
Hari/Tanggal : Kamis, 09 Januari 2025
Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Semangat
pagi ananda shaleh shaleha yang ibu guru banggakan, bagaimana kabarnya
dihari yang ceria ini, sangat menyenangkan ya
nak. Semoga kita di awal semester 2 dan di awal tahun
2025 ini lebih semangat dan lebih baik lagi. Ibu guru berharap kita
semua sehat dan selalu dalam lindungan
Alloh SWT Aamiin.
Tema 5 : Cuaca
Subtema 1 : Keadaan Cuaca
Pembelajaran : 5 dan 6
Muatan : B. Indonesia, PPKn, Matematika
Alat peraga : Video pembelajaran
Metode : Diskusi, tanya jawab
Apersepsi :
Pada pembelajaran kemarin, anak anak sudah mempelajari dan mengenal
simbol-simbol cuaca, ada cuaca cerah, berawan, mendung dan hujan. Serta
keadaan suhu di pagi hari, siang hari, sore dan malam hari kemudian anak
anak juga sudah memperlajari tempo irama cepat, sedang dan lambat.
Nah
sekarang kita akan melanjutkan materi tentang contoh sikap bersatu,
mengenal makanan khas daerah masing-masing dan kosa kata yang
berhubungan dengan cuaca. Adapun tujuan pembelajaran kita hari ini
adalah :
Tujuan Pembelajaran :
- Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat memberi contoh sikap bersatu dalam keberagaman dengan benar.
- Dengan
kegiatan mendata makanan khas daerah masing-masing, siswa dapat membuat
daftar dari sikap bersatu dalam keberagaman dengan baik.
- Dengan mengidentifikasi pecahan, siswa dapat menentukan nilai pecahan sebagai bagian dari yang utuh dengan tepat.
Ayo Berkreasi
Festival ragam makanan akan dilaksanakan besok. Udin, Beni, Siti, dan teman-teman mulai sibuk.
Mereka
mempersiapkan segala sesuatunya. Mereka akan membawa makanan sesuai
daerah asalnya. Hari ini mereka akan menghias kelas. Ruang festival akan
menjadi lebih meriah. Udin membagi kelompok kerja teman-teman. Kelompok
Beni bertugas menyusun meja dan kursi.
Mereka
membaginya berdasarkan nama pulau besar di Indonesia. Kelompok Siti
bertugas membuat daftar makanan. Apa saja makanan yang akan dipamerkan
saat festival? Daftar makanan ditulis di karton besar. Kelompok Lani
bertugas menjadi penerima tamu. Mereka juga akan mengatur acara
festival. Acara akan menjadi lebih tertib dan teratur. Kelompok Edo
bertugas menyiapkan musik dan lagu. Musik dan lagu untuk mengiringi
acara festival. Acara festival akan menjadi lebih meriah. Kelompok Dayu
akan menyiapkan hiburan. Hiburan pembuka berupa tarian daerah. Tarian
daerah untuk menyambut para tamu yang hadir.
Ayo Berlatih
Festival makanan telah tiba. Udin membawa kue cucur khas Betawi.
kue cucur
Siti
dari Padang membawa contoh Lamang. Lamang adalah makanan khas dari
Padang. Satu batang Lamang dipotong menjadi 20. Siti membaginya untuk
teman-teman.
Kue Lamang
Satu batang lamang Siti bagi untuk 5 orang. Masing-masing mendapat 5/20 atau sama dengan 1/4
(seperempat batang).
Satu batang lagi Siti bagi untuk 10 orang. Masingmasing mendapat 2/20 atau sama dengan 1/10
(sepersepuluh batang).
Manakah nilai yang lebih besar antara 5/20 atau 2/20 ?
Nilai yang paling besar adalah 5/20 (seperempat batang).
Siapakah yang lebih banyak mencicipi lamang dari Padang? Apakah yang mendapat 5/20 atau 2/20 bagian?
yang lebih banyak mencicipi lamang dari padang adalah yang mendapat bagian 5/20 (seperempat batang).
Contoh lain, Perhatikan gambar berikut.
memiliki bagian masing-masing dari pecahan yang di arsir atau berwarna.

Pembelajaran 6
Ayo Mencoba
Hari
Sabtu yang cerah. Siti dan kawan-kawan melangkah dengan gembira. Mereka
siap untuk merayakan festival makanan tradisional. Lani memakai pakaian
adat Bali. Udin dengan pakaian Betawi. Edo tampak gagah dengan pakaian
Maluku. Festival makin semarak. Para peserta memakai pakaian daerah.
Orang tua dan guru sudah mulai berdatangan. Lani bertugas menyambut para
undangan. Lani selalu tersenyum ramah.
Ayo Mengamati
Mengunjungi
festival makanan sungguh menyenangkan. Kamu dapat mencicipi makanan
yang dipamerkan. Kamu juga dapat mencari informasi. Informasi tentang
beragam daerah di Indonesia. Kamu juga dapat mengenal ragam pakaian adat
daerahnya.
Ibu Yuyun berasal dari daerah Lampung pakaian adat dari daerah Lampung adalah kain tapis dan makanan khasnya seruwit
Ibu
Muslana berasal dari Sumatra Selatan pakaian adat dari daerah sumatra
selatan adalah kain songket dan makanan khasnya adalah Pempek.
Ibu
Fitri berasal dari Yogyakarta pakaian adat dari dari daerah Yogyakarta
adalah surjan motif batik dan makanan khasnya adalah gudeg.
Ibu
Melin berasal dari Sumatra Barat pakaian adat dari daerah Sumatra Barat
adalah baju batabue dan makanan khasnya adalah rendang.
Keberagaman negara kita adalah sebuah anugerah. Kita harus saling menghormati setiap
perbedaan. Perbedaan membuat kita kaya.Menjaga persatuan dan kesatuan adalah tugas kita
bersama.Festival makanan telah usai. Masih tersisa beberapa makanan dari masing-masing stan.
Udin sebagai ketua kelas ingin membaginya pada teman-teman.
1. Di stan Sumatra salah satu teman membawa“Juada 8 Jam”. Juada dalam bahasa Palembang
adalah kue. Udin memotong Juada 8 Jam menjadi 18 potong yang sama besar. Lani makan
3 potong Juada. Tuliskan banyaknya Juada 8 Jam yang dimakan oleh Lani. Tuliskan dalam bentuk
lambang bilangan.
Jawabannya adalah 3/18
2. Siti membawa brem dari Jawa. Pasangkan gambar brem dengan pecahan biasa yang bersesuaian dengan memberi tanda panah!
A
A. 2/3
B. 3/5
C
C. 4/6
D
D. 2/6
Ayo Membaca
Jangan Takut pada Hujan
Cuaca
mulai berganti menjelang siang. Matahari tertutup awan. Mendung pun
datang. Saat mendung, langit berubah menjadi agak gelap.Tidak ada sinar
matahari.Mendung adalah awan yang mengandung hujan. Makna ini tertulis
pada Kamus Bahasa Indonesia.Cuaca mendung berlangsung lama dan kelam.
Itu menandakan akan turun hujan. Saat hujan, terkadang petir dan kilat
menyertai. Pernahkah kalian mendengar bunyi petir saat hujan?Adakah yang
pernah melihat kilat saat hujan?Saat hujan, sebaiknya kita berlindung
dalam rumah. Dapat juga berlindung di sekolah dengan aman. Tidak perlu
takut dengan suara petir. Jangan takut juga dengan kilat yang terlihat.
Petir dan kilat tidak akan melukai kita. Pastikan berlindung di tempat
yang aman. Sebaiknya,lakukan aktivitas di dalam rumah saja. Nikmati
makanan atau minuman hangat.
Baiklah
sholeh sholeha bu Yulina, demikian materi kita pada hari ini semoga
kalian semua bisa memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa
laksanakan sholat 5 waktu . Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan
hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar
peserta didik sudah mampu memahami mengidentifikasi pecahan, siswa dapat
menentukan nilai pecahan sebagai bagian dari yang utuh dengan tepat. Namun
masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami menentukan nilai
pecahan. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan
ulang materi tersebut serta memberikan contohnya real dan menjelaskan
kembali materi tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar