Hari/Tanggal : Kamis, 13 Februari 2025
Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Semangat pagi ananda shaleh shaleha yang ibu guru banggakan, bagaimana kabarnya di hari Kamis yang ceria dan berkah ini, sangat menyenangkan ya nak. Semoga kita lebih semangat dan lebih baik lagi. Ibu guru berharap kita semua sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin.
Tema 6 : Energi dan Perubahannya
Subtema 2 : Perubahan Energi
Pembelajaran : 3
Muatan : B. Indonesia, Matematika, SBDP
Alat peraga : Video Pembelajaran, jam
Metode : Tanya jawab, Demontrasi
Apersepsi :
Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang sumber energi dan mengenal lama nya waktu dalam kegiatan sehari-hari dan menyebutkan hak dan kewajiban cara menghemat energi. Nah sekarang kita akan memperlajari tentang Perubahan energi (macam-macam bentuk energi)
Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah :
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menemukan kosakata/istilah yang terkait dengan perubahan energi dengan tepat
2. Dengan memperhatikan demonstrasi yang ditunjukkan guru, siswa dapat melakukan gerakan kuat dan lemah kaki dalam tari dengan tepat.
3. Dengan mengidentifikasi lama suatu kegiatan, siswa mampu menentukan satuan waktu yang tepat untuk mengukur lama suatu kegiatan berlangsung.
Ayo kita simak video pembelajaran di bawah ini ya nak :
Ayo Membaca
Minggu lalu siswa kelas 3 berkunjung ke Waduk Jati Luhur. Waduk tersebut terletak di Purwakarta, Jawa Barat. Murid-murid senang sekali. Hari ini mereka masih membicarakan kegiatan tersebut. Berikut ini percakapan mereka. “Selamat pagi, teman-teman”, sapa Siti kepada teman-temannya. “Selamat pagi juga, Siti,” sahut teman-teman Siti. “Bagaimana kabar kamu Siti? Apakah kamu sudah sembuh?” “Sudah, terima kasih doanya ya’ teman-teman”, jawab Siti. “Oh ya, bagaimana kunjungan ke Waduk Jatiluhur kemarin? menyenangkan tidak teman-teman?” “Sangat menyenangkan. Banyak ilmu yang didapat.” jawab Edo. “Ilmu apa Do’?”, tanya Siti. “Ternyata, waduk itu dapat dijadikan pembangkit listrik”, jelas Edo. “Iya, makanya waduk Jatiluhur itu disebut sebagai waduk untuk PLTA, yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Air”, tambah Udin. “Mengapa disebut Pembangkit Listrik Tenaga Air?” tanya Siti lagi. “Karena energi listriknya berasal dari tenaga air.” “Bagaimana caranya energi air menjadi energi listrik?” Siti semakin ingin tahu.
Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anaanak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb
REFLEKSI/KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan
hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar
peserta didik sudah mampu memahami materi tentang energi dan perubahannya dan menentukan satuan
waktu yang tepat untuk mengukur lama suatu kegiatan berlangsung. Namun masih ada
beberapa peserta didik yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan
penjelasan ulang materi tersebut serta bertanya jawab.
REFLEKSI/KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi tentang energi dan perubahannya dan menentukan satuan waktu yang tepat untuk mengukur lama suatu kegiatan berlangsung. Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta bertanya jawab.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar