Semangat
pagi ananda shaleh shaleha yang ibu guru banggakan, bagaimana kabarnya
dihari Selasa yang ceria dan berkah ini, sangat menyenangkan ya
nak. Semoga kita lebih semangat dan lebih baik lagi. Ibu guru berharap kita
semua sehat dan selalu dalam lindungan
Allah SWT Aamiin.
Tema : 5 Cuaca
Subtema : 4 Cuaca, Musim dan Iklim
Pembelajaran : 5
Muatan : B. Indonesia, Matematika, PPKn
Alat peraga : Video Pembelajaran
Metode : Tanya jawab, Diskusi
Apersepsi :
Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang pengaruh perubahan cuaca terhadap kegiatan manusia.
Nah sekarang kita akan melanjutkan materi hari ini yaitu subtema empat tentang Cuaca, musim dan iklim. menyelesaikan masalah sehari hari yang melibatkan pengurangan pecahan berpenyebut sama dengan benar. Adapun tujuan pembelajaran kita hari ini adalah :
Tujuan Pembelajaran :
1.Siswa dapat menjelaskan tentang pentingnya sikap bersatu dalam keberagaman dalam kehidupan sehari hari di lingkungan sekitar.
2.Dengan
benda kongkret siswa dapat menyelesaikan masalah sehari hari yang
melibatkan pengurangan pecahan berpenyebut sama dengan benar.
Ayo kita simak video pembelajaran di bawah ini ya nak :
Bermain Papan Informasi
Udin
dan teman-teman berkumpul di dalam kelas saat istirahat tiba. Mereka
saling bertukar informasi tentang cuaca, musim, dan iklim.
Udin mengajak teman-teman di kelas bermain papan informasi. Udin meminta mereka membentuk kelompok.
Setiap
informasi ditulis di atas sebuah papan kertas. Lalu, setiap kelompok
menyampaikan informasi yang diperolehnya di depan kelas.
Ajaklah teman teman mu untuk bermain seperti mereka.Informasi apa saja yang bisa dituliska di. Papan tersebut?
Kumpulkan informasi yang akan di tulis di papan.
Ayo Bercerita
Usai bermain, waktu istirahat pun selesai. Sisa-sisa kertas bekas bermain papan informasi berserakan
di lantai kelas. Siti mengajak teman-teman untuk membersihkan kelas.
Ajaklah teman-temanmu untuk membersihkan kelas. Sampaikan bahwa bersatu dalam melakukan suatu hal itu penting dan bermanfaat.
Ayo Mengamati
Berkarya dengan Kertas Bekas Kelas Siti dan teman-teman sudah terlihat bersih.
Siti melihat tumpukan kertas bekas bermain terbuang percuma.
Siti mengambil sisa kertas tadi dan membuat potongan kertas untuk belajar pengurangan pecahan berpenyebut sama.
Inilah contoh alat peraga Siti dari barang bekas.
Masih ingatkah kamu dengan pengurangan pecahan berpenyebut sama?
Kamu dapat membuat alat peraga untuk membantu belajar pengurangan pecahan berpenyebut sama.
Baiklah
sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga
anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa
laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih
kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan
hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar
peserta didik sudah mampu memahami materi tentang pecahan dengan pengurangan yang berpenyebut sama. Namun masih ada
beberapa peserta didik yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan
penjelasan ulang materi tersebut serta bertanya jawab.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar