Hari/tanggal : Selasa / 19 Januari 2021
Assalamulaikum.wr.wb.
Apa kabar anak sholeh/sholeha bu Yulina, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.Sebelum belajar jangan lupa dengarkan tausiah serta dipahami isinya, tadarus kemudian shalat dhuha ya nak.
Pada pelajaran sebelumnya kita sudah mempelajari materi Tema 6 Subtema 2 yaitu tentang menjelaskan isi teks media cetak melalui peta konsep,cara-cara perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari,pola lantai dalam tarian daerah,.menjelaskan isi teks media cetak melalui pokok pikiran dan membuat kesimpulan isi teks media cetak dari diagram,Aktivitas masyarakat dalam lingkungan sosial,kewajiban,tanggung jawab,dan hak masyarakat,keuntungan dan kerugian perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari,membuat ringkasan teks penjelasan,peragaan hasil kreasi pola lantai tari,menjelaskan hak dan kewajiban dalam.bentuk komik. Alhamdulillah hasilpenilaian harian kemarin ananda mendapatkan nilai yang baik. Hari ini kita akan belajar materi tema 6 subtema 3 pembelajaran 1 dan 2.Disimak ya nak materi yang bu guru berikan di bawah ini :
Tema 6 : Panas dan Perpindahannya
Subtema 3 : Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan
PB : 1 dan 2
Tujuan pembelajaran :
1. Dengan mencermati teks eksplanasi, siswa dapat membuat ringkasan teks eksplanasi dalam bentuk peta pikiran.
2. Dengan mengamati benda-benda yang bersifat menghambat dan mempercepat perpindahan kalor, siswa dapat menjelaskan benda-benda yang bersifat menghambat dan mempercepat perpindahan kalor.
3. Dengan mengamati gambar pada cerita, siswa dapat menjelaskan makna pada gambar cerita.
4. Dengan mencermati tanggung jawab siswa dan warga negara, siswa dapat menjelaskan makna tanggung jawab siswa dan warga Negara.
5. Dengan melakukan wawancara, siswa dapat menjelaskan kegiatan ekonomi masyarakat di dataran rendaah dan tinggi.
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia (KD 3.3, 4. 3), IPA (KD 3. 6, 4. 6), SBdP (KD 3. 1, 4. 1)
Tujuan Pembelajaran :
- Dengan mencermati bacaan, siswa
mampu menyebutkan kata kunci dari
teks penjelasan secara tepat. - Dengan melakukan kegiatan
pengamatan, siswa mampu menjelaskan
benda-benda yang dapat bersifat mempercepat dan menghambat
perpindahan kalor secara benar. - Dengan membuat kliping, siswa
mampu mengidentifikasi ciri-ciri gambar
cerita secara tepat.
Bahasa Indonesia (KD 3. 3, 4.3)
Menyebutkan Kata Kunci dari Teks Eksplanasi pada Media
Sumber informasi dapat berasal dari media cetak, seperti cetak, seperti buku, ensiklopedia, Koran, majalah dan bulletin, atau media elektronik, seperti buku elektronik (e-book).
Kata kunci adalah kata-kata yang penting dan sering muncul di dalam sebuah teks. Ada kata kunci yang sudah dipahami dan ada juga kata kunci yang belum dipahami maknanya. Kamu dapat memahami kata kunci dengan mencari maknanya melalui Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).
Menjelaskan Informasi Penting dari Teks Eksplanasi.
Cara menggali dan mengetahui informasi penting dari suatu teks, selain membaca dengan cermat, cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan membuat pertanyaan. Membuat pertanyaan pada masing-masing paragraph dengan menggunakan kata Tanya apa, di mana, siapa, kapan, mengapa, dan bagaimana.
IPA (KD 3. 6, 4. 6)
Menjelaskan Benda-Benda yang Bersifat Menghambat dan Mempercepat Perpindahan Kalor.
Perpindahan kalor memiliki banyak manfaat dalam kehidupan manusia. Mempelajari cara-cara menghambat dan mempercepat perpindahan kalor.
Gambar diatas Menunjukkan kegiatan mengambil makanan setelah dipanggang di microwave.
Pada gambar tersebut seseorang menggunakan kain lap untuk mengangkat wadah berisi makanan dari dalan microwave. Kain lap termasuk bahan bersifat isolator. Kain lap digunakan untuk menghambat perpindahan kalor dari Loyang sehingga tangan terhindar dari luka bakar. Selain itu, wadah yang digunakan untuk memanggang terbuat dari wadah alumunium. Alumunium digunakan untuk mempercepat perpindahan kalor sehingga makanan matang secara merata dan cepat. Aluminium termasuk bahan bersifat konduktor.
Konduksi
Masih
ingatkah kamu mengenai perpindahan panas atau kalor dengan cara konduksi?
Perpindahan panas dengan cara ini, memerlukan zat perantara yang membantunya
mengalirkan panas dari sumber panas ke benda yang lain. Ingatlah bahwa panas
mengalir dari tempat yang
panas
menuju tempat yang lebih dingin. Ada perantara panas yang dapat menghantarkan
panas dengan baik, ada yang tidak.
Bahan
Konduktor dan Isolator
Di sekitarmu terdapat banyak benda dengan berbagai macam bahan. Pemilihan bahan didasarkan pada sifat yang
dimiliki bahan tersebut. Misalnya, benda yang dapat menghantarkan panas dan
benda yang tidak dapat menghantarkan panas. Ada benda yang mempunyai kemampuan menghantarkan panas
dengan baik. Ada pula benda yang tidak dapat menghantarkan panas. Bahan yang
dapat menghantarkan panas dengan baik disebut dengan konduktor. Bahan yang tidak dapat
menghantarkan panas disebut dengan isolator. Sedangkan ada bahan yang sedikit dapat menghantarkan panas
yang disebut dengan bahan semikonduktor.
Di atas adalah contoh bahan konduktor yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, biasanya terbuat dari bahan logam. Panci, wajan penggorengan, dan beberapa peralatan masak di dapur terbuat dari logam. Jenis logam yang paling sering digunakan untuk membuat alat-alat tersebut antara lain besi, aluminium, dan tembaga.
Bahan yang
tidak dapat menghantarkan panas disebut isolator. Beberapa bahan yang termasuk
sebagai isolator, antara lain adalah kayu, kain, dan plastik. Penggunaan
bahan-bahan ini banyak sekali dijumpai di sekitar kita.
Mengidentifikasi Cara-cara untuk menghambat atau mempercepat perpindahan kalor pada Benda.
Sekarang kamu sudah mengetahui cara-cara untuk menghambat atau mempercepat perpindahan kalor. Buatlah rancangan suatu percobaan terkait dengan cara-cara untuk menghambat atau mempercepat perpindahan kalor. Rancangan dibuat dengan cara-cara sebagai berikut :
- Identifikasi benda-benda yang terkait konduktor dan isolator.
- Jelaskan cara kerja benda-benda konduktor dan isolator tersebut.
- Jelaskan pula apa yang akan terjadi jika tidak ada benda konduktor dan isolator.
SBdP (KD 3. 1, 4. 1)
Menjelaskan Ciri-ciri Gambar Cerita pada Sampul Depan Buku.
Di dalam buku atau majalah biasanya terdapat gambar cerita. Gambar cerita adalah gambar yang digunakan untuk menjelaskan maksud suatu cerita. Selain ada di dalam buku, gambar juga terdapat pada sampul depan buku. Gambar yang terdapat pada sampul depan buku berfungsi untuk menjelaskan keseluruhan isi buku yang dapat membuat pembaca tertarik untuk membaca buku tersebut.
- Gambar berisi tentang isi buku.
- Gambar yang disajikan harus menarik.
- Terdapat judul buku yang ditulis dengan ukuran huruf lebih besar dari tulisan lainnya, nama penulis, dan nama penerbit buku.
- Warna yang digunakan dapat menarik perhatian pembaca.
Contoh:
Latihan
Buatlah gambar dari sampul depan bukumu yang ada di rumah 1 sampul saja lalu jelaskan keseluruhan isi gambar sampul depan buku dibuat seperti contoh. Dan fotokan hasil tugasmu lalu kirimkan ke wa pribadi ibu guru.
Jika tugas kalian sudah selesai dapat kirimkan dokumentasi kalian ke Bu Guru ya nak! jadi hari ini kita telah mempelajari materi tentang menentukan kata kunci dari teks eksplanasi dan mengetahui benda - benda penghantar dan penghambat panas, serta kita juga bisa menjelaskan gambar cerita pada smpul buku.
Terimakasih
anak Sholeh/Sholeha Bu Guru serta Bunda2 sholeha yang dengan sabar dan setia
membimbing sholeh/sholeha bu Guru.
Wassalamualaikum.wr.wb
Berikut Dokumentasi kalian!
M.naufal Rafiq Elrima 5B hadir
BalasHapusTerakasih atas pelajaran hari ini
Eka rahmawati
BalasHapusKel 5B
Hadir hari ini :D🤝
Nama:Farras syaddad Fadli
BalasHapusKelas:5B
Hadir
Assalamualaikum
BalasHapusNafisa Azka Nyla Putri
5B
No.absen 25
Ket.hadir
Assalamualaikum wr.wb
BalasHapusNama : Asyifa Aulia Khanza
Kelas : 5B
Ket : Hadir
Wassalamu'alaikum wr.wb 🙏🏻🙏🏻🙏🏻🙏🏻
Assalamu'alaikum wr wb
BalasHapusAbimanyu Suwari Nugroho
5 B
No absen 1
Hadir
Terimakasih ibu atas materi hari ini
Wassalam wr wb