Hari/tanggal : Kamis /16 November 2023
Anak
sholeh dan sholeha Bu Yulina... semoga kita semua dalam keadaan sehat
dan tetap semangat. Sebelum anak-anak
memulai pembelajaran tentang Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 5 dan 6, pastikan ananda
sudah melaksanakan
sholat dhuha, tadarus, mendengarkan tausiah. Jangan lupa ucapkan bismillah dan berdo'a ya nak!
Pada pelajaran hari ini kita akan belajar tentang Tema 5 Subtema 2 pembelajaran 5 dan 6 yaitu tentang Ekosistem
Simak materi di bawah ini ya nak :
Tema 5 : Ekosistem
Subtema 2 : Hubungan Antar Makhluk Hidup Dalam Ekosistem
Pembelajaran : 5 dan 6
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia, SBdP, IPA dan PPKn
- Dengan mencermati teks bacaan, peserta didik mampu membuat pamflet yang berisi penjelasan simbiosis secara benar.
- Dengan mengumpulkan fakta dan informasi,peserta didik mampu membuat sebuah teks nonfiksi tentang salah satu hubungan khas antarmakhluk hidup secara baik dan benar.
- Dengan mengenal tarian Turuk Langgai, peserta didik mampu mempraktikkan beberapa gerakan tari disertai dengan properti tari secara benar.
- Dengan mendiskusikan hasil wawancara, peserta didik mampu menjelaskan manfaat semangat kekeluargaan dan gotong royong secara baik dan benar.
Hubungan Makhluk Hidup dalam Ekosistem
Semua makhluk hidup memiliki kebergantungan yang saling mengisi antara yang satu dengan yang lainnya. Manusia memerlukan tumbuhan dan hewan, tumbuhan dan hewan juga memerlukan manusia. Demikian juga hewan. Makhluk hidup juga membutuhkan tanah, udara, air, dan matahari untuk mendukung kehidupannya. Di sekeliling kita, dijumpai banyak bentuk saling kebergantungan antara manusia, hewan, dan tumbuhan, juga dengan komponen tak hidup lain.
Terdapat tiga jenis simbiosis, yaitu simbiosis mutualisme, parasitisme, dan komensalisme.Perhatikan bagan di berikut ini sebagai penjelasan terhadap jenis simbiosis tersebut.
- Kerbau mendapatkan keuntungan karena kutunya berkurang, sedangkan burung jalak mendapatkan makanan.
- Tumbuhan anggrek mendapat keuntungan karena dapat menumpang hidup pada pohon, dan selama menumpang tersebut, anggrek tidak merugikan pohon.
- Benalu dapat hidup subur karena menghisap zat makanan dari pohon mangga yang ditumpanginya sehingga pohon mangga lama-lama akan menjadi kurus dan lambat laun bisa mati.
Ayo Berkreasi
Sekarang, buatlah sebuah pamflet tentang simbiosis. Pastikan penjelasan
mengenai simbiosis dalam pamflet harus dapat dimengerti oleh
pembacanya.Perhatikan petunjuk pengerjaan pamflet berikut.
Kumpulkan semua informasi yang kamu perlukan untuk pamfletmu:
- Definisi dari tiap-tiap jenis simbiosis.
- Cari contoh dari tiap-tiap jenis simbiosis dan penjelasannya
- Gambar dari contoh tiap-tiap jenis simbiosis
- Perhatikan salah satu pamflet berikut.
Pamflet
adalah tulisan yang dapat disertai dengan gambar atau tidak yang dicantumkan
pada selembar kertas di satu permukaan atau pada kedua permukaan. Jika dilipat
atau dipotong setengah, sepertiga, atau bahkan seperempatnya, akan terlihat
lebih kecil (dapat juga disebut selebaran).
Berikut ini salah satu pamflet mengenai hubungan makhluk hidup dalam ekosistem.
Di dalam pamflet sendiri penggunaan gambar tidak wajib disertakan, gambar hanya dijadikan tambahan untuk lebih menarik minat orang-orang dengan pamflet yang diberikan.Pamflet pendidikan berisi tentang informasi-informasi yang berhubungan dengan dunia pendidikan seperti contohnya acara seminar, lomba-lomba akademik dan lainnya. Pamflet merupakan sebuah tulisan yang berisi tentang suatu informasi yang terdiri dari tulisan termasuk gambar didalamnya yang umumnya dibuat pada selebaran dan tidak dijilid atau dibukukan.
Merajut Semangat Kekeluargaan dan Gotong Royong
"Gotong royong adalah pembantingan tulang bersama, pemerasan keringat
bersama, perjuangan bantu-membantu sesama.Amal semua buat kepentingan semua,
keringat semua buat kebahagiaan semua."Demikianlah penggalan pidato
Presiden Soekarno yang disampaikan dalam Sidang BPUPKI tanggal 1 Juni 1945
untuk menjadikan gotong royong sebagai landasan semangat membangun bangsa.
Gotong royong merupakan sebuah kegiatan bersama yang bertujuan mencapai
kemajuan bersama.Gotong royong telah menjadi kepribadian bangsa dan budaya
semenjak dahulu.Budaya ini telah ada sebelum Indonesia merdeka dan telah
berakar di dalam kehidupan masyarakat.Gotong royong menumbuhkan rasa
kebersamaan, kekeluargaan, dan tolong-menolong.Dengan demikian, rasa persatuan
dan kesatuan nasional terus terbina.
Contoh semangat gotong royong dan kekeluargaan yang terdapat di lingkungan sekolah dan lingkungan rumah.
Melakukan Wawancara
Bentuklah sebuah kelompok terdiri atas empat orang siswa.Lakukanlah wawancara
dengan beberapa anggota komunitas sekolahmu. Anggota komunitas
sekolah terdiri atas siswa, guru, kepala sekolah, pegawai sekolah, dan orang
tua.Wawancarai mereka untuk mengetahui perilaku gotong royong serta
kekeluargaan yang sudah mereka tunjukkan selama berada di lingkungan sekolah
dan di lingkungan rumah. Catatlah
hasil wawancaramu pada tabel seperti contoh berikut ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar