Jumat, 22 Agustus 2025

Senin, 25 Agustus 2025

 

 

Hari/Tanggal     : Senin, 25 Agustus 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

 

Mapel : Matematika 

Tujuan Pembelajaran :

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat:

  1. Menjelaskan konsep penjumlahan bilangan cacah secara bersusun panjang dengan benar. 

  2. Menyelesaikan soal penjumlahan bilangan cacah 1–1000 secara bersusun panjang dalam kehidupan sehari-hari.

  3. Menunjukkan sikap teliti, jujur, dan bertanggung jawab saat mengerjakan soal penjumlahan.


 Media Pembelajaran

  1. Papan tulis dan spidol

  2. Kartu bilangan (untuk permainan dan latihan kelompok)

  3. Lembar kerja siswa (LKS)                  

     

    Metode Pembelajaran :

  1. Ceramah interaktif: Guru menjelaskan konsep penjumlahan bersusun panjang dan cara menghitungnya

  2. Diskusi kelompok kecil: Siswa berdiskusi dan menyelesaikan soal bersama.

  3. Games/kuis cepat: Untuk meningkatkan semangat dan keterlibatan siswa.


10 Soal Penjumlahan Bilangan Cacah Secara Bersusun Panjang (1–1000)

Instruksi: Hitunglah hasil penjumlahan berikut dengan cara bersusun panjang!

  1. 245 + 378 = _______

  2. 564 + 129 = _______

  3. 732 + 165 = _______

  4. 489 + 311 = _______

  5. 813 + 147 = _______

  6. 258 + 367 = _______

  7. 429 + 576 = _______

  8. 384 + 198 = _______

  9. 640 + 295 = _______

  10. 705 + 174 = _______

Kesimpulan Materi Penjumlahan Bilangan Cacah 1 sampai 1000

  • Bilangan cacah adalah bilangan bulat positif dimulai dari 0 (0, 1, 2, 3, ...).

  • Penjumlahan bilangan cacah dilakukan dengan cara menjumlahkan nilai masing-masing angka sesuai posisinya (satuan, puluhan, ratusan, dll).

  • Teknik bersusun pendek dilakukan dengan menuliskan angka-angka secara vertikal dan langsung menjumlahkan tiap kolom angka dari bawah ke atas.

  • Jika hasil penjumlahan melebihi 9, dilakukan "menyimpan" ke kolom sebelah kiri. 

Mapel : Pendidikan Pancasila 
Tujuan pembelajaran : murid dapat patuh terhadap aturan disekolah 
Media  pembelajaran : Poster Edukasi "Aturan Sekolah":
  • Bergambar anak-anak sedang antre, membuang sampah, memberi salam ke guru, dll.

Metode pembelajaran : Diskusi Kelompok Kecil
  • Siswa dikelompokkan menjadi 3-4 orang. Setiap kelompok mendiskusikan 1 aturan sekolah dan manfaatnya.


Aturan dibentuk untuk dipatuhi. mematuhi aturan penting untuk menciptakan keteraturan kebersihan dan ketertiban lingkungan memahami aturan merupakan kewajiban semua orang ada di sekolah dan di rumah. Bagaimana aturan di sekolah dan di rumahmu Apa hak dan kewajibanmu di sekolah dan di rumah Mari kita pelajari uraian berikut :

1. Aturan adalah tindakan atau perbuatan yang harus dilaksanakan agar tercipta ketertiban. Ada banyak aturan di sekitar kita. Aturan berlaku di rumah, di sekolah, dan di lingkungan masyarakat titik aturan di rumah Harus dipatuhi oleh semua anggota keluarga. Aturan di sekolah Harus dipatuhi oleh seluruh warga sekolah. Sementara itu aturan di masyarakat Harus dipatuhi oleh seluruh warga masyarakat. Aturan dibuat agar kita bersikap titik-titik dengan begitu suasana menjadi rukun dan damai.

2. Sekolah adalah tempat untuk belajar dan mendapatkan ilmu pengetahuan di sekolah kamu akan dibimbing oleh dan diajarkan menjadi manusia yang bermanfaat bagi diri sendiri keluarga lingkungan sekitar dan negara kamu akan menemukan minat dan bakat alamiah yang ada dalam dirimu dengan bantuan guru. 
Sekolah adalah tempat yang paling menyenangkan. di sekolah kamu akan menemukan banyak hal kamu akan belajar bersama teman koma bermain dan saling bekerja sama titik di sekolah ada aturan yang harus dipatuhi. aturan itu dibuat agar kegiatan di sekolah berjalan dengan baik dan tertib. alangkah indahnya jika kita terlihat sekolah yang bersih tertib dan nyaman ayo kita patuhi aturan di sekolah. 

3. Aturan terdiri dari dua jenis ada aturan tertulis yang tidak tertulis contoh aturan tertulis di sekolah adalah tata tertib sekolah dan aturan kelas. Aturan tersebut dapat dilihat dan dibaca oleh seluruh peserta didik dengan demikian seluruh peserta didik akan mengetahui aturan-aturan yang harus dilaksanakannya aturan tidak tertulis merupakan aturan yang berasal dari kesadaran masyarakat dan diyakini secara turun temurun contohnya belajar dengan baik dan tidak bermalas-malasan menghargai perbedaan suku agama ras dan golongan serta membantu teman yang kesulitan. 

Latihan Soal 
1.Salah satu contoh patuh terhadap aturan di sekolah adalah …
A. Datang terlambat
B. Membuang sampah di kelas
C. Mengantre saat masuk kelas
D. Berkelahi dengan teman
2.Aturan dibuat agar …
A. Semua orang takut
B. Tidak ada yang sekolah
C. Semua merasa aman dan tertib
D. Semua bisa bermain terus
3.Jika kita melihat teman melanggar aturan, sebaiknya …
A. Ikut-ikutan melanggar
B. Diam saja
C. Menegur dengan baik
D. Menertawakannya
4.Pancasila terdiri dari … sila.
A. Dua
B. Tiga
C. Empat
D. Lima
5.Lambang sila pertama Pancasila adalah …
A. Padi dan kapas
B. Bintang
C. Rantai

D. Kepala banteng
6.Sebutkan 3 contoh aturan yang ada di sekolah!
7.Mengapa kita harus menaati aturan di sekolah?
8.Jelaskan makna sila kedua Pancasila!

9.Apa yang kamu lakukan jika melihat temanmu membuang sampah sembarangan?
10.Bagaimana cara menunjukkan sikap patuh terhadap guru di sekolah?  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar