Semangat
pagi ananda shaleh shaleha yang ibu guru banggakan, bagaimana kabarnya
dihari Senin yang ceria dan berkah ini, sangat menyenangkan ya
nak. Semoga kita di awal semester 2 dan di tahun
2025 ini lebih semangat dan lebih baik lagi. Ibu guru berharap kita
semua sehat dan selalu dalam lindungan
Alloh SWT Aamiin.
Tema 5 : Cuaca
Subtema 2 : Perubahan Cuaca
Pembelajaran : 1 Dan 2
Muatan : B. Indonesia, PPKn, Matematika
Alat peraga : Video pembelajaran
Metode : Diskusi, tanya jawab
Apersepsi :
Pada pembelajaran kemarin, anak anak sudah mempelajari dan mengenai keadaan cuaca, ada cuaca cerah, berawan, mendung dan hujan. Serta
keadaan suhu di pagi hari, siang hari, sore dan malam hari kemudian anak
anak juga sudah memperlajari tempo irama cepat, sedang dan lambat.
Nah
sekarang kita akan mempelajari materi tentang mengidentifiksi
pokok informasi yang berkaitan dengan pengaruh cuaca kemudian
membandingkan dua pecahan berpembilang dengan benar . Adapun tujuan pembelajaran kita hari ini
adalah :
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan
membaca, siswa dapat mengidentifikasi pokok-pokok informasi yang
berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan manusia.
2. Dengan mengamati benda konkret, siswa dapat membandingkan dua pecahan berpembilang dengan benar.
3. Dengan mengamati gambar, Siswa dapat mengidentifikasi gerak cepat lambat kepala dengan benar.
4.
Dengan berdiskusi bersama anggota keluarga, siswa dapat menjelaskan
pentingnya sikap bersatu dalam keberagaman dalam kehidupan sehari - hari
di lingkungan sekitar dengan lengkap.
Ayo kita simak video pembelajaran di bawah ini ya nak :
Pagi
ini, cuaca sangat cerah. Matahari bersinar terang. Siti dan teman-teman
berbaris mengikuti upacara bendera. Saat istirahat, cuaca berawan.
Mereka pun bermain di halaman sekolah dengan nyaman. Mereka bermain
tapak gunung dan lompat tali.
Namun, saat pulang sekolah, cuaca berubah mendung. Tanda sebentar lagi akan turun hujan.
Saat
cuaca cerah, matahari bersinar terang sehingga udara menjadi panas.
Cuaca berawan terjadi ketika awan berkumpul menutupi sinar matahari.
Cuaca
mendung pertanda akan segera turun hujan. Langit berwarna kelabu.
Sebelum hujan terkadang udara terasa agak panas. Jika hujan turun, udara
terasa dingin. Titik-titik air mulai turun menjadi hujan rintik-rintik
atau gerimis.
Sudahkah kamu membaca teks tentang cuaca? Informasi apa sajakah yang kamu peroleh dalam teks bacaan tersebut?
Yuk
anak-anak dapat menuliskan 1 saja informasi yang didapat pada teks
bacaan di atas dan kemudian jawab di kolom komentar sebagai absen
kehadiran ya nak👍
Ayo Mengamati
Hari
ini adalah hari Minggu. Saat sore hari, cuaca berawan dan udara terasa
sejuk. Dayu mengajak teman-temannya ke balai desa. Dayu mengajak
mereka untuk beraktivitas di luar rumah.
Dayu,
Siti, dan Lani akan belajar menari. Sementara, Beni, Udin, dan Edo mau
bermain bola di lapangan. Sebelum beraktivitas, Dayu mengajak mereka
untuk menikmati buah melon yang di bawanya.
Beni mengambil satu buah melon. Melon itu sudah dipotong-potong oleh Dayu di
rumah. Beni lalu menghitung potongan melon tersebut.
Melon yang pertama telah dipotong menjadi 8 bagian sama besar. Dalam bentuk nilai pecahan,bagian itu dilambangkan dengan 1/8
.
Setelah itu, Edo mengambil buah melon yang kedua. Melon itu juga sudah dipotong-potong. Edo menghitung potongan melon tersebut.
Melon yang kedua dipotong menjadi 6 bagian yang sama besar. Dalam bentuk pecahan, bagian itu
dilambangkan dengan 1/6.
Lani
mengambil 1 potong buah dari melon yang pertama. Sedangkan Beni
mengambil 1 potong buah dari melon yang kedua. Apakah potongan buah
dari kedua melon itu sama besar? Mengapa?
Perbandingan ukuran potongan melon Lani dan Beni 1/6 > 1/8
Dayu
dan teman-teman lalu menyantap buah melon hingga habis. Mereka saling
membandingkan banyaknya potongan buah melon yang telah dimakan.
Simbol:
> : lebih dari
< : kurang dari
= : sama dengan
Coba amati lagu berikut ini :
dan kalian dapat membuka buku tema 5 halaman 59 gerakan kepala dengan cepat dan lambat sesuai lagu diatas.
tahukah kamu mengapa sikap saling membantu itu penting? apakah manfaat dari sikap tersebut?
berikut manfaatnya :
Baiklah
sholeh sholeha bu Yulina, demikian materi kita pada hari ini semoga
kalian semua bisa memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa
laksanakan sholat 5 waktu . Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan
hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar
peserta didik sudah mampu memahami mengidentifikasi informasi yang
berkaitan dengan cuaca serta membandingkan pecahan berpembilang dengan
benar. Namun masih ada
beberapa peserta didik yang belum memahami cara mengidentifikasi
informasi yang berkaitan dengan cuaca dan membandingkan pecahan
berpembilang. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan
penjelasan ulang materi tersebut serta bertanya jawab.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar