Semangat
pagi ananda shaleh shaleha yang ibu guru banggakan, bagaimana kabarnya
di hari Rabu yang ceria dan berkah ini, sangat menyenangkan ya
nak. Semoga kita lebih semangat dan lebih baik lagi. Ibu guru berharap kita
semua sehat dan selalu dalam lindungan
Allah SWT Aamiin.
Tema
6 : Energi
dan Perubahannya
Subtema 3 : Energi Alternatif
Pembelajaran
: 1 dan 2
Muatan
: B. Indonesia, Matematika, SBDP
Alat
peraga : Video Pembelajaran, jam
Metode
: Tanya jawab, Demontrasi, Diskusi
Apersepsi :
Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang mengidentifikasi istilah-istilah terkait perubahan energi, siswa mampumenyusun informasi berdasarkan istilah-istilah tersebut dengan benar. Nah sekarang kita akan mempelajari tentang energi alternatif pada subtema 3.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah :
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah membaca siswa dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan energi dengan benar
2.
Setelah mengamati contoh siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari
terkait dengan lama waktu berlangsungnya suatu kejadian
3. Setelah mengamati gambar siswa dapat menggunakan kombinasi garis, bidang dan warna untuk membuat karya dekoratif.
Ayo kita simak video pembelajaran di bawah ini ya nak :
Energi Alternatif
Kebutuhan
manusia akan energi semakin lama semakin tinggi. Hai ini dikarenakan
penduduk dunia semakin banyak. Juga karena perkembangan teknologi yang
semakin pesat.
Perkembangan
teknologi membutuhkan banyak energi. Bahan bakar minyak (BBM) adalah
energi yang penggunaannya paling besar selama ini. Karena terlalu banyak
digali, maka persediaannya
semakin sedikit.
Untuk
mengatasi hal tersebut dicarilah berbagai energi alternatif. Tujuannya
untuk menggantikan bahan bakar minyak. Marilah pelajari energi
alternatif dan manfaatnya!
Ayo Membaca
Apakah energi alternatif itu?
Energi
alternatif adalah sumber energi yang dapat menggantikan bahan bakar
minyak (BBM). Pencarian dan penggunaan energi alternatif sebenarnya
sudah lama diupayakan manusia. Namun hingga saat ini usaha belum
diperoleh secara maksimal. Akan tetapi, penggunaannya semakin meningkat.
Usaha ini dilakukan karena semakin sedikitnya persediaan bahan bakar
minyak.
Apa sajakah yang termasuk energi alternatif? Perhatikan gambar-gambar berikut!
Pemanfaat energi surya, Pemanfaatan energi air,
dan Pemanfaatan energi angin
Ada beberapa contoh energi alternatif. Ada energi panas matahari. Ada energi gerak angin dan energi
gerak air. Energi-energi tersebut mudah diperoleh, murah, dan berlimpah.
Panas
matahari, gerak air, dan gerak angin/bayu, dapat diubah menjadi energi
listrik. Listrik yang dihasilkan oleh matahari, air, dan angin inilah
yang dapat digunakan sebagai pengganti bahan bakar minyak. Energi
matahari dimanfaatkan untuk membuat Pembangkit Listrik Tenaga Surya
(PLTS).
Energi
air dimanfaatkan untuk membuat Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).
Energi angin dimanfaatkan untuk membuat Pembangkit Listrik Tenaga
Angin/Bayu (PLTB). Pembangkit listrik tenaga angin merupakan sumber
energi yang sangat ramah lingkungan.
Kalian
dapat memanfaatkan energi matahari, air, dan angin. Dengan energi
alternatif dapat menghemat penggunaan bahan bakar minyak. Manusia tidak
lagi tergantung pada bahan bakar minyak.
Angin merupakan contoh energi alternatif. Angin ada di mana-mana. Ada banyak contoh kegiatan
pemanfaatan angin. Angin dapat menggerakkan layang-layang.
Pernahkah kalian bermain layang-layang?
Bermain
layang-layang biasanya dilakukan di tempat yang lapang. Tempat yang
lapang membuat kita bergerak lebih leluasa. Tempat yang lapang biasanya
banyak angin. Semakin banyak angin, semakin cepat terbang dan gerak
layang-layang.
Ayo Berlatihh
Bermain layang-layang juga membutuhkan energi. Semakin lama bermain, semakin banyak energi
yang dibutuhkan.
Perhatikan contoh untuk menentukan waktu berikut!
1. Udin bermain layang-layang dari pukul 15.30 sampai dengan pukul 16.30. Lama waktu dapat digambarkan sebagai berikut!
Lama Udin bermain layang-layang adalah 60 menit.
Ayo Membaca
Gerak Angin sebagai Energi Alternatif
Udin
dan kawan-kawan sedang belajar tentang angin. Mereka berencana bermain
layang-layang. Hal ini untuk mengamati manfaat angin. Merekamemilih
bermain di lapangan yang luas. Bermain di lapangan luas leluasa untuk
bergerak. Bermain di lapangan luas juga dapat angin yang cukup.
Angin
diperlukan untuk menerbangkan layang- layang. Angin sedang sangat baik
untuk bermain . layang-layang. Angin sedang artinya angin yang tidak
terlalu besar. Udin dan kawan-kawan memilih bermain di sore hari. Karena
angin pada siang sampai sore hari sangat cocok untuk bermain
layang-layang.
Zaman
dahulu angin sudah digunakan dalam kehidupan manusia. Angin digunakan
untuk menggerakkan perahu layar. Angin juga digunakan untuk menggerakkan
roda penggilingan padi.
Gerak
angin dapat dijadikan sebagai energi alternatif. Energi alternatif
adalah energi pengganti bahan bakar minyak. Gerak angin dapat diubah
menjadi energi listrik. Energi listrik ini digunakan sebagai pengganti
bahan bakar minyak.
Energi
angin dapat dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Angin Bayu
(PLTB).Pembangkit ini mengubah gerak angin menjadi listrik menggunakan
kincir angin. Kincir angin ini biasa disebut dengan turbin angin.
Angin
merupakan salah satu energi alternatif yang mudah didapat dari alam.
Angin juga dapat digunakan untuk menerbangkan layang-layang. Bermain
layang-layang sangat menyenangkan. Bermain layang-layang menggunakan
tali. Tali ditarik, layang-layang pun meliuk. Tali juga dapat digunakan
untuk permainan lainnya.
Menikmati
energi yang tersedia adalah hak manusia. Kewajiban manusia adalah
menjaga ketersediaan energi. Hak dan kewajiban harus berjalan seimbang.
Anak-anak memiliki hak untuk bermain. Kewajiban anak adalah membagi
waktu bermain dan belajar dengan benar.
Memberi
kesempatan kepada semua teman agar dapat ikut bermain, termasuk contoh
sikap memenuhi hak. Hak dan kewajiban harus dilakukan secara seimbang.
Orangtuamu
memberi izin untuk bermain bersama teman-temanmu. Semua teman mau
bermain denganmu. Ini artinya kamu sudah mendapatkan hak bermain.
Baiklah
sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga
anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa
laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih
kepada ayah dan bunda. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb.
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan
hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar
peserta didik sudah mampu memahami materi tentang energi dan perubahannya danmenentukan satuan
waktu yang tepat untuk mengukur lama suatu kegiatan berlangsung. Namun masih ada
beberapa peserta didik yang belum memahami. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan
penjelasan ulang materi tersebut serta bertanya jawab.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar