Rabu, 01 Oktober 2025

Kamis, 02 Oktober 2025

  

 

Hari/Tanggal     : Kamis, 02 Oktober 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

 

Mapel : Ipas  

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran, murid diharapkan dapat :

  1. Mengidentifikasi berbagai kenampakan alam di lingkungan sekitar (gunung, bukit, sungai, pantai, dan sebagainya).

  2. Mengelompokkan kenampakan alam daratan dan perairan dengan tepat.

  3. Menyebutkan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan manusia.

  4. Menunjukkan sikap peduli terhadap kelestarian kenampakan alam di lingkungan sekitar.

Materi : Mengidentifikasi Kenampakan Alam di Lingkungan Sekitarku

A. Pengertian Kenampakan Alam

 
Kenampakan alam adalah : bentuk permukaan bumi yang terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia. 

Setiap daerah memiliki kenampakan alam yang berbeda-beda sesuai kondisi lingkungannya.


B. Contoh Kenampakan Alam

  1. Gunung – tanah yang menjulang tinggi, biasanya lebih tinggi dari bukit.

  2. Bukit – tanah yang tinggi namun lebih rendah dari gunung.

  3. Lembah – tanah rendah yang berada di antara gunung atau bukit.

  4. Sungai – aliran air yang memanjang dari hulu (pegunungan) hingga hilir (laut).

  5. Danau – genangan air yang luas dan dikelilingi daratan.

  6. Pantai – pertemuan antara daratan dan lautan.

  7. Laut – perairan yang sangat luas dan dalam.

  8. Hutan – kumpulan pohon yang lebat, menjadi habitat berbagai makhluk hidup.


C. Manfaat Kenampakan Alam

  • Gunung: sumber air, tempat wisata, dan kesuburan tanah.

  • Sungai: sumber air minum, pengairan sawah, transportasi.

  • Pantai: tempat wisata, sumber ikan, tempat mencari garam.

  • Hutan: penghasil oksigen, habitat hewan, pencegah banjir.


D. Aktivitas Peserta Didik

  1. Mengamati gambar kenampakan alam.

  2. Menceritakan pengalaman berkunjung ke salah satu kenampakan alam.

  3. Mengelompokkan mana kenampakan darat (gunung, bukit, hutan) dan mana kenampakan perairan (sungai, danau, laut, pantai).


E. Media Pembelajaran

Media yang digunakan untuk mendukung pembelajaran:

  • Gambar dan video tentang berbagai kenampakan alam (gunung, sungai, laut, danau, dataran tinggi/rendah, dll.)

  • Buku IPAS Kelas 3 SD sesuai kurikulum.                                             

     

    F. Metode Pembelajaran

Metode yang bisa diterapkan:

  • Ceramah interaktif – Guru menjelaskan materi sambil berdialog dengan siswa.

  • Tanya jawab – Untuk menggali pengetahuan awal dan mendorong partisipasi.

  • Diskusi kelompok – Siswa mendiskusikan dan mengelompokkan jenis kenampakan alam.

Materi : kenampakan Alam dilingkungan sekitar 
 
 
Gambar yang dibuat Gambar yang dibuat 
 
 

Mapel : Seni Rupa 

Mata Pelajaran: Seni Budaya (Seni Rupa)
 
Materi : Gambar Cerita
Kegiatan: Sumatif Harian Ke-3            

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti kegiatan sumatif harian, siswa diharapkan dapat:

  1. Menunjukkan pemahaman tentang pengertian dan unsur-unsur gambar cerita.

  2. Mengidentifikasi urutan gambar sesuai alur cerita yang tepat.

  3. Menyampaikan pesan cerita melalui gambar dengan ekspresi dan latar yang sesuai.                                  

     

    Media Pembelajaran

Media yang digunakan dalam kegiatan sumatif harian:

  1. Lembar Soal Sumatif (berisi soal pilihan ganda, isian, dan gambar cerita kosong untuk dilengkapi)

  2. Kertas gambar/A4 kosong (untuk menggambar cerita)

  3. Alat gambar:

    • Pensil

    • Penghapus

    • Pensil warna / Crayon / Spidol   Metode Pembelajaran

Metode yang digunakan selama pelaksanaan sumatif harian:

  1. Penugasan Individu

    • Siswa mengerjakan soal dan tugas menggambar secara mandiri sesuai instruksi yang diberikan.

  2. Observasi (bagi guru)

    • Guru mengamati sikap siswa selama mengerjakan (ketekunan, kerapihan, tanggung jawab).

  3. Refleksi Singkat (Opsional, di akhir waktu)

    • Guru memberi waktu 5 menit bagi siswa untuk menceritakan sedikit tentang gambar yang mereka buat (secara lisan atau tertulis pendek).

Sumatif  Harian ke-3 untuk Materi Gambar Cerita
📘 Mata Pelajaran: Seni Budaya (Seni Rupa)
📚 Kelas: 3 SD
📅 Materi: Gambar Cerita
📝 Jenis Soal: Pilihan Ganda, Isian Singkat, dan Tugas Praktik (Menggambar)


A. Pilihan Ganda (Pilihlah jawaban yang paling benar!)

1. Gambar cerita adalah gambar yang dibuat untuk...
A. Menjadi hiasan rumah
B. Mengisi waktu luang
C. Menyampaikan cerita atau peristiwa
D. Menjual buku di toko

2. Salah satu unsur penting dalam gambar cerita adalah...

 A. Kata-kata pujian
B. Musik dan suara
C. Tokoh dan latar
D. Tanda tangan pelukis                               

3. Gambar cerita biasanya disusun berdasarkan...

A. Warna kesukaan
B. Alur cerita
C. Urutan abjad
D. Nama tokoh

4. Warna dalam gambar cerita berfungsi untuk...
A. Menandai halaman
B. Menunjukkan suasana
C. Menghapus gambar
D. Membuat bingung                                       

5. Gambar cerita bisa dibuat berdasarkan...

A. Iklan makanan
B. Cerita rakyat atau pengalaman pribadi
C. Tanda jalan
D. Lagu anak-anak

6.Dalam membuat cerita bergambar, kita harus memperhatikan...
A. Harga buku
B. Warna kesukaan teman
C. Alur cerita dan gambar
D. Nama toko buku                                        

7. Cerita bergambar bisa membantu anak-anak untuk...

A. Menjadi pelukis
B. Belajar membaca dengan menyenangkan
C. Menjadi pemain bola
D. Tidur siang

8. Urutan gambar dalam cerita bergambar harus...
A. Acak
B. Terbalik
C. Sesuai alur cerita
D. Tanpa urutan

9. Cerita bergambar biasanya dibagi menjadi beberapa...

A. Halaman kosong
B. Lirik lagu
C. Panel atau kotak
D. Garis lurus          

 10. Cerita bergambar yang memiliki pesan moral disebut...

A. Cerita kosong
B. Cerita nasihat
C. Cerita bergambar

D. Cerita lucu                 

B. Isian Singkat

1. Gambar cerita disebut juga sebagai gambar __________.

2. Gambar yang menunjukkan kejadian secara berurutan disebut gambar __________.

3. Dalam gambar cerita, tokoh bisa digambar dengan ekspresi wajah sesuai __________ cerita.

4. Latar dalam gambar menunjukkan __________ dan waktu kejadian dalam cerita.

5. Cerita bergambar yang lucu disebut ___

 

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa hampir semua murid mampu 
Mengidentifikasi berbagai kenampakan alam di lingkungan sekitar (gunung, bukit, sungai, pantai, dan sebagainya).   
Namun ada juga beberapa murid yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya. 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar