Hari/Tanggal : Senin, 09 September 2024
Tema 2 : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
Sub Tema 3 : Menyayangi TumbuhanPembelajaran : 3 & 4
Alat peraga : contoh video pembelajaran
Tujuan Pembelajaran :
1. Dapat menuliskan hasil wawancara mengenai cara-cara perawatan tumbuhan dengan kaidah EYD yang tepat.
2. Dapat menentukan posisi bilangan cacah pada garis bilangan dengan tepat
3. Dapat mengidentifikasi garis dan warna sebagai unsur karya dekoratif.
4. Dapat
membuat daftar tugas anggota keluarga sesuai perannya dalam kehidupan
sehari-hari di rumah sebagai perwujudan pengamalan Pancasila yang di
lambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
5. Dapat mengidentifikasi langkah-langkah cara perawatan tumbuhan dari teks yang dibaca dengan tepat.
Sekarang Udin dan teman-teman di kelas, akan bermain peran tentang kunjungan ke hutan bakau. Ada yang berperan sebagai penjaga hutan bakau dan ada juga, yang berperan sebagai anak-anak sekolah. Anak-anak sekolah akan mewawancarai penjaga hutan bakau.
Wawancara adalah percakapan antara dua orang atau lebih (antara narasumber dan pewawancara) yang bertujuan untuk mendapatkan informasi yang tepat.
Narasumber adalah orang yang memberi informasi (orang yang diwawancarai). Pewawancara adalah orang yang memberikan pertanyaan kepada narasumber.
Sebelum bermain peran, buatlah daftar pertanyaan yang akan diajukan siswa-siswa. Daftar pertanyaan dibuat berdasarkan teks Hutan Bakau, si Sabuk Hijau Pelindung Pantai.
Hari Minggu adalah hari libur. Seluruh anggota keluarga berkumpul di rumah. Seluruh anggota keluarga dapat bekerja sama dalam melakukan pekerjaan rumah tangga. Seperti yang dilakukan keluarga Siti. Pada saat hari libur, mereka bekerja sama membersihkan rumah dan merawat tanaman.
Setiap anggota keluarga, mempunyai hak dan kewajiban sesuai dengan peran masing-masing. Ayah berperan sebagai kepala keluarga. Ibu berperan sebagai pendamping kepala keluarga. Anak berperan sebagai anggota keluarga.
Kewajiban ayah bertanggung jawab mencari nafkah. Ayah juga yang melindungi keluarga. Ibu membantu ayah mengurus semua keperluan keluarga. Tugas ibu di antaranya adalah menyiapkan makanan untuk keluarga, serta mengatur rumah agar tetap bersih dan nyaman. Ada juga ibu yang bekerja untuk membantu ayah mencari nafkah.
Kewajiban anak-anak yaitu belajar dan membantu melakukan pekerjaan rumah tangga. Tugas yang dapat dilakukan anak-anak yaitu merapikan mainan setelah digunakan. Anak-anak dapat juga membantu hal lainnya, seperti menyapu, mengepel, menyiram tanaman, atau merawat tanaman.
Selain memiliki kewajiban, seluruh anggota keluarga juga memiliki hak. Contoh hak ayah dan ibu yaitu dihormati dan disayangi anak-anak. Anak-anak juga memiliki hak untuk disayangi orangtuanya dan dicukupi semua kebutuhannya.
Menjaga keseimbangan hak dan kewajiban, merupa kan pengamalan sila kelima Pancasila. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia adalah bunyi sila kelima Pancasila. Siti menceritakan kegiatannya sehari-hari di rumah. Ia mendapat tugas untuk menyiram tanaman setiap sore. Biasanya Siti menyiram tanaman setelah menyapu dan mengepel lantai.
Bagaimana penjelasan materi hari in semoga dapat kalian pahami dengan baik ya nak. jika ada pertanyaan silahkan kirim pertanyaan di grup ya nak.
LATIHAN SOAL
1. Percakapan antara dua orang atau lebih (antara narasumber dan pewawancara) yang bertujuan untuk mendapatkan informasi yang tepat disebut . . .
2. orang yang memberi informasi (orang yang diwawancarai) disebut . . .
3. Buatlah garis bilangan pada penjumlahan 6 + 7
4. Buatlah garis bilangan pada penjumlahan 8 + 5
5. Tuliskan hak kalian di rumah!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar