Apa
kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua
dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT serta tetap
bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.
Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.
Baiklah sholih sholihah bu guru, sebelum kita masuk ke materi pembelajaran kita melakukan tepuk semangat terlebih dahulu ya nak.
Tema 8 : Prajamuda karana
Subtema 1 : Aku Anggota Pramuka
Pembelajaran :1
Muatan : B. Indonesia, Matematika, SBDP
Alat peraga : Video Pembelajaran
Metode : Tanya jawab, diskusi, Demontrasi
Apersepsi :
Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang menentukan keliling bangun datar dengan satuan tak baku. Nah sekarang kita akan mempelajari tentang Praja Muda Karana.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah :
Tujuan Pembelajaran
1. Setelah membaca, siswa dapat mengindentifikasi informasi terkait lambang negara dengan benar.
2. Setelah bernyanyi, siswa dapat memeragakan pola irama dengan variasi pola irama yang sama, mirip, dan berbeda melalui menyuarakan atau memainkannya dengan benar.
3. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan tentang sudut dengan benar.
Praja
muda karana disingkat menjadi pramuka. Pramuka memiliki arti jiwa muda
yang suka berkarya. Lambang gerakan pramuka berupa tunas kelapa. Anggota
pramuka dikelompokkan berdasarkan usia. Kelompok pramuka berusia 7-10
tahun dinamakan pramuka siaga. Pramuka mengajarkan anggota untuk selalu
bergembira. Semua kegiatan disampaikan dengan senang dan gembira. Ada
banyak lagu yang dinyanyikan. Ada banyak permainan yang dikenalkan.
Pramuka menjadi kegiatan yang menyenangkan. Mengenal pramuka membuat
anggota lebih mencintai negara Indonesia. Pramuka juga mengajarkan
anggota menjadi anak yang mandiri. Pramuka mengajak anggota menjadi anak
yang selalu riang gembira.
Ayo, mengenal pramuka dan kegiatannya!
Ayo Bernyanyi!
Udin
sudah menjadi anggota pramuka. Udin menjadi anggota siaga. Udin dan
teman-teman senang menjadi anggota siaga. Pramuka memiliki tepuk tangan
yang khas. Tepuk tersebut disebut Tepuk Pramuka. Cobalah Tepuk Pramuka
berikut!
Untuk cara menyanyi dan bertepuk tangan dapat melihat dan mendengarkan video berikut ini!
tangan dapat melihat dan mendengarkan video berikut ini!
Menurut
lagu tersebut, Anggota pramuka juga harus selalu disiplin. Disiplin
dalam berbagai hal, termasuk saat latihan. Anggota pramuka dilatih untuk
mencintai negara Indonesia. Anggota dikenalkan dengan bendera dan
lambang negara indonesia. Anggota pramuka juga dilatih untuk lebih mengenal pramuka. Anggota pramuka juga dikenalkan dengan lambang gerakan pramuka.
Ayo Berlatih!
1. Tuliskan yang kamu ketahui dari kata-kata berikut!
Tahukah kamu nama bendera negara kita?
Bendera
negara kita diberi nama Sang Merah Putih. Kita memberi hormat saat
bendera dikibarkan sebagai tanda penghormatan. Dapatkah kamu meniru
gerakan menghormat bendera?
Bendera negara kita diberi nama Sang Merah Putih. Kita memberi hormat saat bendera dikibarkan sebagai tanda penghormatan.
Perhatikan
posisi tangan Udin saat menghormat bendera. Cobalah jiplak tepi lurus
tangan Udin. Lalu tangan Udin kita geser. Maka akan di peroleh hasil
jiplakan yang disebut sudut. Tahukah kamu apa arti sudut?
- Ada berapa garis yang membentuk sudut tersebut?
Jawab: Ya, ada 2 Garis
Manakah gambar yang merupakan sudut? Gambar 1
Disebut apa gambar 3 ? Sudut Tertutup
Ayo Membaca!
Masih ingatkah kamu dengan lambang negara kita?
Lambang
negara kita adalah Garuda Pancasila. Lambang negara adalah suatu bentuk
yang digunakan sebagai lambang resmi negara. Lambang negara Indonesia
adalah burung Garuda.
Lambang
burung Garuda menggambarkan kebesaran dan kekuatan. Indonesia ingin
menjadi negara yang besar dan kuat. Sebagai warga negara, kita juga
harus kuat dan sehat. Sebagai warga negara, kita harus menjadikan negara
Indonesia menjadi negara yang besar dan kuat.
Lambang
negara Garuda Pancasila terdiri atas beberapa bagian. Kepala burung
Garuda menoleh ke sebelah kanan. Pada leher burung Garuda terdapat
perisai yang menyerupai jantung. Leher, sayap, dan ekor memiliki
sejumlah bulu. Perisai dilengkapi dengan lambang sila Pancasila. Garuda
mencengkram pita yang bertuliskan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.
Ayo Berlatih!
2.
Tuliskan kembali informasi tentang lambang negara berdasarkan bacaan
tersebut! Sebelum menuliskan isilah peta pikiran berikut berdasarkan
bacaan!
Lambang
tersebut harus dijaga sebagai tanda kehormatan negara. Penggunaan dan
pemasangan lambang negara harus mengikuti peraturan. Mari, mengamati
tempat menemukan lambang negara dipasang.
3. Temukan 5 tempat dipasang lambang negara!
Baiklah
sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga
anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa
laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih
kepada ayah dan bunda. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb.
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan
hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar
peserta didik sudah mampu memahami materi tentanglambang negara dengan benar, memeragakan
pola irama dengan variasi pola irama yang sama, mirip, dan berbeda
melalui menyuarakan atau memainkannya dengan benar dan sudut dengan benar.
Namun masih ada
beberapa peserta didik yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan
penjelasan ulang materi tersebut serta bertanya jawab.
Apa
kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua
dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT serta tetap
bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.
Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.
Baiklah sholih sholihah bu guru, sebelum kita masuk ke materi pembelajaran kita melakukan tepuk semangat terlebih dahulu ya nak.
Tema 7 : Perkembangan Teknologi
Subtema 4 : Perkembangan Teknologi Transportasi
Pembelajaran : 5 dan 6
Muatan : B. Indonesia, Matematika, SBDP
Alat peraga : Video Pembelajaran
Metode : Tanya jawab, diskusi, Demontrasi
Apersepsi :
Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang Perkembangan teknologi komunikasidengan benar. Nah sekarang kita akan mempelajari tentang menentukan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah :
Tujuan Pembelajaran:
1.
Dengan membaca teks, siswa dapat menuliskan informasi yang diperoleh
tentang perkembangan teknologi transportasi dengan tepat.
2. Dengan mencermati teks, siswa dapat menuliskan manfaat yang diperoleh dari perkembangan teknologi transportasi dengan tepat.
3.
Dengan membaca tabel, siswa dapat menggambarkan perilaku yang harus dan
tidak boleh dilakukan agar tidak terjadi konflik dalam keberagaman.
4.
Dengan membaca uraian permasalahan, siswa dapat menyelesaikan masalah
sehari-hari yang berkaitan dengan keliling bangun datar dengan satuan
baku tertentu.
5. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu.
Ayo kita simak video pembelajaran di bawah ini ya nak :
AYO MEMBACA!
Bacalah dengan suara nyaring!
Pergi dengan Alat Transportasi
Banyak orang memiliki alat transportasi pribadi. Yaitu, alat transportasi yang digunakan untuk diri sendiri. Ada yang memiliki sepeda, sepeda motor, dan mobil.
Ada juga orang yang tidak memiliki alat transportasi pribadi. Mereka menggunakan alat transportasi umum. Yaitu, alat transportasi yang dipakai bersama-sama. Ada angkutan kota, bus, dan kereta. Alat transportasi dapat menguntungkan dan merugikan. Alat transportasi memudahkan manusia pergi dari satu tempat ke tempat lain. Namun, alat transportasi yang terlalu banyak di jalan menyebabkan kemacetan. Selain itu, asapnya membuat udara kotor.
Kerugian dapat dikurangi dengan menggunakan alat transportasi umum. Alat transportasi umum dapat mengurangi penggunaan alat transportasi pribadi. Oleh karena itu, alat transportasi umum dapat mengurangi kemacetan dan udara kotor. Saat ini, banyak orang di kota mulai menggunakakan alat transportasi umum bus dan kereta.
a yang memiliki sepeda, sepeda motor, dan mobil.
Ada juga orang yang tidak memiliki alat transportasi pribadi. Mereka menggunakan alat transportasi umum. Yaitu, alat transportasi yang dipakai bersama-sama. Ada angkutan kota, bus, dan kereta. Alat transportasi dapat menguntungkan dan merugikan. Alat transportasi memudahkan manusia pergi dari satu tempat ke tempat lain. Namun, alat transportasi yang terlalu banyak di jalan menyebabkan kemacetan. Selain itu, asapnya membuat udara kotor.
Kerugian dapat dikurangi dengan menggunakan alat transportasi umum. Alat transportasi umum dapat mengurangi penggunaan alat transportasi pribadi. Oleh karena itu, alat transportasi umum dapat mengurangi kemacetan dan udara kotor. Saat ini, banyak orang di kota mulai menggunakakan alat transportasi umum bus dan kereta.
AYO MEMBACA!
Setiap orang menggunakan alat transportasi yang disukainya. Alat transportasi kesukaan orang berbeda-beda. Apa alat transportasi kesukaan temanmu? Tanyakan kepada teman-temanmu! Tuliskan jawaban mereka pada tabel berikut!
1. Amati kembali teks yang kamu baca! Informasi apa saja yang kamu dapatkan pada teks? Tuliskan pada bagan berikut!
AYO MEMBACA!
Dalam perjalanan menuju Manado, Beni mengamati pesawat yang ditumpanginya. Beni mengamati televisi pesawat, jendela, pintu, dan lainnya.
Semua berbentuk bangun datar. Beni berpikir berapa keliling masing-masing bangun datar yang ia jumpai di pesawat?
Selesaikanlah masalah-masalah yang Beni pikirkan berikut ini!
1. Layar televisi di pesawat berbentuk persegi panjang. Panjangnya 25 cm dan lebarnya 20 cm. Jika tepi televisi ingin diberi bingkai pelindung, berapa panjang bingkai yang dibutuhkan? Panjang bingkai = keliling televisi.
2. Selesaikanlah masalah-masalah yang Beni pikirkan berikut ini!
a. Pesawat dilengkapi banyak jendela. Jendela pesawat berbentuk persegi panjang. Lebar 15 cm dan panjang 30 cm. Jika sekeliling jendela ingin diberi karet pelindung, berapa panjang karet yang dibutuhkan? Panjang karet = keliling jendela
Setiap sisi panjangnya 8 cm. Berapa keliling bangun tersebut? …
b.
Setiap sisi panjangnya 6 cm. Berapa keliling bangun tersebut? …
AYO MEMBACA!
Alat Transportasi Khusus
Beberapa alat transportasi digunakan untuk angkutan sehari-hari. Beberapa alat transportasi digunakan untuk tujuan khusus. Alat tranportasi ini digunakan sesuai dengan kebutuhan.
Alat transportasi dapat digunakan untuk mengangkut barang. Umumnya orang mengangkut barang dengan truk. Truk adalah mobil dengan bak besar di belakang. Beras, gula, dan terigu diangkut oleh truk. Pasir dan semen juga diangkut oleh truk. Truk dapat mengangkut bermacam-macam barang. Kapal, kereta api, dan pesawat juga dapat digunakan untuk mengangkut barang.
Mobil ambulans digunakan untuk mengangkutorang sakit. Di dalam mobil ambulans, ada alat-alat kesehatan. Mobil ambulans juga dilengkapi sirene. Sirene akan berbunyi saat mobil berjalan. Sirene memberi tahu kendaraan lain untuk memberi jalan. Mobil ambulans harus segera tiba di tempat yang dituju.
Alat transportasi khusus lainnya adalah mobil pemadam kebakaran. Mobil pemadam digunakan untuk memadamkan api saat ada kebakaran. Mobil pemadam kebakaran juga dilengkapi sirene. Kita harus memberi jalan jika mobil pemadam kebakaran lewat.
Masih banyak lagi jenis alat transportasi khusus lainnya. Pelajari lagi macam-macam alat transportasi khusus. Bersyukur dan berterima kasihlah kepada orangorang yang menciptakan alat transportasi. Alat transportasi membuat hidup kita lebih mudah.
AYO MENCOBA!
4. Ambulans dan mobil pemadam kebakaran adalah alat transportasi khusus. Apa yang harus dan tidak boleh dilakukan oleh pengendara mobil lain ketika mobil itu membunyikan sirene?
Baiklah
sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga
anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa
laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih
kepada ayah dan bunda. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb.
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan
hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar
peserta didik sudah mampu memahami materi tentangpengukuran keliling bangun
datar dengan tepat, dan menghias mobil mobilan dari kardus.
Namun masih ada
beberapa peserta didik yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan
penjelasan ulang materi tersebut serta bertanya jawab
Apa
kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua
dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT serta tetap
bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.
Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.
Baiklah sholih sholihah bu guru, sebelum kita masuk ke materi pembelajaran kita melakukan tepuk semangat terlebih dahulu ya nak.
Tema 7 : Perkembangan Teknologi
Subtema 4 : Perkembangan Teknologi Transportasi
Pembelajaran : 3 dan 4
Muatan : B. Indonesia, Matematika, SBDP
Alat peraga : Video Pembelajaran
Metode : Tanya jawab, diskusi, Demontrasi
Apersepsi :
Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang Perkembangan teknologi komunikasidengan benar. Nah sekarang kita akan mempelajari tentang menentukan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah
Tujuan Pembelajaran :
1.
Dengan mencermati teks, siswa dapat menemukan jenis-jenis produk yang
dihasilkan teknologi transportasi di lingkungan setempat dengan tepat.
2.
Dengan mencermati kata-kata pada teks, siswa dapat membuat kalimat
dengan menggunakan kata terkait tentang perkembangan teknologi
transportasi.
3.
Dengan membaca uraian, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari
yang berkaitan dengan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu.
4. Dengan mencermati gambar, siswa dapat menentukan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu.
5.
Dengan mencermati gambar, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah
pembuatan karya keterampilan dengan gabungan teknik potong, lipat, dan
sambung dengan tepat.
6. Dengan membaca teks, siswa dapat menuliskan jenis-jenis alat transportasi dengan tepat.
7.
Dengan berdiskusi, siswa dapat menuliskan kesimpulan tentang pentingnya
memahami keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.
Ayo kita simak video pembelajaran di bawah ini ya nak :
Beni senang menyeberang pulau dengan perahu. Namun, ia punya keinginan naik kereta. Beni teringat cerita Udin tentang asyiknya naik kereta. pengalaman Udin naik kereta?
Mari kita cari tahu melalui kegiatan berikut ini!
AYO MEMBACA!
Bacalah teks berikut ini dengan senyap!
Perjalanan dengan Kereta
Ayah dan ibu mengajak Udin dan Mutiara pergi ke Cirebon. Mereka ingin mengunjungi kakek dan nenek. Udin dan Mutiara sangat senang. Udin dan keluarganya pergi ke Cirebon dengan kereta api. Mereka pergi ke stasiun kereta dengan angkutan kota. Ayah sudah menyiapkan tiket kereta untuk mereka. Mereka masuk ke stasiun kereta sambil menunjukkan tiket. Udin dan keluarganya menunggu kereta datang di dekat peron.
Kereta yang Udin tumpangi sangat panjang. Kereta Udin memiliki 10 gerbong. Kereta berjalan di atas rel kereta. Rel kereta terbuat dari besi. Di dalam kereta ada ruang makan. Di dalam kereta juga ada toilet.
Selama di kereta, Udin menikmati pemandangan yang indah. Kereta melintasi jembatan di atas sungai. Ia melihat perkampungan dan sawah yang hijau. Udin juga melihat berbagai kendaraan lalulalang. Ada sepeda motor, mobil, bus, becak, dan dokar.
Udin sangat bersyukur dapat menikmatiperjalanannya dengan kereta. Udin berterima kasih kepada ayah dan ibu yang sudah mengajaknya bepergian. Ia juga berterima kasih kepada bapak masinis yang membawa ia dan keluarganya sampai di Cirebon
Baiklah
sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga
anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa
laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih
kepada ayah dan bunda. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb.
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan
hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar
peserta didik sudah mampu memahami materi tentangpengukuran keliling bangun
datar dengan tepat, dan menghias mobil mobilan dari kardus.
Namun masih ada
beberapa peserta didik yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan
penjelasan ulang materi tersebut serta bertanya jawab