Selasa, 10 September 2024

TEMA 2 SUB TEMA 3 PB 5 & 6

  

Hari/Tanggal  : Selasa, 10 September 2024

Tema           2     :  Menyayangi Tumbuhan dan Hewan

Sub Tema     3      : Menyayangi Tumbuhan

Pembelajaran      : 5 & 6

Alat peraga          : contoh video pembelajaran 

Tujuan Pembelajaran :

Ø Dapat membuat pertanyaan mengenai cara-cara perawatan tumbuhan untuk wawancara.

Ø  Dapat membuat daftar tugas anggota keluarga sesuai dengan perannya dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai wujud pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.

Ø  Dapat menyelesaikan penjumlahan bilangan cacah dengan menggunakan garis bilangan dengan tepat.

Kemarin kita telah membaca teks Hutan Bakau, si Sabuk Hijau Pelindung Pantai dimana kita diminta untuk membuat pertanyaan dari teks yang kita baca. Nah hari ini kita akan belajar membuat pertanyaan yang akan kita ajukan kepada narasumber agar kita memperoleh informasi yang tepat dari narasumber.

Siti dan teman-temannya akan berkunjung ke tempat penjualan tanaman. Mereka mendapat tugas untuk mewawancarai penjual tanaman. Siti dan Edo mengenal penjual tanaman di dekat sekolah. Nama penjual tanaman tersebut adalah Pak Didi. Mereka mendiskusikan pertanyaan yang akan diajukan. Pertanyaan yang telah disepakati ditulis pada tempat yang tersedia. Yuk, kita bantu Siti menuliskan pertanyaannya! Berikut adalah contoh  bebrapa pertanyaan dalam melakukan wawancara 

1.Apa saja jenis tanaman yang ditanam Pak Dedi? 

2. Siapa yang bertugas menyiram tanaman ini?

3 Bagaimana cara merawat tanaman ini?

 4.Mengapa tanaman harus diberi pupuk?

 5. Kapan tanaman ini harus disemai?

Setelah membuat daftar pertanyaan ayo coba amati daftar tugas pada tabel di bawah ini!

Daftar tugas diatas adalah beberapa tugas atau peran dari anggota keluarga. Dan Kalian dapat mengelompokkannya sesuai peran atau tugasnya masing – masing.

Contoh Soal

Beni memiliki 2 buah tali dengan panjang tali pertama 9 m dan tali kedua 5 m. Berapakah panjang keseluruhan tali Beni?

 Video Garis Bilangan

 

Contoh :


Bagaimana penjelasan materi hari ini, semoga dapat dipahami ya nak! jika ada pertanyaan silahkan kirimkan pertanyaan di Gruop ya nak!

Jika sudah paham maka tugas kalian hari ini adalah sebagai berikut:

Latihan Soal

1. Menyelesaikan penjumlahan menggunakan garis bilangan seperti contoh di atas!



2.  Mengelompokkan  tugas - tugas yang ada pada tabel dalam pemebelajaran di atas ke kolom di bawah ini sesuai peran dari anggota keluarga!

 

 
 
 
 
 
 
 
 
 Bagaimana dengan materi hari ini, semoga kalian dapat memahami materi hari ini dan tugas kalian hari ini adalah mengisi teka teki silang yang ada di buku 

Pembelajaran 6 halaman 152. Seperti di bawah ini:


Mendatar
1. Warna mangga yang masih muda.
3. Hama yang sering menyerang pohon mangga.
4. Hewan yang makan buah mangga di pohon.
8. Salah satu bentuk buah mangga.
10. Pekerjaan mencabut rumput atau tumbuhan liar
 
Menurun
2. Pupuk yang digunakan untuk pohon mangga.
5. Tempat menanam pohon mangga.
6. …… diberikan pada tanaman untuk
meningkatkan kesuburan tanah.
7. Rasa buah mangga yang masak.
9. Benda ini sangat dibutuhkan tanaman.

 

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami penjumlahan dalam bentuk garis bilangan dan menyelesaikan soal dengan baik, namun masih ada beberapa peserta didik yang belum paham dalam menjumlah dalam bentuk garis bilangan. Untuk mengatasi hal tersebut maka sebelum pembelajaran berlangsung guru selalu mengajak peserta didik untuk melakukan tanya jawab serta peserta didik maju kedepan untuk menyelesaikan soal penjumlahan pada garis bilangan
 
 
 
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar