Selasa, 16 September 2025

Rabu, 17 September 2025

  

 

Hari/Tanggal     : Rabu, 17 September 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

 

Bahasa Indonesia

TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan mampu:

  1. Membaca teks bertema Semangat Meraih Prestasi dengan lafal, intonasi, dan jeda yang tepat.

  2. Mengidentifikasi informasi penting dari teks yang dibacakan atau dibaca sendiri.                                         

     

    MEDIA PEMBELAJARAN

  1. Video animasi edukatif bertema semangat meraih prestasi.
  2. Gambar atau poster motivasi (misalnya: "Rajin Belajar, Pasti Bisa!", "Cita-Citaku").

  3. Kartu pertanyaan atau lembar aktivitas untuk latihan membaca dan menulis.                                                

     

    🎯 METODE PEMBELAJARAN

  1. Metode Cerita (Storytelling):
    Guru membacakan teks inspiratif tentang seorang anak yang rajin belajar dan meraih prestasi.

  2. Diskusi Kelompok Kecil:
    Siswa mendiskusikan isi cerita, karakter tokoh, dan pelajaran yang bisa diambil.

  3. Bermain Peran (Roleplay):
    Siswa memerankan tokoh dalam cerita, menumbuhkan empati dan motivasi untuk berprestasi.

Semangat Meraih Prestasi 
 
 
Adakah KBBI perpustakaan sekolahmu pasti kamu menemukannya Coba angkat dengan satu tangan berat atau ringan kah? 
Kamusnya tebal banyak kata di dalamnya kertas kamus biasanya tipis Bukalah dengan hati-hati. 

Ada dua jenis kamus Keduanya dapat kamu gunakan ada kamus berbentuk buku ada bentuk dari ada kamu soal online kamus daring dapat diunduh gunakan aplikasi telepon pintar Mintalah bimbingan gurumu. 

Tuliskan, temukan arti kosakata berikut ini! 
Ilustrasi : 
Ekspresi :
Kantin :
Menginstal : 
Aktifitas belajar 3.2
 
 
Pendidikan pancasila 
 
Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat :

  1. Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam melaksanakan kewajiban.

  2. Mengerjakan latihan soal pilihan ganda dengan benar minimal 8 dari 10 soal.


🧰 Media Pembelajaran

  • Buku paket Pendidikan Pancasila kelas 3 SD.

  • Lembar kerja siswa (LKS).

  • Gambar ilustrasi aktivitas siswa di rumah, sekolah, dan masyarakat


🎓 Metode Pembelajaran

  1. Diskusi Kelompok Kecil – Siswa mendiskusikan kewajiban di lingkungan masing-masing.
  2. Latihan Soal Mandiri – Siswa mengerjakan soal pilihan ganda untuk mengukur pemahaman.✍ Latihan Soal Pilihan Ganda (10 Soal)

Tema: Kewajiban Siswa di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat

Petunjuk : Pilihlah jawaban yang paling tepat!


  1. Kewajiban utama seorang siswa di sekolah adalah …

    • a. Bermain sepanjang hari

    • b. Belajar dengan sungguh-sungguh

    • c. Libur setiap hari

    • d. Tidur di kelas


  1. Membersihkan kamar sendiri adalah kewajiban siswa di …

    • a. Sekolah

    • b. Rumah

    • c. Pasar

    • d. Kantor


  1. Salah satu kewajiban siswa di masyarakat adalah …

    • a. Melanggar aturan

    • b. Membuat keributan

    • c. Menjaga kebersihan lingkungan

    • d. Membuang sampah sembarangan


  1. Jika ada tugas dari guru, maka sebagai siswa kita harus …

    • a. Membiarkannya

    • b. Dibuang saja

    • c. Dikerjakan dengan tanggung jawab

    • d. Disuruh orang lain


  1. Contoh kewajiban siswa di sekolah adalah …

    • a. Mencoret-coret tembok

    • b. Mengerjakan ulangan dengan jujur

    • c. Membolos saat pelajaran

    • d. Tidak memakai seragam


  1. Membersihkan halaman rumah adalah contoh kewajiban siswa terhadap …

    • a. Guru

    • b. Teman

    • c. Keluarga

    • d. Sekolah


  1. Bila melihat sampah di jalan, kewajiban kita adalah …

    • a. Menambahkannya

    • b. Membiarkannya

    • c. Menyingkirkan dan membuang ke tempat sampah

    • d. Menendangnya


  1. Kewajiban siswa terhadap guru adalah …

    • a. Berteriak saat pelajaran

    • b. Mendengarkan dan menghormati guru

    • c. Meniru teman

    • d. Main HP di kelas


  1. Ketika orang tua menyuruh belajar, kita sebaiknya …

    • a. Marah-marah

    • b. Bermain saja

    • c. Melarikan diri

    • d. Menuruti dengan senang hati


  1. Dalam kegiatan gotong royong di lingkungan, siswa sebaiknya …

  • a. Tidak ikut

  • b. Bersembunyi

  • c. Ikut membantu sesuai kemampuan

  • d. Tidur di rumah  

 

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa hampir semua murid mampu 
membaca teks bertema Semangat Meraih Prestasi dengan lafal, intonasi, dan jeda yang tepat.

Namun ada juga beberapa murid yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jumat, 05 Desember 2025

      Hari/Tanggal     : Jumat, 05 Desember 202 5     Good morning my students....   Tabik pun ,,,!! Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yuli...