Hari/Tanggal : Senin, 21 April 2025
Good morning my students....
Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.
Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya,sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.
Baiklah sholih sholiha bu guru, sebelum kita masuk ke materi pembelajaran kita melakukan tepuk semangat terlebih dahulu ya nak.
Tema 7 : Perkembangan Teknologi
Subtema 2 : Perkembangan Teknologi Sandang
Pembelajaran : 6
Muatan : B. Indonesia, Matematika, SBDP
Alat peraga : Video Pembelajaran
Metode : Tanya jawab, Demontrasi
Apersepsi :
Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang Perkembangan teknologi produksi pangan dengan benar. Nah sekarang kita akan mempelajari tentang perkembangan teknologi Komunikasi dan menentukan banyak simetri putar pada sebuah bangun datar menggunakan benda konkret.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah :
TUJUAN PEMBELAJARAN:
Baiklah yuk kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, semangat 💪
Edo sangat senang karena tahu asal pakaiannya. Edo ingin belajar tentang pakaian profesi.
Ikutilah kegiatan Edo dan teman-temannya!
Ayo Membaca
Pakaian Profesi
Edo dan teman-temannya belajar tentang pakaian profesi. Pakaian profesi adalah pakaian yang digunakan oleh profesi tertentu. Pakaian tersebut biasa dikenakan saat mereka bekerja. Pada zaman dahulu tidak ada pakaian profesi seperti saat ini.
Pakaian profesi banyak jenisnya. Ada pakaian profesi yang dikenakan oleh dokter, tentara, dan polisi. Ada juga pakaian profesi pilot dan pengacara.
Pakaian profesi dikenakan sesuai keperluan. Dokter memakai pakaian dokter saat praktik. Pak polisi mengenakan seragam polisi saat bertugas. Ibu pengacara mengenakan pakaian pengacara saat bersidang. Pakaian profesi tidak dipakai setiap saat.
Banyak orang senang mengenakan pakaian profesi. Pakaian profesi adalah tanda pengenal suatu profesi. Orang yang mengenakan pakaian polisi adalah seorang polisi. Kita dapat membedakan pilot dengan pramugari dari pakaian yang dikenakannya. Pakaian profesi juga dapat menjadi kebanggaan orang yang memakainya.
Amatilah teks “Pakaian Profesi”!
1. Jawablah pertanyaan berikut ini!
Ayo Berlatih!
Edo dan teman-temannya sangat senang belajar tentang pakaian profesi. Mereka berencana mengadakan kegiatan menarik. Mereka ingin memakai pakaian profesi sesuai cita-cita Setiap anak memiliki cita-cita. Mereka memiliki cita-cita yang berbeda. Udin ingin menjadi dokter.
Dayu ingin menjadi pilot. Lani ingin menjadi perawat. Edo ingin menjadi polisi. Siti ingin menjadi perancang busana. Beni ingin menjadi penyiar televisi.
Masih ingatkah kamu dengan motif kain kesayangan ibu Udin? Salah satu motifnya adalah persegi.
Ikutilah langkah-langkah berikut!
1. Gambarlah persegi di atas karton dengan panjang sisi 5 cm.
2. Guntinglah gambarmu dengan rapi.
3. Jiplaklah bangun persegi yang kamu buat di buku latihanmu.
4. Tentukan titik pusatnya.
5. Letakkan karton persegimu tepat di atas gambar persegi yang kamu buat.
6. Cobalah memutar karton persegimu searah jarum jam.
7. Apakah bangun datar tersebut dapat memenuhi garis yang kamu buat dengan tepat?
8. Cobalah putar lagi sampai menempati posisi semula.
9. Berapa kali putaran persegi dapat menempati bingkainya, apabila diputar satu kali putaran penuh?
Apakah persegi termasuk bangun datar yang memiliki simetri putar?
Berapakah jumlah simetri putarnya?
Baiklah
sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga
anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa
laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih
kepada ayah dan bunda. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb. REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan
hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar
peserta didik sudah mampu memahami materi tentang Perkembangan Teknologi Produksi sandang, dapat
mengidentifikasi bangun datar yang memiliki simetri putar dengan
menggunakan benda konkret. Namun masih ada
beberapa peserta didik yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan
penjelasan ulang materi tersebut serta bertanya jawab.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar