Rabu, 14 Mei 2025

TEMA 8 SUB TEMA 3 PB 3 Dan 4

 

  

 Hari/Tanggal     : Kamis, 15 Mei 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.


Tema   8             : Prajamuda karana

 Subtema   3      : Aku Suka berpetualang

 Pembelajaran   : 3 dan 4

 Muatan              : B. Indonesia, Matematika, SBDP

 Alat peraga       : Video Pembelajaran

Metode               : Tanya jawab, diskusi, Demontrasi

Apersepsi : 

Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang jenis  lambang/simbol lalu lintas dengan benar. Nah sekarang kita akan mempelajari tentang konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan benar.

Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah :

Tujuan Pembelajaran:

1. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi pokok pikiran tentang konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan benar.

2. Setelah mengamati lingkungan sekitar, siswa dapat menemukan arah perjalanan secara runtut.

3. Setelah membaca teks, siswa dapat menggunakan kata tentang delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan tepat.

4. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi perilaku yang sesuai pengamalan sila Pancasila dengan benar.

 

Bersepeda Bersama Teman

Hari ini Udin dan teman-teman bermain di lingkungan sekitar rumah. Mereka ingin berkeliling menggunakan sepeda.  Tidak semua teman Udin ikut bermain menggunakan sepeda. Teman Udin ada yang belum dapat mengendarai sepeda.
Udin dan teman-teman melewati jalan raya.
Mereka melihat rambu-rambu lalu lintas. Udin dan teman-teman menaati peraturan lalu lintas. Lampu lalu lintas merupakan salah satu rambu lalu lintas. Lampu lalu lintas terdiri atas 3 warna. Yaitu merah, kuning, dan hijau. Lampu hijau menyala, berarti kendaraan boleh melaju. Lampu kuning menyala, berarti kendaraan harus bersiap-siap melaju atau berhenti. Lampu merah menyala, berarti kendaraan harus berhenti.
Udin dan teman-teman mentaati peraturan lalu lintas. Petualangan dengan bersepeda membuat Udin dan teman-teman senang. Mereka juga menjadi lebih paham mengenai rambu-rambu lalu lintas.

Untuk materi pembelajaran 3 lebih lanjut mengenai pembelajaran Matematika dapat disimak video berikut ini 

Ayo Membaca!

Kekayaan Indonesia

Indonesia dianugerahi perairan yang luas. Pemandangan bawah laut Indonesia sangatlah indah. Indonesia memiliki kekayaan laut yang paling beragam di dunia. 

Perairan menjadi sumber mata pencaharian bagi penduduk di pantai. Ikannya yang melimpah sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Ikan dapat menjadi sumber makanan bergizi. 
Keindahan laut juga dapat menjadi tempat wisata yang menarik. Laut dapat menjadi tempat yang menyenangkan untuk beristirahat. Laut juga dapat menjadi mata pencaharian bagi pengelola wisata. 

Kebiasaan masyarakat di dekat laut berbeda dengan masyarakat di pegunungan. Penduduk di Indonesia sangat beragam wilayah tempat tinggalnya. Keragaman wilayah tempat tinggal membuat beragam pula kebiasaan masyarakatnya. Hal ini  menyebabkan beragam rumah adat yang ada di Indonesia. Hal ini pula menyebabkan beragam pakaian adat di Indonesia. Perbedaan ini membuat Indonesia menjadi semakin kaya. Walaupun berbeda kebiasaan, masyarakat Indonesia tetap hidup rukun dan damai.
 
Ayo Membaca!

Selain permainan Jala ikan yang mengasyikkan. Menyantap ikan juga baik untuk kesehatan. Ikan mengandung banyak protein. Berikut ini berbagai ikan yang biasa dikonsumsi.
 

Apakah kamu suka makan ikan tersebut?
Di mana kamu dapat menemukan penjual ikan tersebut?

Para nelayan menjual ikan hasil tangkapan di pasar ikan. Penjual ikan di warung dan pasar membeli ikan di pasar ikan.


Perhatikan gambar di atas!

Ibu Siti ingin membeli ikan di Pasar Ikan. Perhatikan papan petunjuk arah pada gambar! Kemana Ibu Siti harus menuju dari tempatnya berdiri saat ini?
Jawab : Ibu siti menuju arah belok kanan

Papan petunjuk tersebut termasuk rambu lalu lintas. Rambu lalu lintas terdiri dari beberapa jenis. 
Di antara jenis-jenis rambu sebagai berikut.

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada ayah dan bunda. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb.

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan benar. Namun ada juga beberapa peserta didik yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KISI KISI B. ARAB DAN JADWAL PAS

      JADWAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP PAS HARI KE 4 Hari/Tanggal     : Jum'at, 30 Mei 202 5     Good morning my students....   T...