.    4. Terdiri atas sampiran dan isi

 

 Tugas Latihan :

 Tugas ananda di rumah adalah membaca blogger bu guru dan beri tanggapan/ komentari isi

 bloggernya di kolom komentar ya nak dan jangan lupa dipoto pada saat ananda membaca

 blogger bu guru !

Trimakasih

 

 

 

 

 

14 komentar:

  1. Tanggapan dari hasil pembelajaran hr ini adalah :
    1. Manusia tidak bs hidup sendiri harus berdampingan dg orang lain.
    2. Berdasarkan usia, pantun dibedakan menjadi pantun anak , pantun orang muda, dan pantun orang tua.
    3. upaya pembangunan di bidang sosial budaya dapat dilakukan melalui pendidikan formal maupun informal.
    4.jenis tanggung jawab sebagai warga masyarakat:
    A. Memelihara rasa persatuan dan kesatuan
    B. Saling mengasihi dan membina antar individu.
    C. Mengadakan bakti sosial di lingkungan masyarakat.
    D. Sikap solidaritas
    Trimakasih bu guru 🙏


    BalasHapus
  2. Assalamualaikum bu
    Nama Aqila zahira syah
    Kelas 5A
    No absen 04
    Hadir bu🙏

    Terima kasih bu guru atas materi hari ini, cukup jelas dan mudah di pahami...

    kesimpulan materi :

    Tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam mengambil keputusan :
    Setiap Manusia tidak bisa hidup sendiri,selalu berhantung kepada manusia lainnya,sehingga setiap individu harus
    melakukan komunikasi demi kesepakatan bersama.

    isi dan amanat pantun berdasarkan usia :
    berdasrkan usia pantu di bedakan menjadi 3 : pantun anak anak,pantun orang muda dan pantun orang tua

    Ciri ciri pantun :
    a.Bersajak a-b-a-b
    b.satu bait terdiri dari empat baris
    c.satu baris terdiri atas 8-12 suku kata
    d.terdiri atas sampiran dan isi

    BalasHapus
  3. Nama:ramadhan altaf azzamy
    Kelas:5a
    Absen:22
    Kesimpulan materi
    Tanggung jawab warga masyrakat dalam mengambil keputusan:
    Manusia tidak bisa hidup sendiri. Semua tergantung pada keberadaan manusia lain nya sehingga antarindividu harus melakukan komunikasi atas keputusan bersama.
    Pantun terdiri:pantun anak anak.pantun teka teki.pantun jenaka.pantun orang muda.pantun orang tua.pantun nasehat.
    Ciri ciri pantun
    1 bersajak a-b-a-b
    2 satu bait terdiri 4 baris
    3 satu baris terdiri atas 8-12 suku kata
    4 terdiri atas sampiran dan isi

    BalasHapus
  4. Nama:Haglien vischa bilqueena
    Kelas:5a
    Absen:09
    Kesimpulan materi upaya pembangunan sosial budaya :
    1) mengikuti wajib belajar 9tahun yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

    2) mengikuti pelatihan ketrampilan seperti menjahit, membatik, dan membuat karya kerajinan lainnya.

    3) Turut serta dalam organisasi masyarakat.

    Contoh aktivitas masyarakat dalam upaya pembangunan sosial budaya melalui pendidikan.

    (1) mengikuti wajib belajar 9tahun yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

    (2) mengikuti pelatihan ketrampilan seperti menjahit,membatik,dan membuat karya kerajinan lainnya.

    BalasHapus
  5. Asalamualaikum bu
    NAMA:LAIQA KHANSA NAZIRA
    KELAS:5A
    NO.ABSEN:13
    hadir bu 🙋‍♀️🙋‍♀️

    Kesimpulan materi :
    PPKN
    -setiap manusia tidak bisa hidup sendiri selalu bergantung dengan keberadaan manusia lainnya . Sehingga antarindividu harus melakukan komunikasi demi kesepakatan bersama.jenis-jenis tanggung jawab sebagai warga masyarakat:
    -memelihara rasa persatuan dan kesatuan
    -saling mengasihi dan membina antar individu
    -mengadakan bakti sosial di lingkungan masyarakat
    -sikap solidaritas

    IPS
    -4 macam interaksi di bidang pendidikan yaitu:
    -interaksi siswa dengan siswa
    -interaksi siswa dengan guru
    -interaksi siswa dengan sumber belajar
    -interaksi siswa dengan lingkungan
    Upaya pembangunan di bidang sosial budaya dapat dilakukan melalui pendidikan,baik forman maupun informal.

    BAHASA INDONESIA
    -berdasarkan usia pantun dibedakan menjadi pantun anak-anak,pantun orang muda dan pantun orang tua

    -ciri-ciri pantun
    1.bersajak a-b-a-b
    2.satu bait terdiri dari atas 4 baris
    3.setiap baris terdiri atas 8-12 suku kata
    4.terdiri atas sampiran dan ini

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum
    Nama : Andhika Utama
    Kelas : 5 A
    No absen : 2
    Hadir
    ...
    Kesimpulan materi :
    PPKN
    Berikut jenis jenis tangguang jawab sebagai waraga masyarakat;
    1)memelihara rasa persatuan dan kesatuan
    2)saling mengasihi dan membina antar individu
    3)mengadakan bakti sosial di lingkungan masyarakat
    4)sikap solidaritas

    IPS

    4 macam interaksi dalam bidang pendidikan yaitu:
    1)interaksi siswa dan siswa
    2)interaksi siswa dengan guru
    3)interaksi siswa dengan sumber belajar
    4)interaksi siswa dengan lingkungan

    BAHASA INDONESIA

    Ciri ciri pantun:
    1)bersajak a-b-a-b
    2)satu bait terdiri dari atas empat baris
    3)setiap baris terdiri atas 8-12 suku kata
    4)terdiri atas sampiran dan isi

    BalasHapus
  7. Nama : Althamira Dinda Fayola
    Kelas :5A
    No absen:03
    Kesimpulan materi pada hari ini :
    Tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam pengambilan keputusan

    Berikut contoh aktivitasmasyarakat dalam upaya pembangunan sosial budaya :

    1) Mengikuti wajib belajar 9 tahun yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

    2) Mengikuti pelatihan keterampilan seperti menjahit, membatik, danmembuat karya kerajinan lainnya.

    3) Turut serta dalam organisasi masyarakat.

    Berdasarkan usia, pantun dibedakan menjadi pantun anak anak, pantun orang muda, dan pantun orang tua.

    Contoh pantun anak anak :

    Pergi ke warung membeli Koran

    Sekalian membeli benang

    Ayo bermain kejar kejaran

    Badan sehat hati senang

    Isi (makna) pantun : bermain kejar kejaran membuat badan sehat dan hati senang.

    Amanat pantun : Anak anak sebaiknya bermain agar hati senang.

    Contoh Pantun Orang Muda :

    Mengangkat batu setinggi bahu

    Batu diangkat berat rasanya

    Jikalah boleh aku tahu

    Baju biru siapa namanya ?

    Isi (makna) pantun : Keinginan seseorang untuk berkenalan.

    Amanat pantun : Saat berkenalan, sebaiknya dilakukan dengan santun

    Pantun di atas memiliki ciri-ciri :

    1.Bersajak a-b-a-b

    2. Satu bait terdiri dari atas empat baris

    3. Setiap baris terdiri atas 8-12 suku kata

    4. Terdiri atas sampiran dan isi

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum Bu
    Nama Parisya Khansa Parahita
    Kelas 5A
    Absen 20
    Hadir Bu

    PPKN
    Sebagai mahkluk sosial, manusia tidak dapat hidup sendiri dan sebagai anggota masyarakat manusia memiliki tanggung jawab terhadap masyarakat lain.

    Beberapa tanggung jawab sebagai anggota masyarakat :
    a.Memelihara rasa persatuan dan kesatuan.
    b.Saling mengasihi dan membina antar sesama individu.
    c.Mengadakan bakti sosial.
    d.Meningkatkan sikap solidaritas.

    IPS
    Interaksi dalam bidang pendidikan terdiri atas :
    a.Interaksi siswa dengan siswa.
    b.Interaksi siswa dengan guru.
    c.Interaksi siswa dengan sumber belajar.
    d.Interaksi siswa dengan lingkungan.
    upaya pembangunan di bidang sosial budaya dapat dilakukan melalui pendidikan, baik pendidikan formal maupun informal.

    B. Indonesia
    Isi (makna) dan amanat pantun berdasarkan usia

    Berdasarkan usia, pantun dibedakan menjadi pantun anak-anak, pantun orang muda, dan pantun orang tua.

    Ciri-ciri pantun :
    1.Bersajak a-b-a-b
    2.Satu bait terdiri atas empat baris
    3.Setiap baris terdiri atas 8-12 suku kata
    4.Terdiri atas sampiran dan isi

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum bu
    Nama : hafid Kurniawan
    Kelas : 5a
    No absen : 7
    Hadir Bu 🙏

    Tanggapan dari pembelajaran hari ini :
    1.Manusia tidak bisa hidup sendiri selalu bergantung dengan keberadaan manusia lainnya. Sehingga antarindividu harus bersama.
    2.Tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam pengambilan keputusan.
    Tanggung jawab sebagai masyarakt tersebut harus diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat. berikut jenis-jenis tanggung jawab kita sebagai warga masyarakat
    1.Memelihara rasa persatuan dan kesatuan.
    2.Saling mengasihi dan membina antar individu.
    3.Mengadakan bakti sosial di lingkungan masyarakat.
    4.Sikap solidaritas
    3.upaya pembangunan di bidang sosial budaya dapat dilakukan melaluipendidikan, baik pendidikan formal maupun informal.
    4.upaya pembangunan di bidang sosial budaya dapat dilakukan melaluipendidikan, baik pendidikan formal maupun informal.
    5.Berdasarkan usia, pantun dibedakan menjadi pantun anak anak, pantun orang muda, dan pantun orang tua.
    Contoh pantun anak anak :

    Pergi ke warung membeli Koran

    Sekalian membeli benang

    Ayo bermain kejar kejaran

    Badan sehat hati senang

    Isi (makna) pantun : bermain kejar kejaran membuat badan sehat dan hati senang.

    Amanat pantun : Anak anak sebaiknya bermain agar hati senang.


    Contoh Pantun Orang Muda :

    Mengangkat batu setinggi bahu

    Batu diangkat berat rasanya

    Jikalah boleh aku tahu

    Baju biru siapa namanya ?

    Isi (makna) pantun : Keinginan seseorang untuk berkenalan.

    Amanat pantun : Saat berkenalan, sebaiknya dilakukan dengan santun

    BalasHapus
  10. Assalamu'alaikum Bu..
    Nama: Lulua Maritza
    Kelas : 5A
    Absen: 14
    Hadir Bu..

    Kesimpulan Materi:

    PPKN

    Setiap manusia tidak bisa hidup sendiri, selalu bergantung dengan keberadaan manusia lainnya. Sehingga antarindividu harus melakukan komunikasi demi kesepakatan bersama. Sebagai makhluk sosial, manusia merupakan anggota masyarakat yang memiliki tanggung jawab kepada anggota masyarakat lainnya untuk melamgsungkan hidupnya di dalam masyarakat.

    IPS

    4 macam interaksi dalam bidang pendidikan yaitu :

    1. interaksi siswa dengan siswa. misalnya dedi dan jonas bediskusi materi pelajaran yg di sampaikan oleh guru

    2. interaksi siswa dengan guru. misalnya guru menjawab pertanyaan yg diajukan oleh siswa

    3. interaksi siswa dengan sumber belajar. wujud interaksi antara siswa dan sumber pelajar dapat bermacam-macam

    4. interaksi siswa dengan lingkungan. misalnya siswa SD mentari melakukan karyawisata ke pantai, dan lain-lain

    upaya pembangunan di bidang sosial budaya dapat dilakukan melalui pendidikan, baik pendidikan formal maupun informal.

    Bahasa Indonesia

    Berdasarkan usia, pantun dibedakan menjadi pantun anak anak, pantun orang muda, dan pantun orang tua.

    Ciri-ciri Pantun adalah:

    1.Bersajak a-b-a-b

    2. Satu bait terdiri dari atas empat baris

    3. Setiap baris terdiri atas 8-12 suku kata

    4. Terdiri atas sampiran dan isi

    BalasHapus

  11. Assalamualaikum Bu
    Nama:sidney ratu kharunissa nabela
    Kelas 5A
    Absen 26
    Hadir

    PPKN
    Sebagai mahkluk sosial, manusia tidak dapat hidup sendiri dan sebagai anggota masyarakat manusia memiliki tanggung jawab terhadap masyarakat lain.

    Beberapa tanggung jawab sebagai anggota masyarakat :
    a.Memelihara rasa persatuan dan kesatuan.
    b.Saling mengasihi dan membina antar sesama individu.
    c.Mengadakan bakti sosial.
    d.Meningkatkan sikap solidaritas.

    IPS
    Interaksi dalam bidang pendidikan terdiri atas :
    a.Interaksi siswa dengan siswa.
    b.Interaksi siswa dengan guru.
    c.Interaksi siswa dengan sumber belajar.
    d.Interaksi siswa dengan lingkungan.
    upaya pembangunan di bidang sosial budaya dapat dilakukan melalui pendidikan, baik pendidikan formal maupun informal.

    B. Indonesia
    Isi (makna) dan amanat pantun berdasarkan usia

    Berdasarkan usia, pantun dibedakan menjadi pantun anak-anak, pantun orang muda, dan pantun orang tua.

    Ciri-ciri pantun :
    1.Bersajak a-b-a-b
    2.Satu bait terdiri atas empat baris
    3.Setiap baris terdiri atas 8-12 suku kata
    4.Terdiri atas sampiran dan isi

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum Bu
    Nama:M. Hilal Abiyu Kusuma Wardhana
    Kelas:5A
    Absen:17
    Hadir bu


    Kesimpulan materi :
    PPKN
    -setiap manusia tidak bisa hidup sendiri selalu bergantung dengan keberadaan manusia lainnya . Sehingga antarindividu harus melakukan komunikasi demi kesepakatan bersama.jenis-jenis tanggung jawab sebagai warga masyarakat:
    -memelihara rasa persatuan dan kesatuan
    -saling mengasihi dan membina antar individu
    -mengadakan bakti sosial di lingkungan masyarakat
    -sikap solidaritas

    IPS
    -4 macam interaksi di bidang pendidikan yaitu:
    -interaksi siswa dengan siswa
    -interaksi siswa dengan guru
    -interaksi siswa dengan sumber belajar
    -interaksi siswa dengan lingkungan
    Upaya pembangunan di bidang sosial budaya dapat dilakukan melalui pendidikan,baik forman maupun informal.

    BAHASA INDONESIA
    -berdasarkan usia pantun dibedakan menjadi pantun anak-anak,pantun orang muda dan pantun orang tua

    -ciri-ciri pantun
    1.bersajak a-b-a-b
    2.satu bait terdiri dari atas 4 baris
    3.setiap baris terdiri atas 8-12 suku kata
    4.terdiri atas sampiran dan ini

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum bu
    Nama:Deyora Putri Alikha
    Kelas:5A
    No absen:5
    Hadir bu

    Kesimpulan materi:

    Tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam mengambil keputusan:
    Setiap manusia tidak bisa hidup sendiri ,selalu bergantung kepada manusia lainya sehinga setiap individu harus melakukan komunikasi demi kesepakatan bersama.

    Isi dan amanat pantun
    Berdasarkan usia :
    Bedasarkan usia pantun di bedakan menjadi 3: pantun anak-anak,pantun orang muda,pantun orang tua

    Ciri-ciri pantun:
    A. Bersajak A-B-A-B
    B. Terdiri dari 4 baris
    C. Satu baris terdiri atas 8 -12 suku kata
    D. Terdiri atas sampiran dan isi
    Wasalamualaikum 🙏😁

    BalasHapus
  14. Assalamu'alaikum
    Nama:Reza Aditya putra kyevi
    Kelas:5A
    PPKN
    Sebagai mahkluk sosial, manusia tidak dapat hidup sendiri dan sebagai anggota masyarakat manusia memiliki tanggung jawab terhadap masyarakat lain.

    Beberapa tanggung jawab sebagai anggota masyarakat :
    a.Memelihara rasa persatuan dan kesatuan.
    b.Saling mengasihi dan membina antar sesama individu.
    c.Mengadakan bakti sosial.
    d.Meningkatkan sikap solidaritas.

    IPS
    Interaksi dalam bidang pendidikan terdiri atas :
    a.Interaksi siswa dengan siswa.
    b.Interaksi siswa dengan guru.
    c.Interaksi siswa dengan sumber belajar.
    d.Interaksi siswa dengan lingkungan.
    upaya pembangunan di bidang sosial budaya dapat dilakukan melalui pendidikan, baik pendidikan formal maupun informal.

    B. Indonesia
    Isi (makna) dan amanat pantun berdasarkan usia

    Berdasarkan usia, pantun dibedakan menjadi pantun anak-anak, pantun orang muda, dan pantun orang tua.

    Ciri-ciri pantun :
    1.Bersajak a-b-a-b
    2.Satu bait terdiri atas empat baris
    3.Setiap baris terdiri atas 8-12 suku kata
    4.Terdiri atas sampiran dan isi

    BalasHapus