Hari/Tanggal : Kamis, 08 Mei 2025
Good morning my students....
Tabik pun ,,,!!
Apa
kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua
dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT serta tetap
bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.
Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.
Tema 8 : Prajamuda karana
Subtema 2 : Aku Anak Mandiri
Pembelajaran : 1 dan 2
Muatan : B. Indonesia, Matematika, SBDP
Alat peraga : Video Pembelajaran
Metode : Tanya jawab, diskusi, Demontrasi
Apersepsi :
Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang jenis-jenis sudut dengan benar. Nah sekarang kita akan mempelajari tentang jenis lambang/simbol lalu lintas dengan benar.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah :
Tujuan Pembelajaran
1. Setelah membaca, siswa dapat mengindentifikasi jenis lambang/simbol lalu lintas dengan benar.
2. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mengidentifikasi data yang disajikan dalam diagram gambar dengan benar.
3. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur garis, dan warna dalam sebuah karya dekoratif dengan benar.
4.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat merancang penggunaan kombinasi
garis, bidang, dan warna untuk membuat karya dekoratif dengan benar.
5. Setelah membaca teks, siswa dapat menyebutkan contoh sikap yang sesuai arti teks Bhinneka Tunggal Ika dengan benar.
6. Setelah mengamati, siswa dapat mengklasifikasi jenis lambang/simbol lalu lintas dengan benar.
Ayo Membaca!
Bacalah dengan nyaring! Perhatikan intonasi pada saat membaca!
Aku Anak Mandiri

Aku
anggota pramuka yang mandiri. Anggota pramuka dilatih untuk dapat
bekerja secara mandiri. Aku selalu berusaha bekerja tanpa bantuan orang
lain. Aku selalu menyiapkan peralatan sendiri. Aku menyiapkan dan
mengenakan seragam pramuka sendiri.
Aku
mengenakan kelengkapan seragam pramuka secara mandiri. Seragam pramuka
memiliki banyak kelengkapan. Diantaranya baju seragam lengkap dengan
celana atau rok. Baju dilengkapi dengan tanda-tanda pramuka. Ada juga
tutup kepala dan setangan leher. Dilengkapi dengan ikat pinggang, kaus
kaki, dan sepatu.
Latihan
pramuka membuatku menjadi mandiri. Aku sudah dapat mandiri melakukan
kegiatan. Aku selalu menyiapkan perlengkapan sekolah secara mandiri. Aku
mengerjakan tugas dan merapikan kamar secara mandiri. Untuk dapat
mengerjakan kegiatan secara mandiri perlu berlatih. Latihan akan
menyenangkan jika dikerjakan secara bersama-sama. Dalam pramuka, aku
berlatih mengerjakan tugas secara mandiri bersama teman-teman.
Apa saja kegiatan yang sudah kamu lakukan secara mandiri?
Kegiatan yang bisa kita lakukan secara mandiri
-Memakai baju
-Memakai kaos kaki
-Memakai sepatu
-Memakai tali sepatu
-Memakai ikat pinggang
-Menyiapkan peralatan sekolah
Seragam yang dikenakan Udin dan Siti merupakan seragam pramuka siaga.
Perhatikan persamaan dan perbedaan di antara keduanya!

Aku
anggota pramuka yang suka bertualang. Bertualang berarti pergi ke
mana-mana mencari pengalaman. Anggota pramuka senang bertualang. Mereka
mengunjungi berbagai tempat untuk
belajar. Mereka juga senang mengunjungi tempat yang belum dikenal.
Mengunjungi
berbagai tempat di Indonesia termasuk bertualang. Indonesia negara yang
sangat kaya dengan budaya. Indonesia juga memiliki pemandangan alam
yang sangat indah.
Mengenal budaya Indonesia sebagai tanda
cinta pada tanah air. Melihat keindahan alam Indonesia juga merupakan
kegiatan yang mengasyikkan.
Mari kita
bertualang untuk mengenal budaya dan keindahan di Indonesia. Bertualang
juga dapat mengenal berbagai permainan tradisional di Indonesia. Saat
bertualang, kita dapat mengenal berbagai rambu lalu lintas. Menaati
peraturan lalu lintas membuat perjalanan lebih aman dan menyenangkan.

Ayo Membaca
Hari
ini Udin dan kawan-kawan akan bertualang. Mereka akan mencari tahu
tentang lingkungan sekolah. Kegiatan dilakukan melalui permainan mencari
jejak.
Udin memperhatikan tanda yang sudah
disepakati agar aman bertualang. Tanda yang digunakan berupa bendera
kertas berwarna. Bendera berwarna merah menunjukkan perintah belok kiri.
Bendera berwarna kuning menunjukkan perintah belok kanan. Bendera warna
hijau menunjukkan perintah berjalan lurus.
Semua anggota kelompok juga mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Mereka menyeberang jalan di zebra
cross. Mereka selalu berjalan di sebelah kiri jalan. Mereka juga memperhatikan keadaan lalu lintas saat menyeberang jalan.
Udin dan teman-teman selalu mematuhi peraturan lalu lintas. Mereka menyeberang jalan pada tempat
yang
seharusnya. Sebelum menyeberang jalan, mereka selalu menengok ke kanan
dan ke kiri. Mereka memastikan keamanan saat menyeberang jalan. Mereka
juga selalu berjalan di bagian jalan sebelah kiri. Udin dan kawan-kawan
patuh pada peraturan.
Ayo Berlatih
Udin dan teman-teman melaporkan catatan hasil perjalanan. Laporan berisi banyak bendera yang ditemukan selama perjalanan.
Laporan tersebut disajikan juga dalam bentuk diagram. Laporan dalam bentuk diagram terlihat seperti berikut!
Ada banyak kendaraan di jalan raya. Ada mobil dan ada motor.
Semua
pengendara harus mematuhi aturan lalu lintas. Semua pengendara
kendaraan bermotor harus memiliki surat izin mengemudi. Semua harus
mengikuti peraturan lalu lintas, agar selamat di perjalanan.
Hiasan
pada benda seni ada berbagai bentuk. Ada hiasan berbentuk titik-titik
dan ada juga yang berbentuk garis. Contoh benda seni berhias titiktitik
sebagai berikut!
Ayo Membaca
Mengenal Budaya Indonesia
Indonesia
negara yang kaya akan budaya. Ada berbagai macam suku dan agama di
Indonesia. Masyarakat memiliki kebiasaan dan budaya yang sangat beragam.
Bertualang
untuk mengenal budaya Indonesia merupakan tanda cinta tanah air.
Bertualang untuk mengenal keindahan juga merupakan kegiatan
menyenangkan.
Keragaman
budaya dipengaruhi oleh letak wilayah Indonesia. Indonesia negeri yang
sangat luas dan kaya. Indonesia yang luas terdiri atas lautan dan
daratan. Indonesia juga memiliki pantai dan pegunungan yang sangat
indah. Kebiasaan masyarakat di pegunungan berbeda dengan masyarakat di
pesisir pantai.
Meskipun berbeda-beda
bangsa Indonesia tetap hidup rukun. Semua bekerja sama menjaga
Indonesia. Hal ini sesuai dengan semboyan Indonesia, yaitu Bhinneka
Tunggal Ika. Semboyan tersebut terdapat pada lambang negara Garuda
Pancasila. Semboyan tersebut tertulis pada pita yang dicengkram burung
garuda.
Keberagaman harus disyukuri sebagai rahmat dari Tuhan. Menerima dan menghormati perbedaan termasuk sikap yang disukai Tuhan.
Apa saja kegiatan yang sudah kamu lakukan secara mandiri?
Kegiatan yang bisa kita lakukan secara mandiri
-Memakai baju
-Memakai kaos kaki
-Memakai sepatu
-Memakai tali sepatu
-Memakai ikat pinggang
-Menyiapkan peralatan sekolah
Seragam yang dikenakan Udin dan Siti merupakan seragam pramuka siaga.
Perhatikan persamaan dan perbedaan di antara keduanya!
Ayo Berlatih!
Perhatikan pula tanda/atribut yang dikenakan seperti gambar berikut ini.
Perhatikan bentuk tanda pramuka tersebut. Bentuk tanda pramuka merupakan bentuk bangun datar.
Ada lingkaran, segitiga, persegi, dan persegi panjang.
Ayo Menari!
Pernahkah kamu menari tari tempurung? Cobalah ikuti kegiatan berikut ini.
Siapkan dua buah tempurung kelapa. Benturkan kedua bagian punggung tempurung sehingga berbunyi.
Baiklah
sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga
anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa
laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih
kepada ayah dan bunda. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb.
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan
hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar
peserta didik sudah mampu menyebutkan sikap yang sesuai sila pancasila
dengan benar. Namun masih ada
beberapa peserta didik yang belum mampu menyebutkan sikap yang sesuai
dengan pancasila dengan tepat. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru
melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar