Hari/Tanggal : Jumat, 19 September 2025
Good morning my students....
Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.
Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.
Mapel : PAK
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti pembelajaran, peserta didik dapat menjelaskan dan menunjukkan sikap peduli, adil, dan sederhana dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar.
🧩 Media Pembelajaran
Jenis Media Visual Contoh Gambar ilustrasi sikap peduli (misalnya: menolong teman), adil (berbagi mainan), dan sederhana (hidup hemat)
Audio-visual : Video pendek tentang kegiatan sehari-hari anak-anak yang menunjukkan nilai-nilai tersebut. Buku Cetak Tematik Kelas 3, Lembar Kerja Siswa (LKS), kartu nilai-nilai karakter
🧠 Metode Pembelajaran
Metode Penjelasan
Bercerita (storytelling) Guru menceritakan kisah atau dongeng pendek yang mengandung nilai peduli, adil, dan sederhana
Diskusi kelas Siswa diajak membahas sikap tokoh dalam cerita dan mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari
Bermain peran (roleplay) Siswa memerankan situasi seperti menolong teman, membagi makanan, dan hidup hemat
Tanya jawab Guru memberikan pertanyaan terbuka untuk menggali pemahaman siswa
Rangkuman Materi : Nilai Peduli, Adil, dan Sederhana
1. Peduli
Artinya: Mau membantu orang lain, perhatian pada sesama.
Contoh:
Menolong teman yang jatuh.
Memberi makanan kepada teman yang lupa membawa bekal.
2. Adil
Artinya: Bersikap sama kepada semua orang, tidak pilih kasih.
Contoh:
Membagi mainan secara bergiliran.
Memberi kesempatan semua teman ikut bermain.
3. Sederhana
Artinya: Tidak berlebihan dalam gaya hidup, hidup hemat dan apa adanya.
Contoh:
Membawa bekal dari rumah, tidak boros uang jajan.
Tidak memamerkan barang mahal kepada teman.
Mapel matematika
Tujuan pembelajaran : siswa diharapkan dapat :
-
Mengidentifikasi perkalian sebagai penjumlahan berulang.
Contoh: Menyadari bahwa 4 × 3 sama dengan 3 + 3 + 3 + 3.Media yang digunakan :
-
Menggunakan media konkret (misalnya gambar, alat peraga, atau benda nyata) untuk memvisualisasikan proses perkalian sebagai penjumlahan berulang.
-
Menunjukkan kemampuan menyelesaikan soal perkalian bilangan cacah 1–100 dengan cara menjumlahkan bilangan secara berulang.
Kelas: 3 SD
Topik: Perkalian Bilangan Cacah 1 – 100
✍️ Pengantar Materi
Perkalian adalah cara cepat untuk menghitung
penjumlahan berulang.
Artinya, kita menjumlahkan bilangan yang sama berulang kali.
Contoh sederhana:
Kalau kita punya 3 kantong, dan setiap kantong berisi 4 permen,
maka jumlah seluruh permen bisa dihitung dengan cara:
➡️ 4 + 4 + 4 = 12
➡️ Ini juga bisa ditulis sebagai 3 × 4 = 12
Jadi, 3 × 4 artinya 4 ditambah sebanyak 3 kali.
🔢 Rumus Umum
Perkalian = Jumlah pengulangan × Bilangan yang diulang
Contoh:
-
5 × 2 = 2 + 2 + 2 + 2 + 2 = 10
-
4 × 3 = 3 + 3 + 3 + 3 = 12
-
6 × 5 = 5 + 5 + 5 + 5 + 5 + 5 = 30
🧠 Cara Mengubah Perkalian Menjadi Penjumlahan Berulang
Perkalian | Penjumlahan Berulang | Hasil |
---|---|---|
2 × 3 | 3 + 3 | 6 |
3 × 4 | 4 + 4 + 4 | 12 |
5 × 2 | 2 + 2 + 2 + 2 + 2 | 10 |
4 × 5 | 5 + 5 + 5 + 5 | 20 |
6 × 3 | 3 + 3 + 3 + 3 + 3 + 3 | 18 |
🎲 Contoh Soal
1. Ubahlah perkalian berikut menjadi penjumlahan berulang dan hitung hasilnya!
a. 3 × 6 =
b. 5 × 4 =
c. 7 × 2 =
d. 6 × 3 =
2. Hitunglah banyak benda di gambar berikut ini:
(Misalnya ada 4 baris apel, masing-masing berisi 5 apel)
Berapa jumlah seluruh apel?
Lkpd
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan
hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa hampir semua murid mampu menjelaskan
dan menunjukkan sikap peduli, adil, dan sederhana dalam kehidupan
sehari-hari di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar dan mengidentifikasi perkalian sebagai penjumlahan berulang.
Namun ada juga beberapa murid yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar