Senin, 06 Januari 2025

TEMA 5 SUB TEMA 1 PB 1 dan 2

 

 

Hari/Tanggal     : Senin, 06 Januari 2025

Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!

Semangat pagi ananda shaleh shaleha yang ibu guru banggakan, bagaimana kabarnya hari Pertama masuk sekolah selesai dari liburan,  sangat menyenangkan ya nak pada saat liburan. Semoga kita di awal semester 2 dan di awal tahun 2025 ini lebih semangat dan lebih baik lagi. Ibu guru berharap kita semua sehat dan selalu dalam lindungan Alloh SWT Aamiin. 

 

Pada pelajaran hari ini kita akan belajar tentang Tema 5 Subtema 1 pembelajaran 1 dan 2 yaitu tentang Cuaca

Simak materi di bawah ini ya nak :
Tema 5           : Cuaca
Subtema 1      : Keadaan Cuaca
Pembelajaran: 1 dan 2 
Muatan         : B. Indonesia, Matematika, SBDP 
Alat peraga   : Video pembelajaran 

Metode           : Kerja kelompok, tanya jawab

Tujuan Pembelajaran :

1.  Dengan menuliskan pokok-pokok informasi dari teks, peserta didik dapat menggunakan kosakata baku mengenai keadaan cuaca dalam kalimat yang efektif.

2.    Dengan kegiatan mengamati benda, siswa dapat menyajikan pecahan sebagai bagian dari sesuatu yangutuh menggunakan benda konkret.

3.    Dengan menyanyikan sebuah lagu, siswa dapat menentukan tinggi rendahnya bunyi dalam lagu.

4. Dengan kegiatan diskusi bersama, siswa mampu memberikan contoh sikap bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar dengan baik.

5. Dengan kegiatan bertukar informasi, siswa dapat membuat daftar sikap bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar dengan tepat

Televisi menayangkan acara prakiraan cuaca hari ini. Ada wilayah yang cerah. Ada wilayah yang berawan. Ada pula wilayah yang hujan.

Cuaca adalah keadaan udara pada suatu tempat dan waktu tertentuIndonesia memiliki empat jenis cuaca, yaitu cuaca berawan, mendung, hujan, dan cerah.

Oleh sebab itu, sering terjadi pada suatu tempat udara berawan atau hujan turun lebat, tetapi di tempat yang lain cuaca terang benderang. Cuaca dapat diperkirakan dari hasil pengamatan cuaca yang dilakukan secara terus menerus oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang berpusat di Jakarta.




gambar pecahan sumber BSE kemdikbud

Kue A

1.        Satu dibagi 2 bagian yang sama.

2.        Nilai tiap bagian satu per dua atau seperdua.

3.        Yang diarsir 1 dari 2 bagian, nilainya 1 per 2 atau seperdua.

4.        Lambang pecahan seperdua adalah 

5.        1 disebut pembilang dan 2 disebut penyebut.

Kue B

1.      Satu dibagi 4 bagian yang sama.

2.      Nilai tiap bagian satu per empat atau seperempat.

3.      Yang diarsir 1 dari 4 bagian, nilainya 1 per 4 atau seperempat.

4.      Lambang pecahan seperdua adalah .

5.      1 disebut pembilang dan 4 disebut penyebut.

Cuaca malam masih diselimuti hujan. Saat hujan, bulan tak tampak di langit. Ibu mendendangkan lagu Ambilkan Bulan Bu. Ibu menemani Siti belajar di kamar. Ayo, kita bernyanyi lagu Ambilkan Bulan Bu bersama-sama. Menyanyikan lagu ada yang menggunakan tempo irama yang cepat, ada yang sedang dan ada pula yang lambat. 

Kita simak Video di bawah ini dan kita nyanyikan bersama sama


Keesokan harinya Siti mengajarkan teman temannya di sekolah menyanyikan lagu Ambilkan Bulan Bu, setelah itu, Siti, Edo dan kawan – kawannya berdiskusi akan mengadakan festival makanan daerah. Setiap daerah di Indonesia memiliki suku bangsa yang berbeda – beda.
Indonesia terdiri atas bermacam - macam suku bangsa. Setiap suku bangsa memiliki budaya yang berbeda. Namun berbeda beda tetap satu jua. Kita Bhineka Tunggal Ika artinya walau berbeda-beda tetap satu jua.

Setiap orang di dalam kelas berasal dari daerah yang berbeda - beda. Ada yang berasal dari daerah sumatera, jawa, kalimantan dan sebagainya. Setiap daerah ada suku yang berbeda - beda pula. Misalnya ada suku jawa, sunda, batak, melayu, minang.

Bebeberapa contoh suku yang ada di Indonesia antara lain :
Suku batak dari provinsi Sumatera Utara
Suku minang atau melayu dari Sumatera Barat
Suku gayo dari Aceh
Suku Jawa dari daerah jawa
Suku sunda dari jawa barat
Suku asmat dari papua dan sebagainya

Setiap daerah mempunyai cuaca yang berbeda – beda. Masih ingatkah kalian apa itu cuaca??tentunya masih ingat ya nak! Dan tahukah kalian bahwa kita dapat meramal keadaan cuaca. Caranya dengan mengamati unsur – unsur cuaca.
Unsur - unsur yang mempengaruhi cuaca antara lain : suhu, tekanan udara dan kelembaban.

Udara yang dingin membutuhkan pakaian dan makanan yang hangat. Sedangkan udara yang panas membutu
hkan makanan yang menyegarkan.

Lembar Kegiatan Refleksi

Siswa diminta untuk mengisi lembar Pensil refleksi awal semester 2 secara berurut!


Siswa menuliskan cerita selama liburan semester 1 pada lembar toples cerita liburan 


Guru dan siswa membuat kesepakatan kelas yang nanti nya akan di terapkan dan dipatuhi oleh seluruh siswa kelas 3B 📖📗


Tugas dan Aturan di Rumah





REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu menceritakan kegiatan saat liburan disemester satu dan peserta didik sudah memahami simbol cuaca cerah, berawan, mendung dan hujan. Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami bagai simbol-simbol cuaca . Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya berupa gambar dan video.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEMA 6 SUB TEMA 3 PB 4

        Hari/Tanggal     : Jum'at, 21 Februari 202 5     Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!! Semangat pagi ananda shaleh shaleha yang ibu gu...