Jumat, 30 Agustus 2024

TEMA 2 SUB TEMA 2 PB 4

 

Hari/Tanggal : Jumat / 30 Agustus 2024

Tema           2                   :  Menyayangi Tumbuhan dan Hewan

Sub Tema   2                    : Manfaat Hewan bagi Kehidupan Manusia

Pembelajaran                   : 4
 
Alat peraga : contoh teks dongeng / video 

1. Dapat memerankan tokoh dongeng dengan ekspresi yang tepat

2. Dapat menyebutkan keberagaman sifat individu dalam kehidupan sehari-hari di sekolah sebagai wujud pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”

3. Dapat mengidentifikasi informasi isi dongeng yang didengar dengan tepat

4. Dapat menggunakan sifat pertukaran pada perkalian untuk menyelesaikan masalah dengan tepat

Ayo Bermain Peran 

Hari ini Beni akan ada kegiatan bermain peran. Mereka akan memerankan dongeng Anak Gembala dan Serigala. Anak gembala bertugas menjaga domba-domba yang diternakkan.  Jika domba sudah besar dapat dijual ke pasar.

Bacalah dongeng pada buku Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 82 - 85 dan bermain peranlah bersama temanmu atau bersama anggota keluargamu di rumah!

Tahukah kamu?

Domba adalah hewan yang masih satu keluarga dengan kambing.

Domba mirip kambing, namun memiliki bulu yang tebal.

Bulunya biasa dijadikan benang wol. Daging domba dapat diambil manfaatnya. Biasanya diolah menjadi gulai, satai, dan sebagainya. Jika kalian sudah membaca dan memperagakan dongeng kisah Anak Gembala dan Serigala.  Coba temukan pesan moral yang terdapat dari dongeng tersebut dengan menyusun kata - kata berikut ini!

 


Ayo Menulis 

Hewan di sekitar kita memiliki ciri khas masing-masing. 

Kucing berkaki empat, berbulu, dan bersikap manja pada tuannya.

Kelinci berkaki empat, jalannya lompat, dan suka makan sayuran.

Bukan hanya hewan yang memiliki ciri-ciri.

Manusia juga memiliki ciri-ciri, baik fisik maupun sifatnya.

Misalnya, Beni memiliki sifat penyayang binatang.            

Edo bersifat penolong karena suka membantu teman.

Sekarang mari kita sebutkan sifat-sifat Edo pada tabel/bagan di bawah ini. 

Bagian tengah diisi nama teman. 

Bagian luar diisi dengan sifat-sifat dari teman.

Contoh:

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui 4 keberagaman sifat baik Edo. 
Dapatkah kamu menyebutkan keberagaman sifat baik temanmu atau anggota keluargamu?

Setiap hari Beni memberikan makanan kepada ayam-ayamnya. Beni juga membantu ayah membersihkan kandang ayam. Ayam-ayamnya

Sudah menghasilkan telur, daging, dan suara yang. indah. Beni berpikir ayam akan senang jika kandangnya bersih.

Cara merawat dan memelihara hewan:

Untuk memelihara hewan, kita harus mengetahui kebiasaan hidup hewan tersebut , misalnya jenis makanan dan tempat hidup yang disukainya. Yang perlu diperhatikan adalah :

1.       kandang hewan

2.       makanan dan minuman

3.       kebersihan tubuh hewan

4.       pemberian vaksin dan membawa ke dokter hewan. 

Di sekolah, Beni juga selalu berbuat baik. Ia sering membantu teman yang terjatuh supaya berdiri kembali. Kita perlu bersikap baik kepada sesama manusia. Kita akan merasa senang jika ada orang lain yang menolong kita. Orang lain pun akan merasakan senang jika kita membantu mereka. Bersikap baik kepada sesama manusia adalah bentuk pengamalan Pancasila. Tepatnya pengamalan sila kedua Pancasila, yaitu Kemanusiaan yang adil dan beradab.

Pengamalan sila kedua Pancasila diantaranya sebagai berikut.

-          menghormati orang lain

-          saling menolong sesame teman

-          tidak membeda-beda suku dalam berteman

Beni sedang mengerjakan PR matematika. Ternyata soal-soalnya tentang perkalian.

Ia teringat tentang cara menyimpan anak ayamnya  di kandang. Ia bisa membaginya dalam beberapa kelompok. Tentunya kalian masih ingat ya nak dengan materi sifat pertukaran pada penjumlahan juga pada perkalian yang disebut juga Sifat Komutatif 

Contoh:

3 x 5 = 15

5 x 3 = 15

Jadi, 3 x 5 = 5 x 3

4 x 6 = 24
6 x 4 = 24 
Jadi, 4 x 6 = 6 x 4

Bagaimana materi hari ini semoga dapat kalian pahami ya nak, jika kalian sudah paham maka tugas kalian adalah sebagai berikut :

Tugas
1. Tuliskan pesan moral dari kisah dongeng Anak Gembala dan Serigala!

2. Isilah bagan di atas sesuai contoh! dengan cara menuliskan bagian tengah diisi nama anggota keluarga. Bagian luar diisi dengan sifat-sifat dari salah satu anggota keluargamu!
3. Tuliskan salah satu pengamalan sila pancasila kedua!
4. 6  ×  ……… = 7  ×   ………
5. ………   ×  3 = ………   ×  7
 
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami sifat pertukaran pada perkalian yang sesuai pada gambar dan menyelesaikan soal dengan baik, namun masih banyak peserta didik yang belum paham dalam menentukan hasil perkalian pada sifat pertukaran. Untuk mengatasi hal tersebut maka sebelum pembelajaran berlangsung guru selalu mengajak peserta didik untuk melakukan tanya jawab serta peserta didik maju kedepan untuk menyelesaikan soal pertukaran pada perkalian sehingga peserta didik akan lebih semangat dalam kegiatan pembelajaran.
 
 

Kamis, 29 Agustus 2024

TEMA 2 SUB TEMA 2 PB 3

 

 Hari / tanggal                 : Kamis / 29 Agustus 2024

Tema           2                   :  Menyayangi Tumbuhan dan Hewan

Sub Tema   2                    : Manfaat Hewan bagi Kehidupan Manusia

Pembelajaran                  : 3
 
Alat peraga : contoh teks dongeng / video 

Tujuan Pembelajaran :


1.  Dapat mengidentifikasi informasi isi dongeng yang didengar dengan tepat

2.  Dapat menggunakan sifat pertukaran pada perkalian untuk menyelesaikan masalah dengan tepat

3. Dapat memeragakan gerak cepat tangan dalam suatu tari dengan tepat

Ayo Membaca 



Kucing adalah hewan jinak yang dipelihara manusia. Banyak manfaat dari memelihara kucing. Kucing sebagai teman bermain, dapat menghilangkan stres, dan menghalau tikus.

Ibu Beni suka kucing, namun tidak memelihara kucing. Kucing-kucing liar sering berkumpul di rumah Beni, sebab ibu sering memberi makan kucing-kucing yang datang ke rumah.

Beni sering memperhatikan tingkah kucing-kucing.  Ada kalanya mereka bermain-main dengan tirai yang tertiup angin. Seringnya mereka bertengkar saat makan. Gerakan kucing-kucing itu lucu dan menggemaskan.

Kita menirukan gerakan kucing, yuk!

1. Gerakan kucing mencakar-cakar

2. Gerakan kucing menangkap tikus

3. Menggabungkan gerakan mencakar-cakar dan menangkap tikus

Tahukah kalian Kegiatan menirukan gerakan dan ekspresi wajah disebut Pantomim

Kita tahu, ada hewan jinak ada pula buas. Hewan jinak memiliki pengertian hewan yang pada umumnya tidak menakutkan, tidak galak, tidak buas, patuh pada manusia sebagai pemeliharanya. Biasanya hewan jinak merupakan hewan yang bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan maupun dijadikan penghibur oleh pemiliknya.

Hewan buas memiliki pengertian hewan liar dan biasanya memusuhi manusia (biasanya ganas, seperti harimau dan serigala). Hewan dianggap sebagai hewan buas adalah hewan yang berbahaya bagi manusia. Bahaya disini artinya bisa menyerang dengan gigitan, cakaran, tandukan, menyengat, menyemburkan racun, menerkam dan serangan berbahaya lainnya, yang dapat menimbulkan luka, bahkan kematian.

Ciri hewan buas yaitu :

a.        lahir dan hidup dialam liar,

b.       biasanya tidak dipelihara manusia,

c.        menyerang bila diganggu atau merasa terancam,

d.       berbahaya bagi manusia.

Contoh hewan buas, yaitu:

a.        harimau,

b.       serigala,

c.        buaya,

d.       ular kobra,

e.       macan tutul.

 

Anak anak coba kalian baca dongeng yang ada di buku  Tema 2 subtema 2 halaman 75 sampai halaman 76. 


Dongeng Kisah Petani dan Anak Harimau





Kita bantu Beni menyelesaikan masalahnya, yuk!

Caranya dengan menyelesaikan soal-soal di bawah ini!
Ayam-ayam Beni ada yang bertelur. Hari ini Beni mengumpulkan telur-telur ayam di kandang. Ia mengumpulkan 20 telur. Gambarlah telur pada kotak yang tersedia! 


Jika telur disimpan pada 5 kotak maka tiap kotak berisi 4 butir telur.
Kita dapat menuliskannya dalam lambang bilangan 5 x 4 = 20

   
Jika telur disimpan pada 4 kotak maka tiap kotak berisi 5 butir telur.
Kita dapat menuliskannya dalam lambang bilangan 4 x 5 = 20

Maka kita dapat menuliskan bentuk perkalian dari penyimpanan telur Beni.  5 x 4 = 4 x 5

 
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami sifat pertukaran pada perkalian yang sesuai pada gambar dan menyelesaikan soal dengan baik, namun masih banyak peserta didik yang belum paham dalam menentukan hasil perkalian pada sifat pertukaran. Untuk mengatasi hal tersebut maka sebelum pembelajaran berlangsung guru selalu mengajak peserta didik untuk melakukan tanya jawab serta peserta didik maju kedepan untuk menyelesaikan soal pertukaran pada perkalian sehingga peserta didik akan lebih semangat dalam kegiatan pembelajaran.
 
 


 

Rabu, 28 Agustus 2024

TEMA 2 SUB TEMA 2 PB 2

 

Hari/Tanggal : Rabu, 28 Agustus 2024

Tema / Sub Tema : 2 / 2

Pembelajaran : 2

Alat peraga : contoh video pembelajaran 

Tujuan Pembelajaran :

1. Dapat mengidentifikasi informasi isi dongeng yang didengar dengan tepat

2. Dapat menyebutkan keberagaman sifat individu dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai wujud pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”

Dongeng

Dalam penulisan dongeng terdiri atas paragraph-paragraf. Paragraf atau alinea merupakan sekumpulan kalimat yang saling berkaitan antara kalimat yang satu dengan kalimat yang lain.

Pragraf juga disebut sebagai karangan singkat, karena dalam bentuk inilah penulis menuangkan ide atau pikirannya sehingga membentuk suatu topic atau tema pembicaraan.

Paragraf sebagai suatu kumpulan dan kesatuan pikiran, kedudukannya lebih tinggu dan lebih luas daripada kalimat.

Ciri-ciri paragraf, yaitu:

a.   Kalimat pada bait pertama terletak agak dalam, yakni berjarak 5 ketukan spasi untuk jenis karangan yang biasa. Untuk kalimat pada baris selanjutnya, biasanya lebih maju dari kalimat pada baris pertama.

b.   Paragraf memiliki dua jenis kalimat, yakni kalimat utama dan kalimat penjelas.

c.   Sebuah paragrap biasanya memakai satu kalimat utama dan beberapa kalimat penjelas.


Ayo simak Dongeng berikut!





 

Membaca !



Terimakasih sholeh/sholeha bu guru salam sehat dan semangat selalu untuk kita semua.
 
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami sifat pertukaran pada perkalian dan menyelesaikan soal dengan baik, namun masih banyak peserta didik yang belum paham dalam menentukan hasil perkalian pada sifat pertukaran. Untuk mengatasi hal tersebut maka sebelum pembelajaran berlangsung guru selalu mengajak peserta didik untuk melakukan tanya jawab serta peserta didik maju kedepan untuk menyelesaikan soal pertukaran pada perkaliam sehingga peserta didik akan lebih semangat dalam kegiatan pembelajaran.

 

Selasa, 27 Agustus 2024

TEMA 2 SUB TEMA 2 PB 2

 

 

Hari/Tanggal : Selasa, 27 Agustus 2024

Tema / Sub Tema : 2 / 2

Pembelajaran : 2

Alat peraga : contoh video pembelajaran 

Tujuan Pembelajaran :

1. Dapat mengidentifikasi informasi isi dongeng yang didengar dengan tepat

2. Dapat menyebutkan keberagaman sifat individu dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai wujud pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”

Dongeng

Dalam penulisan dongeng terdiri atas paragraph-paragraf. Paragraf atau alinea merupakan sekumpulan kalimat yang saling berkaitan antara kalimat yang satu dengan kalimat yang lain.

Pragraf juga disebut sebagai karangan singkat, karena dalam bentuk inilah penulis menuangkan ide atau pikirannya sehingga membentuk suatu topic atau tema pembicaraan.

Paragraf sebagai suatu kumpulan dan kesatuan pikiran, kedudukannya lebih tinggu dan lebih luas daripada kalimat.

Ciri-ciri paragraf, yaitu:

a.   Kalimat pada bait pertama terletak agak dalam, yakni berjarak 5 ketukan spasi untuk jenis karangan yang biasa. Untuk kalimat pada baris selanjutnya, biasanya lebih maju dari kalimat pada baris pertama.

b.   Paragraf memiliki dua jenis kalimat, yakni kalimat utama dan kalimat penjelas.

c.   Sebuah paragrap biasanya memakai satu kalimat utama dan beberapa kalimat penjelas.


Ayo simak Dongeng berikut!





 

Membaca !



Terimakasih sholeh/sholeha bu guru salam sehat dan semangat selalu untuk kita semua.

 

Senin, 26 Agustus 2024

TEMA 2 SUB TEMA 2 PB 1

 

 

Hari/Tanggal : Senin, 26 September 2024

Tema / Sub Tema : 2 / 2

Pembelajaran : 1

Alat peraga : contoh video pembelajaran

Tujuan Pembelajaran :

1. Dapat mengidentifikasi informasi isi dongeng yang didengar dengan tepat 2.Dapat menggunakan sifat pertukaran pada perkalian untuk menyelesaikan masalah dengan tepat

 3. Dapat memeragakan gerak cepat tangan dalam suatu tari dengan tepat.

Ayo Membaca!

Tuhan menciptakan hewan agar dapat dimanfaatkan oleh manusia.

Ada hewan yang dipelihara untuk digunakan tenaganya.  Ada juga yang diternakkan untuk diambil daging, kulit, telur, susu, dan tulangnya. Ada pula hewan buas yang hidup di alam bebas. Menjadi kewajiban kita semua untuk menjaga dan melestarikan hewan. Sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Tuhan.

Hewan dimanfaatkan manusia karena hal-hal berikut.

-    Untuk dimanfaatkan tenaganya.

Contonya: kuda (untuk menggerakkan alat transportasi delman dan gerobak), kerbau, sapi (untuk membantu petani membajak sawah) dan anjing (untuk menjaga keamanan lingkungan dari tindak kejahatan).

-    Untuk dijadikan bahan makanan dan minuman

Contohnya: Sapi dan kambing (diambil kulit, daging, dan susunya), ayam (diambil daging dan telurnya).

-    Untuk kesenangan.

Contonya: ikan hias, burung, kelinci, dan kucing.



Ayo Membaca 

Beni memelihara ayam. 

Ada ayam jago, betina, dan anak-anak ayam.

Setiap hari Beni dibangunkan dengan suara ayam jago.

Ayam jagonya berkokok nyaring sekali setiap pagi.

Ternyata Beni juga punya buku cerita tentang ayam jago.

Yuk, kita baca dongeng tentang ayam jago pada Buku BOS Tema 2 Subtema 2 Halaman 55





Ayo Mengamati dan Berlatih 

Ayam merupakan unggas yang biasa dipelihara manusia. Ayam sangat bermanfaat bagi manusia. Telur, daging, kulit, dan bulu adalah bagian ayam yang dapat diambil manfaatnya. Ayam-ayam Beni tinggal di kandang belakang rumah. Beni memiliki 10 anak-anak ayam. Beni ingin menempatkan anak-anak ayam secara berkelompok. Pertama, Beni memasukkan 2 ekor anak ayam ke dalam tiap ruangan di kandang. Kedua, Beni kemudian mengubah banyak anak ayam tiap kelompok menjadi 5 ekor.

 Perhatikan gambar berikut ini!

 a. 


Penulisan lambang bilangan: 5 × 2  =  ……                                

b. 

 Penulisan lambang bilangan: 2 × 5 = ……

c. Jadi, 5 × 2 = 2 × 5


Ayo Mencoba

Beni senang mengamati tingkah laku ayam-ayamnya. Ia sering tersenyum saat melihat ayam mengepakkan sayapnya. Ia mencoba mengikuti gerakan ayam mengepakkan sayap.
 

Yuk kita melakukan gerakan seperti ayam mengepakkan sayap!

 

1. Berdiri tegak.

2. Tekukkan kedua siku di samping badan.

3. Gerakkan siku yang ditekuk ke atas dan kebawah dengan perlahan.

4. Gerakkan ke atas dan ke bawah makin lama makin cepat.

5. Lakukan gerakan ini bersama-sama dengan teman-temanmu.

Bagaimana materi hari ini paham ya nak!Jika sudah paham Bu Guru akan memberikan tugas untuk kalian tugasnya berikut ini:


Latihan

1. Hewan yang di manfaatkan tenaganya sebagai alat transportasi delman agar dapat bergerak adalah . . .

2. 

3. 

Jumat, 23 Agustus 2024

TEMA 2 SUB TEMA 1 PB 6

 

 

Hari / tanggal                  : Jumat/ 23 Agustus 2024

Tema           2                   :  Menyayangi Tumbuhan dan Hewan

Sub Tema   1                    : Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia

 Muatan Terpadu            : Bahasa Indonesia, PPKN, MTK
 
Pembelajaran                  : 6
 
Alat Peraga : Video Pembelajaran dan Gambar
 
1. Peserta didik dapat menceritakan kembali dongeng yang telah dibaca dalam bentuk gambar.

2. Dapat menggambarkan pengalaman bersikap baik kepada orang lain. Khusunya saat mendoakan orang lain.

3. Dapat melakukan penjumlahan dalam bentuk sifat pertukaran.

Ayo Bercerita!

Dayu senang dengan dongeng yang menceritakan tentang kebaikan. Kali ini Dayu membaca dongeng tentang kebaikan hati seorang petani. 

Ayah Dayu pernah bercerita tentang pekerjaan petani. Petani menanam benih tanaman di sawah atau ladang. 

Setiap hari petani menyiram dan merawat tanaman yang ditahannya. Hingga akhirnya tanaman-tanaman tesebut setiap panen.
 
 

 
 
 
Ayo Berlatih!

Dayu dan teman-temannya mengunjungi kebun manggis.

Kebun Manggis itu milik paman Dayu. Dayu dan siti membantu memasukan buah manggis kedalam karung.

Karung Dayu berisi 540 Manggis. Karung Situ berisi 590 Manggis.

Berapa jumlah manggis dalam karung Dayu dan Siti?