Kamis, 11 November 2021

TEMA 5 SUB TEMA 2 PB 3 & 4


Hari/tanggal : Kamis /11 November 2021

Anak sholeh dan sholeha Bu Yulina... semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap semangat walaupun belajar dari rumah. Sebelum anak-anak memulai pembelajaran daring tentang Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 3 dan 4,  pastikan ananda sudah melaksanakan sholat dhuha, tadarus, mendengarkan tausiah. Jangan lupa ucapkan bismillah dan berdo'a ya nak!

Pada pelajaran hari ini kita akan belajar tentang Tema 5 Subtema 2 pembelajaran 3 dan 4 yaitu tentang Ekosistem

Simak materi di bawah ini ya nak :

Tema 5                  : Ekosistem

Subtema 2              Hubungan Antar Makhluk Hidup Dalam Ekosistem

Pembelajaran          : 3 dan 4

Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia, IPS dan PPKn

 

Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan menggunakan artikel tentang subak di Bali, siswa dapat menghubungkan kondisi daerah dengan kegiatan ekonomi di daerahnya yang memiliki ketampakan alam yang berbeda dalam bentuk tulisan nonfiksi secara saksama.
  2. Dengan mengumpulkan fakta dan informasi, siswa mampu membuat sebuah teks nonfiksi tentang aktivitas perekonomian yang dilakukan masyarakat setempat berkaitan dengan daerah tempat tinggalnya secara baik dan benar.
  3. Dengan membaca dengan saksama bacaan tentang kerukunan, siswa mampu mendiskusikan keterkaitan antara hidup rukun dengan persatuan dan kesatuan secara tepat.


Sistem Irigasi Subak

 Subak merupakan sekumpulan petani di Bali yang mengelola sistem irigasi yang ada di sebuah kawasan persawahan. Kawasan persawahan itu biasanya dibatasi oleh kenampakan alam seperti sungai, jurang, atau kenampakan lain yang jelas terlihat. Satu kelompok subak biasanya memiliki satu sumber air yang mengalir ke sebuah sungai yang melewati atau berada dekat dengan persawahannya.

 Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlan kegiatan berikut. 

1. Tentukan pokok pikiran dan informasi penting dari bacaan dengan menggunakan tabel seperti contoh di bawah ini.

 2. Buatlah ringkasan berdasarkan bacaan tersebut. Dengan menggunakan tabel yang berisi pokok pikiran dan informasi penting tersebut, buatlah sebuah ringkasan.Tuliskan ringkasanmu dalam satu paragraf dengan menggunakan kalimatmu sendiri. Perhatikan tanda baca, penggunaan huruf kapital yang tepat, dan penggunaan kata-kata baku dalam kalimat bahasa Indonesia yang baik dan benar. Buatlah seperti contoh berikut.

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg0Qb-gCuJNKpqE00NGoCvcza-Phht5C7jq-38zGsRsR2RhHvZoRvZTH4-bmKHRWY_XY6ioduoEQTEUF1klATMESc5gpG9I8m96KFHnjc5vCslpXKpJ3P5L3T_Vvz3opQ94hfp2siuriJjf/s400/damaruta.com+sistem+pertanian+subak+2.png

 

3. Bersama dengan kelompokmu, diskusikanlah pertanyaan-pertanyaan berikut ini. Jawablah di buku catatanmu.Setelah itu, presentasikan hasil diskusimu.

a. Apakah tujuan dibentuknya subak?
b. Apa saja manfaat yang diperoleh para petani dari sistem irigasi subak di Bali?
c. Apa sajakah peran pekaseh?
d. Bagaimana cara anggota kelompok subak di Bali dalam mengambil keputusan?
e. Apa yang menyebabkan sistem subak berhasil meraih perhatian dunia?
f. Jelaskan nilai-nilai persatuan dan kesatuan yang didapatkan dari sistem irigasi subak di Bali.

 

Jawab:

 a. Tujuan adalah untuk mengatasi persoalan air irigasi.

b. Manfaat subak : 

·                     Petani mendapatkan air yang cukup untuk sawahnya, 

·                     Melatih petani setiap bertanggung jawab terhadap penggunaan air, cara menjaga kualitas air, jumlah air yang akan dialirkan, dan waktu pengairan.

c. Peran pekaseh: bekerja sama dengan para kepala desa dan perangkat desa dalam mengatur dan memberitahukan ketersediaan air pada areal persawahan kelompoknya.
 

c. Peran pekaseh: bekerja sama dengan para kepala desa dan perangkat desa dalam mengatur dan memberitahukan ketersediaan air pada areal persawahan kelompoknya.
 

d.  Semua keputusan dalam subak dibahas secara musyawarah dan perencanaan yang baik.
 

e.  Subak berhasil meraih perhatian dunia karena tidak hanya memperhatikan sistem irigasi, tetapi juga memperhatikan asas kerja sama dan keadilan dengan menggunakan sistem meminjam air kepada anggotanya.
 

f. Nilai persatuan dan kesatuan dalam sistem subak antara lain : 

·                     Pembagian air dilakukan dengan musyawarah; 

·                     Pembagian air dilakukan dengan adil dan tidak ada yang diuntung atau dirugikan; 

·                     Pelaksanaan pembagian air mereka bekerja-sama satu dengan yang lain, dan 

·                     Saling pinjam meminjam air irigasi antara satu dengan yang lain, antara subak satu dengan subak yang lain.

 Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia


Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjP0IbV_TZsFio9qphyfU_L69_feLuKpEY2-MZqNwNzBc0PjPRgf7_VzWBQrgShhwlF0ArGQ_Z01C1SVr8sf8YvJwYwaFidE7R1VsbstK1MaB_SG67diCr5D2GofkcxOTBAIdC-VKYUBn4o/s320/damaruta.com+foto+proklamasi.png


Proklamasi Kemerdekaan Indonesia sebetulnya merupakan bagian dari pidato proklamasi yang disampaikan oleh Ir. Soekarno sebagai wakil bangsa Indonesia. Proklamasi tersebut dibacakan pada tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB  bertempat di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta. Pada saat yang sama, dikibarkan Bendera Merah Putih sebagai bendera negara, dan dinyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya ciptaan W.R. Supratman.

 

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgpU2A347ppMy86_OjXRb6pjLc2e3i9e-IfmYFDOYZvHsFnZHKz7XSH4rC0k1QLBov7Oom-nzQbry-J9eL77O46hZbDlQfXJKDjFg2y5mQxc14Zq_hyphenhyphenlj7kQ5HjyZvCSPADBA95WslSxO_W/s640/damaruta.com+peristiwa+proklamasi+kemerdekaan+indonesia.png

 

Berdasarkan bacaan di atas dan sumber informasi lainnya, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.

1. Mengapa bangsa Indonesia perlu melakukan proklamasi kemerdekaannya?
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg7j87O73OtDmw4YiF6tiO7pYfYyoJjtK2Hn_guJ6a9gXtWW72eS1N0rlxMsXsNkuNmOS96TgF5l3zH5gTlyxmo1sffwQm6mhWE4mgyhuHbq1seJtvfeUZJz0-80Gl63Q5OMtg0XirddljY/s640/damaruta.com+persitiwa+proklamasi+kemerdekaan+indonesia+1.png
2. Apakah akibat dari peristiwa Proklamasi Kemerdekaan terhadap kehidupan bangsa Indonesia?
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEidTBKDkc28ItJ4kzBpUPAurf34ARdFABQL5Vop9wD351RflqpdR02dRbn3r6tu7EnCZcVJ3anP1lww1AXzUsVh2jGAbFI_q3szuBzTV-hHuvzWj91En3U9BumCdIHjJcQx8_2_MnZ7oWvv/s1600/damaruta.com+persitiwa+proklamasi+kemerdekaan+indonesia+2.png

 TUGAS LATIHAN  

Latihan di buku cerdas halaman 96 dan 97, mata pelajaran Bahasa Indonesia dan PPKN

Di tulis di buku tulis ya nak 

2 komentar:

  1. assalamualaikum bu
    NAMA: D.PUTRI ALIKHA
    KELAS:5A
    NO ABSEN:5
    HADIR BU.....

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Althamira Dinda Fayola
    Kelas :5A
    No absen:02
    Hadir bu

    BalasHapus

TEMA 4 SUB TEMA 4 PB 4

  Hari/Tanggal     : Jumat, 22 Nopember 2024 Good morning my student.... Tabik pun ,,,!! Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, alhamdul...