Jumat, 27 September 2024

TEMA 3 SUB TEMA 1 PB 6

Hari/Tanggal   : Jumat, 27 September 2024

TEMA 3                 : (BENDA DISEKITAR KU)

SUB TEMA 1        : ( ANEKA BENDA DISEKITAR KU)

Muatan                : PPkN, B. Indonesia, Matematika

Pembelajaran     : 6

Alat peraga : contoh video pembelajaran

Tujuan Pembelajaran :

1. Dengan melakukan musyawarah, siswa dapat memahami pentingnya menghargai pendapat orang lain dengan tepat.
2. Dengan menuliskan pengalaman melakukan musyawarah, siswa dapat menceritakan pengalamannya bermusyawarah secara lisan dengan rinci.
3.Dengan menuliskan informasi tentang deskripsi benda, siswa dapat menyusun informasi terkait bahan pembentuk benda dengan tepat.

 4. Dengan berlatih mengerjakan soal konversi satuan m ke cm, siswa dapat mengkonversikan satuan m ke cm dengan tepat.

 

Kamu sudah mempelajari aneka bahan pembentuk benda. Selanjutnya, kita akan menyelidiki bahan yang sesuai untuk benda-benda tertentu.

Untuk mengerjakan projek ini, kamu dan keluargamu harus melaksanakan musyawarah.

 

Kamu dan kelurgamu telah memilih benda. Lakukan penyelidikan bahan yang terbaik untuk membentuk benda tersebut!

Kamu harus memilih bahan yang tepat untuk membuat benda. Karena pemilihan bahan dapat menjadikan benda berfungsi maksimal.

Apa bahan yang baik untuk membuat daun jendela?

Apakah dari kayu, alumunium atau kaca?


Hal-hal berikut harus termuat dalam tulisanmu.

1.      Penjelasan bentuk benda (warna, ukuran, dan  bentuk).

2.      Fungsi benda.,Alasanmu memilih bahan tertentu untuk membuat benda tersebut.
4.      Menyebutkan kelebihan bahan tersebut.

5.    Menyebutkan kekurangan bahan tersebut.

Meteran gulung disebut juga meteran saku. Meteran gulung berfungsi untuk mengukur panjang benda yang lebih dari satu meter. Meteran ini biasa digunakan pekerja bangunan atau tukang kayu.

akan menata ulang kamar tidurnya. Sebelum menata, Siti mengukur benda-benda di kamarnya. Ukuran yang diperoleh Siti seperti berikut ini!

Bantulah Siti menemukan ukurannya!

 a.  254 cm = .2. m + .54. cm

 b.  390 cm  = .3. m + .90. cm

               


   Bagaimana Shole/Sholeha Bu guru semoga materi hari ini dapat kalian pahami dengan baik ya nak berikut tugas kalian yaitu,

Ceritakanlah hasil musyawarahmu dengan anggota keluarga dirumah sesuai dengan pertanyaan di bawah ini! atau sama dengan yang ada di buku tema 3 kalian halaman 50 dan 51


2 .Ceritakan keuntungan melakukan musyawarah dalam mengambil keputusan bersama!

 3.Bagaimana cara menghormati  pendapat dari anggota keluargamu?

 4.Apa yang terjadi jika kita menghormati pendapat anggota keluargamu?                  
 
 5.Ceritakan pengalaman menghargai pendapat orang lain!    
 
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami bagai mana cara mengukur benda dan cara menghitung satuan panjang Cm dan meter dengan benar serta peserta didik sudah mampu untuk menyelesaikan soal dengan baik, namun masih ada beberapa peserta didik yang belum paham bagai mana menghitung satuan cm dan meter. Untuk mengatasi hal tersebut maka sebelum pembelajaran berlangsung guru selalu mengajak peserta didik untuk melakukan tanya jawab serta peserta didik maju kedepan kelas.
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar