Selasa, 18 Maret 2025

KISI-KISI SOAL PTS TEMA 6

    

Hari/Tanggal     : Rabu, 19 Maret 2025  

  

Jadwal PTS semester 2 (genap)

 

Good morning my student....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu guru ,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin Ya Rabbal Alamin.
Sebelum PTS kita mendengarkan tausiah serta pahami  isinya, shalat dhuha dan membaca Al Qur'an. 

 

Hari ini kita akan melaksanakan PTS materi :

1. Tema 6 Sub 1 dan 2
2. Tema 6 Sub 3 dan 4
 
Baiklah sholeh sholeha bu guru, semoga anak-anak dapat mengerjakan PTSi hari ini dengan baik dan teliti,  jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu.
Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb.

 

KISI - KISI SOAL

 

KISI – KISI TEMA 6 SUBTEMA 1 DAN 2

KELAS 3

 

PPKN

-          Disajikan dalam bentuk soal siswa mampu memahami cara menghargai sumber energi dengan benar.

-          Disajikan dalam bentuk soal . Siswa mampu memahami kewajiban terhadap sumber energi dalam kehidupan sehari-hari.

-          Disajikan dalam bentuk soal. Mengetahui kewajiban terhadap sumber energi di lingkungan sekitar dengan benar.

-          Disajikan dalam bentuk pernyataan, perilaku yang  sesuai dengan perilaku menghemat energi listrik (Mematikan televisi jika sudah selesai digunakan, Menggunakan lampu hemat energi, mematikan lampu saat siang hari)

-          Disajikan dalam bentuk pernyataan. Siswa mampu menemukan apa saja kegiatan yang dapat menghemat energi.

-          Disajikan dalam bentuk gambar. Siswa mampu menemukan kegiatan yang dapat menghemat energi.

-          Setelah melaksanakan kewajiban kita akan mendapatkan hak yang harus kita terima

 

BAHASA INDONESIA

-          Disajikan dalam bentuk teks bacaan. Siswa mampu menemukan informasi penting tentang bacaan tersebut dengan tepat. (Teks terkait Alat yang menghasilkan listrik dari tenaga air)

-          Disajikan dalam bentuk soal. Mengidentifikasi informasi mengenai alat pembangkit listrik dengan benar

-          Disajikan dalam bentuk soal. Siswa mampu memahami dan menjawab pertanyaan dengan tepat terkait perubahan energi.

-          Disajikan dalam bentuk pernyataan. Mengidentifikasi informasi yang  berkaitan dengan sumber energi pada tumbuhan

-          Disajikan dalam bentuk soal. Mengidentifikasi informasi yang  berkaitan degan perubahan energi terhadap kehidupan menusia dengan tepat. (Contoh : kipas angin = perubahan energi listrik menjadi energy gerak.

-          Kewajiban menghemat air dalam kehidupan sehari – hari

 

MATEMATIKA

-          Disajikan dalam bentuk gambar. Siswa mampu menunjukkan waktu dengan benar

-          Disajikan dalam bentuk pernyataan soal cerita. Siswa mampu menghitung lama waktu.

-          Disajikan dalam bentuk pernyataan. Siswa mampu menghitung lama waktu serta menggambarkan jam dengan tepat. ( contoh : gambarlah jam yang menunjukan pukul 13.30 gambar jamnya

 

-          Disajikan dalam bentuk soal siswa mampu menghitung lamanya bulan dan tahun (contoh : 12 bulan =……tahun)

-          Disajikan dalam bentuk soal, siswa mampu menghitung lama waktu sebelumnya (Contoh : 5  jam setelah pukul 7 pagi adalah pukul….)

SBDP

-          Disajikan dalam bentuk soal tentang lagu yang bertemakan sumber energi. Siswa mampu memahami tentang lagu yang bertema sumber energi.

-          Mengetahui nama pengarang lagu “Matahari”

-          Disajikan dengan bentuk gambar sebuah tarian dan menyebutkan asal daerah tarian tersebut.

-          Disajikan dalam bentuk gambar dan kalimat. Memahami dinamika gerak tari  dengan benar

-          Disajikan dengan bentuk kalimat. Mengidentifikasi dan memberikan contoh alat musik ritmis

 

Latihan Soal :

1.       Hak yang dimiliki atas penggunaan energi antara lain…

a.       Mendapatkan makanan sebagai sumber energi

b.      Dilarang menggunakan listrik

c.       Dilarang mengikuti acara televisi

d.      Menggunakan air hanya untuk memasak

 

2.       Perubahan energi pada penggunaan mixer, AC, pompa air, mobil mainan, kipas angin listrik adalah

a.       Energi listrik menjadi energi gerak

b.      Energi gerak menjadi energi panas

c.       Energi listrik menjadi energi panas

d.      Energi panas menjadi energi kimia

 

3.       Alat yang menghasilkan listrik dari tenaga air adalah….

a.       Seismograf                      c. Turbin

b.      Fotovoltaik                      d. Aerogenerator

 

4.       Tumbuhan dan hewan adalah sumber makanan. Makanan menghasilkan energi tubuh. Jadi, tumbuhan dan hewan termasuk sumber……

a.       Energi                           c. Hidup

b.      Alami                            d. Penghasilan

 

5.       Shandi tinggal di Bali selama 2 tahun. Karena ayahnya pindah tugas maka sekarang Shandi pindah ke Lampung. Berapa bulankah Shandi tinggal di Bandung ....

a.       12 bulan                                c. 36 bulan        

b.      24 bulan                              d. 48 bulan

 

6.       Perhatikan gambar di samping !

Jam di bawah ini menunjukkan pukul ....

Description: Clock Face Analog Signal Analog Watch Digital Clock, PNG, 600x600px, 12hour  Clock, Clock, Aiguille, Alarm Clocks,

a.       12.30                            c. 11.00

b.      12.15                            d. 11.15

 

7.       Perhatikan nama-nama alat musik di bawah ini !                              

i. Tamborin                              

ii.   Piano    

iii. Marakas

iv. Gitar

Yang termasuk alat musik ritmis terdapat pada ....

a.       i, dan ii                                               

b.      i, dan iii

c.       i dan iv

d.      ii dan iv

 

8.       Tuliskan contoh  tarian tradisional yang kamu ketahui dan sebutkan asal daerahnya…

9.       Satu tahun ada….bulan. tiga tahun ada….bulan.

10.   Kewajiban kita supaya sumber energi dapat tetap lestari adalah…

 

 

 

 

 

KISI –KISI TEMA 6 SUBTEMA 3 DAN 4

KELAS 3

 

 

PPKN

-          Disajikan dalam bentuk soal. Siswa dapat menunjukkan perilaku yang menunjukkan kewajiban dirumah terkait penghematan sumber energi.

-          Disajikan dalam bentuk soal. Siswa mampu mengidentifikasi perilaku yang menunjukkan kewajiban dirumah terkait penghematan energi.

-          Disajikan dalam bentuk teks pernyataan. Siswa mampu menyebutkan perilaku yang menunjukkan kewajiban dirumah terkait penghematan energi.

-          Disajikan dalam bentuk gambar. Siswa mampu menyebutkan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga  sekolah.

BAHASA INDONESIA

-          Disajikan dalam bentuk teks bacaan paragraf. Siswa mampu Mengidentifikasi kosakata dan istilah khusus yang berkaitan dengan sumber energi.

-          Disajikan dalam bentuk soal. Siswa mampu menentukan sumber energi.

-          Disajikan dalam bentuk teks.  Siswa mampu menentukan contoh perubahan energi.

-          Disajikan dalam bentuk teks bacaan paragraf. Siswa dapat menentukan perilaku menghemat energy

-          Disajikan dalam bentuk teks bacaan. Siswa dapat menggunakan kosakata terkait sumber energi untuk menyampaikan informasi.

MATEMATIKA

-          Disajikan melalui gambar. Siswa mampu menuliskan tanggal kadaluarsa pada sebuah makanan.

-          Disajikan dalam bentuk teks. Siswa mampu mengidentifikasi mana kegiatan yang lebih lama dan mana  yang lebih singkat

-          Disajikan dalam bentuk teks . Siswa mampu menentukan mana kegiatan yang lebih lama dan mana  yang lebih singkat

-          Disajikan dalam bentuk gambar. Siswa mampu menjelaskan mana kegiatan yang lebih lama dan mana  yang lebih singkat.

-          Disajikan dalam bentuk gambar. Siswa mampu menghitung luas dan keliling bangun datar

SBDP

-          Disajikan dalam gambar. Siswa menyebutkan garis, bidang dan warna pada gambar.

-          Disajikan dalam bentuk gambar. Siswa menyebutkan karya dekoratif.

-          Disajikan dalam bentuk teks. Siswa mampu mengidentifikasi karya dekoratif

-          Disajikan dalam bentuk Teks. Siswa mampu melipat kertas

-          Mengidentifikasi ciri-ciri teknik  sambung (menempel dan menjahit) dalam suatu karya keterampilan  dengan tepat.

Soal Latihan

1. Lani  mempunyai hak untuk mendapatkan menikmati lingkungan segar. Namun selain memiliki hak Lani juga memiliki kewajiban untuk menjaga kebersihan lingkungan. Salah satu kewajiban Lani agar dapat menikmati lingkungan segar adalah ....

a. Membuang sampah sembarangan

b. Menebang pohon

c. Membersihkan lingkungan yang kotor.

d. Membiarkan sampah berserakan.

 

2.  Reno merupakan anak yang pandai. Reno dapat membagi waktu bermain dan belajarnya. Setiap pulang dari sekolah, Reno bermain dengan teman-temannya. Setelah bermain, Reno tidak lupa dengan kewajibannya sebagai seorang siswa yaitu belajar.

Berdasarkan sikap tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa hak dan kewajiban harus dilakukan dengan…

a.  Seimbang.                                 c. Semena - mena     

b.  Semaunya.                               d. Sesempatnya        

3.       Briket adalah bahan bakar pengganti bahan bakar minyak atau BBM. Briket dapat dibuat dari bahan bambu, serbuk gergaji, atau batok kelapa. Bahan yang digunakan untuk membuat briket adalah....

a.    Kertas                               c. Batok kelapa

b.    Plastik                               d. Semen

 

4.      

Pada gambar minuman kaleng di atas, tertulis petunjuk batas tanggal kadaluarsa yang artinya ….

a.     Minuman akan layak dikonsumsi setelah tanggal 21 Oktober 2021

b. minuman sebaiknya tidak dikonsumsi ketika tanggal 21 Oktober 2021

c. minuman masih baik dikonsumsi sampai tanggal 21 Oktober 2021

d. minuman jangan dibuka sebelum tanggal 21 Oktober 2021

5.       Mempunyai banyak jendela di rumah dapat membuat kita menghemat penggunaan lampu, karena adanya jendela dapat membuat ….
a. Udara sejuk                         c. Sinar matahari masuk ke rumah
b. Suhu ruangan naik             d. Cahaya lampu semakin terang

6.       Andi bermain layang-layang mulai pukul 15.00 sampai 16.00. Kakak mandi sore mulai pukul 16.30 sampai pukul 17.00. Kegiatan manakah yang lebih lama….

a. mandi                             c. membaca buku

b. mencuci                          d. bermain layang – laying

 

7.       Keliling bidang berasir dibawah ini adalah.......persegi satuan

a.       18                                   c. 24

b.      20                                   d. 26

 

8.       Mila mulai membantu ibunya memasak pada pukul 09.00. Setelah membantu selama 1 jam 30 menit, maka jam dinding di dapur menunjukkan pukul ….

 

 

9.       .  Warna yang paling dominan pada gambar disamping adalah…

a. merah                              c. biru

b. hijau                                d. kuning

 

10.    Perhatikan contoh karya seni dekoratif berikut ini!

1.       Patung

2.       Kolase

3.       Gambar cerita

4.       Buku cerita

Dari pernyataan diatas yang termasuk contoh karya seni dekoratif ditunjukkkan pada nomor..

a.    1                                  c. 3

b.    2                                  d. 4

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KISI-KISI SOAL PTS TEMA 6

      Hari/Tanggal     : Rabu, 19 Maret 202 5      Jadwal PTS semester 2 (genap)   Good morning my student.... Tabik pun ,,,!! Apa kabar...