Hari/Tanggal : Kamis, 30 Januari 2025
Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Semangat pagi ananda shaleh shaleha yang ibu guru banggakan, bagaimana kabarnya dihari Kamis yang ceria dan berkah ini, sangat menyenangkan ya nak. Semoga kita di awal semester 2 dan di tahun 2025 ini lebih semangat dan lebih baik lagi. Ibu guru berharap kita semua sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin.
Metode : Diskusi, tanya jawab
Apersepsi : Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang menyelesaikan masalah sehari hari yang berkaitan dengan pecahan berpenyebut sama.
Nah sekarang kita akan melanjutkan materi hari ini yaitu tentang bagaimana cara menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar dengan baik. Adapun tujuan pembelajaran kita hari ini adalah :
Tujuan Pembelajaran:
1.Dengan pengalaman yang pernah dilakukan, siswa dapat mensimulasikan bagaimana cara menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar dengan baik.
2. Dengan kegiatan menyelesaikan soal latihan, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan pecahan berpenyebut sama dengan benar.
3. Dengan kegiatan mencermati bacaan, siswa dapat menjelaskan makna/ istilah beruhubungan perubahan yang berpengaruh terhadap aktivitas manusia dengan tepat.
Ayo kita simak video pembelajaran di bawah ini ya nak :
Materi
Menolong sesama adalah perbuatan mulia. Untuk menolong sesama, kita tidak boleh pilih-pilih. Apa pun latar belakang suku dan daerah asalnya. Perbedaan warna kulit bahkan agamanya. Kita wajib menolongnya.
Ini yang dilakukan oleh Udin dan teman-teman. Mereka mendapat kabar tentang pengungsi Gunung Agung. Mereka segera bergerak menghimpun bantuan. Apakah kamu pernah menunjukkan sikap menolong selama ini?
Dayu akan membawa bantuan teman-teman SD Nusantara. Ayah akan mengendarai mobil ke Bali. Dibutuhkan waktu 48 jam perjalanan ke Bali dari Jakarta.
Yuk, kita temani Dayu selama perjalanan ke Bali. Selesaikan soal hitungan di bawah ini.
1. Ibu membawa melon untuk bekal di jalan. Melon dipotong menjadi 8 bagian. Dayu makan 2/8 bagian melon. Ayah makan 3/8 bagian melon. Berapa jumlah melon yang telah dimakan Ayah dan Dayu?
Jawaban:
2/8 + 3/8 = 5/8
Jadi melon yang telah dimakan Ayah dan Dayu sebanyak 5/8.
2. Selama perjalanan Dayu tak henti makan kue lapis. Satu loyang kue lapis dipotong menjadi 12 bagian. Dayu makan 4/12 bagian kue lapis. Ibu makan 2/12 bagian kue lapis. Berapa bagian kue yang telah dimakan Ibu dan Dayu?
Jawaban:
4/12 + 2/12 = 6/12
Jadi, kue yang telah dimakan Ibu dan Dayu sebanyak 6/12.
Yuk coba selesaikan tugas dibawah ini di buku tulismu sebagai tugas hari ini!
Temukan kata-kata yang berhubungan dengan cuaca dalam surat di atas.
Tuliskanlah kata-kata tersebut pada awan-awan yang berarak di halaman berikut ini!
Jelaskan makna kata-kata tersebut. Kamu boleh menggunakan kamus untuk melihat makna katanya.
Jawaban:
Dayu akan membawa bantuan teman-teman SD Nusantara. Ayah akan mengendarai mobil ke Bali. Dibutuhkan waktu 48 jam perjalanan ke Bali dari Jakarta.
Yuk, kita temani Dayu selama perjalanan ke Bali. Selesaikan soal hitungan di bawah ini.
1. Ibu membawa melon untuk bekal di jalan. Melon dipotong menjadi 8 bagian. Dayu makan 2/8 bagian melon. Ayah makan 3/8 bagian melon. Berapa jumlah melon yang telah dimakan Ayah dan Dayu?
Jawaban:
2/8 + 3/8 = 5/8
Jadi melon yang telah dimakan Ayah dan Dayu sebanyak 5/8.
2. Selama perjalanan Dayu tak henti makan kue lapis. Satu loyang kue lapis dipotong menjadi 12 bagian. Dayu makan 4/12 bagian kue lapis. Ibu makan 2/12 bagian kue lapis. Berapa bagian kue yang telah dimakan Ibu dan Dayu?
Jawaban:
4/12 + 2/12 = 6/12
Jadi, kue yang telah dimakan Ibu dan Dayu sebanyak 6/12.
Jelaskan makna kata-kata tersebut. Kamu boleh menggunakan kamus untuk melihat makna katanya.
Jawaban:
1. Matahari: benda angkasa, titik pusat tata surya berupa bola berisi gas yang mendatangkan terang dan panas pada bumi pada siang hari.
2. Cerah: terang (tentang hari, bulan, warna); jernih (tentang kaca).
3. Hujan: titik-titik air yang berjatuhan dari udara karena proses pendinginan.
4. Berubah: menjadi lain (berbeda) dari semula.
5. Cuaca: keadaan udara (tentang temperatur, cahaya matahari kelembapan, kecepatan angin, dan sebagainya) pada satu tempat tertentu dengan jangka waktu terbatas.
Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu Yulina akhiri Wassalamualaikum wr.wb.
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar