Kamis, 07 Agustus 2025

Jum'at, 08 Agustus 2025

 

 

Hari/Tanggal     : Jum'at, 08 Agustus 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

 

Mata pelajaran : PAK

Tujuan Pembelajara : 

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa dapat :

  1. Menjelaskan pengertian kerja keras, mandiri, dan disiplin dengan benar.

  2. Memberikan contoh perilaku kerja keras, mandiri, dan disiplin di sekolah maupun diluar.                                             

A. Pengertian Nilai-nilai Karakter

  1. Kerja Keras: Usaha sungguh-sungguh untuk mencapai tujuan, tidak mudah menyerah.
    Contoh: Belajar meskipun sulit, membantu orang tua tanpa disuruh.

  2. Mandiri: Mampu melakukan sesuatu tanpa bergantung pada orang lain.
    Contoh: Merapikan tempat tidur sendiri, mengerjakan PR sendiri.

  3. Disiplin: Taat terhadap aturan dan waktu.
    Contoh: Datang tepat waktu ke sekolah, mengerjakan tugas sesuai jadwal.

B. Hubungan Nilai-Nilai Tersebut dengan Anti Korupsi

  • Anak yang rajin, mandiri, dan disiplin akan tumbuh menjadi pribadi yang jujur dan tidak mudah melakukan kecurangan atau korupsi.                  

     Media Pembelajaran :

  1. Gambar ilustrasi anak yang menunjukkan kerja keras, mandiri, dan disiplin.

  2. Video pendek tentang cerita anak jujur dan disiplin di sekolah.

  3. Lagu anak bertema nilai karakter (opsional).                                             

    Metode Pembelajaran :

  1. Ceramah interaktif (penjelasan materi secara dialogis).

  2. Diskusi kelompok kecil (siswa berdiskusi contoh perilaku sehari-hari).

  3. Tanya jawab

     

    Mata pelajaran : Matematika

    Tujuan Pembelajara :

    Membantu siswa memahami konsep nilai tempat bilangan cacah 1–10.000 secara konkret dan visual

    Metode : demonstrasi, eksplorasi mandiri, dan tanya jawab mendukung pemahaman posisi angka (ribuan, ratusan, puluhan, satuan). 

     Nama Bilangan Cacah (1 – 1000)

  4. Bilangan cacah adalah bilangan yang dimulai dari 0, 1, 2, 3, … tanpa pecahan atau negatif.

  5. Dalam materi ini, fokus bilangan cacah dari 1 sampai 1000.

Contoh:

  • 25 dibaca: dua puluh lima

  • 134 dibaca: seratus tiga puluh empat

  • 999 dibaca: sembilan ratus sembilan puluh sembilan

  • 1000 dibaca: seribu

Tips:

  • Bilangan ratusan terdiri dari tiga angka.

  • Gunakan urutan satuan, puluhan, dan ratusan saat membacanya.


2. Menentukan Nilai Tempat (1 – 1000)

Nilai tempat menunjukkan posisi angka dalam suatu bilangan:

Tempat Contoh Nilai Angka
Satuan 235 → angka 5 5 × 1 = 5
Puluhan 235 → angka 3 3 × 10 = 30
Ratusan 235 → angka 2 2 × 100 = 200

Contoh lainnya:

  • 408 → angka 4 di ratusan (400), 0 di puluhan (0), 8 di satuan (8)


3. Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan Cacah

Membandingkan

  • Gunakan tanda:

    • > (lebih besar dari)

    • < (lebih kecil dari)

    • = (sama dengan)

Contoh:

  • 345 > 123

  • 400 < 750

  • 999 = 999

Mengurutkan

  • Dari kecil ke besar (ascending):

    • Contoh: 120, 134, 200, 500

  • Dari besar ke kecil (descending):

    • Contoh: 900, 850, 789, 300

       

Latihan Singkat

  1. Sebutkan nilai tempat dari angka 7 pada bilangan 472!
    ➤ Jawaban: Puluhan, nilainya 70

  2. Bandingkan 689 dan 698.
    ➤ Jawaban: 689 < 698

  3. Urutkan bilangan berikut dari kecil ke besar: 120, 98, 345, 210
    ➤ Jawaban: 98, 120, 210, 345


REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar murid sudah mampu menjelaskan pengertian kerja keras, mandiri, dan disiplin dengan benar dan memahami konsep nilai tempat bilangan cacah 1–10.000 secara konkret dan visual
Namun ada juga beberapa murid yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya. 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar