Senin, 14 Juli 2025

MPLS HARI KE 2


  

MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS)

HARI KE DUA 

SD AL AZHAR 2

 

Hari/Tanggal     : Selasa, 15 Juli 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ke dua ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

Tujuan Pembelajaran:

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran hari ini, siswa diharapkan dapat:

  1. Mengenal nama-nama teman sekelas dan guru-guru di sekolah.

  2. Menunjukkan sikap sopan santun dan saling menghargai dalam perkenalan dan berinteraksi.

  3. Mengisi Lkpd  mengenal perasaan dan penjumlahan dengan tepat dan diwarnai sesuai perintah 

  4. Menunjukkan semangat dan rasa senang dalam belajar di hari-hari awal sekolah

Metode Pembelajaran:

  1. Cerita Interaktif
    Guru bercerita tentang pengalaman seru hari pertama sekolah sambil mengajak siswa berbagi cerita.

  2. Permainan Edukatif / Ice Breaking
    Misalnya: “Siapa Namaku?”, “Teman di Sebelahku”, atau “Puzzle Lingkungan Sekolah”.

  3. Diskusi Kelompok Kecil
    Anak-anak diajak berdiskusi dalam kelompok kecil untuk mengenal sekolah dan berbagi pengalaman.

Media Pembelajaran:

  1. Lembar Kerja Siswa (LKS): Lembar tanya-jawab ringan tentang teman dan lingkungan sekolah.

  2. Video Edukasi Ringan: Tentang sopan santun di sekolah atau pentingnya menjaga kebersihan.

Baiklah selanjutnya 

Ice Breaking: "Siapa Aku?" (Versi Teman Sekelas)

Tujuan: Mengenal teman sekelas dan melatih keberanian berbicara di depan.

Cara Bermain:Guru menyiapkan beberapa pertanyaan/petunjuk tentang salah satu siswa, misalnya:

  • "Aku punya rambut keriting."

  • "Aku duduk di baris ketiga.

  • "Namaku berawalan huruf A."


  • Siswa lain menebak siapa yang dimaksud.

  • Setelah ditebak, siswa yang dimaksud maju ke depan dan memperkenalkan dirinya: nama, hobi, cita-cita. Bisa dilanjutkan beberapa ronde dengan siswa yang berbeda.

  • Setelah itu sholih sholiha melanjutkan mengerjakan LKPD Bahasa Indonesia 

Setelah selesai solih sholiha melanjutkan mewarnai bagian bagian pesawat sesuai dengan warna nomor jawaban. 

 

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar