Kamis, 13 November 2025

Jum'at, 14 Nopember 2025

 

  

Hari/Tanggal     : Jum'at, 14 Nopember 2025 

 Good morning my students....

 Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah bu Yulina, Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya, sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

 

Mapel : PAK   

Tujuan Pembelajaran

Membedakan contoh dan bukan contoh perilaku jujur, mandiri, disiplin, dan bertanggung jawab.Menyadari pentingnya nilai-nilai tersebut sebagai dasar mencegah perilaku curang atau koruptif.

Media Pembelajaran

  • Gambar atau poster perilaku jujur, mandiri, disiplin, dan bertanggung jawab.

  • Video pendek edukatif tentang kejujuran dan tanggung jawab.

  • Kartu permainan “pilih perilaku benar atau salah”.

  • Lembar kerja siswa (LKS).           

    Metode Pembelajaran

  1. Tanya jawab dan refleksi diri: Siswa diminta memberi contoh dari pengalaman pribadi.
  2. Penugasan individu dan kelompok: Melatih kemandirian dan kerja sama.                                             

    Sumatif Soal Pilihan Ganda (10 Soal)

Pilihlah jawaban yang benar!

  1. Saat menemukan uang di halaman sekolah, kita harus …
    a. Mengambil dan menyimpannya sendiri
    b. Menyerahkan kepada guru
    c. Memberikannya kepada teman
    d. Membiarkannya di tanah
     

  2. Datang ke sekolah tepat waktu menunjukkan sikap …
    a. Mandiri
    b. Disiplin
    c. Jujur
    d. Tanggung jawab

  3. Jika diberi tugas oleh guru, sebaiknya kita …
    a. Meminta teman mengerjakan
    b. Menundanya terus
    c. Mengerjakan dengan sungguh-sungguh
    d. Mengabaikannya
     

  4. Tidak mencontek saat ulangan adalah contoh perilaku …
    a. Mandiri
    b. Tanggung jawab
    c. Jujur
    d. Disiplin
     

  5. Saat ibu menyuruh membantu menyapu, kita harus …
    a. Segera melakukannya
    b. Pura-pura tidak dengar
    c. Menyuruh adik saja
    d. Menolak
     

  6. Anak yang mandiri biasanya …
    a. Selalu minta bantuan orang lain
    b. Tidak mau berusaha sendiri
    c. Bisa mengerjakan tugas tanpa disuruh
    d. Malas mengerjakan pekerjaan rumah
     

  7. Menepati janji kepada teman menunjukkan sikap …
    a. Jujur
    b. Disiplin
    c. Tanggung jawab
    d. Mandiri
     

  8. Saat guru tidak ada di kelas, kita sebaiknya …
    a. Bermain dan berteriak
    b. Tetap belajar dengan tertib
    c. Keluar dari kelas
    d. Tidur di meja

  9. Mengatur waktu belajar dan bermain adalah contoh sikap …
    a. Disiplin
    b. Jujur
    c. Mandiri
    d. Tanggung jawab
     

  10. Jika menumpahkan air di lantai, kita harus …
    a. Membiarkan saja
    b. Menyalahkan teman
    c. Segera membersihkannya
    d. Pergi dan tidak peduli
                                             

     

    Soal Uraian (5 Soal)

  1. Jelaskan dengan kata-katamu sendiri apa arti jujur!

  2. Sebutkan dua contoh perilaku mandiri di rumah!

  3. Mengapa kita harus datang tepat waktu ke sekolah?

  4. Ceritakan pengalamanmu ketika bertanggung jawab terhadap tugasmu!

  5. Apa yang akan kamu lakukan jika melihat teman berbuat tidak baik


Mapel : Matematika

MATERI : Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK)

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa dapat :

  1. Menjelaskan pengertian kelipatan dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK).

  2. Menentukan kelipatan dari suatu bilangan.                                        

     

    Pengertian

  1. Kelipatan suatu bilangan adalah hasil perkalian bilangan tersebut dengan bilangan 1, 2, 3, dan seterusnya.

    Contoh:
    Kelipatan 2 = 2, 4, 6, 8, 10, 12, 14, …
    Kelipatan 3 = 3, 6, 9, 12, 15, 18, …

  2. Kelipatan Persekutuan dari dua bilangan adalah bilangan-bilangan yang menjadi kelipatan dari keduanya.

    Contoh:
    Kelipatan 2 = 2, 4, 6, 8, 10, 12, …
    Kelipatan 3 = 3, 6, 9, 12, 15, …
    Kelipatan persekutuannya = 6, 12, 18, …

  3. Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) adalah kelipatan persekutuan yang paling kecil (terkecil) di antara dua atau lebih bilangan.

    Dari contoh di atas:
    KPK dari 2 dan 3 adalah 6.

     

    B. Cara Menentukan KPK

Cara 1: Dengan Menuliskan Kelipatan

  1. Tulis beberapa kelipatan dari setiap bilangan.

  2. Temukan kelipatan yang sama (persekutuan).

  3. Pilih yang paling kecil.

Contoh:
Tentukan KPK dari 4 dan 6.

  • Kelipatan 4 = 4, 8, 12, 16, 20, 24, …

  • Kelipatan 6 = 6, 12, 18, 24, 30, …
    ➡️ Kelipatan persekutuan = 12, 24, …
    ✅ Jadi, KPK = 12


Cara 2: Dengan Menggunakan Faktor Prima (Untuk Guru Tambahan)

Langkah-langkah:

  1. Uraikan masing-masing bilangan menjadi faktor primanya.

  2. Ambil semua faktor prima yang muncul dengan pangkat tertinggi.

  3. Kalikan semuanya.

Contoh:
KPK dari 6 dan 8

  • 6 = 2 × 3

  • 8 = 2 × 2 × 2 = 2³
    KPK = 2³ × 3 = 8 × 3 = 24


C. Contoh Soal dan Pembahasan

Contoh 1:
Tentukan KPK dari 3 dan 5!

  • Kelipatan 3 = 3, 6, 9, 12, 15, …

  • Kelipatan 5 = 5, 10, 15, 20, …
    ➡️ Kelipatan persekutuan = 15, 30, …
    ✅ Jadi, KPK = 15


Contoh 2 (Soal Cerita):
Ani menyalakan lampu hias yang berkedip setiap 4 detik, dan lampu biru berkedip setiap 6 detik.
Setelah berapa detik kedua lampu akan berkedip bersamaan lagi?

Penyelesaian:
KPK dari 4 dan 6 = 12
✅ Jadi, kedua lampu akan berkedip bersamaan setiap 12 detik.

D. Latihan Soal

  1. Tentukan KPK dari 2 dan 4!

  2. Tentukan KPK dari 3 dan 7!

  3. Tentukan KPK dari 5 dan 6!

  4. Tentukan KPK dari 8 dan 10!

  5. Udin menabuh drum setiap 3 detik sekali, dan Edo menabuh tamborin setiap 4 detik sekali. Setelah berapa detik mereka menabuh bersamaan lagi?                                                       

    Kunci Jawaban Latihan

  1. 2 dan 4 → KPK = 4

  2. 3 dan 7 → KPK = 21

  3. 5 dan 6 → KPK = 30

  4. 8 dan 10 → KPK = 40

  5. 3 dan 4 → KPK = 12 detik                   

     

    E. Nilai Karakter yang Dikembangkan

  • Teliti : dalam menghitung kelipatan.

  • Disiplin : mengikuti langkah-langkah dengan benar.

  • Kreatif dan logis : dalam memecahkan soal cerita.

\

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa hampir semua murid
 dapat memahami kelipatan persekutuan terkecil (KPK).

Namun ada juga beberapa murid yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya. 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jum'at, 14 Nopember 2025

      Hari/Tanggal     : Jum'at, 14 Nopember 202 5     Good morning my students....   Tabik pun ,,,!! Apa kabar anak sholeh sholehah bu...