Hari/Tanggal : Kamis, 17 April 2025
Good morning my students....
Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.
Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya,sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.
Baiklah sholih sholiha bu guru, sebelum kita masuk ke materi pembelajaran kita melakukan tepuk semangat terlebih dahulu ya nak.
Subtema 2 : Perkembangan Teknologi Produksi Sandang
Pembelajaran : 4 dan 5
Muatan : B. Indonesia, Matematika, SBDP
Alat peraga : Video Pembelajaran
Metode : Tanya jawab, Demontrasi
Apersepsi :
Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang Perkembangan teknologi produksi pangan dengan benar. Nah sekarang kita akan mempelajari tentang perkembangan teknologi produksi sandang dan menentukan banyak simetri putar pada sebuahbangun datar menggunakan benda konkret.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah :
Tujuan Pembelajaran:1. Dengan
membaca teks, siswa dapat menemukan bermacam-macam hasil produksi
teknologi produksi sandang di lingkungan setempat dengan tepat. 2. Dengan membaca teks, siswa dapat menuliskan prang-orang yang terlibat dalam proses pembuatan pakaian dengan tepat. 3. Dengan
melakukan percobaan terhadap beberapa bentuk bangun datar, siswa dapat
mengidentifikasi bangun datar yang memiliki simetri putar dengan
menggunakan benda konkret. 4. Dengan berlatih, siswa dapat menentukan banyak simetri putar pada sebuah bangun datar menggunakan benda konkret. 5. Dengan mencermati gambar, siswa dapat menjelaskan pentingnya memahami keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.
Apersepsi :
Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang Perkembangan teknologi produksi pangan dengan benar. Nah sekarang kita akan mempelajari tentang perkembangan teknologi produksi sandang dan menentukan banyak simetri putar pada sebuahbangun datar menggunakan benda konkret.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah :
Tujuan Pembelajaran:6. 6. Dengan melakukan pengamatan lingkungan sekitar, siswa dapat menulis cerita tentang pentingnya memahami keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.
Baiklah soleh solekhah bu guru, yuk kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, semangat 💪
Ayo kita simak video pembelajaran di bawah ini ya nak :
Dahulu, orang-orang menggunakan baju adat sebagai pakaian sehari-hari. Saat ini, jenis pakaian sangat beragam. Apa sajakah itu? Mari, kita pelajari!
Ayo Membaca!
Bacalah teks berikut dengan intonasi yang tepat!
Jenis-jenis Pakaian
Lani sedang mengamati pakaiannya. Ternyata ia memiliki banyak jenis pakaian. Ada pakaian yang ia gunakan sehari-hari. Ada juga pakaian yang ia gunakan pada waktu tertentu.
Salah satu jenis pakaian Lani adalah seragam sekolah. Lani mengenakan seragam saat pergi ke sekolah. Teman-teman Lani juga mengenakan seragam saat ke sekolah. Mereka mengenakan seragam sesuai jadwal.
Sepulang sekolah, Lani mengganti baju seragamnya dengan pakaian rumah. Lani memiliki beberapa jenis pakaian rumah. Lani mengenakan kaus, celana selutut, atau rok saat di rumah. Lani juga memiliki beberapa baju yang digunakan saat tidur.
Lani memiliki baju yang dipakai untuk berolahraga. Lani mengenakan baju olahraga yang sesuai dengan ukuran tubuhnya. Bahan baju olahraga Lani mudah menyerap keringat. Lani dapat bergerak bebas dengan baju olahraganya.
Lani memiliki beberapa baju yang digunakan untuk waktu tertentu. Ada baju hangat yang digunakan saat udara dingin. Ada juga gaun yang biasa digunakan saat pergi ke pesta.
Lani bersyukur memiliki cukup pakaian. Ia teringat orang zaman dahulu yang hanya memiliki satu jenis pakaian. Lani menyayangi semua pakaiannya. Ia memakainya dengan hati-hati agar tidak cepat rusak.
Amati teks pada halaman sebelum ini! Lalu carilah informasi dari setiap paragraf! Tuliskan pada tabel berikut ini!
NO | PARAGRAF | INFORMASI |
1. | Paragraf 1 | Lani sedang mengamati pakaiannya |
2. | Paragraf 2 | Salah satu jenis Pakaian Lani adalah seragam sekolah |
3. | Paragraf 3 | Lani mengganti baju seragamnya dengan pakaian rumah |
4. | Paragraf 4 | Lani memiliki baju yang dipakai untuk olahraga |
5. | Paragraf 5 | Lani memiliki beberapa baju yang digunakan untuk waktu tertentu |
6. | Paragraf 6 | Lani bersyukur memiliki cukup pakaian |
Ayo Mencoba!
Amati gambar di bawah!
Cara berpakaian orang berbeda-beda. Siti selalu memakai kerudung dan baju yang menutupi seluruh tubuhnya. Lani dan Dayu senang memakai celana selutut dan kaos lengan pendek. Meskipun berbeda dalam cara berpakaian, mereka tetap berteman.
Jelaskan manfaat saling menghargai perbedaan!
Menurut ibu guru, manfaat dari saling menghargai salah satunya adalah:
1. Menjaga persatuan dan keutuhan bangsa indonesia
2. Muncul sikap tenggang rasa
dan masih banyak lagi manfaat dari saling menghargai perbedaan.
Amatilah anak-anak di sekitar rumahmu! Apakah
mereka beragam? Dalam hal apa saja? Apa yang
kamu lakukan terhadap mereka? Ceritakanlah!
Tuliskan ceritamu pada tempat tersedia!
Ayo Membaca!
Bacalah teks berikut dengan teliti!
Dari Bahan Dasar Sampai ke Pasar
Pakaian berasal dari bahan dasar yang berbeda. Ada yang berasal dari kapas dan serat daun. Ada yang berasal dari bulu domba dan serat sutra. Bahan dasar pakaian banyak didapat dari lingkungan sekitar.
Petani dan peternak menyediakan bahan dasar pakaian. Petani menyediakan kapas dan beberapa jenis daun. Bulu domba disediakan oleh peternak domba. Serat sutra disediakan oleh peternak ulat sutra.
Bahan dasar dikumpulkan dan dibawa ke pabrik pemintalan. Pemintal memintal bahan dasar di pabrik pemintalan. Mereka memintal bahan dasar menjadi benang. Pemintalan dilakukan dengan mesin-mesin modern.
Benang yang telah dipintal dibawa ke pabrik kain. Penenun menenun benang menjadi kain. Mereka menenun dengan mesin modern.
Kain hasil tenunan dibawa ke tukang jahit. Penjahit menjahit kain menjadi baju. Mereka menjahit berbagai jenis baju. Mereka menjahit dengan mesin yang canggih. Baju yang dihasilkan dibawa ke pasar untuk dijual.
Keberagaman pekerjaan membuat hidup menjadi lebih mudah. Kita memiliki pakaian karena bantuan petani dan peternak. Kita dapat mengenakan pakaian karena bantuan pemintal dan penenun. Kita memiliki baju karena bantuan penjahit.
Kamu sudah membaca teks “Dari Bahan Dasar
Sampai ke Pasar”. Siapa saja yang terlibat dalam
pembuatan pakaian?
Masih ingatkah kamu dengan motif kain kesayangan ibu Udin? Salah satu motifnya adalah persegi.
Ikutilah langkah-langkah berikut!
1. Gambarlah persegi di atas karton dengan panjang sisi 5 cm.
2. Guntinglah gambarmu dengan rapi.
3. Jiplaklah bangun persegi yang kamu buat di buku latihanmu.
4. Tentukan titik pusatnya.
5. Letakkan karton persegimu tepat di atas gambar persegi yang kamu buat.
6. Cobalah memutar karton persegimu searah jarum jam.
7. Apakah bangun datar tersebut dapat memenuhi garis yang kamu buat dengan tepat?
8. Cobalah putar lagi sampai menempati posisi semula.
9. Berapa kali putaran persegi dapat menempati bingkainya, apabila diputar satu kali putaran penuh?
Baiklah
sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga
anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa
laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih
kepada ayah dan bunda. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb. REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : Berdasarkan
hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar
peserta didik sudah mampu memahami materi tentang Perkembangan Teknologi Produksi sandang, dapat
mengidentifikasi bangun datar yang memiliki simetri putar dengan
menggunakan benda konkret. Namun masih ada
beberapa peserta didik yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan
penjelasan ulang materi tersebut serta bertanya jawab.
Berdasarkan
hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar
peserta didik sudah mampu memahami materi tentang Perkembangan Teknologi Produksi sandang, dapat
mengidentifikasi bangun datar yang memiliki simetri putar dengan
menggunakan benda konkret. Namun masih ada
beberapa peserta didik yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan
penjelasan ulang materi tersebut serta bertanya jawab.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar