Rabu, 21 Agustus 2024

TEMA 2 SUB TEMA 1 PB 3

 

 

Hari / tanggal                 : Rabu / 21 Agustus 2024

Tema           2                   :  Menyayangi Tumbuhan dan Hewan

Sub Tema   1                    : Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia

Pembelajaran                  : 3

 

Alat peraga : contoh teks dongeng / video 

Tujuan Pembelajaran :

- Dengan menyimak teks dongeng yg dibacakan peserta didik menemukan  pesan yang terdapat dalam dongeng yang didengar dengan tepat.

- Dengan keguatan riview peserta didik dapat menemukan sifat pertukaran pada penjumlahan dengan tepat. 


B. Kegiatan Inti (50 menit)


Ayo Menyanyi!

 
Di samping rumah Dayu banyak tumbuh pohon tomat. Ibu Dayu senang bercocok tanam. Dayu sering membantu ibu merawat pohon tomat. Saat merawat tanaman tomat, Dayu bernyanyi lagu “Tomat”. Pohon tomat mulai berbuah. Buah tomat muda berwarna hijau. Jika sudah masak warnanya menjadi merah. Buah tomat banyak manfaatnya. Buah tomat mengandung vitamin C yang sangat berguna bagi tubuh.

Kita ikut bernyanyi bersama Dayu, yuk!
 




 
 
 Bercerita

Tuhan menciptakan banyak tumbuhan. Kita harus mensyukuri anugerah yang diberikan Tuhan. Semuanya dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia. Tumbuhan yang semua bagiannya dapat berguna yaitu pohon kelapa.

Tahukah kamu asal mula buah kelapa?

Bacalah dongeng tentang pohon kelapa di bawah ini! Setelah kalian membacanya, ceritakanlah kembali isi dongeng tersebut!

Asal Mula Buah Kelapa
Apa pesan yang terdapat pada dongeng “Asal Mula Buah Kelapa”?

Ayo Berlatih

Dayu mengunjungi pamannya, seorang petani kelapa. Dayu melihat panen kelapa di kebun pamannya. Terdapat banyak mobil truk akan mengangkut buah kelapa ke kota.

Seorang pekerja menghitung buah kelapa di truk pertama sebanyak 425 butir. Di truk kedua ada 590 butir buah kelapa.

 
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami sifat pertukaran pada penjumlahan dan menyelesaikan soal dengan baik, namun masih banyak peserta didik yang belum teliti dalam menjumlahkan angka besar seperti ribuan. Untuk mengatasi hal tersebut maka sebelum pembelajaran berlangsung guru selalu mengajak peserta didik untuk melakukan tanya jawab serta peserta didik maju kedepan untuk menyelesaikan soal penjumlahan angka besar sehingga peserta didik akan lebih semangat dalam kegiatan pembelajaran.

Dokumentasi pembelajaran :
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar