MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS)
HARI KE TIGA
SD AL AZHAR 2
Hari/Tanggal : Rabu, 16 Juli 2025
Good morning my students....
Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT serta tetap bersemangat di hari ke dua ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.
Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah mengikuti kegiatan MPLS hari ke-3, siswa diharapkan dapat:
Menyebutkan 5 sila dalam Pancasila secara runtut dan benar.
Menjelaskan makna sederhana dari setiap sila.
Memberikan contoh perilaku sehari-hari yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila.
Menunjukkan sikap menghargai teman dan guru sebagai penerapan nilai Pancasila.Media Pembelajaran
Video edukatif pendek tentang Pancasila (animasi menarik untuk anak-anak).
Poster gambar lambang dan makna dari setiap sila.
Kartu permainan berisi contoh perilaku (baik dan tidak baik) untuk dipilih dan didiskusikan.
Lagu Pancasila anak-anak (untuk membangun semangat dan penguatan materi).
Metode pembelajaran
MetodeCeramah ringan dan tanya jawab – Guru menjelaskan isi dan makna Pancasila dengan bahasa yang sederhana dan bertanya kepada siswa untuk menggali pemahaman mereka.
Bercerita (storytelling) – Guru menceritakan kisah pendek yang menggambarkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan anak-anak.
Diskusi kelompok kecil – Siswa membahas dalam kelompok contoh penerapan nilai-nilai Pancasila di sekolah atau rumah.
Simulasi/Roleplay – Siswa memerankan situasi yang mencerminkan sikap sesuai sila Pancasila (misalnya: gotong royong, berteman tanpa membeda-bedakan).
Bermain sambil belajar – Menggunakan kartu atau kuis ringan untuk mengenalkan dan menguji pemahaman tentang sila-sila Pancasila
Tidak ada komentar:
Posting Komentar