Kamis, 21 Januari 2021

Tema 6 Subtema 3 PB 3 dan 4

 

 

 Hari/tanggal        : Kamis / 21 Januari 2021

Assalamulaikum.wr.wb.

Apa kabar anak sholeh/sholeha bu Yulina, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.Sebelum belajar jangan lupa dengarkan tausiah serta dipahami  isinya, tadarus kemudian shalat dhuha ya nak.

 Pada pelajaran sebelumnya kita sudah mempelajari materi Tema 6 Subtema 3 PB 1 & 2 yaitu tentang menjelaskan isi teks media cetak melalui peta konsep,cara-cara perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari,pola lantai dalam tarian daerah,.menjelaskan isi teks media cetak melalui pokok pikiran dan membuat kesimpulan isi teks media cetak dari diagram,Aktivitas masyarakat dalam lingkungan sosial,kewajiban,tanggung jawab,dan hak masyarakat,keuntungan dan kerugian perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari,membuat ringkasan teks penjelasan,peragaan hasil kreasi pola lantai tari,menjelaskan hak dan kewajiban dalam.bentuk komik. Alhamdulillah hasilpenilaian harian kemarin ananda mendapatkan nilai yang baik. Hari ini kita akan belajar materi tema 6 subtema 3 pembelajaran 3 dan 4.Disimak ya nak materi yang bu guru berikan di bawah ini :

Tema 6                  :  Panas dan Perpindahannya                                                                                                               

Subtema 3            : Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan

PB                         : 3 dan 4                                                                                                                         

Muatan Pelajaran : PPKn (KD 3.2, 4.2), Bahasa Indonesia (KD 3. 3, 4.3), IPS (KD 3. 2, 4. 2)

Tujuan Pembelajaran :

  1.  Dengan menuliskan isi dari tiap paragraf bacaan, siswa mampu meringkas
    teks penjelasan (eksplanasi) pada media cetak atau elektronik secara tepat.
  2. Dengan membandingkan artikel, siswa mampu membandingkan aktivitas
    masyarakat di bebarapa wilayah dalam upaya pembangunan ekonomi,
    sosial dan budaya Indonesia secara percaya diri.
  3. Dengan mengamati masalah-masalah yang terjadi di lingkungan sekolah,
    siswa mampu mengidentifikasi akibat-akibat yang timbul karena tidak
    adanya penerapan tanggung jawab di masyarakat secara tepat.

 

Bahasa Indonesia (KD 3. 3, 4.3)

Meringkas Teks Eksplanasi

Ringkasan adalah intisari dari suatu teks yang terdiri atas pokok pikiran tiap paragraf.

Langkah-langkah dalam membuat ringkasan :

  1. Bacalah teks dengan saksama.
  2. Identifikasi pokok pikiran dari setiap paragraf.
  3. Tuliskan pokok pikiran yang kamu temukan menggunakan bahasamu sendiri. Gunakan bahasa yang baik dan benar.
  4. Rangkailah kalimat-kalimat pokok pikiran tersebut menjadi sebuah paragraph yang padu dan mudah dipahami.
  5. Periksa kembali kata-kata yang belum sesuai dengan kosakata baku dan ejaan yang sesuai kaidah yang baik dan benar.

 

IPS(3.2, 4.2)

Kegiatan Ekonomi Masyarakat di Dataran Rendah

Dataran rendah adalah suatu hamparan tanah lapang yang luas dengan tingkat ketinggian yang di ukur dari permukaan laut adalah relatif rendah yaitu tidak lebih dari 200 meter di atas permukaan laut. Istilah ini diterapkan pada kawasan manapun dengan hamparan yang luas dan relatif datar yang berlawanan dengan dataran tinggi. Sebagai salah satu keragaman bentuk muka bumi, dataran rendah juga dikenal dengan istilah dataran aluvial.

Alluvial merupakan salah satu jenis tanah yang berasal dari endapan aliran sungai. Tanah ini juga subur dan baik untuk bercocok tanam., Selain itu, dataran rendah memiliki area yang relative datar sehingga kondisi ini membuat perpindahan masyarakat serta pengangkutan barang dan jasa menjadi lebih mudah.

Suhu udara di dataran rendah, khususnya untuk wilayah Indonesia berkisar antara 23 derajat Celsius sampai dengan 28 derajat Celsius sepanjang tahun.

Dataran rendah merupakan wilayah yang sering dijadikan tempat tinggal bagi sebagian masyarakat Indonesia, karena suhu di dataran rendah cukup nyaman karena tidak terlalu dingin seperti di dataran tinggi, dan tidak terlalu panas seperti di pesisir.

Kemudahan tersebut membuat dataran rendah berkembang menjadi pusat kegiatan masyarakat, salah satunya adalah kegiatan pembangunan pada bidang ekonomi seperti menanam padi dan menangkap ikan.

 

Mengidentifikasi Kegiatan Ekonomi di Dataran Tinggi

dataran adalah daratan datar yang luas dan umumnya tidak banyak berubah ketinggiannya. Dataran dapat berupa dataran rendah di sepanjang lembah atau di kaki pegunungan, dataran pesisir, dan dataran tinggi (plateau).

Dataran tinggi (disebut juga plateau atau plato) adalah dataran yang terletak pada ketinggian di atas 700 m dpl. Dataran tinggi terbentuk sebagai hasil erosi dan sedimentasi.

Dataran adalah salah satu bentang alam utama di bumi. Dataran ada di semua benua, dan mencakup lebih dari sepertiga luas daratan dunia.  Dataran dapat terbentuk dari aliran lava, diendapkan oleh air, es, angin, atau dibentuk oleh erosi oleh agen-agen ini dari bukit dan gunung. Dataran umumnya memiliki bioma padang rumput (sedang atau subtropis), stepa (semi-kering), sabana (tropis) atau tundra (kutub). Dalam beberapa kasus, gurun dan hutan hujan juga ada di dataran.

Dataran sering menjadi daerah yang penting untuk pertanian karena di mana tanah diendapkan sebagai sedimen, tanah itu dalam dan subur, dan kerataannya memudahkan mekanisasi produksi tanaman; atau karena dataran mendukung padang rumput yang menyediakan pakan yang baik untuk ternak.

Dataran tinggi terbentuk sebagai hasil dari erosi dan juga sedimentaasi (pengedapan material) yang tertimbun material-material dari lereng gunung yang berada di sekitarnya.

Aktivitas ekonomi masyarakat di dataran tinggi lebih cocok untuk perkebunan dan peternakan. Kedua kegiatan tersebut dapat dilakukan secara individu atau berkelompok. Interaksi manusia dengan lingkungan di bidang ekonomi dipengaruhi oleh beragamnya mata pencaharian masyarakat Indonesia. Perbedaan ini juga disebabkan oleh sumber daya alam yang terdapat di sekitarnya.

PPKn (3.2, 4.2)

Menjelaskan Akibat Tidak Adanya Penerapan Tanggung Jawab di Sekolah.

Sikap tanggung jawab tidak hanya perlu dilakukan di lingkungan maassyarakat, namun juga di lingkungan sekolah. Tanggung jawab di sekolah tidak hanya dilakukan oleh siswa, tetapi juga seluruh warga sekolah, misalnya guru, penjaga keamanan, dan pegawai sekolah. Setiap warga sekolah memiliki tanggung jawab masing-masing. Sebagai siswa bertanggung jawab misalnya untuk mengumpulkan tugass tepat waktu dan mengerjakan piket kelas sesuai jadwal. Tanggung jawab tidak diterapkan dengan baik, maka hal tersebut akan menimbulkan beberapa akibat, misalnya :

  1. Kelas menjadi kotor karena tidak ada kesadaran untuk membersihkan kelas.
  2. Mendapatkan teguran dari guru karena tidak mengumpulkan tugas tepat waktu, dan
  3. Dijauhi atau tidak dihormati oleh teman.

 

Latihan

  1. Carilah informasi tentang kegiatan masyarakat di wilayah tinggalmu, lalu tuliskan 2 kegiatan masyarakat di wilayah tinggalmu!
  2. Apa yang terjadi jika tanggung jawab dari kegiatan tersebut tidak dilaksanakan?

8 komentar:

  1. Assalamualaikum.wr.wb

    Nama : Asyifa aulia khanza
    Kelas : 5B
    Ket : Hadir

    Wassalamualaikum.wr.wb 🙏🏻🙏🏻🙏🏻

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum wr wb
    Nafisa Azka Nyla Putri
    Kelas.5B
    Ket.hadir
    No.absen 25
    Wassalamu'alaikum wr wb

    BalasHapus
  3. ANANDA EKA RAHMAWATI ABSEN NO 13 (HADIR BU) :D

    BalasHapus
  4. Assallamuallaikum bu
    Nama : Alya Balqis Dwi Safitri Kelas 5B Ket hadir
    Terimakasih untuk materi nya bu

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum Bu
    Nama:Keyla azizia Ekina mekha
    Kel:5B
    Ket: Hadir
    Terima kasih bu atas materinya

    BalasHapus
  6. Nama : Orlando Anabil Jaya
    Kls : 5b
    No absen : 28
    Ket : HADIR

    BalasHapus
  7. Assalamu'alaikum wr wb
    Abimanyu Suwari Nugroho
    5 B
    No absen 1
    Hadir mengerjakan tugas
    Terimakasih bu...wassalam wr wb

    BalasHapus
  8. Farras syaddad Fadli. 5.B hadir

    BalasHapus