Jumat, 20 September 2024

TEMA 3 SUB TEMA 1 PB 1

 

Senin, 20 September 2024

TEMA 3 (BENDA DISEKITAR KU)

SUB TEMA 1 ( ANEKA BENDA DISEKITAR KU)

Pembelajaran :1

Alat peraga : contoh video pembelajaran

Tujuan pembelajaran

1. Dengan membaca teks berjudul Aneka Benda-benda di Sekitar Kita, siswa dapat mengidentifikasi informasi dari teks.

2.  Dengan pengamatan terhadap alat ukur, siswa dapat menyatakan satuan panjang yang digunakan dengan paling sedikit dua satuan baku dengan tepat.

3.   Dengan mengiringi lagu dengan tepukan, siswa dapat memeragakan pola irama sederhana dengan tepat.

4.  Dengan membaca wacana berjudul Benda Terbuat dari Kayu, siswa dapat menemukan kosakata baru yang terdapat dalam wacana.

5.     Dengan menjawab pertanyaan pada persiapan bercerita, siswa mampu menceritakan kembali informasi secara lisan tentang benda-benda di sekitarnya yang terbuat dari kayu dengan percaya diri.

6. Dengan melakukan praktik musyawarah, siswa mengetahui arti penting melakukan musyawarah untuk menyelesaikan musyawarah dengan tepat.

 

Setiap hari kita melihat aneka benda di lingkungan sekitar. Benda-benda itu dapat membantu aktivitas kita sehari-hari. Benda di sekitar kita beraneka bentuk dan warnanya. Ada benda yang berukuran besar dan ada yang berukuran kecil.

Ayo, perhatikan benda-benda di sekitar kita

Benda-Benda di Sekitar Kita

Apakah benda itu? Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda. Batu, gelas, dan buku juga benda. Dapatkah kamu melihat perbedaannya? Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda

hidup. Sementara batu, gelas, dan buku merupakan benda mati. Benda adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Massa benda diukur dengan cara ditimbang. Manusia, hewan, tumbuhan, batu, dan buku menempati ruang. Benda-benda itu juga dapat ditimbang. Bagaimana membedakan benda dengan bukan benda? Apakah cahaya termasuk benda? Bagaimana dengan panas? Cahaya dan panas bukanlah benda. Cahaya dan panas tidak menempati ruang. Cahaya dan panas tidak dapat ditimbang. 

Benda-benda dapat dikelompokkan berdasarkan sifat fisiknya. Sifat fisik benda, misalnya warna bentuk, kekuatan, wujud, atau ukurannya.

 





Benda dapat dibuat dari bermacam-macam bahan.

Ada benda yang terbuat dari batu, kayu, besi, kaca,  plastik, dan lainnya.

benda dapat menghasilkan bunyi yang khajika diketuk. Benda-benda tersebut menghasilkan bunyi yang berbeda.

Musyarawah merupakan salah satu cara untuk mencari keputusan bersama. Apa yang terjadi jika keputusan langsung diambil tanpa musyawarah sebelumnya?

Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, Jika ada pertanyaan dapat kirimkan ke grup WA kita! jika sudah paham maka kalian dapat mengerjakan latihan berikut ini:

Soal Latihan
1.      Kamu telah mempelajari tentang jenis, sifat fisik, dan ciri benda. Selanjutnya, lengkapilah tabel berikut ini!



2.      Tentukan hasil pengukuran pada gambar benda-benda di bawah ini!

3.      Alat musik yang tidak bernada, namun dapat menghasil kan irama lagu disebut... 
4.      Musyawarah merupakan satu cara untuk mencari. . .

Refleksi/Kesimpulan :

Alhamdulillah sebagian besar peserta didik  sudah mampu memahami macam-macam benda yang ada di sekitar klas dan sudah mampu memahami alat ukur benda. siswa dapat menyatakan satuan panjang yang digunakan dengan paling sedikit dua satuan baku dengan tepat.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar