Senin, 21 April 2025

TEMA 7 SUB TEMA 2 PB 6

   

7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat untuk Generasi Emas 2045   

Hari/Tanggal     : Senin, 21 April 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

 Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya,sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

Baiklah sholih sholiha bu guru, sebelum kita masuk ke materi pembelajaran kita melakukan tepuk semangat terlebih dahulu ya nak.

Tema   7            : Perkembangan Teknologi

 Subtema   2      : Perkembangan Teknologi Sandang

 Pembelajaran   : 6 

 Muatan              : B. Indonesia, Matematika, SBDP

 Alat peraga       : Video Pembelajaran

Metode              : Tanya jawab, Demontrasi

Apersepsi : 

Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang Perkembangan teknologi produksi pangan dengan benar. Nah sekarang kita akan mempelajari tentang perkembangan teknologi Komunikasi dan menentukan banyak simetri putar pada sebuah bangun datar menggunakan benda konkret.

 

 Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah :

 TUJUAN PEMBELAJARAN:

1. Dengan mencermati teks, siswa dapat menjelaskan manfaat dan menceritakan kembali informasi mengenai teknologi produksi sandang di lingkungan setempat dengan tepat
 
2. Siswa dapat bersyukur kepada Tuhan dan menyadari keberadaannya sebagai mahluk Tuhan di tengah keragaman suku, agama, dan adat istiadat.
 
3. Dengan melakukan percobaan terhadap beberapa bentuk bangun datar, siswa dapat mengidentifikasi bangun datar yang memiliki simetri putar dengan menggunakan benda konkret.

Baiklah yuk kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, semangat 💪

Edo sangat senang karena tahu asal pakaiannya. Edo ingin belajar tentang pakaian profesi. 

Ikutilah kegiatan Edo dan teman-temannya!

Ayo Membaca

Pakaian Profesi

Edo dan teman-temannya belajar tentang pakaian profesi. Pakaian profesi adalah pakaian yang digunakan oleh profesi tertentu. Pakaian tersebut biasa dikenakan saat mereka bekerja. Pada zaman dahulu tidak ada pakaian profesi seperti saat ini.  

Pakaian profesi banyak jenisnya. Ada pakaian profesi yang dikenakan oleh dokter, tentara, dan polisi. Ada juga pakaian profesi pilot dan pengacara.

Pakaian profesi dikenakan sesuai keperluan. Dokter memakai pakaian dokter saat praktik. Pak polisi mengenakan seragam polisi saat bertugas. Ibu pengacara mengenakan pakaian pengacara saat bersidang. Pakaian profesi tidak dipakai setiap saat.

Banyak orang senang mengenakan pakaian profesi. Pakaian profesi adalah tanda pengenal suatu profesi. Orang yang mengenakan pakaian polisi adalah seorang polisi. Kita dapat membedakan pilot dengan pramugari dari pakaian yang dikenakannya. Pakaian profesi juga dapat menjadi kebanggaan orang yang memakainya.

Amatilah teks “Pakaian Profesi”!

1. Jawablah pertanyaan berikut ini!


Ayo Berlatih!

Edo dan teman-temannya sangat senang belajar tentang pakaian profesi. Mereka berencana mengadakan kegiatan menarik. Mereka ingin memakai pakaian profesi sesuai cita-cita Setiap anak memiliki cita-cita. Mereka memiliki cita-cita yang berbeda. Udin ingin menjadi dokter. 

Dayu ingin menjadi pilot. Lani ingin menjadi perawat. Edo ingin menjadi polisi. Siti ingin menjadi perancang busana. Beni ingin menjadi penyiar televisi.

Amatilah gambar Edo dan teman-temannya!
2. Jawablah pertanyaan berikut!
 
Edo dan teman-temannya mempunyai cita-cita yang berbeda. Perbedaan itu tidak membuat mereka berpecah belah. Mereka berbeda, tetapi tetap rukun. 

Ayo Mencoba!

Masih ingatkah kamu dengan motif kain kesayangan ibu Udin? Salah satu motifnya adalah persegi. 

Ikutilah langkah-langkah berikut!

1. Gambarlah persegi di atas karton dengan panjang sisi 5 cm. 

2. Guntinglah gambarmu dengan rapi.

3. Jiplaklah bangun persegi yang kamu buat di buku latihanmu.

4. Tentukan titik pusatnya.

5. Letakkan karton persegimu tepat di atas gambar persegi yang kamu buat.

6. Cobalah memutar karton persegimu searah jarum jam. 

7.  Apakah bangun datar tersebut dapat memenuhi garis yang kamu buat dengan tepat?

8. Cobalah putar lagi sampai menempati posisi semula.

9. Berapa kali putaran persegi dapat menempati bingkainya, apabila diputar satu kali putaran penuh? 



Apakah persegi termasuk bangun datar yang memiliki simetri putar?

Berapakah jumlah simetri putarnya?

Isilah Tabel percobaan berikut ini ya nak...
 

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada ayah dan bunda. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb. 
 
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi tentang Perkembangan Teknologi Produksi sandang, dapat mengidentifikasi bangun datar yang memiliki simetri putar dengan menggunakan benda konkret. Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta bertanya jawab.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEMA 8 SUB TEMA 2 PB 1, 2 dan 3

         Hari/Tanggal     : Jumat, 02 Mei 202 5     Good morning my students....   Tabik pun ,,,!! Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulin...