Selasa, 08 Oktober 2024

TEMA 3 SUB TEMA 3 PB 1

Hari/Tanggal   : Selasa, 08 Oktober 2024

Good morning my student....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu guru ,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin Ya Rabbal Alamin.
Sebelum belajar pastikan sudah sarapan, mendengarkan tausiah serta pahami  isinya, shalat dhuha dan membaca Al Qur'an. 

Hari ini kita akan belajar materi  Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 1

Apersepsi : Pada pembelajaran sebelumnya kita sudah mempelajari tentang cara mengukur atau menimbang berat benda dengan alat satuan tak baku.

Nah sekarang kita akan melanjutkan materi tentang perubahan wujud bend

Mari kita simak materi hari ini. 
 
TEMA 3                 : (BENDA DISEKITAR KU)

SUB TEMA 3        : ( PERUBAHAN WUJUD BENDA)

Muatan                   : B. Indonesia, Matematika, SBDP

Pembelajaran         : 1

Alat peraga             : video pembelajaran 

Metode                        : Demontrasi

Tujuan Pembelajaran :

1. Dengan melakukan percobaan, peserta didik dapat menuliskan informasi    perubahan wujud sesuai dengan hasil percobaan.

2. Dengan menyelesaikan soal latihan di Buku Siswa, peserta didik dapat       menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan berat.

3. Dengan mengamati resep, peserta didik dapat mengidentifikasi satuan berat baku yang digunakan.

4. Dengan melakukan percobaan, peserta didik dapat mengidentifikasi   perubahan wujud benda.

5. Dengan menggambar seni dekoratif, peserta didik dapat menggunakan garis dan warna untuk membuat karya dekoratif degan tepat.

 

Kalian telah mengenal wujud benda. Ada padat, cair, dan gas. Kalian juga telah mengetahui sifat-sifatnya.

Sekarang, apa yang terjadi jika benda tersebut dipanaskan, didinginkan, dan diletakkan di udara terbuka? Apakah benda - benditu mengalami perubahan?

Benda dapat mengalami perubahan wujud. Jika benda tersebut dipanaskan atau didinginkan. Perubahan wujud apa sajakah  yang akan terjadi?

Perubahan wujud benda di alam tanda kebesaran Tuhan. Marilah pelajari perubahan wujud di sekitarmu!

Video Pembelajaran :


 


Benda padat jika terkena panas akan mencair. Peristiwa mencair tidak hanya terjadi pada es.

Namun, proses mencair juga terjadi pada benda - benda padat lainnya. Apakah semua benda padat mencair pada waktu bersamaan?

Untuk memahami ini, lakukan percobaan berikut!

Bahan dan Alat

• Empat buah gelas plastik bekas kemasan air mineral

batu, cokelat, kapur, dan mentega


Langkah-Langkah Percobaan

1. Masukkan setiap benda ke dalam gelas. Satu gelas diisi dengan satu benda.

 

2. Letakkan gelas tersebut di ruangan terbuka. Ruangan yang terkena cahaya matahari langsung. Diamkan selama 15 menit. Coba perhatikan! Apa yang akan terjadi?

 





Hari ini Lani berulang tahun. Lani akan merayakan bersama teman-temannya. Ibu ingin membuatkan kue cokelat untuk Lani.

 

Di negara-negara yang mengalami empat musim, saat mu sim dingin tiba akan turun salju. Salju akan mencair begitu ganti musim semi. Tahukah kamu bahwa setiap butiran salju mempunyai bentuk yang khas?

mempunyai bentuk yang khas?

Kamu akan melihat butiran salju yang bentuknya berbeda-beda. Bentuk yang berbeda jika dilihat di bawah mikroskop.

 

Dari gambar butiran salju, terciptalah karya seni seperti berikut!

 

Kamu dapat menghasilkan karya seni. Untuk itu, kamu harus menggabungkan garis, bentuk, dan warna. Dengan demikian, hasilnya menjadi harmoni yang indah.



Pernahkah kamu menyimpan air dalam plastic di lemari pembeku? Apa yang akan terjadi dalam beberapa jam? Tentunya air akan berubah menjadi es, bukan? Meskipun kamu membuka ikatan plastik itu. Ternyata, es tidak akan tumpah. Mengapa demikian?

Wujud air berubah dari cair menjadi padat. Perubahawujud dari cair menjadi padat disebut membeku.

Kamu telah mengerjakan pembuatan es bersama kelompokmu. Adakah pembagian tugas di dalam kelompok? Dengan pembagian tugas, pekerjaan menjadi mudah dan ringan.

Begitu juga di sekolah. Siswa di sekolah ada peran masing-masing. Contohnya di SD Nusantara tempat Siti dan teman-temannya bersekolah. Ada guru yang mengajar sehari-hari di kelas. Ada pula kepala sekolah yang memimpin sekolah. 

Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, Jika ada pertanyaan dapat kirimkan ke grup WA kita! jika sudah paham maka kalian dapat mengerjakan tugas  berikut ini:

Latihan soal

1.        Apakah yang dimaksud dengan proses mencair? Serta berikan contoh mencair lainnya di kehidupan sehari – hari!

2.         


3.        Untuk menghasilkan karya seni rupa , kita harus menggabungkan garis, bentuk, dan warna. Apa yang dimaksud dengan garis?

4.        Apa yang dimaksud dengan membeku?

5.        Dengan adanya pembagian tugas pekerjaan menjadi lebih ringan. Di sekolah ada siswa, guru juga kepala sekolah, salah satu peran dan tugas seorang guru adalah . . .

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami perubahan wujud benda serta mempraktikan percobaan perubahan wujud benda mencair, membeku, menguap, mengembun, mengkristal dan menyublim, namun masih ada beberapa peserta didik yang belum paham bagaimana perubahan wujud benda terutama pada perubahan benda mengristal dan menyublim. Untuk mengatasi hal tersebut maka sebelum pembelajaran berlangsung guru selalu mengajak peserta didik untuk melakukan tanya jawab serta memberikan contoh yg lebih kongkrit






Tidak ada komentar:

Posting Komentar