Selasa, 29 April 2025

TEMA 7 SUB TEMA 4 PB 5 dan 6

  

7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat untuk Generasi Emas 2045     

Hari/Tanggal     : Rabu, 30 April 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

Baiklah sholih sholihah bu guru, sebelum kita masuk ke materi pembelajaran kita melakukan tepuk semangat terlebih dahulu ya nak.

Tema   7             : Perkembangan Teknologi

 Subtema   4      : Perkembangan Teknologi Transportasi

 Pembelajaran   : 5 dan 6

 Muatan              : B. Indonesia, Matematika, SBDP

 Alat peraga       : Video Pembelajaran

Metode               : Tanya jawab, diskusi, Demontrasi

 

Apersepsi : 

Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang Perkembangan teknologi komunikasi dengan benar. Nah sekarang kita akan mempelajari tentang menentukan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu.

Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah :

Tujuan Pembelajaran:

1. Dengan membaca  teks, siswa dapat menuliskan informasi yang diperoleh tentang perkembangan teknologi transportasi dengan tepat.

2. Dengan mencermati teks, siswa dapat menuliskan manfaat yang diperoleh dari perkembangan teknologi transportasi dengan tepat.

3. Dengan membaca tabel, siswa dapat menggambarkan perilaku yang harus dan tidak boleh dilakukan agar tidak terjadi konflik dalam keberagaman.

4. Dengan membaca uraian permasalahan, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu.

5. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu.

Ayo kita simak video pembelajaran di bawah ini ya nak :


 

AYO MEMBACA!

Bacalah dengan suara nyaring! 

Pergi dengan Alat Transportasi 

Banyak orang memiliki alat transportasi pribadi. Yaitu, alat transportasi yang digunakan untuk diri sendiri. Ada yang memiliki sepeda, sepeda motor, dan mobil.  

Ada juga orang yang tidak memiliki alat transportasi pribadi. Mereka menggunakan alat transportasi umum. Yaitu, alat transportasi yang dipakai bersama-sama. Ada angkutan kota, bus, dan kereta. Alat transportasi dapat menguntungkan dan merugikan. Alat transportasi memudahkan manusia pergi dari satu tempat ke tempat lain. Namun, alat transportasi yang terlalu banyak di jalan menyebabkan kemacetan.  Selain itu, asapnya membuat udara kotor. 

Kerugian dapat dikurangi dengan menggunakan alat transportasi umum. Alat transportasi umum dapat mengurangi penggunaan alat transportasi pribadi. Oleh karena itu, alat transportasi umum dapat mengurangi kemacetan dan udara kotor. Saat ini, banyak orang di kota mulai menggunakakan alat transportasi umum bus dan kereta. 

a yang memiliki sepeda, sepeda motor, dan mobil.  

Ada juga orang yang tidak memiliki alat transportasi pribadi. Mereka menggunakan alat transportasi umum. Yaitu, alat transportasi yang dipakai bersama-sama. Ada angkutan kota, bus, dan kereta. Alat transportasi dapat menguntungkan dan merugikan. Alat transportasi memudahkan manusia pergi dari satu tempat ke tempat lain. Namun, alat transportasi yang terlalu banyak di jalan menyebabkan kemacetan.  Selain itu, asapnya membuat udara kotor. 

Kerugian dapat dikurangi dengan menggunakan alat transportasi umum. Alat transportasi umum dapat mengurangi penggunaan alat transportasi pribadi. Oleh karena itu, alat transportasi umum dapat mengurangi kemacetan dan udara kotor. Saat ini, banyak orang di kota mulai menggunakakan alat transportasi umum bus dan kereta. 

AYO MEMBACA!

Setiap orang menggunakan alat transportasi yang disukainya. Alat transportasi kesukaan orang berbeda-beda. Apa alat transportasi kesukaan temanmu? Tanyakan kepada teman-temanmu! Tuliskan jawaban mereka pada tabel berikut!

1. Amati kembali teks yang kamu baca! Informasi apa saja yang kamu dapatkan pada teks? Tuliskan pada bagan berikut! 

AYO MEMBACA!

Dalam perjalanan menuju Manado, Beni mengamati pesawat yang ditumpanginya. Beni mengamati televisi pesawat, jendela, pintu, dan lainnya. 

Semua berbentuk bangun datar. Beni berpikir berapa keliling masing-masing bangun datar yang ia jumpai di pesawat? 

Selesaikanlah masalah-masalah yang Beni pikirkan berikut ini!

1. Layar televisi di pesawat berbentuk persegi panjang. Panjangnya 25 cm dan lebarnya 20 cm. Jika tepi televisi ingin diberi bingkai pelindung, berapa panjang bingkai yang dibutuhkan? Panjang bingkai = keliling televisi.

Jawab: keliling televisi= 25 cm+ 20cm+ 25cm+ 20cm= 90cm  


AYO BERLATIH!

2. Selesaikanlah masalah-masalah yang Beni pikirkan berikut ini!

a. Pesawat dilengkapi banyak jendela. Jendela pesawat berbentuk persegi panjang. Lebar 15 cm dan panjang 30 cm. Jika sekeliling jendela ingin diberi karet pelindung, berapa panjang karet yang dibutuhkan? Panjang karet = keliling jendela

Jawab: ...................................................................

b. Pintu pesawat berbentuk persegi panjang. Lebarnya 90 cm dan tingginya 230 cm. Berapakah keliling pintu pesawat?

Jawab: ...................................................................

3. Tentukanlah keliling bangun datar berikut!

a. 

Setiap sisi panjangnya 8 cm. Berapa keliling bangun tersebut? 

b. 

Setiap sisi panjangnya 6 cm. Berapa keliling bangun tersebut? 

AYO MEMBACA! 

Alat Transportasi Khusus

Beberapa alat transportasi digunakan untuk angkutan sehari-hari. Beberapa alat transportasi digunakan untuk tujuan khusus. Alat tranportasi ini digunakan sesuai dengan kebutuhan. 

Alat transportasi dapat digunakan untuk mengangkut barang. Umumnya orang mengangkut barang dengan truk. Truk adalah mobil dengan bak besar di belakang. Beras, gula, dan terigu diangkut oleh truk. Pasir dan semen juga diangkut oleh truk. Truk dapat mengangkut bermacam-macam barang. Kapal, kereta api, dan pesawat juga dapat digunakan untuk mengangkut barang.

Mobil ambulans digunakan untuk mengangkutorang sakit. Di dalam mobil ambulans, ada alat-alat kesehatan. Mobil ambulans juga dilengkapi sirene. Sirene akan berbunyi saat mobil berjalan. Sirene memberi tahu kendaraan lain untuk memberi jalan. Mobil ambulans harus segera tiba di tempat yang dituju. 

Alat transportasi khusus lainnya adalah mobil pemadam kebakaran. Mobil pemadam digunakan untuk memadamkan api saat ada kebakaran. Mobil pemadam kebakaran juga dilengkapi sirene. Kita harus memberi jalan jika mobil pemadam kebakaran lewat. 

Masih banyak lagi jenis alat transportasi khusus lainnya. Pelajari lagi macam-macam alat transportasi khusus. Bersyukur dan berterima kasihlah kepada orangorang yang menciptakan alat transportasi. Alat transportasi membuat hidup kita lebih mudah.


AYO MENCOBA!

4. Ambulans dan mobil pemadam kebakaran adalah alat transportasi khusus. Apa yang harus dan tidak boleh dilakukan oleh pengendara mobil lain ketika mobil itu membunyikan sirene?

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada ayah dan bunda. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb.

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Senin, 28 April 2025

TEMA 7 SUB TEMA 4 PB 3 dan 4

  

7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat untuk Generasi Emas 2045    

Hari/Tanggal     : Selasa, 29 April 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

Baiklah sholih sholihah bu guru, sebelum kita masuk ke materi pembelajaran kita melakukan tepuk semangat terlebih dahulu ya nak.

Tema   7            : Perkembangan Teknologi

 Subtema   4      : Perkembangan Teknologi Transportasi

 Pembelajaran   : 3 dan 4

 Muatan              : B. Indonesia, Matematika, SBDP

 Alat peraga       : Video Pembelajaran

Metode               : Tanya jawab, diskusi, Demontrasi

 

Apersepsi : 

Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang Perkembangan teknologi komunikasi dengan benar. Nah sekarang kita akan mempelajari tentang menentukan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu.


Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah

Tujuan Pembelajaran :

1. Dengan mencermati teks, siswa dapat menemukan jenis-jenis produk yang dihasilkan teknologi transportasi di lingkungan setempat dengan tepat.

2. Dengan mencermati kata-kata pada teks, siswa dapat membuat kalimat dengan menggunakan kata terkait tentang perkembangan teknologi transportasi.

3. Dengan membaca uraian, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu.

4. Dengan mencermati gambar, siswa dapat menentukan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu.

5. Dengan mencermati gambar, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah pembuatan karya keterampilan dengan gabungan teknik potong, lipat, dan sambung dengan tepat.

6. Dengan membaca teks, siswa dapat menuliskan jenis-jenis alat transportasi dengan tepat.

7. Dengan berdiskusi, siswa dapat menuliskan kesimpulan tentang pentingnya memahami  keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.

 

Ayo kita simak video pembelajaran di bawah ini ya nak :

Beni senang menyeberang pulau dengan perahu. Namun, ia punya keinginan naik kereta. Beni teringat cerita Udin tentang asyiknya naik kereta.  pengalaman Udin naik kereta? 

Mari kita cari tahu melalui kegiatan berikut ini!

AYO MEMBACA!

Bacalah teks berikut ini dengan senyap!

Perjalanan dengan Kereta 

Ayah dan ibu mengajak Udin dan Mutiara pergi ke Cirebon. Mereka ingin mengunjungi kakek dan nenek. Udin dan Mutiara sangat senang. Udin dan keluarganya pergi ke Cirebon dengan kereta api. Mereka pergi ke stasiun kereta dengan angkutan kota. Ayah sudah menyiapkan tiket kereta untuk mereka. Mereka masuk ke stasiun kereta sambil menunjukkan tiket. Udin dan keluarganya menunggu kereta datang di dekat peron.

Kereta yang Udin tumpangi sangat panjang. Kereta Udin memiliki 10 gerbong. Kereta berjalan di atas rel kereta. Rel kereta terbuat dari besi. Di dalam kereta ada ruang makan. Di dalam kereta juga ada toilet.


Selama di kereta, Udin menikmati pemandangan yang indah. Kereta melintasi jembatan di atas sungai. Ia melihat perkampungan dan sawah yang hijau. Udin juga melihat berbagai kendaraan lalulalang. Ada sepeda motor, mobil, bus, becak, dan dokar. 
Udin sangat bersyukur dapat menikmatiperjalanannya dengan kereta. Udin berterima kasih kepada ayah dan ibu yang sudah mengajaknya bepergian. Ia juga berterima kasih kepada bapak masinis yang membawa ia dan keluarganya sampai di Cirebon

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada ayah dan bunda. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb.

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi tentang pengukuran keliling bangun datar dengan tepat, dan menghias mobil mobilan dari kardus.
Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta bertanya jawab

 

Jumat, 25 April 2025

TEMA 7 SUB TEMA 4 PB 1 dan 2

   

7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat untuk Generasi Emas 2045   

Hari/Tanggal     : Senin, 28 April 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

Baiklah sholih sholihah bu guru, sebelum kita masuk ke materi pembelajaran kita melakukan tepuk semangat terlebih dahulu ya nak.

Tema   7            : Perkembangan Teknologi

 Subtema   4      : Perkembangan Teknologi Transportasi

 Pembelajaran   : 1 dan 2

 Muatan              : B. Indonesia, Matematika, SBDP

 Alat peraga       : Video Pembelajaran

Metode               : Tanya jawab, diskusi, Demontrasi

 

Apersepsi : 

Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang Perkembangan teknologi komunikasi dengan benar. Nah sekarang kita akan mempelajari tentang Perkembangan teknologi transportasi

Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah :
 
Tujuan Pembelajaran :

1. Dengan mencermati teks, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari teks

perkembangan teknologi transportasi di lingkungan sekitar.

2. Dengan mencermati gambar, siswa dapat berkreasi dengan menggabungkan teknik potong, lipat, dan sambung dalam suatu karya keterampilan dengan rapi.

3. Dengan memahami konsep keliling, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu dengan benar.

4. Dengan mencermati gambar, siswa dapat menentukan keliling bangun datar

dengan satuan baku tertentu dengan benar.

5. Dengan mengidentifikasi keberagaman pada teks, siswa dapat membuat daftar

keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.

AYO MEMBACA!

Liburan yang lalu, Beni dan keluarganya berkunjung ke rumah paman. Apa saja yang mereka lakukan disana?

Ayo, kita cari tahu bersama! Bacalah teks berikut dengan intonasi yang tepat!

 


AYO MENGAMATI!

1. Bacalah kembali teks “Berlibur di Rumah Paman” dengan teliti!  Garis bawahi kalimat pertama dari setiap paragraf! Tuliskan isi cerita dari setiap paragraf!

 

Ayo kita simak video pembelajaran di bawah ini ya nak :


AYO MENGAMATI! 

Salah satu alat transportasi yang banyak digunakan adalah mobil. Apakah kamu suka naik mobil?

Maukah kamu menjadi perancang mobil? Sebelum kamu menjadi perancang mobil terkenal, ayo kita

buat dulu mobil dari kardus bekas! Amati proses membuat mobil berikut ini! 

Peralatan yang dibutuhkan: 

- Pisau, gunting, selotip, lem, kardus bekas (bekas 

kotak sepatu atau yang seukuran), 1 lembar

kertas putih polos, penggaris, dan spidol, dan lem

 



Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada ayah dan bunda. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb.

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi tentang pengukuran keliling bangun datar dengan tepat, dan praktek cara membuat mobil mobilan dari kardus.
Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta bertanya jawab