Hari/Tanggal : Rabu, 06 Agustus 2025
Good morning my students....
Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.
Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Tujuan Pembelajara :
Mengidentifikasi unsur-unsur peristiwa menggunakan pertanyaan Siapa, Kapan, Apa, Di mana, Mengapa, dan Bagaimana.
Apa Itu 5W1H?
5W1H adalah cara bertanya yang digunakan untuk menggali informasi secara lengkap. Ini singkatan dari:
-
Siapa (Who): Menanyakan orang atau pelaku.
-
Kapan (When): Menanyakan waktu.
-
Apa (What): Menanyakan kejadian atau peristiwa.
-
Di mana (Where): Menanyakan tempat kejadian.
-
Mengapa (Why): Menanyakan alasan.
-
Bagaimana (How): Menanyakan proses atau cara.
Contoh : Menanam Pohon di Sekolah
Pada hari Jumat, siswa kelas 3 dan guru menanam pohon di halaman sekolah. Mereka membawa alat berkebun dan bibit pohon dari rumah. Kegiatan ini dilakukan untuk membuat lingkungan sekolah lebih hijau dan sejuk.
➤ Pertanyaan:
-
Siapa yang menanam pohon?
👉 Siswa kelas 3 dan guru. -
Kapan kegiatan menanam pohon dilakukan?
👉 Pada hari Jumat. -
Apa yang dilakukan oleh siswa dan guru?
👉 Menanam pohon. -
Di mana kegiatan ini dilakukan?
👉 Di halaman sekolah. -
Mengapa mereka menanam pohon?
👉 Untuk membuat lingkungan sekolah lebih hijau dan sejuk. -
Bagaimana cara mereka menanam pohon?
👉 Mereka membawa alat berkebun dan bibit dari rumah.
Latihan Mandiri :
Bacalah peristiwa berikut, lalu jawablah :
Pada hari Minggu pagi, Andi dan keluarganya pergi ke taman kota untuk berolahraga. Mereka berjalan kaki, berlari kecil, dan bermain bola. Mereka juga membawa bekal makanan dan minuman. Setelah selesai, mereka membuang sampah pada tempatnya.
Pertanyaan:
-
Siapa yang pergi ke taman?
-
Kapan mereka pergi ke taman?
-
Apa yang mereka lakukan di taman?
-
Di mana mereka berolahraga?
-
Mengapa mereka membuang sampah pada tempatnya?
-
Bagaimana mereka menikmati waktu bersama?
Kesimpulan :
Dengan memahami dan menggunakan pertanyaan Siapa, Kapan, Apa, Di mana, Mengapa, dan Bagaimana, kita bisa memahami suatu peristiwa dengan lebih jelas. Ini berguna untuk mengamati lingkungan, membaca cerita, hingga menulis laporan sederhana.
Mata pelajaran : pendidikan Pancasila
Tujuan Pembelajara :
Siswa dapat mengidentifikasi lingkungan tempat tinggal melalui denah
Media pembelajaran : gambar denah
Metode pembelajaran : diskusi kelompok
Denah
Denah adalah gambar yang menunjukkan suatu lokasi biasanya dalam menggambarkan letak bangunan maupun isi di dalam bangunan misal denah rumah denah sekolah dan 6 Perumahan dan sebagainya fungsi denah adalah versi peta untuk menunjukkan posisi atau lokasi suatu tempat manfaat denah adalah memudahkan kita memahami lokasi yang ada tangan begitu memudahkan kita saat mencari suatu lokasi perhatikan contoh denah berikut
Amati kembali benang dengan memperhatikan arah mata angin arah mata angin akan membuatmu dalam menyebutkan letak bangunan dalam sebuah denah.
Apa Itu Denah?
Denah adalah gambar sederhana yang menunjukkan letak suatu tempat.
Denah sering digunakan untuk:
-
Mengetahui posisi ruangan atau tempat.
-
Mempermudah orang dalam mencari arah.
-
Membuat lingkungan lebih tertib.
Latihan Membaca Denah
Contoh denah mini:
-
Ruang Kelas 3 ada di sebelah kanan Perpustakaan.
-
Kantin berada di belakang Lapangan.
-
Toilet di sebelah kiri Ruang Guru.
Pertanyaan:
-
Di mana letak kantin?
-
Apa yang ada di sebelah kiri Ruang Guru?
-
Ruang Kelas 3 bersebelahan dengan ruangan apa?
✍️ Tugas Membuat Denah
-
Buatlah denah sederhana:
-
Denah rumahmu.
-
Denah kelasmu.
-
Denah jalan dari rumah ke sekolah.
-
Gunakan kertas dan pensil warna. Beri tanda:
Pintu
Ruangan
Jalan masuk
Simbol arah mata angin (Utara, Selatan, Timur, Barat)
Kesimpulan :
Dengan memahami denah, kita bisa lebih mudah mengenal lingkungan sekitar dan belajar hidup teratur serta bekerja sama. Membuat denah juga melatih tanggung jawab dan rasa kebersamaan.
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan
hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar murid sudah mampu Mengidentifikasi unsur-unsur peristiwa menggunakan pertanyaan Siapa, Kapan, Apa, Di mana, Mengapa, dan Bagaimana serta dapat mengidentifikasi lingkungan tempat tinggal melalui denah Namun ada juga beberapa murid yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru
melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar