Rabu, 02 Oktober 2024

TEMA 3 SUB TEMA 2 PB 4

Hari/Tanggal   : Rabu, 02 Oktober 2024

Good morning my student....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu guru ,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin Ya Rabbal Alamin.
Sebelum belajar pastikan sudah sarapan, mendengarkan tausiah serta pahami  isinya, shalat dhuha dan membaca Al Qur'an. 

Hari ini kita akan belajar materi  Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 4

 
TEMA 3                 : (BENDA DISEKITAR KU)

SUB TEMA 2        : ( WUJUD BENDA)

Muatan                : B. Indonesia, PPkN, PJOK

Pembelajaran      : 4

Alat peraga          : Video pembelajaran

Metode                     : Kerja kelompok  

Tujuan Pembelajaran :

1.  Dengan melakukan percobaan tentang sifat benda cair dan gas, siswa dapat menyusun informasi secara lisan/tulis/visual dengan kalimat efektif.

2. Dengan kegiatan pengamatan terhadap timbangan, siswa dapat    menentukan satuan  baku dengan tepat.

3.  Dengan mengamati aneka jenis timbangan, siswa dapat menyesuaikan   jenis timbangan dengan benda yang diukur dengan tepat.

4.  Dengan mengerjakan soal latihan, siswa dapat memahami arti penting bergotong royong.

 Pada pembelajaran kemaren kalian sudah mempelajari tentang wujud benda yaitu benda padat , benda cair dan gas pada hari ini kita akan melihat kembali Benda Cair Lebih Dekat.

Video 


 
 Ayo Mencoba 

Melihat Benda Cair Lebih Dekat

Seperti benda padat, benda cair juga banyak di sekitar kita. Sekitar 70% permukaan bumi tertutup oleh air laut. Tubuh manusia hampir 2/3 bagian merupakan cairan. Air adalah benda cair yang sering ditemui. Sebutkan benda lainnya yang termasuk benda cair. Pernahkah kamu melihat air dalam gelas tumpah?Bagaimanakah bentuk air tersebut? Apakah bentuk air yang tumpah sama dengan air di dalam gelas? 

Lakukan kegiatan berikut untuk mengetahui sifat-sifat benda cair.

Lakukanlah!

Mengetahui sifat benda cair 

Lakukan secara bersama orangtuamu

Alat dan Bahan

1. Air 

2. wadah kecil

3. Gelas

4. Kantong plastik

Langkah-Langkah Percobaan:

1. Masukkan air ke dalam wadah kecil. Kemudian, ke dalam gelas dan terakhir ke dalam kantong plastik.

2. Catatlah hasil pengamatanmu ke dalam tabel di bawah ini!

 

Kamu telah melakukan percobaan. Dapatkah kamu menyimpulkan sifat benda cair?

Ayo Membaca 

Bacalah wacana di bawah ini

Warga kampung tempat Siti tinggal sedang gotong royong. Mereka sedang menyiapkan lahan untuk bermain anak-anak. Setiap warga membantu dengan caranya masingmasing. Bapak-bapak membantu membersihkan lahan.

Ada yang membantu tenaga. Ada yang membantu menyediakan bahan-bahan yang diperlukan. Seperti pasir, semen, cat, dan lainnya. Ibu-ibu dan anak-anak juga tidak mau kalah. Ibu-ibu menyiapkan 

makanan dan minuman. Lahan tempat bermain dapat diselesaikan dengan cepat. Anak-anak bergembira. Karena anak-anak dapat bermain di lapangan. 

 

 

Ayo Mengamati 

Mengenal Benda Gas Lebih Dekat 

Ingatkah kamu wujud benda selain padat dan cair? Benda juga dapat berwujud gas. Benda gas ada di mana-mana. Contohnya udara yang kita hirup. Setiap hari kita menghirup udara. Udara termasuk benda gas. Dapatkah kamu melihat bentuk udara? Bentuk udara tidak dapat dilihat. Udara hanya dapat dirasakan. Namun, ada benda gas yang dapat dilihat. Contohnya adalah awan dan asap. Untuk mengetahui hal ini, lakukan percobaan berikut!

Benda gas mempunyai sifat antara lain:

  • Terdapat di segala tempat
  • Mengisi seluruh ruangan yang ditempati
  • Jarak antar partikel benda gas berubah-ubah
  • Menekan ke segala arah
  • Gerakan antar partikel bebas
  • Memiliki massa atau berat
  • Susunan partikel benda gas tidak teratur
  • Gaya tarik menarik benda gas lemah

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Assalamualaikum wr.wb

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami sifat benda Padat, cair dan gas serta peserta didik sudah mampu untuk menyelesaikan soal dengan baik, namun masih ada beberapa peserta didik yang belum paham mengenai sifat wujud benda. Untuk mengatasi hal tersebut maka sebelum pembelajaran berlangsung guru selalu mengajak peserta didik untuk melakukan tanya jawab.

Dokumentasi
 
 


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar