Hari/Tanggal : Kamis, 15 Mei 2025
Good morning my students....
Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.
Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.
Tema 8 : Prajamuda karana
Subtema 3 : Aku Suka berpetualang
Pembelajaran : 3 dan 4
Muatan : B. Indonesia, Matematika, SBDP
Alat peraga : Video Pembelajaran
Metode : Tanya jawab, diskusi, Demontrasi
Apersepsi :
Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang jenis lambang/simbol lalu lintas dengan benar. Nah sekarang kita akan mempelajari tentang konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan benar.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah :
Tujuan Pembelajaran:
1. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi pokok pikiran tentang
konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan
benar.
2. Setelah mengamati lingkungan sekitar, siswa dapat menemukan arah perjalanan secara runtut.
3.
Setelah membaca teks, siswa dapat menggunakan kata tentang delapan arah
mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan tepat.
4. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi perilaku yang sesuai pengamalan sila Pancasila dengan benar.
Bersepeda Bersama Teman
Hari
ini Udin dan teman-teman bermain di lingkungan sekitar rumah. Mereka
ingin berkeliling menggunakan sepeda. Tidak semua teman Udin ikut
bermain menggunakan sepeda. Teman Udin ada yang belum dapat mengendarai
sepeda.Udin dan teman-teman melewati jalan raya.Mereka
melihat rambu-rambu lalu lintas. Udin dan teman-teman menaati peraturan
lalu lintas. Lampu lalu lintas merupakan salah satu rambu lalu lintas.
Lampu lalu lintas terdiri atas 3 warna. Yaitu merah, kuning, dan hijau.
Lampu hijau menyala, berarti kendaraan boleh melaju. Lampu kuning
menyala, berarti kendaraan harus bersiap-siap melaju atau berhenti.
Lampu merah menyala, berarti kendaraan harus berhenti.Udin
dan teman-teman mentaati peraturan lalu lintas. Petualangan dengan
bersepeda membuat Udin dan teman-teman senang. Mereka juga menjadi lebih
paham mengenai rambu-rambu lalu lintas.
Untuk materi pembelajaran 3 lebih lanjut mengenai pembelajaran Matematika dapat disimak video berikut ini Ayo Membaca!
Kekayaan Indonesia
Indonesia
dianugerahi perairan yang luas. Pemandangan bawah laut Indonesia
sangatlah indah. Indonesia memiliki kekayaan laut yang paling beragam di
dunia.
Perairan menjadi sumber mata
pencaharian bagi penduduk di pantai. Ikannya yang melimpah sangat
bermanfaat bagi kehidupan manusia. Ikan dapat menjadi sumber makanan
bergizi. Keindahan laut juga dapat menjadi tempat wisata yang
menarik. Laut dapat menjadi tempat yang menyenangkan untuk
beristirahat. Laut juga dapat menjadi mata pencaharian bagi pengelola
wisata.
Kebiasaan masyarakat di dekat laut
berbeda dengan masyarakat di pegunungan. Penduduk di Indonesia sangat
beragam wilayah tempat tinggalnya. Keragaman wilayah tempat tinggal
membuat beragam pula kebiasaan masyarakatnya. Hal ini menyebabkan
beragam rumah adat yang ada di Indonesia. Hal ini pula menyebabkan
beragam pakaian adat di Indonesia. Perbedaan ini membuat Indonesia
menjadi semakin kaya. Walaupun berbeda kebiasaan, masyarakat Indonesia
tetap hidup rukun dan damai. Ayo Membaca!
Selain
permainan Jala ikan yang mengasyikkan. Menyantap ikan juga baik untuk
kesehatan. Ikan mengandung banyak protein. Berikut ini berbagai ikan
yang biasa dikonsumsi.
Apakah kamu suka makan ikan tersebut?Di mana kamu dapat menemukan penjual ikan tersebut?
Para nelayan menjual ikan hasil tangkapan di pasar ikan. Penjual ikan di warung dan pasar membeli ikan di pasar ikan.
Perhatikan gambar di atas!
Ibu
Siti ingin membeli ikan di Pasar Ikan. Perhatikan papan petunjuk arah
pada gambar! Kemana Ibu Siti harus menuju dari tempatnya berdiri saat
ini?Jawab : Ibu siti menuju arah belok kanan
Papan petunjuk tersebut termasuk rambu lalu lintas. Rambu lalu lintas terdiri dari beberapa jenis. Di antara jenis-jenis rambu sebagai berikut.
1. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi pokok pikiran tentang konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan benar.
2. Setelah mengamati lingkungan sekitar, siswa dapat menemukan arah perjalanan secara runtut.
3.
Setelah membaca teks, siswa dapat menggunakan kata tentang delapan arah
mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan tepat.
4. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi perilaku yang sesuai pengamalan sila Pancasila dengan benar.
2. Setelah mengamati lingkungan sekitar, siswa dapat menemukan arah perjalanan secara runtut.
3. Setelah membaca teks, siswa dapat menggunakan kata tentang delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan tepat.
4. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi perilaku yang sesuai pengamalan sila Pancasila dengan benar.
Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada ayah dan bunda. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb.
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan
hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar
peserta didik sudah mampu memahami konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan
benar. Namun ada juga beberapa peserta didik yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru
melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar