Hari/Tanggal : Senin, 25 Agustus 2025
Good morning my students....
Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.
Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.
Mapel : Matematika
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
-
Menjelaskan konsep penjumlahan bilangan cacah secara bersusun panjang dengan benar.
-
Menyelesaikan soal penjumlahan bilangan cacah 1–1000 secara bersusun panjang dalam kehidupan sehari-hari.
-
Menunjukkan sikap teliti, jujur, dan bertanggung jawab saat mengerjakan soal penjumlahan.
Media Pembelajaran
-
Papan tulis dan spidol
-
Kartu bilangan (untuk permainan dan latihan kelompok)
-
Lembar kerja siswa (LKS)
Metode Pembelajaran :
-
Ceramah interaktif: Guru menjelaskan konsep penjumlahan bersusun panjang dan cara menghitungnya
-
Diskusi kelompok kecil: Siswa berdiskusi dan menyelesaikan soal bersama.
-
Games/kuis cepat: Untuk meningkatkan semangat dan keterlibatan siswa.
10 Soal Penjumlahan Bilangan Cacah Secara Bersusun Panjang (1–1000)
Instruksi: Hitunglah hasil penjumlahan berikut dengan cara bersusun panjang!
-
245 + 378 = _______
-
564 + 129 = _______
-
732 + 165 = _______
-
489 + 311 = _______
-
813 + 147 = _______
-
258 + 367 = _______
-
429 + 576 = _______
-
384 + 198 = _______
-
640 + 295 = _______
-
705 + 174 = _______
Kesimpulan Materi Penjumlahan Bilangan Cacah 1 sampai 1000
Bilangan cacah adalah bilangan bulat positif dimulai dari 0 (0, 1, 2, 3, ...).
Penjumlahan bilangan cacah dilakukan dengan cara menjumlahkan nilai masing-masing angka sesuai posisinya (satuan, puluhan, ratusan, dll).
Teknik bersusun pendek dilakukan dengan menuliskan angka-angka secara vertikal dan langsung menjumlahkan tiap kolom angka dari bawah ke atas.
Jika hasil penjumlahan melebihi 9, dilakukan "menyimpan" ke kolom sebelah kiri.
-
Bergambar anak-anak sedang antre, membuang sampah, memberi salam ke guru, dll.
-
Siswa dikelompokkan menjadi 3-4 orang. Setiap kelompok mendiskusikan 1 aturan sekolah dan manfaatnya.
A. Datang terlambat
B. Membuang sampah di kelas
C. Mengantre saat masuk kelas
D. Berkelahi dengan teman
A. Semua orang takut
B. Tidak ada yang sekolah
C. Semua merasa aman dan tertib
D. Semua bisa bermain terus
A. Ikut-ikutan melanggar
B. Diam saja
C. Menegur dengan baik
D. Menertawakannya
A. Dua
B. Tiga
C. Empat
D. Lima
A. Padi dan kapas
B. Bintang
C. Rantai
D. Kepala banteng
Tidak ada komentar:
Posting Komentar