Selasa, 13 Mei 2025

TEMA 8 SUB TEMA 2 PB 1 Dan 2

  

 

Hari/Tanggal     : Kamis, 08 Mei 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.


Tema   8             : Prajamuda karana

 Subtema   2      : Aku Anak Mandiri

 Pembelajaran   : 1 dan 2

 Muatan              : B. Indonesia, Matematika, SBDP

 Alat peraga       : Video Pembelajaran

Metode               : Tanya jawab, diskusi, Demontrasi

 

Apersepsi : 

Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang jenis-jenis sudut dengan benar. Nah sekarang kita akan mempelajari tentang jenis  lambang/simbol lalu lintas dengan benar.

Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah :

Tujuan Pembelajaran

1. Setelah membaca, siswa dapat mengindentifikasi jenis  lambang/simbol lalu lintas dengan benar.

2. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mengidentifikasi data yang disajikan dalam diagram gambar dengan benar.

3. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur garis, dan warna dalam sebuah karya dekoratif dengan benar.

4. Setelah mengamati contoh, siswa dapat merancang penggunaan kombinasi garis, bidang, dan warna untuk membuat karya dekoratif dengan benar.

5. Setelah membaca teks, siswa dapat menyebutkan contoh sikap yang sesuai arti teks Bhinneka Tunggal Ika dengan benar.

6. Setelah mengamati, siswa dapat mengklasifikasi jenis lambang/simbol lalu lintas dengan benar.   


Ayo Membaca!

Bacalah dengan nyaring! Perhatikan intonasi pada saat membaca!

Aku Anak Mandiri


Aku anggota pramuka yang mandiri. Anggota pramuka dilatih untuk dapat bekerja secara mandiri. Aku selalu berusaha bekerja tanpa bantuan orang lain. Aku selalu menyiapkan peralatan sendiri. Aku menyiapkan dan mengenakan seragam pramuka sendiri.
Aku mengenakan kelengkapan seragam pramuka secara mandiri. Seragam pramuka memiliki banyak kelengkapan. Diantaranya baju seragam lengkap dengan celana atau rok. Baju dilengkapi dengan tanda-tanda pramuka. Ada juga tutup kepala dan setangan leher. Dilengkapi dengan ikat pinggang, kaus kaki, dan sepatu.
Latihan pramuka membuatku menjadi mandiri. Aku sudah dapat mandiri melakukan kegiatan. Aku selalu menyiapkan perlengkapan sekolah secara mandiri. Aku mengerjakan tugas dan merapikan kamar secara mandiri. Untuk dapat mengerjakan kegiatan secara mandiri perlu berlatih. Latihan akan menyenangkan jika dikerjakan secara bersama-sama. Dalam pramuka, aku berlatih mengerjakan tugas secara mandiri bersama teman-teman.

Apa saja kegiatan yang sudah kamu lakukan secara mandiri?

Kegiatan yang bisa kita lakukan secara mandiri

-Memakai baju

-Memakai kaos kaki

-Memakai sepatu

-Memakai tali sepatu

-Memakai ikat pinggang

-Menyiapkan peralatan sekolah


Seragam yang dikenakan Udin dan Siti merupakan seragam pramuka siaga. 
Perhatikan persamaan dan perbedaan di antara keduanya!

               


Aku anggota pramuka yang suka bertualang. Bertualang berarti pergi ke mana-mana mencari pengalaman. Anggota pramuka senang bertualang. Mereka mengunjungi berbagai tempat untuk
belajar. Mereka juga senang mengunjungi tempat yang belum dikenal.


Mengunjungi berbagai tempat di Indonesia termasuk bertualang. Indonesia negara yang sangat kaya dengan budaya. Indonesia juga memiliki pemandangan alam yang sangat indah.
Mengenal budaya Indonesia sebagai tanda cinta pada tanah air. Melihat keindahan alam Indonesia juga merupakan kegiatan yang  mengasyikkan.

Mari kita bertualang untuk mengenal budaya dan keindahan di Indonesia. Bertualang juga dapat mengenal berbagai permainan tradisional di Indonesia. Saat bertualang, kita dapat mengenal berbagai rambu lalu lintas. Menaati  peraturan lalu lintas membuat perjalanan lebih aman dan menyenangkan. 


Ayo Membaca

Hari ini Udin dan kawan-kawan akan bertualang. Mereka akan mencari tahu tentang lingkungan sekolah. Kegiatan dilakukan melalui permainan mencari jejak. 

Udin memperhatikan tanda yang sudah disepakati agar aman bertualang. Tanda yang digunakan berupa bendera kertas berwarna. Bendera berwarna merah menunjukkan perintah belok kiri. Bendera berwarna kuning menunjukkan perintah belok kanan. Bendera warna hijau menunjukkan perintah berjalan lurus.

Semua anggota kelompok juga mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Mereka menyeberang jalan di zebra
cross. Mereka selalu berjalan di sebelah kiri jalan. Mereka juga memperhatikan keadaan lalu lintas saat menyeberang jalan.


Udin dan teman-teman selalu mematuhi peraturan lalu lintas. Mereka menyeberang jalan pada tempat
yang seharusnya. Sebelum menyeberang jalan, mereka selalu menengok ke kanan dan ke kiri. Mereka memastikan keamanan saat menyeberang jalan. Mereka juga selalu berjalan di bagian jalan sebelah kiri. Udin dan kawan-kawan patuh pada peraturan.

Ayo Berlatih

Udin dan teman-teman melaporkan catatan hasil perjalanan. Laporan berisi banyak bendera yang ditemukan selama perjalanan.


Laporan tersebut disajikan juga dalam bentuk diagram. Laporan dalam bentuk diagram terlihat seperti berikut!

Ada banyak kendaraan di jalan raya. Ada mobil dan ada motor.

Semua pengendara harus mematuhi aturan lalu lintas. Semua pengendara kendaraan bermotor harus memiliki surat izin mengemudi. Semua harus mengikuti peraturan lalu lintas, agar selamat di perjalanan.

Hiasan pada benda seni ada berbagai bentuk. Ada hiasan berbentuk titik-titik dan ada  juga yang berbentuk garis. Contoh benda seni berhias titiktitik sebagai berikut!
 
 
Ayo Membaca

Mengenal Budaya Indonesia

Indonesia negara yang kaya akan budaya. Ada berbagai macam suku dan agama di Indonesia. Masyarakat memiliki kebiasaan dan budaya yang sangat beragam.

Bertualang untuk mengenal budaya Indonesia merupakan tanda cinta tanah air. Bertualang untuk mengenal keindahan juga merupakan kegiatan menyenangkan. 

Keragaman budaya dipengaruhi oleh letak wilayah  Indonesia. Indonesia negeri yang sangat luas dan kaya. Indonesia yang luas terdiri atas lautan dan daratan. Indonesia juga memiliki pantai dan pegunungan yang sangat indah. Kebiasaan masyarakat di pegunungan berbeda dengan masyarakat di pesisir pantai. 

Meskipun berbeda-beda bangsa Indonesia tetap hidup rukun. Semua bekerja sama menjaga Indonesia. Hal ini sesuai dengan semboyan Indonesia, yaitu Bhinneka Tunggal Ika.  Semboyan tersebut terdapat pada lambang negara Garuda Pancasila. Semboyan tersebut tertulis pada pita yang dicengkram burung garuda.

Keberagaman harus disyukuri sebagai rahmat dari Tuhan. Menerima dan menghormati perbedaan termasuk sikap yang disukai Tuhan. 


Apa saja kegiatan yang sudah kamu lakukan secara mandiri?

Kegiatan yang bisa kita lakukan secara mandiri

-Memakai baju

-Memakai kaos kaki

-Memakai sepatu

-Memakai tali sepatu

-Memakai ikat pinggang

-Menyiapkan peralatan sekolah


Seragam yang dikenakan Udin dan Siti merupakan seragam pramuka siaga. 
Perhatikan persamaan dan perbedaan di antara keduanya!

Ayo Berlatih!
Perhatikan pula tanda/atribut yang dikenakan seperti gambar berikut ini.
 


Perhatikan bentuk tanda pramuka tersebut. Bentuk tanda pramuka merupakan bentuk bangun datar.
Ada lingkaran, segitiga, persegi, dan persegi panjang.

Ayo Menari!


Pernahkah kamu menari tari tempurung? Cobalah ikuti kegiatan berikut ini.
Siapkan dua buah tempurung kelapa. Benturkan kedua bagian punggung tempurung sehingga berbunyi.

 

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada ayah dan bunda. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb.

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu menyebutkan sikap yang sesuai sila pancasila dengan benar. Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum mampu menyebutkan sikap yang sesuai dengan pancasila dengan tepat. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEMA 8 SUB TEMA 4 PB 6

       Hari/Tanggal     : Jum'at, 23 Mei 202 5     Good morning my students....   Tabik pun ,,,!! Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yul...