Senin, 06 Februari 2023

PENILAIAN HARIAN (PH) TEMA 6 SUB TEMA 3

 

 

 HARI/TANGGAL  : Senin / 06 Februari 2023

PENILAIAN HARIAN (PH) TEMA 6 SUB TEMA 3

 

1. Perpindahan panas dengan melalui zat perantara dinamakan …..

a. Konduksi        b. Radiasi     c. Konveksi           d. Respirasi

 

2. Ketika sedang memasak sayur, ibu menggunakan adukan sayur yang terbuat dari gagang kayu. Adukan dengan gagang kayu dipilih ibu karena ….

a. Bisa menghantarkan panas dengan baik

b. Bisa membuat masakan menjadi tambah enak

c. Panas air sayur akan terasa di tangan

d. Kayu tidak bisa menghantarkan panas dengan baik

 

3. Benda-benda di bawah ini yang termasuk konduktor adalah ….

a. Kayu dan kaca           b. Besi dan alumunium

c. Plastik dan karet       d. Gabus dan kain

 

4. Gagang panci banyak yang dibuat dengan benda isolator agar tangan ….

a. Tidak terasa berat            b. Terasa semakin kuat

c. Merasakan panas             d. Tidak terhantari panas

 

5. Silikon adalah benda yang bisa menghantarkan panas, namun benda ini tidak sebaik benda konduktor dalam menghantarkan panas. Maka silikon ini termasuk benda ….

a. Isolator                           b. Superkonduktor 

c. Semikonduktor              d. Megakonduktor

 

6. Contoh benda di rumah yang memiliki konduktor dan isolator di dalamnya adalah ….

a. Sendok          b. Garpu           c. Setrika           d. Piring

 

7. Pencipta termos pertama kali adalah ….

a. Sir James Dewar                b. Thomas Alva Edison

c. Albert Einstein                   d. James Watt

 

8. Bagian tutup sumbat termos biasanya terbuat dari benda berjenis ….

a. Isolator      b. Konduktor    c. Semikonduktor     d. Generator

 

9. Fungsi dinding kaca bagian dalam pada termos adalah untuk ….

a. Memanaskan air dalam termos

b. Mencegah perpindahan panas secara konduksi

c. Memantulkan panas dari dalam termos

d. Mencegah air menguap keluar

 

10. Benda di bawah ini yang berbahan isolator berupa plastik adalah ….

a. Mata pisau                  b. Pegangan setrika  

c. Kabel listrik                 d. Spatula

 

11. Panci, wajan dan dandang banyak dibuat dari bahan ….

a. Logam            b. Emas          c. Kayu            d. Karet

 

Benda konduktor dan isolator sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Mulai dari kita bangun tidur sampai kita tidur lagi. Banyak sekali benda-benda tersebut yang kita gunakan atau digunakan oleh orang-orang di sekitar kita. Dari mulai peralatan dapur, peralatan makan, peralatan mandi dan peralatan bersih-bersih. Benda konduktor dan isolator memang mempunyai kegunaan masing-masing bagi kehidupan kita.

 

Ketika di rumah kita bisa menemukan benda-benda konduktor pada peralatan memasak. Seperti wajan, panci, spatula dan sebagainya. Benda-benda tersebut biasanya terbuat dari logam. Sifat logam yang bisa menghantarkan panas dengan baik, sangat cocok dijadikan sebagai peralatan memasak. Sifat hantaran panas yang baik membuat masakan bisa cepat matang. Selain itu benda konduktor biasanya juga akan tahan dengan api. Sehingga akan awet dan tidak mudah rusak.

 

Benda-benda isolator banyak juga bisa kita temukan di rumah. Seperti gayung, gayung banyak terbuat dari bahan plastik. Jika kita mengambil air panas dengan gayung, maka

tangan kita tidak akan terasa panas ketika memegang gayung tersebut. Lalu di berbagai perlatan memasak pun bisa kita temukan benda-benda isolator. Biasanya benda-benda isolator itu justru ditempelkan atau ikut terpasang pada benda seperti panci, wajan, spatula. Pada pegangan panci, pegangan wajan atau ujung spatula banyak dibuat atau dipasangi benda konduktor seperti karet atau kayu. Hal itu dimaksudkan supaya saat kita mengangkat panci atau wajan tersebut tangan kita tidak terasa panas.

 

12. Isi paragraf pertama adalah tentang ….

a. Contoh benda-benda konduktor yang ada di rumah

b. Contoh benda-benda isolator yang ada di rumah

c. Banyak peralatan di rumah yang termasuk konduktor dan isolator

d. Bahaya benda kondukor dan isolator yang ada di rumah

 

13. Mengapa banyak pegangan panci dan wajan terbuat karet atau kayu?

a. Agar tangan terasa lembut ketika memegangnya

b. Agar air panas bisa awet dan tahan suhunya

c. Agar api bisa cepat menyala ketika memasak

d. Agar tangan tidak terasa panas ketika memegangnya

 

14. Berikut ini adalah hal-hal penting yang ada pada paragraf kedua, kecuali ….

a. Banyak peralatan memasak yang merupakan konduktor

b. Benda konduktor tidak tahan dengan api

c. Bahan logam banyak dipakai untuk peralatan memasak

d. Wajan dan panci termasuk benda yamh terbuat dari bahan kondukor

 

15.

Gambar cerita pada sampul buku di atas memberi kesan tentang ….

a. Enam orang anak yang sedang kerja bakti lingkungan

b. Enam orang anak yang sedang semangat piket kelas

c. Enam orang anak yang mengikuti lomba menggambar

d. Enam orang anak yang belajar tentang ekosistem

 

16. Fungsi gambar cerita anara lain adalah ….

a. Membuat orang malas membaca tulisan

b. Memperjelas alur atau isi cerita

c. Menyembunyikan pesan rahasia

d. Membuat orang lain ingin menggambar

 

17. Media di bawah ini yang sering diberi gambar cerita adalah …..

a. Poster       b. Nota       c. Kwitansi          d. Label

 

18. Gambar cerita dapat dibuat dengan teknik basah, seperti dengan menggunakan media ….

a. Cat air          b. Pensil          c. Krayon          d. Pulpen

 

19. Kelebihan menggunakan teknik kering ketika membuat gambar cerita adalah ….

a. Gambar terlihat mahal dan mewah

b. Warna bisa berubah-ubah sendiri

c. Detail obyek lebih mudah dibentuk

d. Mudah membuat warna yang cemerlang

 

20. Salah satu penyebab permasalahan sosial bisa terjadi adalah karena sikap masyarakat yang ….

a. Suka mengkritik             b. Tidak bertanggung jawab

c. Suka menolong              d. Sering mengeluh

 

21. Permasalahan sosial yang disebabkan karena warga yang tidak mematuhi lalu lintas adalah ….

a. Sampah menumpuk       b. Pengangguran

b. Bangunan liar                  d. Kemacetan

 

22. Cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah adanya sampah yang berserakan di sekolah adalah ….

a. Memasang rambu-rambu lalu lintas

b. Menyediakan tong sampah yang cukup

c. Mengganti kegiatan belajar dengan bersih-bersih

d. Melarang adanya penjual makanan di sekolah

 

23. Salah satu akibat yang ditimbulkan dari masalah sosial berupa kenakalan remaja adalah ….

a. Lingkungan sering terjadi bencana

b. Lingkungan menjadi tidak aman dan nyaman

c. Lingkungan menjadi sering nampak sepi

d. Lingkungan menjadi semakin bersih

 

24. Pemerintah giat melakukan pelatihan usaha untuk masyarakat. Hal ini adalah salah satu upaya mengatasi masalah sosial berupa ….

a. Gizi buruk       b. Sampah       c. Kemacetan       d. Kemiskinan

 

25. Berikut ini yang tidak termasuk masalah sosial berupa kenakalan remaja adalah ….

a. Perkelahian antar pelajar

b. Merokok dan mabuk-mabukan

c. Menggunakan obat terlarang dan narkoba

d. Mengikuti kegiatan ekstrakulikuler di sekolah

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar