Senin, 30 September 2024

TEMA 3 SUB TEMA 2 PB 1 & 2

Hari/Tanggal   : Senin, 30 September 2024

TEMA 3                 : (BENDA DISEKITAR KU)

SUB TEMA 2        : ( WUJUD BENDA)

Muatan                : B. Indonesia, Matematika, SBDP

Pembelajaran      :1 & 2

Alat peraga : contoh video pembelajaran

Tujuan Pembelajaran :

1.  Dengan membaca wacana tentang wujud benda, siswa dapat mengidetifikasi informasi yang terkait dengan wujud benda dengan tepat.

2.  Dengan melakukan pengamatan baenda, peserta didik dapat mengelompokkan benda berdasarkan wujudnya dengan tepat.

3. Denganmengerjakan latihan soal, siswa dapat mengkonversi satuan km ke m atau sebaliknya dengan tepat.

4.  Dengan mengamati contoh gerakan tari, siswa dapat mengidentifikasi gerak kuat dan lemah kaki dengan tepat.

5.  Dengan menirukan gerakan kaki di buku,  siswa dapat mempraktikkan dinamika gerakan kaki dengan tepat.

Manusia tidak dapat lepas dari benda di sekitarnya. Keberadaan benda mempermudah manusia melaksanakan aktivitasnya. Ada benda yang terbentuk di alam dan ada benda yang dibuat oleh manusia. Batu, air, dan pasir merupakan benda yang terbentuk di alam. Mobil, gunting, dan kertas merupakan benda yang dibuat oleh manusia.

Apakah kamu memperhatikan perbedaan dari benda-benda tersebut? Benda dapat dikelompokkan dalam tiga wujud. Wujud apa sajakah itu? Yuk, kita pelajari bersama.

Wujud Benda

Setiap benda pasti memiliki wujud. Wujud benda ada tiga, yaitu padat, cair, dan gas. Tas, buku, dan pensil berwujud padat. Minyak dan air berwujud cair. Gas hidrogen dalam balon berwujud gas.

Dapatkah kamu menyebutkan contoh lainnya?


Ayo Mengamati

Pernahkah kamu naik alat transportasi seperti pada gambar?

Tahukah kamu, termasuk ke dalam wujud benda apakah motor itu?

Pada hari Minggu, Edo dibonceng ayah ke rumanenek. Edo dibonceng ayah dengan motor.

Perhatikan denah jarak ke rumah nenek berikut ini!

Jarak rumah Edo ke rumah nenek 5 km 300 m.

Jarak ini dapat ditulis 5 km lebih 300 m. Jarak dari rumah Edo ke kebun binatang 1.523 m.

Satuan kilometer (km) dan meter (m) adalah satuan untuk menyatakan jarak.

Alat ukur ada bermacam-macam. Baik jenis maupun kegunaannya.

Altimeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur ketinggian suatu titik dari permukaan laut. Biasanya alat ini digunakan untuk mengukur tinggi pesawat saat terbandarpermukaan laut. Juga untuk mengukur tinggi gunung dan hal lain yang berhubungan dengan ketinggian.

 

Pernahkah kamu memperhatikan gerakan tiupan angin? Angin adalah udara yang bergerak. Udara berwujud gas. Gas tidak terlihat, namun dapat dirasakan. Tiupan angin ada yang kencang, lembut, dan sepoi-sepoi. Ada juga angin yang bertiup sangat kencang. Seperti angin topan, angin putting beliung, dan lain-lain.

Sekarang, coba kamu bergerak seolah-olah seperti kertas yang tertiup angin!

Perhatikan gambar berikut!

Gerakan angin sepoisepoi bergeraklah lemah ke kiri dan ke kanan.

Jika angin kencang, bergeraklah dengan hentakan yang kuat ke kiri

dan ke kanan. Jika angin putting beliung, bergeraklah berputar.

 



Dengan mengikuti gerakan di atas, kamu dapat membedakan gerakan kuat dan lemah. Dalam tarian, selain gerak tangan ada juga gerakan         langkah kaki. Gerakan tangan dan kaki harus selaras dengan irama yang mengiringi.  Sekarang, coba kamu berlatih gerakan kaki terlebih dahulu. Iringilah dengan lagu yang kalian suka.

Berlatihlah gerakan kaki dengan gerak lembut. Seperti pohon yang melambai ditiup angin sepoisepoi dan gerakan pohon yang ditiup angin kencang!

 

Benda memiliki ciri-ciri yang dapat diamati.

Ciri-ciri benda antara lain memiliki massa dan ruang (volume). Apakah yang dimaksud massa dan volume?

Siti memperhatikan bola basket dan bola plastik. Keduanya sama-sama bola, namun bahannya berbeda.

Menurutmu, bola manakah yang massanya lebih besar?

Simak percakapan Siti dengan Ibu guru berikut ini!

 

Ibu Guru : Anakanak perhatikan kedua bola di tangan ibu. Kedua bola mempunyai ukuran yang berbeda. Kedua bola bahannya juga berbeda. Menurutmu, bola manakah yang massanya lebih besar?

Siti : Massa, Bu? Apakah massa itu, Bu?

Ibu Guru : Yuk, lakukan percobaan bersama! Letakkan kedua bola pada timbangan. Apakah yang terjadi? Coba, lihatlah.

Udin : Bola basket lebih berat, Bu!

Ibu Guru : Benar, Udin. Bola basket bahan penyusunnya beda dengan bola plastik. Bola basket terbuat dari karet sintesis. Bola plastik terbuat dari plastik. Bola basket lebih berat daripada bola plastik. Banyaknya bahan penyusun yang terdapat dalam benda disebut massa.

Siti : Jadi, bola yang lebih berat memiliki massa lebih besar?

Ibu Guru : Benar, Siti! Massa umumnya diukur dengan satuan gram  atau kilogram.

Massa diukur dengan alat di bawah ini.



Selain massa, benda mempunyai volume. Apakah volume benda itu?

Semua benda menempati ruang. Ukuran ruang yang ditempati oleh suatu benda disebut volume.

Benda yang kecil menempati ruang yang lebih kecil dibandingkan benda yang besar. Hal ini berarti benda yang kecil memiliki volume yang kecil. Benda yang besar memiliki volume yang besar.



Volume akuarium A lebih besar daripada volume akuarium B.

 

Edo dan teman-teman berlatih memantulkan dan menangkap bola di sekolah. Ketika tengah asyik berlatih, tiba-tiba Udin terjatuh. Kakinya sakit dan tidak dapat berdiri.

Edo dan teman-teman melihat Udin kesakitan. Edo dan teman-teman segera menghentikan permainan.

Kemudian, Edo dan Beni menolong Udin dengan me mapahnya ke UKS. UKS singkatan Unit Kesehatan Sekolah.

Setelah diperiksa, ibu guru menduga kaki Udin terkilir. Oleh karena itu, kakinya perlu diperiksa dokter.

Perbuatan Edo dan Beni menolong Udin sangat terpuji. Apakah kamu mem punyai pengalaman menolong teman atau orang lain?

Ceritakanlah pengalamanmu di depan kelas! Simak dengan baik saat temanmu bercerita!

Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, Jika ada pertanyaan dapat kirimkan ke grup WA kita! jika sudah paham maka kalian dapat mengerjakan latihan berikut ini:

 Latihan Soal

1.        Perhatikan gambar dapur rumah Dayu berikut ini!

Tuliskan benda – benda dari gambar yang termasuk benda padat, cair dan gas!

2.        Perhatikan gambar di bawah ini!

Rumah Udin ke kantor pos = ... km ... m

   = ... m

3.        Dalam sebuah tarian selain gerakan tangan ada pula gerakan . . .

4.        Ciri – ciri benda antara lain memiliki . . . dan . . .

5.        Mengapa kita perlu menolong orang lain?

 

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami wujud benda dan cara menghitung satuan panjang Cm dan meter dengan benar serta peserta didik sudah mampu untuk menyelesaikan soal dengan baik, namun masih ada beberapa peserta didik yang belum paham bagai mana menghitung satuan cm dan meter. Untuk mengatasi hal tersebut maka sebelum pembelajaran berlangsung guru selalu mengajak peserta didik untuk melakukan tanya jawab serta peserta didik maju kedepan kelas.






Jumat, 27 September 2024

TEMA 3 SUB TEMA 1 PB 6

Hari/Tanggal   : Jumat, 27 September 2024

TEMA 3                 : (BENDA DISEKITAR KU)

SUB TEMA 1        : ( ANEKA BENDA DISEKITAR KU)

Muatan                : PPkN, B. Indonesia, Matematika

Pembelajaran     : 6

Alat peraga : contoh video pembelajaran

Tujuan Pembelajaran :

1. Dengan melakukan musyawarah, siswa dapat memahami pentingnya menghargai pendapat orang lain dengan tepat.
2. Dengan menuliskan pengalaman melakukan musyawarah, siswa dapat menceritakan pengalamannya bermusyawarah secara lisan dengan rinci.
3.Dengan menuliskan informasi tentang deskripsi benda, siswa dapat menyusun informasi terkait bahan pembentuk benda dengan tepat.

 4. Dengan berlatih mengerjakan soal konversi satuan m ke cm, siswa dapat mengkonversikan satuan m ke cm dengan tepat.

 

Kamu sudah mempelajari aneka bahan pembentuk benda. Selanjutnya, kita akan menyelidiki bahan yang sesuai untuk benda-benda tertentu.

Untuk mengerjakan projek ini, kamu dan keluargamu harus melaksanakan musyawarah.

 

Kamu dan kelurgamu telah memilih benda. Lakukan penyelidikan bahan yang terbaik untuk membentuk benda tersebut!

Kamu harus memilih bahan yang tepat untuk membuat benda. Karena pemilihan bahan dapat menjadikan benda berfungsi maksimal.

Apa bahan yang baik untuk membuat daun jendela?

Apakah dari kayu, alumunium atau kaca?


Hal-hal berikut harus termuat dalam tulisanmu.

1.      Penjelasan bentuk benda (warna, ukuran, dan  bentuk).

2.      Fungsi benda.,Alasanmu memilih bahan tertentu untuk membuat benda tersebut.
4.      Menyebutkan kelebihan bahan tersebut.

5.    Menyebutkan kekurangan bahan tersebut.

Meteran gulung disebut juga meteran saku. Meteran gulung berfungsi untuk mengukur panjang benda yang lebih dari satu meter. Meteran ini biasa digunakan pekerja bangunan atau tukang kayu.

akan menata ulang kamar tidurnya. Sebelum menata, Siti mengukur benda-benda di kamarnya. Ukuran yang diperoleh Siti seperti berikut ini!

Bantulah Siti menemukan ukurannya!

 a.  254 cm = .2. m + .54. cm

 b.  390 cm  = .3. m + .90. cm

               


   Bagaimana Shole/Sholeha Bu guru semoga materi hari ini dapat kalian pahami dengan baik ya nak berikut tugas kalian yaitu,

Ceritakanlah hasil musyawarahmu dengan anggota keluarga dirumah sesuai dengan pertanyaan di bawah ini! atau sama dengan yang ada di buku tema 3 kalian halaman 50 dan 51


2 .Ceritakan keuntungan melakukan musyawarah dalam mengambil keputusan bersama!

 3.Bagaimana cara menghormati  pendapat dari anggota keluargamu?

 4.Apa yang terjadi jika kita menghormati pendapat anggota keluargamu?                  
 
 5.Ceritakan pengalaman menghargai pendapat orang lain!    
 
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami bagai mana cara mengukur benda dan cara menghitung satuan panjang Cm dan meter dengan benar serta peserta didik sudah mampu untuk menyelesaikan soal dengan baik, namun masih ada beberapa peserta didik yang belum paham bagai mana menghitung satuan cm dan meter. Untuk mengatasi hal tersebut maka sebelum pembelajaran berlangsung guru selalu mengajak peserta didik untuk melakukan tanya jawab serta peserta didik maju kedepan kelas.
 

 

Kamis, 26 September 2024

TEMA 3 SUB TEMA 1 PB 5

Hari/Tanggal   : Kamis, 26 September 2024

TEMA 3           : (BENDA DISEKITAR KU)

SUB TEMA 1  : ( ANEKA BENDA DISEKITAR KU)

Muatan         : B. Indonesia, PPkN, Matematika

Pembelajaran   : 5

Alat peraga : contoh video pembelajaran

Tujuan Pembelajaran :

1.  Dengan menuliskan pengalaman bermusyawarah di kelas, siswa mengetahui arti penting dari bermusyawarah dengan tepat

2. Dengan proses pengamatan, siswa dapat mengidentifikasi benda-benda yang terbuat dari bahan kaca, logam, dan karet dengan tepat.

3.    Dengan melakukan konvensi satuan panjang, siswa dapat mengenal konvensi satuan panjang.

Ayo membaca

 

Bahan untuk membuat benda tidak hanya berasal dari kayau ,kertas, dan pelastik . Perhatikan benda yang ada di rumahmu . Benda yang kamu gunakan sehar hari . Adakah benda yang bukan berasal dari kayu ,kertas,atau pelastik? 

Bacalah informasi berikut ini 

 

Benda dari kaca                      


 

Adakah benda benda yang dibuat dari kaca . Benda tersebut ,antara lain gelas,piring,mangkuk ,kaca mata , akuarium jendela, dan peralatan laboratorium. Kaca memiliki sifst kedap air dan tembus cahaya . Oleh karena itu,kaca digunakan untuk membuat benda yang tahan air.

Benda dari logam 



Coba amati benda yang ada di rumahmu ! Adakah benda yang dibuat dari logam ?Benda benda tersebut , antara lain panci ,penggorengan ,sendok sayur,sendok makan ,kerangka mobil ,dan pagar rumah

 

Mengapa benda-benda tersebut dibuat dari logam? Karena logam memiliki sifat kuat, dapat dibentuk dan penghantar panas yang baik.

 Benda dari Karet



 Perhatikan penghapus pensil. Terbuat dari apakah penghapus itu? Penghapus dibuat dari karet. Benda-benda lainnya yang dibuat dari karet, antara lain ban, balon, sandal karet, bola, dan sarung tangan. Bagaimanakah sifat karet? Diskusikan bersama orang tua mu

Mengapa benda-benda tersebut dibuat dari logam? Karena logam memiliki sifat kuat, dapat dibentuk dan penghantar panas yang baik. Benda dari Karet Perhatikan penghapus pensil. Terbuat dari apakah penghapus itu? Penghapus dibuat dari karet. Benda-benda lainnya yang dibuat dari karet, antara lain ban, balon, sandal karet, bola, dan sarung tangan. Bagaimanakah sifat karet? Diskusikan bersama orang tuamu

Kamu telah mempelajari aneka bahan pembentubenda. 

Setiap bahan pembentuk benda mempunyaisifat yang khas. Perhatikan lingkungan kelas dan sekolahmu! 

Sebutkan bahan yang biasa digunakanuntuk membuat tempat sampah!

Ya, plastik, kayu, bahkan logam seperti alumunium dapat dibuat tempat sampah. Sekarang perhatikan tempat sampah di kelasmu! Terbuat dari apakah tempat sampah di kelasmu? Apakah jumlahnya mencukupi? Apakah anak-anak sudah mempunyai kesadaran dalam membuang sampah ditempatnya?

Perhatikan bahan yang digunakan untuk membuat penggaris! Plastik, kayu, dan alumunium (logam) adalah bahan yang dapat digunakan untuk membuat penggaris. Mengapa bahan kaca tidak digunakan untuk membuat penggaris?

perhatikan satuan yang tertera pada penggaris. Kamu akan melihat lebih dari satu satuan panjang. Ada satuan meter (m), centimeter (cm), dan milimeter (mm)

  

 

 Video Materi Satuan Panjang



 

Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, Jika ada pertanyaan dapat kirimkan ke grup WA kita! jika sudah paham maka kalian dapat mengerjakan latihan berikut ini:

Soal Latihan

1.      Tuliskan benda – benda yang terbuat dari plastik!

2.      Untuk mengurangi sampah plastik dapat dilakukan dengan 3 cara yaitu: reduce, reuse, dan recycle. Recycle berarti . . .

3.   Saat kamu bermusyawarah bersama anggota keluargamu tentang cara mengurangi sampah pelastik di lingkungan rumahmu. Bagaimana jika hasi musyawarah itu tidak sesuai dengan pendapatmu?
 
4.      Tuliskan sifat bahan benda dari kaca!

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami bagai mana cara mengukur benda dan cara menghitung satuan panjang Cm dan meter dengan benar serta peserta didik sudah mampu untuk menyelesaikan soal dengan baik, namun masih ada beberapa peserta didik yang belum paham bagai mana menghitung satuan cm dan meter. Untuk mengatasi hal tersebut maka sebelum pembelajaran berlangsung guru selalu mengajak peserta didik untuk melakukan tanya jawab serta peserta didik maju kedepan kelas.