Kamis, 06 Februari 2025

TEMA 6 SUB TEMA 1 PB 3

7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat untuk Generasi Emas 2045 

Hari/Tanggal     : Jumat, 07 Februari 2025

Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!

Semangat pagi ananda shaleh shaleha yang ibu guru banggakan, bagaimana kabarnya dihari Jumat yang ceria dan berkah ini,  sangat menyenangkan ya nak. Semoga kita lebih semangat dan lebih baik lagi. Ibu guru berharap kita semua sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin.

 

Tema   6            : Energi dan Perubahannya

Subtema   1      : Sumber Energi

Pembelajaran   :  3  

Muatan              : B. Indonesia, Matematika, SBDP

Alat peraga       : Video Pembelajaran

Metode              : Tanya jawab, Demontrasi

Apersepsi :

Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang Cuaca, Musim dan Iklim.

Nah sekarang kita akan melanjutkan materi hari ini yaitu Tema 6 subtema 1 pembelajaran 3 tentang Energi dan Perubahannya. Adapun tujuan pembelajaran kita hari ini adalah :

Tujuan Pembelajaran :

1. Dengan membaca teks percakapan siswa dapat menemukan kosakata/istilah yang terkait dengan perubahan energi dengan tepat

2. Dengan memperhatikan demonstrasi yang ditunjukkan guru, siswa dapat melakukan gerakan kuat dan lemah kaki dalam tari dengan tepat.

3. Dengan mengidentifikasi lama suatu kegiatan, siswa mampu menentukan satuan waktu yang tepat untuk mengukur lama suatu kegiatan berlangsung.

Ayo kita simak video pembelajaran di bawah ini ya nak :


Semua   benda   yang   menghasilkan   energi   disebut   sumber   energi.   Matahari, udara,  air,  tumbuhan,  dan  hewan   merupakan  sumber  energi.  Sumber  energi terbesar   di   bumi    adalah   Matahari.   Tanpa   matahari,   tumbuhan   tidak   bisa melakukan   fotosintesis.   Fotosintesis   ini   menghasilkan   makanan   dan   oksigen. Makanan  dan  oksigen  sangat  penting  untuk  kelangsungan  hidup  manusia  dan makhluk   hidup   lainnya.   Selain   itu,   sinar   matahari   juga   digunakan   sebagai sumber energi listrik melalui PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya).

Air  juga  merupakan  sumber  energi.  Tubuh  kita  memerlukan  air  sekitar  3  liter tiap  hari.  Air  dan  makanan  merupakan  sumber  energi  bagi  tubuh.  Selain  itu, tumbuhan  dan  hewan  juga  merupakan  sumber  energi,  karena  sebagian  besar makanan dihasilkan oleh tumbuhan dan hewan. Manusia dan hewan sangat membutuhkan tumbuhan untuk makanannya.

Air  bukan  hanya  sumber   energi   bagi   tubuh,  tapi   juga   sumber  energi   listrikBendungan   atau   waduk   yang   dimanfaatkan  untuk   menghasilkan  energi   listrik disebut  Pembangkit  Listrik  Tenaga  Air  atau  (PLTA).  Aliran  air  dari waduk/bendungan    memiliki    kekuatan    yang   disebut    Energi    Kinetik.    Energi kinetik    air    menggerakkan    kincir    atau    turbin.    Gerakan    kincir    air    akan menggerakkan   generator   listrik.   Generator   listrik   inilah   yang   membangkitkan energi    listrik.    Selain    sebagai    pembangkit    listrik,    waduk/    bendungan    juga digunakan   untuk   irigasi   (pengairan   sawah),   perikanan,   dan   sebagai   tempat wisata. 

Udara    juga    merupakan    sumber    energi    bagi    tubuh,   yaitu    untuk    bernapas karena udara mengandung Oksigen. Selain itu, udara juga dimanfaatkan untuk menghasilkan  listrik   yang   dinamakan   Pembangkit   Listrik   Tenaga   Bayu   (PLTB). Udara  yang   bergerak   disebut   bayu   atau   angin.   Bayu   (angin)   memiliki   energi kinetik.   Energi   kinetik   inilah   yang   dapat   menggerakkan   kincir.   Kincir   angin dapat   menggerakkan   generator   listrik.   Generator   listrik   akan   membangkitkan energi listrik. 

Sumber   energi   bagi   kendaraan   adalah   BBM   (Bahan   Bakar   Minyak)BBM berasal  dari  fosil  hewan.  Fosil  hewan  adalah  hewan  yang  mati  dan  tertimbun di dalam tanah, jutaan tahun yang lalu. Selain itu, BBM juga digunakan untuk menyalakan kompor, untuk mesian-mesin di pabrik. Lani telah selesai bercakap-cakap dengan teman - teman. Kemudian Lani mengajak teman-temannya untuk berlatih menari. Kali ini mereka akan berlatih Gerak kuat kaki pada tari. Jenis gerakannya hampir sama dengan gerakan sebelumnya. Iringan musiknya lebih cepat sehingga gerakakaki harus lebih kuat. Lani meletakkan tangan di pinggang. Kemudian, kakinya diayunkan mengikuti irama musik yang cepat. Musiknya berirama cepat, kakinya harus diayunkan lebih kuat.  Ingat gerakan yang sudah dipelajari sebelumnya!

 



Selesai latihan menari, Lani dan teman-teman berlatih berhitung. Mereka akan menghitung kegiatan yang dilakukan di sekolah. Sebagai panduan digunakan jadwal pelajaran di sekolah.


  Guru meminta siswa bekerja secara berkelompok. Masing-masing kelompok menghitung lamanya kegiatan selama satu hari. Sebelum siswa bekerja guru menjelaskan cara menentukan lamanya suatu kegiatan.

 


Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb
 

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi tentang energi dan perubahannya. serta menentukan satuan waktu yang tepat untuk mengukur lama suatu kegiatan berlangsung.
Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta bertanya jawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEMA 6 SUB TEMA 4 PB 3 dan 4

         Hari/Tanggal     : Selasa, 11 Maret 202 5 Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!! Assalamualaikum wr wb Selamat pagi, A pa kabar sholeh sh...