Selasa, 23 September 2025

Rabu, 24 September 2025

  

 

Hari/Tanggal     : Rabu, 24 September 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

 

Mapel : Bahasa Indonesia 
 
Tujuan pembelajaran : Siswa menganalisis kalimat dan menemukan kesalahan penggunaan tanda petik dua

Metode pembelajaran : 
Diskusi Kelompok 
Latihan SoalSiswa mengerjakan soal pilihan ganda, isian, dan membuat kalimat sendiri

Materi  : Tekadmu kuat 
 
Bacalah dengan cermat, perhatikan tanda bacanya 
Lani bantu Boni menulis puisi
Boni tiketnya sekeras baja titik Boni ingin juara lomba baca puisi. Puisi karya Boni sendiri. Boni mulai mencari informasi melalui internet. Informasi cara menulis puisi titik Boni meminta bantuan Lani tetangganya Lani bersedia membantu. Keduanya sepakat menulis puisi di rumah Boni."Boni, pakai gambar ini saja"! Lani menunjuk gambar di dinding. Boni mengamati gambar rumah titik kemudian, Boni menentukan judul. Judulnya "ke rumahku". Boni mulai menulis dia menulis yang dirasakan ketika melihat gambar. 
 
"Atau". Tanda ini untuk " .......... " menggapit kalimat langsung dan judul puisi

📌  Penggunaan Tanda Petik Dua (" ")

1. Mengapit Kutipan Langsung

Digunakan untuk mengapit ucapan langsung dari seseorang.

Contoh:
Ibu berkata, "Jangan lupa sarapan sebelum berangkat sekolah."


2. Mengapit Judul Karya Tulis

Digunakan untuk menandai judul buku, lagu, film, artikel, cerpen, dan sebagainya jika disebut dalam kalimat.

Contoh:
Saya sedang membaca buku "Negeri 5 Menara".
Lagu favoritku adalah "Hari yang Cerah".

3. Mengapit Istilah Khusus atau Tidak Lazim

Dipakai untuk istilah asing, kata yang dipersoalkan, atau kata dengan makna khusus.

Contoh:
Mereka menyebutnya sebagai "pahlawan tanpa tanda jasa".
Kata "gaul" sering digunakan anak muda zaman sekarang.
Kata "deadline" berarti batas akhir pengumpulan tugas.

4. Mengapit Kata atau Ungkapan yang Dianggap Kurang Baku

Biasanya digunakan untuk menandai ejaan salah, kata tidak baku, atau sindiran.

Contoh:
Dia sering "bolos" saat pelajaran Matematika.
Kami tidak mengerti apa arti kata "kepo" itu.

⚠️ Catatan Tambahan:

  • Tanda petik dua dibuka sebelum kutipan/istilah, dan ditutup setelahnya.

  • Jika kutipan di dalam kutipan, gunakan tanda petik satu (' ') di dalamnya.

Contoh:
Guru berkata, "Kata 'efektif' berarti tepat guna."


Perhatikan kalimat berikut!
Ani berkata, "Aku akan pergi ke pasar nanti sore."

Penggunaan tanda petik dua pada kalimat di atas berfungsi untuk...

A. Menunjukkan judul karya
B. Menunjukkan kata yang salah eja
C. Menandai kutipan langsung ucapan seseorang
D. Menandai istilah asing

Jawaban: C

Soal 2 (Pilihan Ganda)

Manakah kalimat yang penggunaan tanda petik dua-nya salah?

A. Ibu berkata, "Jangan lupa makan siang."
B. Novel favorit saya adalah "Laskar Pelangi".
C. Mereka menyebutnya sebagai "juara sejati".
D. Kucing itu mengeong, "meong, meong!"

Jawaban: D
(Seharusnya suara binatang tidak perlu diapit tanda petik dua jika bukan kutipan langsung dari ucapan manusia.)

Soal 3 (Isian Singkat)

Tuliskan satu contoh kalimat yang menggunakan tanda petik dua untuk judul artikel!

Contoh Jawaban:
Saya membaca artikel berjudul "Manfaat Olahraga Pagi bagi Kesehatan".

Soal 4 (Pilihan Ganda)

Kalimat berikut ini yang menggunakan tanda petik dua untuk istilah khusus adalah...

A. Mereka menonton film "Petualangan Sherina".
B. Ia dijuluki "Raja Tega" oleh teman-temannya.
C. Guru berkata, "Belajarlah yang rajin."
D. "Merdeka!" teriak para pejuang.

Jawaban:B

 

Mapel : Pendidikan pancasila 

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa dapat menjelaskan dan memberikan contoh hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan warga sekolah secara tepat, serta menunjukkan sikap tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari.


🖼️ Media Pembelajaran

Poster Gambar Interaktif berisi:

  • Ilustrasi kegiatan anak di rumah dan di sekolah.

  • Setiap gambar diberi label apakah itu “hak” atau “kewajiban”.

📝 Contoh isi poster:

Gambar Keterangan
Anak belajar di rumah Kewajiban
Anak mendapat makanan bergizi Hak
Menyapu halaman rumah Kewajiban
Bermain saat istirahat di sekolah Hak
Membuang sampah di tempatnya Kewajiban
Mendapat pelajaran dari guru Hak

🧩 Metode Pembelajaran

Metode Diskusi + Mencocokkan (Matching Activity)

Langkah-langkah:

  1. Guru menjelaskan pengertian hak dan kewajiban dengan bahasa sederhana.

  2. Tampilkan poster bergambar (atau bagikan kartu bergambar).

  3. Siswa secara berkelompok mencocokkan gambar dengan kategori “hak” atau “kewajiban”.

  4. Setelah mencocokkan, masing-masing kelompok menyebutkan contoh nyata hak/kewajiban yang mereka lakukan di rumah/sekolah.

  5. Guru memberikan penguatan dan koreksi jika ada kesalahan pemahaman.               Materi Ringkas: Hak dan Kewajiban di Rumah dan Sekolah

🏠 A. Di Rumah

Hak Anak Kewajiban Anak
Mendapat kasih sayang Membantu pekerjaan rumah
Mendapat makanan bergizi Merapikan tempat tidur sendiri
Memperoleh tempat tinggal yang aman Hormat kepada orang tua

🏫 B. Di Sekolah

Hak Siswa Kewajiban Siswa
Mendapat pelajaran dari guru Mengikuti pelajaran dengan tertib
Bermain saat istirahat Menjaga kebersihan lingkungan sekolah
Mendapat perlindungan di sekolah Menghormati guru dan teman



📄 LEMBAR KERJA SISWA

Nama: _______________________
Kelas: _______
Tanggal: ____________________

📘 Tema: Hak dan Kewajiban di Rumah dan Sekolah


🔶 A. Pilihlah mana yang termasuk Hak (H) atau Kewajiban (K)!

Beri tanda ✔️ pada kolom H atau K yang sesuai.

No Pernyataan

 
1 Mendapatkan makanan dari orang tua

2 Membantu ibu membersihkan rumah

3 Mendengarkan pelajaran di kelas

4 Bermain dengan teman saat istirahat

5 Merapikan tempat tidur sendiri

6 Mendapat bimbingan dari guru

7 Menjaga kebersihan lingkungan sekolah

8 Mendapatkan pakaian yang bersih dari orang tua


🔶 B. Hubungkan!

Tarik garis antara kolom kiri dan kanan yang sesuai antara kegiatan dan jenisnya.

Kegiatan Jenisnya
Mendapatkan pelajaran dari guru A. Hak
Membuang sampah di tempatnya B.Kewajiban
Mendapatkan perlindungan dari orang tua C. Hak
Membantu menyapu halaman rumah D.Kewajiban
Menghormati guru E.Kewajiban
Bermain setelah belajar F. Hak

🔶 C. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

  1. Kewajiban kita di rumah adalah membantu _________.

  2. Hak anak di sekolah adalah mendapatkan __________ dari guru.

  3. Kita harus menghormati orang tua karena itu adalah __________ kita.

  4. Bermain di waktu istirahat adalah contoh dari __________.

  5. Membuang sampah pada tempatnya adalah contoh __________ terhadap lingkungan.

 

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa hampir semua murid mampu
 menganalisis kalimat dan menemukan kesalahan penggunaan tanda petik dua. Dan menjelaskan dan memberikan contoh hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan warga sekolah secara tepat, serta menunjukkan sikap tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari. 

Namun ada juga beberapa murid yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar