Selasa, 07 Januari 2025

TEMA 5 SUB TEMA 1 PB 3

 

Hari/Tanggal     : Selasa, 07 Januari 2025

Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!

Semangat pagi ananda shaleh shaleha yang ibu guru banggakan, bagaimana kabarnya hari Selasa yang baru masuk sekolah selesai dari liburan,  sangat menyenangkan ya nak pada saat liburan. Semoga kita di awal semester 2 dan di awal tahun 2025 ini lebih semangat dan lebih baik lagi. Ibu guru berharap kita semua sehat dan selalu dalam lindungan Alloh SWT Aamiin. 

 

Pada pelajaran hari ini kita akan belajar tentang Tema 5 Subtema 1 pembelajaran 3 yaitu tentang Cuaca
Simak materi di bawah ini ya nak :
Tema 5            : Cuaca
Subtema 1       : Keadaan Cuaca
Pembelajaran : 3
Muatan         : B. Indonesia, Matematika, SBDP 
 
Alat peraga   : Video pembelajaran 

Metode           : Kerja kelompok, tanya jawab

Tujuan Pembelajaran :

1.  Dengan mengamati, peserta didik mengidentifikasi pecahan sebagai bagian dari benda konkrit secara tepat 

2.    Dengan memperhatikan contoh, peserta didik dapat menyajikan pecahan menggunakan benda konkrit dengan benar.

3.    Dengan kegiatan membaca teks, peserta didik menentuken kosakata berkaitan dengan keadaan cuaca secara benar.

4. Dengan kegiatan menyanyi, peserta didik dapat memperagakan pengulangan pola irama yang sama pada sebuah lagu dengan benar.  

 

Video Pembelajaran :

 


 

keluarga  mendapat empat perenam belas bagian timun.


Wah, ternyata Ibu juga menambahkan sosis. Ada 1 buah sosis yang Ibu siapkan. Satu buah sosis dipotong menjadi enam bagian. Sosis dibagi hanya untuk Ayah, Siti, dan adik. Masing-masing mendapat 2 dari 6 potong. 

Ini sama artinya masing-masing mendapat dua perenam bagian sosis.

Ayo Membaca

Edo menghampiri teman-teman saat istirahat. Edo menunukkan sebuah cerita pada buku yang dibawanya. Yuk, kita membaca dengan nyaring. Cerita tentang cuaca yang ada di buku Edo. Membaca nyaring adalah kegiatan membaca yang disuarakan keras. Jadi, keraskan suaramu saat membaca nyaring. Suaramu harus terdengar oleh teman-teman di kelas.
Persahabatan Matahari dan Awan

Matahari telah lama bersahabat dengan Awan. Mereka saling membantu satu sama lain. Terkadang, mereka berbagi cerita ataupun keluh dan kesah. 

Suatu hari, Matahari terlihat kesal. “Aku akan keluarkan sinar terikku untuk bumi,” ucap Matahari.
“Mengapa engkau ingin bersinar terik, sahabatku?” tanya Awan. 
“Aku sedang kesal. Manusia sering tidak disiplin.” jawab Matahari.
“Maksudmu, bagaimana? Manusia yang tidak disiplin, mengapa engkau yang kesal?” tanya Awan.
“Iya, mereka sering seenaknya saja. Sudah  aku bangunkan pagi hari. Menggunakan sinar yang lembut. Akan tetapi, mereka tetap tidak bangun. Saat siang hari, sinarku sangat terik. Mereka malah asyik bermain. Harusnya, mereka beristirahat di rumah. Sinar terikku saat siang hari dapat membakar kulit mereka,” ungkap Matahari.

“Mungkin manusia tidak bermaksud demikian, Matahari? Mereka tetap bermain saat sinarmu terik. Mereka ingin memanfaatkan cuaca  cerah itu,” ujar Awan.

“Kamu bayangkan, saat wajahmu bersembunyi terus di balik tubuhku, hujan turun sepanjang hari. Manusia tidak dapat melakukan aktivitasnya. Jadi, hari ini, engkau menampakkan wajahmu. Mereka  memanfaatkannya untuk bermain.”
Ayo Mengamati

Beni sangat senang membaca cerita Persahabatan Matahari dan Awan. Yuk, kita bantu Beni menemukan kata-kata yang berhubungan dengan  keadaan cuaca dari cerita itu? 
Jadi kosa kata yang terdapat dari cerita Persahabatan Matahari dan Awan adalah :

cerah - sinar - hujan - matahari - awan - terik

Ayo Bernyanyi

Awan memang baik hati. Ia memahami keadaan hati Matahari, sahabatnya. Yuk, kita bernyanyi lagu
Awan Putih. Tentu akan membuat Awan merasa senang. Perhatikan iramanya agar lagu terdengar  indah.
 
 
 
 
Baiklah sholeh sholeha bu Yulina, demikian materi kita pada hari ini semoga kalian semua bisa memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu . Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb
 
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu menuliskan lambang pecahan dan menyanyikan lagu Awan Putih sesuai dengan tinggi rendahnya nada. Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami tentang pecahan sederhana. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya berupa gambar
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEMA 6 SUB TEMA 4 PB 2

         Hari/Tanggal     : Selasa, 11 Maret 202 5 Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!! Assalamualaikum wr wb Selamat pagi, A pa kabar sholeh sh...