Semangat
pagi ananda shaleh shaleha yang ibu guru banggakan, bagaimana kabarnya
hari Selasa yang baru masuk sekolah selesai dari liburan, sangat menyenangkan ya
nak pada saat liburan. Semoga kita di awal semester 2 dan di awal tahun
2025 ini lebih semangat dan lebih baik lagi. Ibu guru berharap kita
semua sehat dan selalu dalam lindungan
Alloh SWT Aamiin.
Pada pelajaran hari ini kita akan belajar tentang Tema 5 Subtema 1 pembelajaran 3 yaitu tentang Cuaca
Simak materi di bawah ini ya nak :
Tema 5 : Cuaca
Subtema 1 : Keadaan Cuaca
Pembelajaran : 3
Muatan : B. Indonesia, Matematika, SBDP
Alat peraga : Video pembelajaran
Metode : Kerja kelompok, tanya jawab
Tujuan Pembelajaran :
1.Dengan mengamati, peserta didik mengidentifikasi pecahan sebagaibagian dari benda konkrit secara tepat
2.Dengan memperhatikan contoh, peserta didik dapat menyajikan pecahan menggunakan benda konkrit dengan benar.
3.Dengan kegiatan membaca teks, peserta didik menentuken kosakata berkaitan dengan keadaan cuaca secara benar.
4.
Dengan kegiatan menyanyi, peserta didik dapat memperagakan pengulangan pola irama yang sama pada sebuah lagu dengan benar.
Video Pembelajaran :
keluarga mendapat empat perenam belas bagian timun.
Wah,
ternyata Ibu juga menambahkan sosis. Ada 1 buah sosis yang Ibu siapkan.
Satu buah sosis dipotong menjadi enam bagian. Sosis dibagi hanya untuk
Ayah, Siti, dan adik. Masing-masing mendapat 2 dari 6 potong.
Ini sama artinya masing-masing mendapat dua perenam bagian sosis.
Ayo Membaca
Edo
menghampiri teman-teman saat istirahat. Edo menunukkan sebuah cerita
pada buku yang dibawanya. Yuk, kita membaca dengan nyaring. Cerita
tentang cuaca yang ada di buku Edo. Membaca nyaring adalah kegiatan
membaca yang disuarakan keras. Jadi, keraskan suaramu saat membaca
nyaring. Suaramu harus terdengar oleh teman-teman di kelas.
Persahabatan Matahari dan Awan
Matahari
telah lama bersahabat dengan Awan. Mereka saling membantu satu sama
lain. Terkadang, mereka berbagi cerita ataupun keluh dan kesah.
Suatu hari, Matahari terlihat kesal. “Aku akan keluarkan sinar terikku untuk bumi,” ucap Matahari.
“Mengapa engkau ingin bersinar terik, sahabatku?” tanya Awan.
“Aku sedang kesal. Manusia sering tidak disiplin.” jawab Matahari.
“Maksudmu, bagaimana? Manusia yang tidak disiplin, mengapa engkau yang kesal?” tanya Awan.
“Iya,
mereka sering seenaknya saja. Sudah aku bangunkan pagi hari.
Menggunakan sinar yang lembut. Akan tetapi, mereka tetap tidak bangun.
Saat siang hari, sinarku sangat terik. Mereka malah asyik bermain.
Harusnya, mereka beristirahat di rumah. Sinar terikku saat siang hari
dapat membakar kulit mereka,” ungkap Matahari.
“Mungkin
manusia tidak bermaksud demikian, Matahari? Mereka tetap bermain saat
sinarmu terik. Mereka ingin memanfaatkan cuaca cerah itu,” ujar Awan.
“Kamu
bayangkan, saat wajahmu bersembunyi terus di balik tubuhku, hujan turun
sepanjang hari. Manusia tidak dapat melakukan aktivitasnya. Jadi, hari
ini, engkau menampakkan wajahmu. Mereka memanfaatkannya untuk bermain.”
Ayo Mengamati
Beni
sangat senang membaca cerita Persahabatan Matahari dan Awan. Yuk, kita
bantu Beni menemukan kata-kata yang berhubungan dengan keadaan cuaca
dari cerita itu?
Jadi kosa kata yang terdapat dari cerita Persahabatan Matahari dan Awan adalah :
cerah - sinar - hujan - matahari - awan - terik
Ayo Bernyanyi
Awan memang baik hati. Ia memahami keadaan hati Matahari, sahabatnya. Yuk, kita bernyanyi lagu
Awan Putih. Tentu akan membuat Awan merasa senang. Perhatikan iramanya agar lagu terdengar indah.
Baiklah
sholeh sholeha bu Yulina, demikian materi kita pada hari ini semoga kalian semua bisa memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa
laksanakan sholat 5 waktu . Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan
hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar
peserta didik sudah mampu menuliskan lambang pecahan dan menyanyikan lagu Awan Putih sesuai dengan tinggi rendahnya nada. Namun
masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami tentang pecahan sederhana. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan
ulang materi tersebut serta memberikan contohnya berupa gambar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar