Senin, 13 Januari 2025

TEMA 5 SUB TEMA 2 PB 3

  

Hari/Tanggal     : Selasa, 14 Januari 2025

Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!

Semangat pagi ananda shaleh shaleha yang ibu guru banggakan, bagaimana kabarnya dihari Selasa yang ceria dan berkah ini,  sangat menyenangkan ya nak. Semoga kita di awal semester 2 dan di tahun 2025 ini lebih semangat dan lebih baik lagi. Ibu guru berharap kita semua sehat dan selalu dalam lindungan Alloh SWT Aamiin.


Tema 5             : Cuaca
Subtema 2       : Perubahan Cuaca
Pembelajaran  : 3
Muatan            : B. Indonesia, PPKn, SBDP
 
Alat peraga     : Video pembelajaran 

Metode            : Diskusi, tanya jawab

Apersepsi : 

Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang tentang mengidentifiksi pokok informasi yang berkaitan dengan pengaruh cuaca kemudian membandingkan dua pecahan berpembilang dengan benar.

Nah sekarang kita akan melanjutkan materi tentang menentukan nilai pecahan berpembilang dan memeragakan tari kreasi "burung kutilang" adapun tujuan pembelajaran kita hari ini adalah :

Tujuan Pembelajaran :

1. 1. Dengan mengamati benda konkret, siswa dapat membandingkan dua pecahan berpembilang dengan benar.

2  2. Dengan bernyanyi, Siswa dapat memeragakan tari kreasi diiringi lagu Burung Kutilang. 

 

Sejak pagi hingga siang hari, hujan turun. Sore ini hujan telah reda, cuaca terlihat mendung. Dayu, Lani, Beni, Edo, dan Udin pergi ke rumah Siti. Mereka akan belajar bersama. Mereka membawa payung. Bersiap sedia jika sewaktu-waktu hujan turun kembali.

Siti telah menunggu kedatangan teman-temannya. Siti menyuguhkan dua kotak kue rasa cokelat dan vanila. 
 
Bacalah percakapan Siti dan teman-teman berikut!

Dayu : Kita mau belajar apa sore ini? Ada yang punya ide?
Beni : Wah, melihat kue suguhan Siti, saya punya ide. Bagaimana kalau kita belajar tentang pecahan? 
Udin : Ide yang bagus. Saya belum mengerti tentang cara membandingkan pecahan.
Lani : Setuju. Bagaimana kalau Siti yang  bertugas menjelaskan? Siti kan  sudah mengerti.
Edo : Iya, Siti yang bertugas menjelaskan.
Dayu : Yuk, kita mulai belajar.

Ayo Mengamati

Siti mengambil dua kotak kue cokelat dan vanilla. Kue-kue tersebut diletakkan di atas meja.
 
Mula-mula Siti memotong kue cokelat menjadi 2 bagian sama besar seperti berikut.
 
Lalu, Siti memotong kue vanila menjadi 3 bagian sama besar seperti berikut.
 

Sekarang bandingkan potongan kue tersebut. Manakah yang lebih besar? Manakah yang lebih kecil? Berilah tanda “>” (lebih besar dari) atau “<” (lebih kecil dari) di tempat yang telah tersedia.

Contoh:

Jadi, 1/2 > 1/3


Jadi, 2/2 > 2/3

Ayo Menari

Masih ingatkah kamu dengan Lirik lagu Burung Kutilang yang sudah dipelajari sebelumnya?
Berikut lirik lagu Burung Kutilang 

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb  
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan cuaca serta membandingkan pecahan berpembilang dengan benar.  Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami cara mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan cuaca dan membandingkan pecahan berpembilang. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta bertanya jawab.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEMA 6 SUB TEMA 4 PB 3 dan 4

         Hari/Tanggal     : Selasa, 11 Maret 202 5 Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!! Assalamualaikum wr wb Selamat pagi, A pa kabar sholeh sh...