Hari/Tanggal : Selasa, 20 Mei 2025
Good morning my students....
Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.
Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.
Tema 8 : Prajamuda karana
Subtema 4 : Aku Suka Berkarya
Pembelajaran : 4 dan 5
Muatan : B. Indonesia, Matematika, PPKn
Alat peraga : Video Pembelajaran
Metode : Tanya jawab, diskusi, Demontrasi
Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang jenis lambang/simbol lalu lintas dengan benar. Nah sekarang kita akan mempelajari tentang perilaku yang sesuai dengan arti gambar dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dengan benar dan menggunakan kata tentang delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan tepat.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah :
Tujuan Pembelajaran:
Aturan peminjaman buku dilakukan untuk keadilan. Aturan ditetapkan agar semua anggota perpustakaan mendapatkan kesempatan sama dalam meminjam buku. Memberikan kesempatan yang sama untuk semua anggota merupakan sikap adil.
Bersikap adil termasuk pengamalan sila ke kelima Pancasila. Sila kelima berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Sila kelima Pancasila diberi simbol padi dan kapas. Lambang padi dan kapas menunjukkan kekayaan yang dimiliki bangsa Indonesia. Kekayaan ini hendaknya dapatdirasakan manfaatnya secara adil untuk seluruh rakyat Indonesia.
Ayo Membaca
Siti dan teman-teman memiliki semangat tinggi dalam berkarya. Mereka berkarya menciptakan lingkungan yang asri dan hijau. Siti dan temanteman berencana mengadakan kegiatan penghijauan.
Mereka menanam pohon di area sekolah dan lingkungan sekitar. Mereka memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami. Kegiatan menanam pohon sangat bermanfaat untuk kesehatan lingkungan. Lingkungan menjadi lebih asri dan teduh. Udara sekitar pun akan menjadi lebih segar.
Perhatikan denah taman bermain berikut ini!
Pelajari cara membaca denah tersebut!
Lalu, tentukan area penghijauan yang paling tepat pada gambar denah tersebut!
Keterangan :Posisi seluncuran ada di A1.
Posisi ayunan ada di A2.
Posisi tempat duduk ada di A3.
Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada ayah dan bunda. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb.
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan
hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar
peserta didik sudah mampu memahami arti gambar dalam lambang negara “Garuda
Pancasila” dengan benar dan konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan
benar. Namun ada juga beberapa peserta didik yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru
melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar