Hari/Tanggal : Senin, 25 Agustus 2025
Good morning my students....
Tabik pun ,,,!!
Apa
kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua
dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT serta tetap
bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.
Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.
Mapel : Matematika
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
-
Menjelaskan konsep penjumlahan bilangan cacah secara bersusun panjang dengan benar.
-
Menyelesaikan soal penjumlahan bilangan cacah 1–1000 secara bersusun panjang dalam kehidupan sehari-hari.
-
Menunjukkan sikap teliti, jujur, dan bertanggung jawab saat mengerjakan soal penjumlahan.
Media Pembelajaran
-
Papan tulis dan spidol
-
Kartu bilangan (untuk permainan dan latihan kelompok)
-
Lembar kerja siswa (LKS)
Metode Pembelajaran :
-
Ceramah interaktif: Guru menjelaskan konsep penjumlahan bersusun panjang dan cara menghitungnya
-
Diskusi kelompok kecil: Siswa berdiskusi dan menyelesaikan soal bersama.
-
Games/kuis cepat: Untuk meningkatkan semangat dan keterlibatan siswa.
10 Soal Penjumlahan Bilangan Cacah Secara Bersusun Panjang (1–1000)
Instruksi: Hitunglah hasil penjumlahan berikut dengan cara bersusun panjang!
-
245 + 378 = _______
-
564 + 129 = _______
-
732 + 165 = _______
-
489 + 311 = _______
-
813 + 147 = _______
-
258 + 367 = _______
-
429 + 576 = _______
-
384 + 198 = _______
-
640 + 295 = _______
-
705 + 174 = _______
Kesimpulan Materi Penjumlahan Bilangan Cacah 1 sampai 1000
Bilangan cacah adalah bilangan bulat positif dimulai dari 0 (0, 1, 2, 3, ...).
Penjumlahan
bilangan cacah dilakukan dengan cara menjumlahkan nilai masing-masing
angka sesuai posisinya (satuan, puluhan, ratusan, dll).
Teknik
bersusun pendek dilakukan dengan menuliskan angka-angka secara vertikal
dan langsung menjumlahkan tiap kolom angka dari bawah ke atas.
Jika hasil penjumlahan melebihi 9, dilakukan "menyimpan" ke kolom sebelah kiri.
Mapel : Pendidikan Pancasila
Tujuan pembelajaran : murid dapat patuh terhadap aturan disekolah
Media pembelajaran : Poster Edukasi "Aturan Sekolah":
Metode pembelajaran : Diskusi Kelompok Kecil
Aturan dibentuk untuk dipatuhi.
mematuhi aturan penting untuk menciptakan keteraturan kebersihan dan
ketertiban lingkungan memahami aturan merupakan kewajiban semua orang
ada di sekolah dan di rumah. Bagaimana aturan di sekolah dan di rumahmu
Apa hak dan kewajibanmu di sekolah dan di rumah Mari kita pelajari
uraian berikut :
1. Aturan adalah tindakan atau
perbuatan yang harus dilaksanakan agar tercipta ketertiban. Ada banyak
aturan di sekitar kita. Aturan berlaku di rumah, di sekolah, dan di
lingkungan masyarakat titik aturan di rumah Harus dipatuhi oleh semua
anggota keluarga. Aturan di sekolah Harus dipatuhi oleh seluruh warga
sekolah. Sementara itu aturan di masyarakat Harus dipatuhi oleh seluruh
warga masyarakat. Aturan dibuat agar kita bersikap titik-titik dengan
begitu suasana menjadi rukun dan damai.
2.
Sekolah adalah tempat untuk belajar dan mendapatkan ilmu pengetahuan di
sekolah kamu akan dibimbing oleh dan diajarkan menjadi manusia yang
bermanfaat bagi diri sendiri keluarga lingkungan sekitar dan negara kamu
akan menemukan minat dan bakat alamiah yang ada dalam dirimu dengan
bantuan guru.
Sekolah adalah tempat yang paling menyenangkan.
di sekolah kamu akan menemukan banyak hal kamu akan belajar bersama
teman koma bermain dan saling bekerja sama titik di sekolah ada aturan
yang harus dipatuhi. aturan itu dibuat agar kegiatan di sekolah berjalan
dengan baik dan tertib. alangkah indahnya jika kita terlihat sekolah
yang bersih tertib dan nyaman ayo kita patuhi aturan di sekolah.
3.
Aturan terdiri dari dua jenis ada aturan tertulis yang tidak tertulis
contoh aturan tertulis di sekolah adalah tata tertib sekolah dan aturan
kelas. Aturan tersebut dapat dilihat dan dibaca oleh seluruh peserta
didik dengan demikian seluruh peserta didik akan mengetahui
aturan-aturan yang harus dilaksanakannya aturan tidak tertulis merupakan
aturan yang berasal dari kesadaran masyarakat dan diyakini secara turun
temurun contohnya belajar dengan baik dan tidak bermalas-malasan
menghargai perbedaan suku agama ras dan golongan serta membantu teman
yang kesulitan.
Latihan Soal
1.Salah satu contoh patuh terhadap aturan di sekolah adalah …
A. Datang terlambat
B. Membuang sampah di kelas
C. Mengantre saat masuk kelas
D. Berkelahi dengan teman
2.Aturan dibuat agar …
A. Semua orang takut
B. Tidak ada yang sekolah
C. Semua merasa aman dan tertib
D. Semua bisa bermain terus
3.Jika kita melihat teman melanggar aturan, sebaiknya …
A. Ikut-ikutan melanggar
B. Diam saja
C. Menegur dengan baik
D. Menertawakannya
4.Pancasila terdiri dari … sila.
A. Dua
B. Tiga
C. Empat
D. Lima
5.Lambang sila pertama Pancasila adalah …
A. Padi dan kapas
B. Bintang
C. Rantai
D. Kepala banteng
6.Sebutkan 3 contoh aturan yang ada di sekolah!
7.Mengapa kita harus menaati aturan di sekolah?
8.Jelaskan makna sila kedua Pancasila!
9.Apa yang kamu lakukan jika melihat temanmu membuang sampah sembarangan?
10.Bagaimana cara menunjukkan sikap patuh terhadap guru di sekolah?
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan
hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar murid sudah mampu konsep penjumlahan bilangan cacah secara bersusun panjang dengan benar. .
Namun ada juga beberapa murid yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru
melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar